Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

5 Rekomendasi Podcast Digital Marketing: Untuk kamu yang Ga Sempet Baca Buku

2022-11-03

Blog-Danacita-Rekomendasi-Podcast-Digital-Marketing

Daftar isi

    Saat ini, digital marketing membantu banyak pebisnis untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan bisa meningkatkan penjualan. Hal ini membuat talent digital marketing sangat dibutuhkan di industri manapun.

    Kebutuhan talent digital yang semakin meningkat membuat banyak orang akhirnya ingin belajar digital marketing. Untungnya, saat ini sudah sangat banyak platform yang menyediakan tempat untuk belajar digital marketing, salah satunya adalah podcast.

    Podcast menjadi alternatif belajar untuk kamu yang lebih senang belajar dengan menggunakan audio. Ada banyak podcast yang membahas digital marketing. Sebelum membahas rekomendasi podcast digital marketing, kita kenalan dulu dengan podcast itu sendiri.

    Mengenal Apa itu Podcast

    Podcast adalah sebuah program audio yang menyerupai radio. Bedanya, podcast tidak membutuhkan frekuensi radio untuk didengarkan, tetapi program ini didengarkan melalui platform pemutar audio seperti Spotify dan Apple Music. Podcast juga bersifat fleksibel yang bisa didengarkan kapan dan dimana saja.

    Umumnya, podcast terdiri dari banyak episode dan series serta membahas beragam topik yang menarik atau sesuai dengan niche yang ingin diangkat. Salah satunya adalah podcast digital marketing.

    Karena bersifat audio dan fleksibel, podcast menjadi salah satu platform terbaik untuk mempelajari digital marketing. Saat ini banyak sekali podcast digital marketing yang membahas berbagai topik mendalam serta studi kasus. Sehingga membuat siapapun yang belum memiliki latar belakang digital marketing akan paham melalui podcast.

    Apa saja podcast digital marketing yang cocok untuk kamu dengarkan?

    Rekomendasi Podcast Digital Marketing

    1. Indonesia Digital Marketing Podcast

    Rekomendasi podcast pertama datang dari CEO salah satu digital marketing agency terbaik Indonesia yaitu ToffeeDev, Ryan Kristo Muljono. Indonesia Digital Marketing Podcast banyak membahas tentang semua hal pemasaran melalui media internet beserta tips dan trik dalam digital marketing.

    Dengan durasi kurang dari 15 menit, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan seputar strategi, tip dan trik dalam dunia Digital Marketing untuk membantu kamu menerapkan pemasaran melalui media digital. Hingga saat ini, Indonesia Digital Marketing Podcast sudah memiliki hampir seribu episode.

    2. Penasaran Digital

    Penasaran Digital adalah podcast yang banyak membahas digital marketing, bisnis, dan hal digital lainnya yang dibawakan langsung oleh William Jakfar. Dalam podcast ini William Jakfar banyak berbicara tentang digital marketing dan bisnis melalui perspektifnya dan pengalamannya sendiri.

    Bahkan, di salah satu episode podcast-nya, William Jakfar juga menjelaskan bagaimana cara mengoptimalkan channel Facebook Ads dan Instagram Ads. Jadi untuk kamu yang sedang belajar tentang kedua hal itu, podcast ini sangat cocok untuk didengarkan.

    3. Social Media Marketing Podcast

    Rekomendasi podcast selanjutnya datang dari luar negeri, yaitu Social Media Marketing Podcast. Podcast satu ini dibawakan langsung oleh CEO Social Media Examiner, Michael Stelzner.

    Sesuai namanya, niche podcast ini lebih banyak membahas tentang Social Media sebagai salah satu bagian dari Digital Marketing. Beberapa tema yang dibawakan dari podcast ini berbicara tentang strategi konten Instagram, membangun bisnis dengan YouTube, membangun brand di YouTube, dan masih banyak lagi.

    Jadi bagi kamu yang ingin meningkatkan strategi social media marketing, podcast ini cocok untuk didengarkan dan dipelajari dengan baik.

    4. Everyones Hates Marketers

    Masih dari luar negeri, podcast satu ini memiliki keunikan sendiri dari namanya, podcast Everyone Hates Marketers.

    Everyone Hates Marketers dibawakan langsung oleh Louis Grenier, seorang lulusan Wichita State University di Kansas. Melansir Ahrefs, Everyone Hates Marketers berbicara tentang marketing, CRO (customer relation officer), social media marketing, content marketing, SEO hingga SaaS.

    Setiap hari Selasa, Louis selalu meng-update episode podcast terbarunya. Rata-rata podcast Louis mewawancarai bintang tamu yang kompeten di bidang marketing, sehingga content podcast lebih menarik dan relate dengan industri Digital Marketing.

    5. Marketing O’Clock

    Masih berbicara soal podcast berbahasa Inggris, kali ini podcast dibawakan oleh empat host sekaligus, yaitu Mark Saltarelli, Christine Zirnheld alias Shep, Jessica Budde, dan Greg Finn.

    Podcast Marketing O’clock merupakan bagian dari SEJ atau Search Engine Journal, salah satu website yang banyak digunakan para SEO Specialist untuk belajar.

    Semua host membawakan podcast dengan permainan kata yang apik serta humor yang unik. Ada berbagai macam tema yang bisa kamu pelajari di Marketing O’Clock, seperti online marketing, email marketing, SEO, PPC, dan social media.

    Baca juga: Naufal: Mantan Pegawai Tech yang Berhasil Menjadi Digital Marketer dengan SNPL Danacita

    Mau praktek Digital Marketing Langsung Dapat Sertifikat dan Disalurkan Kerja? Ikut Bootcamp Digital Marketing

    Tidak lengkap rasanya jika hanya belajar teori digital marketing dari podcast saja. Untuk bisa merasakan langsung bagaimana cara kerja dan strategi yang tepat untuk menjalankan digital marketing, kamu perlu mempraktekannya sendiri. Jika masih bingung bagaimana prakteknya, kamu bisa mengikuti bootcamp digital marketing. Berikut rekomendasinya.

    1. Course Net

    Ingin belajar digital marketing dan bisa mempraktekannya sendiri? Course Net menjadi salah satu rekomendasi yang paling tepat. Di bootcamp Course Ner, kamu tidak hanya belajar teori saja, tapi juga mendapatkan pengalaman langsung menjadi digital marketing lewat strategi praktis yang bisa diterapkan berdasarkan studi kasus yang benar-benar terjadi di dunia kerja. Strategi praktis ini akan kamu dapatkan langsung dari coach atau tentor yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di dunia digital marketing.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Course Net antara lain:

    • Basic Digital Marketing
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Search Engine Marketing (SEM)
    • Google Ads
    • Facebook & IG Ads
    • Marketplace
    • Email Marketing

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    2. Dibimbing

    Bootcamp Digital Marketing Dibimbing merupakan program pembelajaran digital marketing yang dilaksanakan 4 hingga 5 bulan dengan materi ter-update seputar content marketing, performance marketing, SEO, CRM, dan market research yang akan kamu pelajari dan praktekkan secara real case bersama UMKM di Indonesia untuk dijadikan portofolio yang valuable.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Dibimbing antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Introduction to Internet Marketing seperti SEO, Google Ads dan ads channel lainnya.
    • Fundamentals of Social Media Marketing
    • KOL Marketing
    • Fundamentals of Customer Retention Management
    • Increase your brand recognition and improve customer loyalty
    • Learn how to Evaluate Your Campaign PErformance
    • Digital and Data Analytics
    • Intense Weekly Projects

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    3. Rakamin

    Bootcamp digital marketing Rakamin merupakan akselerasi karir selama 18 minggu untuk menjadi seorang digital marketer. Kurikulum Rakamin didesain untuk mudah dipelajari dan diikuti oleh semua orang bahkan tanpa latar belakang Digital Marketing sekalipun. Dengan kata lain, kamu akan dibimbing dari dasar hingga benar-benatr menjadi seorangi ahli.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Rakamin antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Internet Advertising (Google Ads)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Content Marketing (Content, Idea, & KOL)
    • Research & Analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Customer Relationship Management
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Softskill Series

    Menjadi Ahli Digital Marketing Bersama Danacita

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan digital marketing di Course Net, Dibimbing dan Rakamin

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!