Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Itu Cumlaude dan Bagaimana Cara Meraihnya

2022-09-09

Daftar isi

    Dunia perkuliahan adalah dunia pendidikan tinggi yang bisa kamu temui setelah lulus dari sekolah menengah. Di dalam dunia perkuliahan, terdapat banyak pilihan program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

    Waktu yang harus kamu tempuh untuk menyelesaikan pendidikan tinggi berkisar antara 3,5 tahun hingga 4 tahun untuk jenjang sarjana. Dan 1,5 tahun hingga 2 tahun untuk jenjang pascasarjana.

    Selama menjalani masa pendidikan, kamu akan dibekali pengetahuan serta kemampuan di bidang yang kamu pilih. Jika kamu mampu menjalani masa pendidikan dengan baik, maka setelah lulus kamu bisa mendapatkan predikat cumlaude. Lalu, apa itu cumlaude?

    Apa itu cumlaude

    Dalam bahasa latin, Cumlaude artinya pujian. Sebelum membahas cumlaude lebih lanjut, perlu diketahui bahwa sistem penilaian di perguruan tinggi menggunakan skala penilaian 0-4 yang biasa disebut IPK. Sistem penilaian ini menggunakan simbol huruf seperti A, B, C, D, E, dan F. Berbeda dengan sekolah yang menggunakan sistem penilaian umum seperti nilai 0-10 atau 0-100 yang biasa tertulis di dalam raport.

    Selanjutnya dalam dunia perkuliahan, Cumlaude artinya gelar kehormatan yang diberikan secara khusus kepada wisudawan yang lulus di program sarjana dengan memperoleh IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,5 hingga 3,8 sesuai dengan kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi.

    Adapun tiga predikat yang umum digunakan dalam dunia akademis, di antaranya:

    IPK 2,00 – 2,75 predikat Memuaskan

    IPK 2,76 - 3,50 predikat Sangat Memuaskan

    IPK 3,51 – 4,00 predikat Dengan Pujian (Cumlaude)

    Beberapa perguruan tinggi di negara-negara tertentu juga memberikan pengkategorian cumlaude secara khusus untuk nilai IPK di atas 3,50 seperti:

    Predikat cumlaude

    Salah satu syarat untuk meraih predikat cumlaude yaitu memiliki IPK dengan rentang 3,51 – 3,79. Namun, adapula syarat khusus yang harus dipenuhi yaitu dengan memperhatikan masa waktu tempuh studi harus tepat waktu yakni maksimal 4 tahun atau 8 semester. Selain itu, ada juga syarat yang mengharuskan untuk tidak boleh memiliki mata kuliah yang tidak lulus atau mengulang mata kuliah yang tidak lulus.

    Predikat Magna Cumlaude

    Predikat Magna Cumlaude diberikan kepada mahasiswa yang berhasil lulus dengan memperoleh banyak pujian. Syarat yang diberikan tidak berbeda dengan predikat cumlaude. Namun, dibutuhkan IPK dengan nilai 3,80 hingga 3,99 untuk bisa meraih predikat Magna Cumlaude.

    Predikat Summa Cumlaude

    Lulus dengan IPK sempurna yakni 4,00 bukanlah hal yang tidak mungkin. Mahasiswa yang berhasil meraih IPK sempurna berhak mendapatkan predikat Summa Cumlaude, yaitu wisudawan yang berhasil meraih pujian terbanyak. Predikat ini juga memiliki syarat lainnya yang sama dengan predikat cumlaude.

    Apa keuntungan menjadi mahasiswa dengan nilai cumlaude?

    Wisudawan yang memiliki predikat Cumlaude artinya ia telah menjalani masa perkuliahan dengan sebaik mungkin. Hal itu berkaitan dengan nilai-nilai yang diperoleh dari mengikuti perkuliahan seperti memahami apa yang disampaikan dosen, mampu mengerjakan ujian dengan baik, dan menguasai apa yang dipelajari.

    Keuntungan menjadi mahasiswa dengan nilai cumlaude yaitu dipercaya telah menguasai kompetensi dari program studi. Sehingga, mahasiswa dengan predikat cumlaude artinya memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bisa diterima saat mencari pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

    Adapun keuntungan lainnya yaitu memiliki peluang lebih tinggi dalam memperebutkan beasiswa pascasarjana atau S2. Jika kamu memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan pasca lulus sarjana, maka predikat cumlaude yang kamu miliki bisa menjadi modal untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana.

    Bagaimana cara menjadi mahasiswa cumlaude?

    Menjadi mahasiswa cumlaude bukanlah perkara yang mudah. Menjadi mahasiswa cumlaude artinya kamu harus tekun dalam belajar. Meskipun sulit, hal itu bukanlah hal yang mustahil. Selain itu, perlu diingatkan kembali bahwa syarat menjadi mahasiswa cumlaude adalah memiliki IPK minimal 3,51, tidak mengulang mata kuliah, dan lulus tepat waktu. Berikut ini adalah cara menjadi mahasiswa cumlaude.

    Memperhatikan syarat-syarat yang berlaku selama kuliah

    Biasanya dosen akan memberikan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa pada setiap mata kuliah. Syarat tersebut berkaitan dengan syarat kehadiran, syarat pengumpulan tugas, dan syarat nilai UTS dan UAS. Setiap syarat jangan sampai ada yang tidak terpenuhi. Misalnya kamu rajin hadir dan memiliki nilai UTS dan UAS yang bagus, akan tetapi kamu jarang mengumpulkan tugas. Maka jangan berharap nilai akhir yang bagus.

    Mengenal karakter dosen dan berhubungan baik

    Setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagian dosen ada yang memiliki pembawaan santai namun adapula yang memiliki pembawaan tegas. Selain itu, dosen juga menilai mahasiswa dari segi keaktifan seperti bertanya dan diskusi, serta ada juga yang menilai ketepatan waktu kehadiran dan tidak pernah absen.

    Mencari nilai-nilai ekstra

    Tak jarang dosen meminta mahasiswa untuk membaca buku tertentu sebagai bahan diskusi pertemuan berikutnya. Sebaiknya kamu selesaikan bacaan tersebut sebelum pertemuan berikutnya dimulai. Hal ini dapat membantu keaktifan kamu dalam sesi diskusi dengan dosen.

    Perlakukan semua mata kuliah dengan baik

    Selama menjalani masa pendidikan, pastinya kamu akan menemui mata kuliah yang mungkin tidak kamu sukai. Sebaiknya jangan sepelekan hal tersebut. Meskipun kamu memperoleh nilai sempurna pada mata kuliah yang kamu sukai, rata-rata nilai akan berkurang apabila kamu memiliki mata kuliah dengan nilai yang jelek dan akan mempengaruhi IPK kamu nantinya.

    Danacita hadir untuk membantu pembiayaanmu demi menggapai cumlaude

    Jangan sampai impian menggapai predikat cumlaude harus kandas akibat terkendala biaya pendidikan. Wisudawan cumlaude artinya harus memenuhi syarat lulus tepat waktu. Danacita hadir untuk membantu kamu membayar biaya pendidikan agar kamu bisa melanjutkan pendidikan dan meraih predikat cumlaude.

    Hingga saat ini, Danacita telah menjadi solusi bagi banyak mahasiswa dalam menyelesaikan masalah biaya pendidikannya. Dengan Danacita, kamu bisa membayar biaya pendidikan dengan cara dicicil mulai dari tenor 6 bulan hingga 24 bulan. Informasi lebih lanjut mengenai Danacita bisa kamu temui di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    cumlaude apa itu cumlaude
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri