Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

5 Rekomendasi Drama Korea Programmer yang Wajib Kamu Tonton

2022-11-03

Blog-Danacita-Rekomendasi-Drama-Korea-Programmer

Daftar isi

    Siapa nih pecinta drama korea? Drama Korea dalam beberapa tahun belakangan menjadi sangat populer. Hal ini karena semakin bervariasinya tema atau cerita yang diangkat. Cerita-cerita yang diangkat ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Termasuk profesi yang sedang berkembang, yaitu programing.

    Apakah kamu salah satu pecinta drama Korea dan sedang ingin belajar programing? Di artikel ini kita akan membahas beberapa drama Korea yang bercerita tentang programing. Tapi sebelum itu, kita kenalan dulu yuk dengan programing itu sendiri.

    Mengenal Apa itu Programing

    Secara sederhana programing adalah sebuah cara untuk memberikan ”seperangkat instruksi” kepada komputer agar dapat melakukan berbagai tugas. Bagaimana instruksi ini dimengerti oleh sebuah komputer? Sama seperti halnya manusia yang dapat mengerti berbagai bahasa, begitupun dengan komputer. Komputer memahami instruksi yang ditulis dalam bentuk sintaksis tertentu yang disebut bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini memiliki berbagai jenis, seperti Structured Query Language (SQL), Perl, Extensible Markup Language (XML), PHP, HTML, C, C++, Java, dan lain sebagainya.

    Menjadi seorang programer membuka peluang karir yang luas untuk kamu. Hal ini karena kebutuhan programer di industri digital saat ini sangat berkembang. Jadi tak heran jika banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk beralih profesi menjadi programer.

    Rekomendasi Drama Korea Bertemakan Programer

    1. Startup

    Siapa yang sudah pernah menonton drama Startup? Drama yang pertama kali rilis Desember 2020 ini, menjadi salah satu drama Korea terpopuler sejak awal penayangan. Drama ini sangat digemari karena ceritanya yang sangat dekat dengan generasi milenial.

    Serial drama ini berkisah tentang perjalanan orang-orang yang sedang merintis usaha perusahaan Startup. Nam Do-san yang diperankan oleh Nam Joo-hyuk merupakan seorang programmer yang sangat jenius dalam menciptakan kecanggihan dan ide-ide baru dalam dunia teknologi.

    Dalam menjalankan pekerjaanya, ia ditemani dan dibantu oleh teman-temannya membangun sebuah perusahaan dalam bidang IT. Perusahaan tersebut kemudian diberi nama Samsan Tech, mereka memiliki misi untuk memenangkan persaingan internasional.

    Selain Nam Joo-hyuk, drama ini juga dibintangi oleh Kim Seon Ho yang berperan sebagai Han Ji Pyeong, seorang tim di SH Venture Capital, dan aktris cantik Bae Suzy sebagai Seo Dal Mi yang bermimpi menjadi Steve Jobs dari Korea.

    2. Richman

    Siapa nih fans dari boy group EXO? Jika kamu adalah seorang EXO-L dan bermimpi menjadi programmer, drama ini wajib banget kamu tonton.

    Drama yang tayang 2018 lalu ini dibintangi oleh Suho EXO yang berperan sebagai Yoo-chan, seorang programmer muda yang memiliki semangat tinggi sehingga mampu membangun perusahaan game yang terkenal bernama Next In.

    Lucunya, walaupun ia menjabat sebagai CEO diperusahaan tersebut namun dia sering memberikan pekerjaannya kepada sahabatnya, dengan alasan karena ia lebih suka berkonsentrasi mengerjakan hal-hal yang berbau programming daripada urusan yang bersangkutan dengan strategi dan juga kepemimpinan. Apakah kamu sama seperti Yoo-chan yang lebih suka di depan komputer, daripada di depan banyak orang?

    Baca juga: Programmer: Pilihan Career Shifting di Masa Depan

    3. My Holo love

    Rekomendasi drama selanjutnya datang dari serial drama yang tayang di tahun 2020 lalu, My Holo Love. Drama ini berkisah tentang Go Nan-do yang diperankan oleh Yoon Hyun-min. Ia memerankan karakter sebagai orang yang menyebalkan dan masuk ke dalam kelompok antisosial, ia tidak ingin kehidupannya diganggu orang lain.

    Dibalik sisi anti sosialnya, Go Nan-dp ternyata merupakan orang yang berbakat dan menjadi programmer yang begitu jenius. Ia bahkan sudah mampu menciptakan sesuatu yang menakjubkan yaitu membuat kecerdasan produksi (AI) dengan wujud hologram manusia. Karyanya tersebut tentu menjadi suatu prestasi dan bakat yang membanggakan.

    4. Are You Human?

    Masih dari drama yang berkisah tentang teknologi AI, ada rama Are You Human yang tayang 2018 lalu. Drama Korea Are You Human ini mengisahkan tokoh yang bernama Nam Shin yang diperankan oleh Seo Kang-joon. Ia harus terpisah dari ibunya selama bertahun-tahun, bernama Oh Ro-ra yang diperankan oleh Kim Sung-ryung.

    Suatu hari, Nam Shin bertemu dengan seorang sekretaris yang bernama Ji Young-hoon (Lee Joon Hyuk) yang memiliki sifat setia dan juga tulus. Kehadirannya ternyata mampu membuat Nam Shin tidak merasa sendiri lagi.

    Di sisi lain, ibunya ternyata merupakan seorang pakar teknologi. Ia mampu menciptakan robot Android yang bentuknya bisa sangat mirip dengan manusia. Ternyata robot tersebut diciptakan agar sang ibu dapat melepaskan rindu yang selama ini ia rasakan terhadap putranya.

    5. Yumi's Cell

    Drama Korea Yumi's Cells merupakan drama yang tayang tahun 2021 dan diadaptasi dari webtoon. Drama ini menceritakan kehidupan seorang pegawai bernama Kim Yu-mi yang diperankan oleh Kim Go-eun dan juga mengenai sel-sel yang ada di dalam otak cerdasnya.

    Ia bertemu dengan Goo-Woong yang diperankan oleh Ahh Bo-hyun, seorang developer game yang memiliki sebuah perusahaan yang bergerak di bidang gaming bersama dengan kedua temannya. Karena kecocokan satu sama lain, keduanya kemudian berkencan. Drama ini juga menyelipkan animasi sehingga mampu menambah daya tarik ceritanya.

    Saatnya Belajar Programing Dengan Praktik Langsung di Bootcamp

    Motivasi untuk menjadi seorang programing memang bisa datang dari mana saja, termasuk dari drama korea di atas. Nah, sekarang saatnya kamu memulai perjalanan karir programing kamu dengan mempelejarinya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal untuk belajar programing. Namun jika kamu ingin belajar dengan melakukan praktik langsung, mengikuti bootcamp adalah pilihan yang paling tepat. Berikut rekomendasi bootcamp programing.

    1. Hacktiv8

    Bootcamp Web Developer Hacktiv8 memberikan kamu pengetahuan dan keterampilan dasar programing agar dapat menjadi seorang programmer yang handal. Kurikulumnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan di industri terkini dengan menggabungkan skill teknis dan pengembangan pola pikir desain.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini antara lain:

    • Basic Website & Algoritma
    • Fetch API - DOM & Regular Expression
    • JavaScript Basic Programming
    • JavaScript Logic

    Informasi selengkapnya klik di sini

    2. Purwadhika

    Bootcamp Full Stack Web Development Purwadhika menyiapkan kamu menjadi professional Software Developer dan Programming dalam 12 minggu agar kamu dapat meraih karir di perusahaan hiring partner Purwadhika yang tersebar di Asia. Program training intensif ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin shifting ke dunia Teknologi tanpa background IT sekalipun.

    Di sini kamu akan mendapatkan pengalaman belajar langsung dari para instruktur dan mentor di bidang Web Development yang telah berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional terkemuka.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp ini antara lain:

    • Programming Fundamental & Data Structure and Algorithm
    • Front End Web Development
    • Back End Web Development
    • Project Management with Agile Software Development

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    3. Course Net

    Course-Net merupakan tempat pelatihan IT satu-satunya di Indonesia yang memenangkan 3 penghargaan Internasional dalam 3 Tahun berturut-turut. Ketiga penghargaan Internasional tersebut yaitu ECC Global Award Atlanta USA,tahun 2019, The Most Impactful IT Coaching 2020 dan EC-Council ATC Circle of Excellence 2021.

    Course Net menyediakan beragam bootcamp pemrograman yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kamu. Bootcamp programing tersebut yaitu:

    • Web design
    • Laravel
    • Golang
    • Java Spring
    • Fullstack Javascript
    • Flutter

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Menjadi Programer Handal Bersama Danacita

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan bootcamp programing di Hacktiv8, Purwadhika & Course Net.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!