Default Avatar

Written By

Aurora Andini

4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

2022-01-27

Daftar isi

    Tips Milih Cicilan Biaya Kuliah.png

    Dengan memasuki tahun program ajaran baru, banyak dari kita yang sedang menimbang langkah selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan tinggu. Dari pilihan kampus, jurusan, dan bahkan keuangan untuk biaya pendidikan menjadi pertimbangan. Di masa sulit ini, pembiayaan kuliah menjadi salah satu tembok untuk meraih pendidikan. Salah satu solusi adalah mengajukan cicilan kuliah. Ada banyak sarana pinjaman cicilan uang di luar sana, namun hanya sedikit yang berfokus pada cicilan biaya kuliah.

    Berikut tips dan trik terbaik yang perlu kamu ikuti dalam memilih cicilan biaya kuliah dengan cerdas:


    Ketahui Detail Cicilan Uang Kuliah Kamu

    Salah satu langkah pertama yang harus diambil sebagai mahasiswa atau mahasiswa baru yang tertarik mengajukan cicilan biaya kuliah adalah tracking dan organizing.

    Sebagai mahasiswa yang ingin mengajukan cicilan biaya kuliah, kamu harus paham dan mengerti semua biaya dengan detail. Seperti bunga pinjaman dana pendidikan, biaya admin, dan hal-hal lainnya.

    Sebelum mengajukan cicilan biaya kuliah pastikan kamu memperhatikan pertanyaan-pertanyaan ini:

    1. Berapa banyak jumlah biaya pendidikan yang kamu akan pinjam?
    2. Apakah bunga biaya pinjaman pendidikan tersebut flat atau bisa bervariasi?
    3. Tanggal pertama pembayaran cicilan biaya kuliah?
    4. Apakah ada biaya uang muka?
    5. Tanggal jatuh tempo biaya pinjaman pendidikan?
    6. Apakan ada masa tenggang pembayaran?
    7. Berapa tahun jangka waktu pinjaman pendidikan yang tersedia?

    Apabila kamu telah bisa menjawab pertanyaan ini, gunakan kalkulator simulasi (seperti yang tersedia di danacita.co.id), untuk memperkirakan pembayaran bulanan kamu dan lihat berapa banyak bunga yang dikenakan di setiap bulannya. Ini akan memberimu gambaran yang lebih jelas tentang pembayaran cicilan uang kuliah kamu setiap bulannya.

    Biaya bunga adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan, karena itu adalah bagian dari pinjaman yang sangat dapat mempengaruhi besar pembayaran cicilan uang kuliah bulanan kamu. Dengan mengetahui berapa banyak yang harus kamu bayar, kamu dapat membuat rencana budget dengan lebih akurat dan dapat menghemat sesuai dengan biaya cicilan kuliah kamu.


    Hindari Meminjam Lebih Dari Biaya yang Kamu Butuhkan

    Pinjaman biaya pendidikan bisa menjadi solusi cerdas untuk membantu kamu mengejar impian kamu melanjutkan studi. Namun pastikan kamu telah melakukan perencanaan biaya dan hanya meminjam untuk biaya yang kamu butuhkan.

    Dengan menghindari meminjam lebih dari biaya kuliah yang kamu butuhkan, kamu bisa menurunkan biaya cicilan kuliah yang perlu kamu bayar setiap bulannya dan juga menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan kamu nantinya.


    Jangan Besar Pasak Daripada Tiang

    Cicilan biaya kuliah dapat meringankan beban pembiayaan untuk kamu dan orang tuamu. Namun, bukan berarti kamu dapat menghambur-hamburkan uang lebih yang kamu dapat simpan. Selama menjadi mahasiswa, tetap adopsi gaya hidup mahasiswa dan pentingkan menabung dari hasil pekerjaan sampinganmu.


    Cara Memilih Cicilan Biaya Kuliah yang Terpercaya

    Dengan menjamurnya pinjol ilegal di Indonesia, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai layanan pinjaman uang kuliah kamu. Pastikan layanan yang kamu pilih telah tersertifikasi dan diawasi OJK, patuh pada hukum Indonesia, memiliki pelayan konsumen yang aktif dan baik, serta situs yang terpercaya dengan informasi lengkap yang bisa kamu dapatkan.

    Banyak sekali pilihan pinjaman di Indonesia, namun sangat sedikit yang fokus pada pinjaman biaya kuliah dan bekerja sama langsung dengan mitra lembaga pendidikan. Salah satu layanan yang menawarkan khusus pinjaman biaya kuliah dan berfokus pada pendidikan adalah Danacita.

    Danacita menawarkan cicilan pendidikan untuk mahasiswa dengan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan dan membuat lebih terjangkau. Bunga ditawarkan flat sehingga pembayaran kamu sama setiap bulannya dan tidak perlu khawatir lagi, ditambah lagi cicilan biaya kuliah di Danacita tanpa uang DP dan tanpa uang jaminan. Mahasiswa dapat melakukan pengajuan cicilan secara virtual dengan tiga langkah mudah yaitu membuat akun di www.danacita.co.id, melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Di Danacita juga dapat melakukan pengajuan kembali atau top-up untuk semester selanjutnya, walaupun masih memiliki cicilan.

    Sejak beroperasi di Indonesia pada tahun 2018, Danacita telah membantu meringankan biaya pendidikan dengan menghadirkan cicilan kuliah di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia. Danacita resmi berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan surat tanda berizin nomor KEP-68/D.05/2021 sejak tanggal 2 Agustus 2021 lalu. Selain itu, Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Aurora Andini