Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

5 Jurusan Kuliah Yang Pasti Dibutuhkan Di Dunia Kerja

2022-09-09

Melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas menjadi impian hampir semua orang. Kuliah tidak hanya sebagai proses mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah. Namun, kuliah juga barat bekal yang harus kamu persiapkan sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih jurusan kuliah yang punya prospek kerja yang luas.

Kamu masih bingung ingin memilih jurusan apa? Tenang, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang pasti dubutuhkan di dunia kerja.

Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Kamu Pilih dan Kampusnya

1. Kedokteran

Jurusan kedokteran menjadi salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Dari tahun ke tahun peminat jurusan satu ini semakin bertambah. Ada banyak alasan kenapa jurusan ini menjadi favorit. Alasan yang paling mendasar karena profesi yang satu ini sudah familiar dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini membuat prospek kerja dari lulusan kedokteran sangat terbuka lebar. Jadi bisa dibilang para mahasiswa jurusan kedokteran ini punya masa depan yang jelas dan cerah karena bakal terjun ke bidang yang sama dengan apa yang mereka pelajari.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari seputar pengobatan, kesehatan, dan pencegahan berbagai macam penyakit. Selain belajar teori, kamu juga akan mempraktekan langsung materi yang kamu pelajari.

Untuk kamu yang ingin berkuliah di jurusan Kedokteran, Universitas Islam Bandung bisa menjadi pilihan. Jurusan yang masuk di Fakultas Kedokteran UNISBA ini berdiri pada tahun 2004 berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 4223/D/T/2004 tanggal 27 Oktober 2004.

Sebagai salah satu Fakultas di lingkungan Unisba yang merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi yang berbasis Islam, FK UNISBA senantiasa berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi sekaligus berakhlakul karimah. Selain itu FK UNISBA juga senantiasa berupaya untuk memenuhi standar pendidikan kedokteran yang berlaku di Indonesia serta senantiasa berupaya mengikuti dinamika yang terjadi di tataran regional dan Internasional.

2. Kebidanan

Selain jurusan Kedokteran, jurusan Kebidanan juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Jurusan Kebidanan merupakan satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan- seni yang mempersiapkan kehamilan hingga menolong persalinan. Tak sampai situ, jurusan kebidanan juga akan mengajarkan kamu menjadi tenaga medis dalam proses persalinan, kamu juga akan berperan dalam membantu ibu saat proses menyusui, pemulihan kesehatan ibu pasca melahirkan, hingga program keluarga berencana.

Selain pengetahuan seputar kesehatan dan kehamilan yang harus kamu kuasai, kamu juga membutuhkan berbagai keahlian, mulai dari kemampuan komunikasi, beradaptasi, melakukan observasi dan analisis berpikir kritis dan lain sebagainya.

Jurusan Kebidanan akan membuat kamu menjadi seseorang yang bisa multitasking karena terbiasa menjalani berbagai peran, kamu dituntut untuk luwes bergaul namun tetap bisa serius dan teliti saat menghadapi pasien. Bidan juga kerap dianggap memiliki pribadi yang kuat, mandiri, dan lemah lembut, mudah bergaul, dan punya sifat keibuan.

Tertarik mengambil jurusan Kebidanan? Universitas Binawan bisa menjadi pilihan.

Program Studi D3 Kebidanan Universitas Binawan memberikan kamu pendidikan kebidanan yang handal dan berkomitmen tinggi serta meluluskan ahli madya kebidanan sebagai tenaga bidan pelaksana yang mempunyai sikap profesionalisme, berakhlak mulia, bermoral, mampu berwirausaha khususnya dalam pelayanan kebidanan dengan hypnobirthing serta berkiprah secara aktif dalam pembangunan kesehatan tingkat nasional dan global. Di sini kamu bisa merasakan langsung praktik dan magang di berbagai mitra kampus Universitas Binawan, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri.

3. Teknologi Informasi

Di era digital saat ini, salah satu jurusan yang paling dibutuhkan adalah jurusan Teknologi Informasi. Jurusan Teknologi Informasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang sistem atau teknologi olah data termasuk implementasinya pada berbagai hal, termasuk pengembangan software, artificial intelligence, dan pengembangan sistem informasi berbasis cloud. Di jurusan ini kamu akan mempelajari secara mendalam mengenai solusi-solusi terkait teknologi komputer yang diterapkan pada berbagai bidang, di antaranya yakni pemerintahan, kesehatan, pendidikan, termasuk pengembangan bisnis.

Dengan ilmu teknologi informasi yang didapatkan selama kuliah, ketika lulus nanti kamu sangat berperan dalam berbagai proses dalam membangun sistem informasi mulai dari pembuatan database, network, software, hardware, dan lain sebagainya.

Prospek kerja jurusan Teknologi Informasi juga sangat terbuka lebar seperti software engineer, programmer, arsitek cloud, digital forensik, konsultasn di bidang teknologi informasi hingga menjadi dosen, dan lain sebagainya.

Salah satu kampus terbaik yang memiliki jurusan Teknologi Informasi adalah Universitas Komputer Indonesia. (UNIKOM) Sebagai salah satu kampus yang berfokus pada sains dan teknologi, UNIKOM telah terbukti menghasilkan berbagai lulusan kompeten bidang teknologi informasi. Di sini kamu akan diarahkan untuk menjadi seorang analis berlandaskan pada pengetahuan informatika teoretik dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi online yang diharapkan mempunyai kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata.

Selain itu Lulusan Teknik Informasi UNIKOM juga diharapkan tidak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau membuat program aplikasi komputer (programmer) saja, tetapi mampu menjembatani kebutuhan-kebutuhan user dan programmer yang kemudian diterjemahkan dalam sebuah dokumen spesifikasi formal.

4. Data Science

Selain jurusan Teknologi Informasi, jurusan Data Science atau Ilmu Data juga merupakan jurusan yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Jurusan Ilmu Data merupakan jurusan ilmu terapan yang mempelajari dan menganalisis data, khususnya data kuantitatif (numerik), baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Ilmu ini merupakan bidang ilmu gabungan dari beberapa konsentrasi seperti statistika, ilmu komputer, dan bisnis. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan beberapa ilmu penunjang lainnya seperti algoritma pemrograman, text mining, hingga artificial Intelligence (AI).

Untuk kamu yang senang dan memiliki minat terhadap pemecahan masalah, jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Sebab, di jurusan ini kamu akan sering menghadapi banyak data yang harus kamu olah dan pecahkan, baik itu data terstruktur maupun tidak terstruktur.

Meskipun jurusan ini tergolong baru, tetapi beberapa kampus sudah memiliki program studi Ilmu Data, salah satunya adalah Universitas Nusa Mandiri.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadir dengan berbagai keunggulan program studi yang mengedepankan teknologi demi menjawab tantangan masa depan, salah satunya melalui jurusan Ilmu Data ini. Jurusan Ilmu Data UNM memiliki misi salah satuna untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar di bidang sains data yang berkualitas dan berinovasi serta berbasis teknologi informasi dengan menerapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

5. Psikologi

Rekomendasi jurusan kuliah selanjutnya adalah Psikologi. Secanggih apapun perkembangan teknologi saat ini dan kebutuhan SDM di bidang teknologi juga ikut berkembang, jurusan Psikologi juga masih dan akan selalu dibutuhkan di industri manapun. Jurusan Psikologi merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia. Tidak hanya sebatas perilaku manusia saja, lebih jauh, Ilmu Psikologi juga mempelajari jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut.

Misalnya pada konteks sosial, seperti mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya, atau dalam konteks industri mempelajari bagaimana seseorang berperilaku terkait dengan posisinya di sebuah perusahaan. Jadi di jurusan ini kamu akan diajak untuk meneliti alur pemikiran seseorang dan mencari tahu alasan yang ada di balik perilakunya

Jurusan Psikologi juga terbagi beberapa peminatan, seperti Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, serta Psikologi Perkembangan. Mata kuliah yang akan dipelajari akan tergantung dengan peminatan yang kamu ambil.

Tertarik masuk ke jurusan Psikologi? Universitas Pembangunan Jaya bisa menjadi pilihan. Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya memiliki keunikan yang menjadi ciri khas, yaitu Psikologi Perkotaan (Urban Psychology). Hal ini diwujudkan melalui Capaian Pembelajaran dimana lulusan Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya salah satunya memiliki wawasan ilmu pengetahuan di luar bidang studi yang dipelajarinya, terkait dengan urban development dan urban lifestyle, serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan keseimbangan alam/lingkungan (Sustainable Eco Development).

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!