Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Saja Perbedaan AI dan Machine Learning?

2023-03-02

Daftar isi

    Perkembangan teknologi yang kian lama semakin cepat berkembang sehingga muncul banyak hal seperti artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) untuk kehidupan manusia. Mulai dari industri teknologi untuk membantu mengambil keputusan, industri media untuk memberikan insight dan rekomendasi, bahkan industri pertanian juga mulai terbantu dengan adanya AI dan ML. Selain itu, AI dan ML juga dapat membantu dalam mitigasi prediksi bencana untuk kegiatan sosial.

    Perputaran informasi yang cukup pesat di era yang serba digital seperti sekarang ini kemudian memungkinkan banyak orang yang tertarik dapat mempelajari artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Namun, sebelum mempelajarinya kamu harus tahu perbedaan AI dan Machine Learning di bawah ini.

    Apa Itu AI?

    Sebelum membahas perbedaan AI dan Machine Learning, sebaiknya kamu memahami pengertiannya.

    Artificial intelligence (AI) adalah rancangan manusia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga dapat melakukan suatu task atau pekerjaan tertentu. Kegunaan dari AI sendiri adalah sebagai asisten manusia. Pada dasarnya, AI diciptakan sebagai pendamping, bukan pengganti manusia.

    Namun, AI dapat diprogram sedemikian mungkin sehingga kecerdasannya bisa melebihi manusia biasa. AI atau kecerdasan buatan ini sudah merambah berbagai industri seperti pertanian, kesehatan, pangan, otomotif, dan lain sebagainya.

    Artificial intelligence bekerja sesuai dengan algoritma pemrograman pada sistem komputer yang diberikan dalam proses pembuatannya. Algoritma pemrograman kerangka berpikir dari artificial intelligent dalam memproses berbagai jenis data.

    Algoritma pemrograman artificial intelligence memerlukan data yang banyak dan kuat agar komputer dapat membedakan pola yang berguna. Dengan banyaknya data juga algoritma yang kompleks mesin seakan-akan dapat berpikir sendiri, membuat keputusan, belajar, juga beradaptasi.

    Beberapa contoh artificial intelligence yang sering kita temui adalah:

    • Teknologi Face Recognition di smartphone
    • Aplikasi Mobile banking
    • Mesin Penerjemah

    Apa Itu Machine Learning?

    Kali ini kita akan mengetahui pengertian machine learning itu sendiri, setelah itu baru membahas perbedaan AI dan Machine Learning.

    Machine learning adalah jenis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak memprediksi output berbeda tanpa adanya pemrograman khusus. Machine learning berfokus pada pengembangan program komputer yang dapat mengakses data dan menggunakannya untuk belajar sendiri.

    Algoritma machine learning menggunakan data historis seperti contoh, pengalaman, dan instruksi sebagai input untuk memprediksi nilai output baru. Proses pembelajaran dimulai dengan pengamatan data dan pola. Lalu, perangkat akan membuat keputusan dan output yang lebih baik di masa depan.

    Beberapa contoh machine learning yang sering kita temui:

    • Optimasi iklan digital dalam kegiatan pemasaran
    • Sistem e-Tilang
    • Penerjemah tulisan tangan menjadi teks (Handwriting Recognition) seperti Teknologi teks menjadi suara (Text-to-Speech) seperti aplikasi narasi otomatis
    • Teknologi suara menjadi teks (Speech-to-Text) seperti fitur subtitle saat menonton video
    • Software pengecekan terjemahan dan tata bahasa seperti Grammarly

    Perbedaan AI dan Machine Learning

    Lantas apa perbedaan AI dan Machine Learning?

    Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya Machine Learning adalah bagian dari Artificial Intelligence. AI berfungsi untuk meningkatkan peluang kesuksesan suatu sistem atau mesin. Sedangkan Machine Learning lebih fokus pada akurasi sistem atau mesin itu sendiri.

    Dengan kata lain, AI berguna untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu, misalnya pengambilan keputusan (decision making), melalui sistem yang meniru manusia.

    Sedangkan Machine Learning berguna untuk mempelajari pola dan hubungan dari data-data yang ada untuk memaksimalkan kinerja suatu sistem atau mesin dan membantu algoritma bekerja secara otomatis.

    Secara singkat perbedaan AI dan Machine Learning dapat dilihat pada tabel berikut:

    Perbedaan Artificial Intelligence Machine Learning
    Keluaran yang dihasilkan Berupa pengetahuan atau knowledge Berupa data
    Tujuan yang ingin dicapai Mengembangkan sistem yang mampu meniru atau mendekati kemampuan cerdas manusia dalam menyelesaikan masalah Mengembangkan algoritma yang bisa belajar secara mandiri dari data latih
    Cakupan tugas Membuat sistem cerdas untuk melakukan tugas apapun seperti manusia. Mengajar mesin dengan data untuk melakukan tugas tertentu dan memberikan hasil yang akurat.
    Sub bidang Machine learning and deep learning adalah dua bidang turunan dari AI. Hanya deep learning yang merupakan bidang turunan dari Machine Learning
    Titik fokus Sistem AI berfokus dalam memaksimalkan peluang keberhasilan. Pembelajaran mesin memiliki fokus dalam akurasi dan pola.
    Jenis data yang didukung Data tidak terstruktur, semi-terstruktur, hingga terstruktur Hanya data terstruktur dan semi-terstruktur
    Contoh implementasi Chatbots, Smart Assistant (Siri, Alexa, Google Assistant), Sistem pakar dll Rekomendasi film Netflix, Algoritma pencarian Google, Facebook photo tagging, dll

    Belajar AI dan Machine Learning dengan Ikut Bootcamp di Pacmann

    Setelah mengetahui perbedaan AI dan Machine Learning, kamu mulai tertarik belajar dua hal tersebut? Ikut bootcamp di Pacmaan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pacmann merupakan program pelatihan data science yang terbagi atas sekolah data dan sekolah bisnis. Selain itu, memiliki program pelatihan terkait dengan data yang sangat beragam jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

    Pacmann menyediakan 5 jenis program, salah satunya AI and ML Engineering. Di program yang berdurasi selama 6-12 bulan ini, kamu akan lebih berfokus ke dalam pembuatan solusi machine learning secara end-to-end. Pembuatan solusi ini dimulai dari pembentukan requirement, hingga deployment system.

    • Fundamental Path

    Di program 6 bulan ini, kamu akan banyak mempelajari tentang dasar-dasar pemrograman, visualisasi data, dan juga pengolahannya. Disini kamu juga akan belajar mengenai konsep dan juga alur kerja dari machine learning secara menyeluruh.

    • Fundamental + Advanced Path

    Di program 12 bulan ini, kamu akan belajar secara menyeluruh. Mulai dari cara membangun solusi machine learning untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul di bisnis, mengidentifikasi masalah, pembuatan solusi hingga membawanya ke tahap production.

    • Career Path

    Di sini kamu akan belajar dengan kurikulum terbaik selama 12 bulan, serta mendapatkan pengawasan akademis dan juga psikologis lho. Selain itu kamu juga akan mendapatkan bantuan akses untuk ke hiring partner.

    Menjadi Ahli AI dan Machine Learning Bersama Danacita

    Kamu ingin ikut bootcamp di Pacmann dan menjadi seorang yang paham AI dan Machine Learning, tetapi terkendala biaya? Jangan khawatir! Karena sekarang Danacita hadir untuk mewujudkan mimpi kamu.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya Pacmann

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan. Sehingga kamu bisa mengikuti bootcamp intensif di tempat kursus favoritmu.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!