Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com dan Biayanya

2023-02-27

Daftar isi

    Saat ini pekerjaan di bidang digital dan teknologi menjadi salah satu karir yang menjanjikan. Perkembangan digital membuka berbagai peluang karir. Tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk belajar skill digital dan teknologi. Salah satu skill yang banyak dibutuhkan adalah web developer.

    Web developer merupakan salah satu pekerjaan dibidang teknologi yang banyak diincar karena gaji yang ditawarkan terbilang tinggi serta lingkungan kerja yang fleksibel membuat banyak anak muda ingin bekerja di bidang ini. Mungkin kamu salah satunya. Jika kamu tertarik untuk berkarier di bidang ini salah satu caranya adalah dengan mengikuti bootcamp. Di Indonesia, bootcamp Full Stack Web Developer salah satunya diselenggarakan oleh Harisenin.com.

    Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang web developer hingga bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com, simak penjelasan berikut!

    Apa itu Web Developer?

    Sebelum membahas tentang bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com, tentunya kamu harus paham dulu mengenai web developer itu sendiri.

    Web Developer adalah sebuah profesi yang bertugas untuk membangun website dan memastikan kinerja websitenya andal dan efisien. Web Developer juga bisa disebut sebagai programmer yang memiliki spesialisasi dalam pengembangan sebuah aplikasi yang berkaitan dengan World Wide Web atau aplikasi jaringan terdistribusi.

    Web developer biasanya menjalankan protokol seperti HTTP dari server Web ke browser klien menggunakan bahasa pemrograman terkait seperti HTML/CSS, C# , Ruby dan PHP.

    Web Developer biasanya dibagi atas 3 jenis, yaitu:

    • Back-end web developers: seseorang yang bertugas untuk membuat struktur website, melakukan coding, dan verifikasi kode berfungsi. Tanggung jawab mereka juga dapat mencakup pengelolaan titik akses untuk orang lain yang perlu mengelola konten website.
    • Front-end web developer: seseorang yang bekerja pada bagian visual website—halaman yang dilihat dan berinteraksi dengan pengunjung atau dikenal sebagai interface. Mereka merancang tata letak fisik setiap halaman, mengintegrasikan grafik, dan menggunakan HTML dan JavaScript untuk menyempurnakan situs.
    • Fullstack web developer: tugas seorang full stack web developer adalah melakukan pekerjaan back-end dan front-end web developer secara bersamaan. Full stack developer ini memiliki pengetahuan untuk membangun website yang lengkap dan dapat bekerja untuk organisasi yang tidak memiliki anggaran untuk tim website yang besar.

    Tugas Seorang Web Developer

    Secara umum, web developer bertugas untuk membuat website. Meskipun peran utama mereka adalah memastikan website menarik secara visual dan mudah dinavigasi, banyak web developer juga bertanggung jawab atas kinerja dan kapasitas website. Berikut beberapa tugas dan tanggungjawab seorang web developer:

    1. Merancang Logika Website

    Tugas paling dasar dari seorang web developer adalah merancang logika website. Untuk melakukannya, web developer akan menggunakan bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, Java, dan yang lainnya. Ini disesuaikan dengan kebutuhan website yang ingin dibangun. Apakah ingin membuat website ecommerce, website bisnis, website pemerintahan, dan yang lainnya.

    2. Mendesain Interface Website

    Jika logika website dibangun dari sisi back-end, maka mendesain template website dilakukan dari sisi front-end. Seorang web developer bertugas untuk mendesain interface agar website yang dibuat memiliki tampilan yang baik dan juga fitur yang mudah digunakan oleh user. Selain itu, interface juga harus responsif agar dapat digunakan dengan baik di layar komputer, smartphone maupun tablet.

    3. Membangun Database

    Setelah menyiapkan website dari sisi back-end dan front end, webs developer juga bertugas untuk membangun database. Database ini bertujuan untuk menyimpan semua data yang ada di website, termasuk gambar, informasi produk, akun pengunjung, dan yang lainnya. Agar tidak membebani kinerja website, web developer harus mengelola database ini dengan baik.

    4. Melakukan Pengetesan Website

    Sebelum benar-benar diluncurkan, web developer harus melakukan pengetesan website terlebih dahulu. Pengetesan dan pengecekan ini dilakukan untuk melihat apakah website yang dibangun telah berfungsi dengan baik atau masih ada masalah. Bahkan ketika website telah diluncurkan pun, web developer juga harus tetap melakukan pengecekan secara berkala terhadap website tersebut.

    Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Web Developer

    Jika melihat tugas dan tanggung jawabnya yang tidak main-main, maka skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang web developer juga tidak sembarangan. Berikut beberapa skill dasar yang harus dimiliki seorang web developer:

    1. Menguasai Bahasa Pemrograman

    Saat ini, terdapat 3 bahasa pemrograman yang paling umum digunakan, yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. Ketiga bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh web developer karena fungsi dan perannya yang berbeda-beda tetapi saling melengkapi.

    HTML digunakan untuk membuat situs dan aplikasi, CSS digunakan untuk menggambarkan visual di setiap halaman seperti font text, warna, dan tata letak, sementara Javascript digunakan untuk memuat halaman lebih interaktif.

    2. Menguasai Berbagai Tools Web Developer

    Selain bahasa pemrograman, seorang web developer juga harus menguasai berbagai tools pendukung lainnya. Untuk mengeksekusi bahasa pemrograman, kamu harus bisa menggunakan berbagai tools web developer.

    Mulai dari Github yang memungkinkan web developer melacak semua perubahan yang dilakukan pada kode yang sudah dibuat. Berbagai tools ini juga akan memudahkan kinerja kamu.

    3. Mengetahui Cara Membuat Desain yang Responsif

    Perlu diingat jika orang-orang menggunakan berbagai perangkat untuk melihat website. Sebagai web developer, kamu harus dapat membuat website yang terlihat bagus di berbagai perangkat baik itu pada smartphone, tablet, maupun desktop.

    4. Technical SEO

    Selain memperhatikan kebutuhan user, seorang web developer juga harus memperhatikan dari sisi SEO nya. Dengan kata lain website harus bisa di-crawling atau dibaca oleh mesin pencari, seperti Google.

    Banyak faktor desain website yang dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari situs. Memahami bagaimana mesin pencari memberi peringkat situs berguna dalam pekerjaan web developer.

    Baca juga: Alasan Bootcamp di Harisenin.com Terlengkap

    Mengenal Bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com

    Pendidikan formal tidak selalu diperlukan untuk menjadi web developer tingkat pemula. Beberapa web developer memulai karirnya dengan mengikuti berbagai pelatihan dan bootcamp web developer. Saat ini banyak bootcamp web developer yang siap melatih kamu untuk menjadi seorang web developer. Salah satunya adalah bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com.

    Harisenin.com adalah sebuah lembaga belajar yang telah berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 pelajar di seluruh Indonesia dengan berbagai pelatihan di bidang teknologi dan digital, termasuk pelatihan atau bootcamp web developer.

    Bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com menyiapkan kamu untuk menjadi seorang Full Stack Web Developer dalam 24 minggu. Di bootcamp ini kamu akan belajar berbagai materi dan skill yang komplit untuk menjadi web developer yang handal bersama dengan mentor berpengalaman.

    Beberapa materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com antara lain:

    • Project Management
    • HTML
    • CSS
    • Javascript
    • ReactJS
    • NodeJS for Rest API
    • Database Basic
    • Database: Query Design and Function
    • VCS (Version Control Service)
    • Career 101: Pursue Your Career in Tech

    Berikut rincian biaya bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com:

    • Guarantee Program - Final Seat

    Program dengan 4 bulan (39 Online & Intensive Classes) dan 1 bulan (Final Project, Career coaching, & Job Connect). Jadwal kelas di hari Rabu (19.00 WIB - 21.00 WIB), Jumat (19.00 WIB - 21.00 WIB) dan Minggu (10.00 - 12.00 WIB & 13.00 - 15.00 WIB).

    Biaya: Rp 10.000.000

    • Guarantee - Special Price Cicilan 0%

    PRO Rp8,5 Juta dengan membayar bulanan 13x pembayaran (Rp800K x 5 Bulan dan 500K x 9 Bulan)

    Program 4 bulan (39 Online & Intensive Classes) dan 1 bulan (Final Project, Career coaching, & Job Connect). Jadwal kelas di hari Rabu (19.00 WIB - 21.00 WIB), Jumat (19.00 WIB - 21.00 WIB) dan Minggu (10.00 - 12.00 WIB & 13.00 - 15.00 WIB)

    Biaya: Rp 800.000

    • Full Course

    Program 4 bulan (39 Online & Intensive Classes) dan 1 bulan (Final Project). Jadwal kelas di hari Rabu (19.00 WIB - 21.00 WIB), Jumat (19.00 WIB - 21.00 WIB) dan Minggu (10.00 - 12.00 WIB & 13.00 - 15.00 WIB)

    Biaya: Rp 4.000.000

    Informasi selengkapnya seputar bootcamp full stack web developer Harisenin.com, klik di sini.

    Menjadi Web Developer dengan ikut Bootcamp di Harisenin.com lewat Danacita

    Itu dia informasi seputar bidang web developer hingga bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com. Ingin mengikuti bootcamp web developer di Harisenin.com tapi terkendala biaya? Tidak usah khawatir karena Danacita siap mewujudkan mimpi kamu menjadi seorang web developer.

    Danacita adalah sebuah perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk memberi akses pendidikan kepada siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ataupun lembaga pendidikan lainnya.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan Harisenin.com untuk membantu kamu mengikuti bootcamp web developer dengan biaya yang terjangkau. Kamu bisa melakukan cicilan pembayaran kursus di Harisenin.com hingga 12 bulan dengan persyaratan dan proses yang sangat mudah dan cepat.

    Selain prosesnya yang mudah dan cepat, keamanan data pengajuan kamu di Danacita juga terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001. Hingga saat ini, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan yang ada di seluruh Indonesia.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Bootcamp Full Stack Web Developer Harisenin.com harisenin.com
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri