Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Program Studi Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya 2022

2022-01-26

BlogBanner_Hubungan

Daftar isi

    Bagi kalian yang bercita-cita kerja di luar negeri dan memiliki banyak relasi di luar negeri, Program Studi Hubungan Internasional (HI) bisa menjadi pilihan kamu loh! Program Studi Hubungan Internasional (HI) memiliki daya tarik tersendiri karena membuka peluang kita untuk bisa merasakan kerja di luar negeri. Perlu diakui bahwa Program Studi Hubungan Internasional (HI) masih menjadi favorit bagi banyak orang yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di perguruan tinggi.

    Kalo kamu tertarik, sebaiknya kamu simak ulasan berikut ini ya!

    Apa Itu Program Studi Hubungan Internasional (HI) ?

    Secara sederhana, Program Studi Hubungan Internasional (HI) adalah sebuah Program Studi yang mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi yang dimaksud merupakan interaksi internasional yang melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta.

    Nantinya, kamu akan lebih banyak mendalami ilmu hubungan diplomasi satu negara dengan negara lain di Program Studi Hubungan Internasional (HI) , tapi kemampuan berkomunikasi dan strategi relasi antar bangsa menjadi salah satu poin penting yang harus dipahami dengan baik. Tak hanya sebatas itu, kamu juga akan mempelajari tentang konflik, kesejahteraan, ekonomi dan perdamaian dunia. Kamu akan diasah untuk memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh dan organisasi internasional yang berpengaruh, dan kerjasama internasional.

    Yang lebih menarik, seorang lulusan program studi Hubungan Internasional memiliki kesempatan besar untuk bergabung dengan lembaga internasional sekelas PBB terlebih kamu mempunyai kelebihan berbahasa luar yang fasih.

    Materi Kuliah Program Studi Hubungan Internasional (HI)

    Setiap universitas atau perguruan tinggi tentu memiliki perbedaan dalam hal kurikulum, namun secara garis besar mahasiswa program studi Hubungan Internasional (HI) akan belajar banyak tentang dinamika suatu negara dan negara-negara lain di dunia mulai dari keadaan dan sistem ekonomi, interaksi budaya, tingkat kesejahteraan, konflik yang terjadi, situasi politik, hingga perdamaian wilayah dan krisis militer merupakan bagian dari dinamika kehidupan suatu negara yang dipelajari.

    Secara umum, pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa HI belajar tentang dasar-dasar hubungan internasional. Pada tahun kedua, yaitu di semester tiga dan empat, yang dipelajari adalah sosiologi dan sejarah dunia. Pada tahun ketiga dan keempat, materi perkuliahan mencakup keamanan nasional, hak-hak asasi manusia, dan diplomasi.

    Selain itu kamu akan mendapatkan materi kuliah seperti:

    • Teori Politik Internasional
    • Teori Hubungan Luar Negeri
    • Politik Luar Negeri dan Diplomasi Republik Indonesia
    • Hukum Internasional
    • Organisasi Internasional
    • Pengantar Studi Demokrasi
    • Ekonomi Internasional
    • Minoritas dan Integritas Nasional
    • Negosiasi dan Resolusi Konflik
    • Diplomasi
    • Sejarah Diplomasi
    • Dinamika Hubungan Internasional Kawasan
    • Rezim Internasional
    • Etnografi Bangsa-bangsa
    • Pemikiran Politik Barat
    • Geopolitik dan Geostrategi
    • Globalisasi dan Strategi
    • Teori Perbandingan Politik
    • Studi Hubungan Kultural Politik

    Kompetensi Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HI)

    Berikut adalah beberapa kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HI):

    • Kemampuan untuk mengumpulkan, mengkaji, dan menginterpretasi data terkait hubungan internasional
    • Kemampuan untuk menjadi negosiator untuk mencapai tujuan dalam konteks global
    • Menguasai prinsip geo-ekonomi, geopolitik, geostrategis dan geo-kultural, politik multikulturalisme dan komunikasi politik dalam konteks hubungan internasional
    • Kemampuan untuk mengidentifikasi kepentingan nasional dalam konteks Hubungan Internasional

    Prospek Kerja Program Studi Hubungan Internasional (HI)

    Program Studi Hubungan Internasional (HI) identik dengan prospek kerja sebagai seorang diplomat, namun ada banyak peluang atau prospek lainnya yang masih bersinggungan dengan Program Studi ini seperti menjadi Pejabat Diplomatik, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Peneliti atau Dosen, Pegawai Perusahaan Multinasional, Pegawai Organisasi Internasional, Jurnalis, Konsultan, atau bahkan Duta Besar.

    Seperti yang disebutkan di awal, prospek kerja lainnya kamu memiliki kesempatan besar bekerja di luar negeri loh! Wah menarik banget ya!

    Alasan Harus Masuk Program Studi Hubungan Internasional (HI)

    Setelah membaca sampai sini, kayaknya Program Studi Hubungan Internasional (HI) bisa menjadi pertimbangan yang bagus untuk Program Studi yang akan kamu pilih. Karena bisa masuk ke Program Studi Hubungan Internasional (HI) akan menjadi hal yang membanggakan buat kamu pribadi dan juga orang tuamu. Alasan kamu harus masuk HI adalah prospek kerja yang sangat menjanjikan, terlebih sebagai seorang lulusan Program Studi Hubungan Internasional (HI) kamu memiliki peluang besar bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB.

    Kemampuan analisis seorang lulusan Program Studi Hubungan Internasional (HI) akan masalah-masalah di dunia internasional juga akan dilirik oleh industri media yang juga membutuhkan lulusan Program Studi Hubungan Internasional (HI) baik di depan ataupun di belakang layar.

    Selain itu, kamu juga akan menjadi prioritas bagi Kementerian Luar Negeri dalam merekrut calon diplomat. Apalagi kamu telah mendalami ilmu serta materi HI dengan baik. Alasan lainnya adalah potensi gaji yang tinggi, jika kamu bekerja untuk negara lain maka gaji yang akan kamu terima bisa lebih tinggi daripada gaji di Indonesia.

    Rekomendasi Universitas dengan Program Studi Hubungan Internasional (HI) Terbaik

    Danacita merupakan partner resmi dari beberapa universitas yang memiliki Program Studi Hubungan Internasional (HI) terbaik di Indonesia, beberapa rekomendasi kampus dengan Program Studi Hubungan Internasional (HI) terbaik adalah:

    President University

    Ya, President University adalah salah satu universitas swasta denganProgram Studi Hubungan Internasional (HI) terbaik lho. Selain memiliki standar internasional, PU juga merupakan universitas yang menjadi rujukan mahasiswa dari berbagai negara. Disini kamu akan akan bertemu dengan beberapa mahasiswa dari Vietnam, Jepang, Korea, Singapura, Amerika Serikat dan juga beberapa negara lainnya. Keuntungan yang bisa kamu dapat selain mendapatkan teman adalah, kamu juga bisa mempelajari kultur mereka. Jadi kamu bisa semakin jago di Hubungan Internasional


    Baca juga: Informasi terbaru PMB President University 2022/2023


    Universitas Paramadina

    Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Paramadina. Universitas swasta yang memiliki banyak keunggulan ini juga memilikiProgram Studi Hubungan Internasional (HI) terbaik lho. Yang menjadi keuntungan kalau kamu mengambil Program Studi Hubungan Internasional (HI) di Paramadina, kamu akan belajar banyak hal tentang diplomasi antar negara, kebijakan luar negeri, hingga analisa kawasan/regional.


    Baca juga: Informasi terbaru PMB Universitas Paramadina 2022


    Gelar untuk Program Studi Hubungan Internasional (HI)

    Sebenarnya, di Indonesia ada beberapa gelar yang digunakan untuk Sarjana Hubungan Internasional. Namun hampir disetiap kampus gelar yang diberikan adalah S.IP. (Sarjana Ilmu Politik). Karena secara umum, Program Studi Hubungan Internasional (HI) merupakan sub bagian dari rumpun ilmu politik dan disetiap kampus, Program Studi Hubungan Internasional berada dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

    Meskipun begitu, tidak semua kampus memberikan gelar S.IP kepada lulusan Program Studi Hubungan Internasional (HI). Setidaknya ada 3 gelar sarjana lain yang diberikan kepada lulusan Program Studi Hubungan Internasional (HI) selain S.IP. Berikut ini daftarnya:

    • S.Sos. (Sarjana Sosial)
    • S.Hub.Int. (Sarjana Hubungan Internasional)
    • S.H.Int. (Sarjana Hubungan Internasional)

    Itu dia ulasan singkat Program Studi Hubungan Internasional (HI), gimana? menarik kan?

    Semoga setelah baca ini kamu udah gak kebingungan lagi milih Program Studi ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo