Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Biaya Kuliah Hubungan Internasional & Rekomendasinya

2022-09-09

Daftar isi

    Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk bisa bekerja di platform yang berhubungan banyak dengan orang luar negeri, bisa memilih kuliah Hubungan Internasional. Kuliah Hubungan Internasional atau sering disingkat sebagai HI adalah cabang keilmuan yang secara spesifik mempelajari dinamika hubungan antar negara, serta organisasi, perusahaan, atau individu yang memiliki pengaruh lintas negara, dan seperti apa implikasinya.

    Beberapa perguruan tinggi atau universitas yang ada di Indonesia memiliki jurusan Hubungan Internasional. Topik yang dibahas dalam kuliah Hubungan Internasional ini cenderung cukup luas dan mencakup banyak bidang, mulai dari ekonomi, politik, sejarah, hukum internasional, analisa konflik dan perdamaian, pertahanan keamanan, sosiologi, antropologi, kesejahteraan, globalisasi, lingkungan dan banyak bidang lainnya.

    Sesuai dengan namanya, pastilah untuk para mahasiswa yang belajar pada program studi ini setidaknya menguasai bahasa Asing yakni bahasa Inggris. Bagi kamu yang berencana memilih kuliah Hubungan Internasional, yuk simak penjelasan tentang jurusan ini!

    Prospek Kerja Kuliah Hubungan Internasional

    Prospek kerja kuliah Hubungan Internasional dapat dikatakan sangat baik dan banyak peluang. Dengan skill dan bekal pengetahuan dalam berbagai bidang, lulusan dari kuliah Hubungan Internasional dikenal sebagai pribadi yang kritis dan memiliki kemampuan problem solving dan membangun interpersonal relationship dengan baik.

    Kemampuan bahasa juga menjadi nilai tambah dalam dunia kerja yang semakin terpengaruh globalisasi.

    Berikut beberapa prospek kerja jika kamu kuliah Hubungan Internasional:

    1. International Officer

    International Officer merupakan orang yang bekerja khusus untuk menangani kasus atau permasalahan internasional. Seorang International Officer dapat bekerja di beberapa institusi, seperti Kementerian Luar Negeri, Kedutaan besar, Konsulat, Atase ataupun LSM asing (atau yang dikenal dengan nama INGO–International Non-Governmental Organization).

    Posisi sangat ideal untuk ditempati oleh lulusan Prodi Hubungan Internasional yang dapat mengintegrasikan seluruh materi dalam perkuliahan dan menuangkannya menjadi tindakan nyata.

    2. Government Relations Officer

    Prospek kerja kuliah Hubungan Internasional selanjutnya adalah menjadi Government Relations Officer. Nantinya, kamu akan bekerja di perusahaan asing di negaramu sendiri dan menjadi penghubung antara perusahaan tempatmu bekerja dengan pemerintah. Kamu akan bertemu dengan banyak politisi pada berbagai tingkat pemerintahan hingga mempengaruhi kebijakan legislatif dengan diplomasi.

    3. Jurnalis

    Menjadi seorang jurnalis bukan hanya untuk lulusan Ilmu Komunikasi saja lho. Nyatanya, kuliah Hubungan Internasional juga bisa. Seorang jurnalis atau wartawan mewajibkan diri untuk selalu berpikir kritis, analitis, dan mengetahui perkembangan dunia terkini. Sikap tersebut merupakan sikap yang sewajarnya ada dalam diri lulusan jurusan Hubungan Internasional dan karenanya menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan kuliah Hubungan Internasional.

    4. Dosen

    Tertarik menjadi seorang akademisi? Kamu bisa menjadi Dosen yang tak hanya mengajar tentang teori-teori Hubungan Internasional, namun juga membimbing mahasiswa hingga memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Kamu juga wajib melakukan penelitian-penelitian di bidang Hubungan Internasional. Dan tentunya, kamu dituntut untuk menyelesaikan jenjang S2 atau S3.

    5. Duta Besar

    Salah satu profesi dari diplomat, dan yang paling terkenal, duta besar, berada di bawah Kementerian Luar Negeri. Seorang duta besar harus dapat memahami isu-isu internasional, khususnya bagi negara yang diwakilinya. Diskusi dan pemahaman dinamika wilayah pada mata kuliah Hubungan Internasional di atas akan membekali kamu untuk dapat menjadi duta besar yang benar-benar dapat menjalankan tugasnya.

    6. Politisi

    Sebagai seorang politisi tidak jarang dituntut untuk terlibat dalam kegiatan Hubungan Internasional. Selain itu, kamu juga akan membuat kebijakan sesuai dengan aspirasi rakyat. Para politisi inilah nantinya yang akan menjadi pemimpin pemerintahan atau anggota parlemen mulai dari kabupaten, kota hingga provinsi. Inilah mengapa latar belakang kamu sebagai seorang lulusan sarjana hubungan internasional sangat diperlukan. Kemampuan berorganisasi juga menjadi modal besar untuk kamu yang ingin terjun ke dalam dunia politik.

    7. Staf Kedutaan

    Tugas staf kedutaan terbagi sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Sebagai Staf Ekonomi, kamu bernegosiasi tentang pajak atau persoalan-persoalan ekonomi yang lain. Staf Politik akan melaporkan iklim politik negara tujuan, mencakup terorisme, demonstrasi massa, kekerasan kelompok, maupun pertikaian.

    Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Paramadina

    Universitas Paramadina berdiri sebagai kampus peradaban, dengan mengedepankan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan, serta berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat madani di Indonesia. Salah satu jurusan favorit di Universitas ini adalah Hubungan Internasional.

    Berikut rincian biaya kuliah Hubungan Internasional di Universitas Paramadina:

    • Biaya Kuliah per Semester Rp. 9.019.000
    • Biaya Kuliah bisa dicicil 5 kali sebesar Rp. 1.804.000/ bulan untuk setiap semester
    • Biaya Kuliah sudah termasuk Uang SPP, SKS, Praktikum dan Ujian
    • Masa studi adalah 4 Semester

    Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di UNISRI

    Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) merupakan Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Slamet Riyadi tahun 1980. Universitas ini juga memiliki kuliah hubungan internasional, lho. Program studi Administrasi Negara didirikan berdasarkan SK Nomor 118/II/KP/2007 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 01 Agustus 2007.

    Berikut rincian biaya kuliah Hubungan Internasional di UNISRI:

    • Pendaftaran Rp.300.000
    • Sumbangan Pengembangan Pendidikan Rp.2.250.000
    • Sumbangan Pengembangan Pendidikan Rp.2.500.000
    • Sumbangan Pembangunan Kampus Rp.3.500.000
    • Satuan Kredit Semester Rp.100.000
    • Kesehatan Rp.50.000
    • PKKMB Rp. 500.000
    • Perpustakaan Rp.250.000

    Pendaftaran Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Paramadina dan UNISRI Menggunakan Danacita

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional. Danacita dan Universitas Paramadina dan UNISRI bekerja sama untuk mempermudah mahasiswa Paramadina untuk membiayai studi mereka.

    Dengan program ini, kamu bisa mengajukan cicilan kuliah cukup satu kali pengajuan, untuk pendanaan biaya pendidikan 4 semester sekaligus. Masa cicilan bisa kamu pilih mulai dari 6 hingga 24 bulan untuk mahasiswa Universitas Paramadina dan UNISRI. Dengan mengikuti program ini, calon mahasiswa Universitas Paramadina dan UNISRI mampu membayar biaya kuliah per semester dengan mencicil setiap bulannya sesuai dengan durasi yang dipilih oleh mahasiswa.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!