Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Ini 6 Rekomendasi Program Studi yang Menjanjikan Di Masa Depan

2022-03-30

BlogBanner-ProgramStudiMasaDepan.jpg

Daftar isi

    Melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah menjadi impian hampir semua siswa SMA. Namun terkadang ketika dihadapkan pada waktu pemilihan jurusan atau program studi yang ingin diambil, rasanya sangat sulit kan?

    Tak sedikit yang akhirnya mengambil jurusan karena mengikut dengan teman tanpa tahu latar dari program studi tersebut. Maka tak heran jika banyak lulusan sarjana yang akhirnya bekerja tidak sesuai dengan latar pendidikan yang diambilnya semasa kuliah.

    Oleh karena itu ketika kamu sedang di tengah kebingungan untuk memilih jurusan yang pas untuk kamu ambil saat kuliah, artikel ini sangat tepat untuk kamu.

    Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Memilih Jurusan Kuliah

    Sebelum kita membahas jurusan atau program studio apa saja yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, mari kita simak apa saja yang harus kamu pertimbangkan secara matang agar tidak salah jurusan

    Kenali Ketertarikan dan Passion Kamu

    Kalimat follow your passion mungkin akan terdengar sangat klasik untuk kamu. Namun percayalah, ketika kamu mengerjakan sesuatu yang tidak kamu senangi atau tidak sesuai dengan passion kamu, hal itu akan sangat terasa berat.

    Sama halnya ketika kamu ingin memilih jurusan, ketertarikan kamu pada sesuatu atau satu isu akan menjadi salah satu faktor terbesar bagaimana kamu akan melewati hari-hari di bangku kuliah. Misalnya kamu sangat tertarik dengan isu-isu internasional, maka jurusan Hubungan Internasional atau Hukum Internasional bisa menjadi pilihan terbaikmu.

    Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Pasti Dibutuhkan Di Dunia Kerja

    Kenali Apa yang Menjadi Kekuatan dan Kelemahan Kamu

    Hal ini berkaitan dengan poin nomor satu. Kamu harus mengenali diri kamu sendiri sebelum memilih jurusan. Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan terbesarmu selama ini, dalam hal apapun itu, khususnya ketika kamu belajar di bangku sekolah.

    Kamu bisa meminta bantuan orang-orang terdekat seperti orang tua, sahabat bahkan guru di sekolah bisa menjadi orang yang paling mengetahui kekuatan dan kelemahan kamu ketika belajar.

    Kebutuhan Industri dan Lapangan Kerja

    Tidak bisa dipungkiri, salah satu tujuan berkuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Makan sangat penting untuk mempertimbangkan seperti apa kebutuhan suatu jurusan terhadap industri bisnis dan lapangan kerja dalam beberapa tahun ke depan.

    Untuk mengetahui ini, kamu bisa melakukan riset mendalam terhadap suatu company, bertanya dengan keluarga kamu atau siapapun yang telah bekerja tentang perkembangan dunia kerja, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Istirahat Sejenak untuk Capai Ketenangan Jiwa

    Rekomendasi Bidang Studi yang Menjanjikan Di Masa Depan

    Teknologi dan Informatika

    Rekomendasi program studi yang pertama adalah Teknologi dan Informatika. Di era yang serba digital ini, setiap harinya kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Perkembangan teknologi dan informatika yang begitu pesat juga harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang mumpuni. Oleh karena itu jurusan atau program studi yang berhubungan dengan teknologi dan informatika sangat dibutuhkan saat ini. Seperti ilmu komputer, teknik informatika dan lain sebagainya.

    Selama berkuliah di jurusan yang berhubungan dengan teknologi dan informatika, kamu akan dihadapkan pada bidang-bidang seperti robotika, artificial intelligence, bahasa pemrograman, analisis numerik, program pengenalan bahasa alami, dan lain sebagainya.

    Pada program studi ini kamu tidak hanya belajar banyak tentang komputer, seperti hardware dan software saja, tetapi juga belajar tentang pengaplikasian dari pengetahuan tersebut. Misalnya bagaimana teknologi cocok dengan sebuah bisnis.

    Beberapa kampus terbaik yang menawarkan jurusan ini adalah Institut Teknologi PLN, UBSI


    Baca juga: Informasi PMB UBSI Terbaru 2022


    Ekonomi dan Bisnis

    Rekomendasi program studi yang kedua adalah Ekonomi dan Bisnis. Bidang studi ekonomi dan bisnis mengeksplorasi peran yang dijalankan pada sebuah bisnis dalam perekonomian, serta dampak kekuatan ekonomi pada bisnis, konsumen dan lingkungan. Pada bidang studi ini kamu akan memperoleh pemahaman tentang masalah manajemen dan mengembangkan keterampilan analitik untuk memecahkan masalah bisnis.

    Tiap-tiap industri pasti butuh tenaga kerja yang paham tentang pengembangan bisnis dan hal-hal terkait manajerial. Oleh sebab itu, bidang studi satu ini memang selalu menjadi favorit bagi banyak anak SMA. Sebab prospek kerja di jurusan ini termasuk luwes karena bisa masuk ke berbagai industri.

    Beberapa kampus yang menawarkan bidang studi Ekonomi dan Bisnis terbaik yaitu President University, UBSI, Universitas Paramadina


    Baca juga: Biaya Kuliah President University 2021/2022 dengan Danacita


    Kesehatan

    Rekomendasi program studi yang ketiga adalah kesehatan. Sudah menjadi rahasia umum jika jurusan-jurusan yang ada pada bidang kesehatan masih menjadi favorit bagi banyak orang.

    Mengambil jurusan kuliah dalam bidang kesehatan dapat disebut pilihan yang tepat. Karena yang namanya sehat selalu menjadi kebutuhan semua orang. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Orang lebih mengutamakan kesehatan dan menjadikannya salah satu kebutuhan utama manusia yang paling dasar. Berapapun biaya yang harus dikeluarkan, siapapun akan rela demi mendapatkan kesehatan.

    Beberapa jurusan atau program studi dalam bidang kesehatan yang bisa kamu pilih antara lain Kedokteran Umum, Keperawatan, Fisioterapi, Farmasi dan lain sebagainya.

    Salah satu kampus terbaik yang menawarkan jurusan ini adalah UNTAR.


    Baca juga: Informasi terlengkap penerimaan mahasiswa baru Untar 2022


    Ilmu Komunikasi dan Public Relation

    Rekomendasi program studi yang ke empat adalah Ilmu Komunikasi dan Public Relation. Jika kamu senang bertemu dengan banyak orang atau ingin memiliki kemampuan public speaking yang baik, bidang studi ilmu komunikasi dan public relation bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

    Saat masuk jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang bagaimana mengkomunikasikan suatu informasi secara efektif. Dengan kata lain kamu akan belajar tentang komunikasi di berbagai tingkatan. Mulai dari komunikasi antar individu, media, periklanan, bisnis dan lain sebagainya.

    Selain itu, banyak kampus yang juga menawarkan skill tambahan pada bidang studi ini agar bisa bersaing dan berkarir di industri kreatif, seperti seperti desain, videografi, fotografi, creative writing, dll. Menarik bukan?

    Beberapa kampus terbaik yang menawarkan jurusan ini adalah UBSI, UNISBA


    Baca juga: Biaya Kuliah UNISBA 2022/2023 dengan Danacita


    Psikologi

    Rekomendasi program studi yang ke lima adalah Psikologi. Bidang studi satu ini bisa dibilang semakin populer dan menjanjikan belakangan ini hingga beberapa tahun kedepan. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesadaran orang-orang akan pentingnya kesehatan mental mulai meningkat.

    Saat berkuliah pada bidang studi ini, kamu akan banyak mempelajari tentang berbagai hal pikiran, perilaku dan mental manusia. Lebih dalam lagi kamu akan belajar tentang pembelajaran, kognisi, kecerdasan, motivasi, emosi, persepsi, kepribadian, gangguan mental, dan cara-cara di mana preferensi setiap orang dipengaruhi atau dibentuk oleh lingkungan.

    Bidang studi Psikologi sendiri pun masih terbagi konsentrasinya menjadi Psikologi Klinis, Psikologi Industri, Psikologi Pendidikan dan lain sebagainya. Jadi kamu mau konsentrasi psikologi yang mana?

    Salah satu kampus terbaik yang menawarkan jurusan ini adalah UNM.


    Baca juga: Informasi Terbaru PMB UNM 2022


    Pendidikan

    Rekomendasi program studi yang ke enam adalah Pendidikan. Siapa bilang bidang studi pendidikan sudah tidak relevan? Faktanya, lulusan pendidikan saat ini tidak hanya bisa mengajar di sekolah saja, tapi juga bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Ini terbukti dengan banyaknya startup yang berfokus pada bidang pendidikan.

    Jadi jika kamu memiliki jiwa seorang tenaga pendidik dan pengajar, tapi juga termasuk agile dengan perkembangan teknologi, maka jurusan Pendidikan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

    Pada bidang studi pendidikan ini kamu tidak akan hanya belajar tentang ilmu konsentrasi yang kamu saja. Akan tetapi kamu juga akan belajar tentang bagaimana psikologi seorang siswa, kemudian tentang perencanaan, pengelolaan, serta pengawasan proses dan infrastruktur pendidikan supaya berjalan dengan baik dan lain sebagainya. Sangat menantang kan?

    Beberapa kampus terbaik yang menawarkan jurusan ini adalah UNM, UNISBA.


    Baca juga:Alasan terbaru kenapa harus kuliah di UNM


    Waktunya Berkuliah di Jurusan Impian

    Menentukan jurusan untuk berkuliah memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Setelah mengetahui jurusan yang ingin diambil, banyak yang akhirnya mengurungkan niat karena biayanya yang harus dikeluarkan tak sedikit.

    Namun kini kamu tidak perlu khawatir, karena Danacita siap mewujudkan impian kamu berkuliah di jurusan favoritmu.

    Cicil biaya kuliah dan kursus kamu lebih terjangkau dengan Danacita. Tersedia cicilan hingga 24 bulan! Untuk Mahasiswa baru ataupun aktif hingga profesional di semua institusi pendidikan yang bekerja sama dengan Danacita! Yuk ajukan biaya pendidikan mu sekarang di sini.

    Bagaimana? sungguh menarik bukan Rekomendasi program studi masa depan ini? Segera wujudkan mimpimu dari sekarang bersama Danacita.

    Baca juga: Cara Mudah untuk Berkuliah di UNWAHAS Semarang

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Rekomendasi Kampus
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo