Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bootcamp Human Resources Harisenin.com dan Biayanya

2023-02-27

Daftar isi

    Kamu pasti sudah familiar dengan Human Resources kan? Profesi satu ini akan selalu kamu temui mulai dari saat melamar kerja sampai resign, kamu akan selalu berhubungan dengan Human Resources. Saat ini, banyak startup yang melihat Human Resources sebagai posisi yang sangat krusial, terutama dalam hal merekrut karyawan yang berkualitas.

    Untuk kamu yang ingin berkarir sebagai human resources, bisa dengan berkuliah di jurusan Psikologi S1 atau bisa dengan mengikuti bootcamp. Salah satu tempat yang menyelenggarakan ini adalah Harisenin.com

    Penasaran seperti apa programnya? Berikut penjelasan seputar human resources hingga Bootcamp Human Resources Harisenin.com!

    Apa itu Human Resources?

    Sebelum membahas lebih jauh tentang Bootcamp Human Resources Harisenin.com, tentu kamu harus paham juga apa itu HR.

    Human Resources atau biasa disingkat HR adalah orang-orang yang bekerja untuk perusahaan atau organisasi dan departemen yang bertanggung jawab untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan karyawan, yang secara kolektif mewakili salah satu sumber daya paling berharga dalam bisnis atau organisasi mana pun.

    Dengan kata lain, HR bertugas untuk menemukan, menyaring, merekrut, dan melatih pelamar kerja, termasuk mengelola program tunjangan karyawan.

    Tak bisa dipungkiri jika HR saat ini memiliki peran kunci dalam membantu perusahaan menghadapi lingkungan bisnis yang cepat berubah dan permintaan yang lebih besar akan sumber daya karyawan yang berkualitas di abad ke-21.

    Fungsi dan Tugas Human Resources

    HR merupakan salah satu komponen penting dari bisnis apa pun. Terlepas dari ukuran organisasi tersebut, pada dasarnya HR memiliki fungsi, tugas, dan tanggungjawab yang hampir sama di setiap bisnisnya. Berikut fungsi dan tugas dasar HR:

    1. Merekrut Karyawan Baru

    Salah satu tugas paling mendasar dari seorang HR adalah memastikan kebutuhan sumber daya manusia, dalam hal ini karyawan di perusahaan terpenuhi. Karyawan baru yang direkrut pun harus berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan tiap departemen atau sesuai dengan permintaan user.

    Untuk melakukan proses rekrutmen, HR harus menganalisis pasar, mendiskusikannya dengan user, dan pastinya mengelola budget hingga proses penyaringan. Setelah itu, barulah HR melakukan serangkaian proses rekrutmen mulai dari administrasi, tes psikologi, hingga wawancara kepada kandidat.

    2. Memberikan Pelatihan dan Pengembangan

    Tidak hanya menghadirkan karyawan baru yang berkualitas, seorang HR juga bertugas untuk mengembangkan kompetensi tiap karyawannya melalui berbagai pelatihan dan pengembangan yang dihadirkan.

    Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan setiap karyawan di bidangnya masing-masing agar karyawan mampu memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan.

    3. Mengawasi dan Mengevaluasi Performa Karyawan

    HR harus memastikan agar karyawan tidak hanya bekerja secara nyaman, tetapi juga dapat bekerja secara produktif dan mencapai target yang diberikan. Untuk itu, HR harus memantau kinerja setiap karyawan yang bekerja di perusahaan dan melakukan evaluasi.

    Evaluasi ini biasanya dilakukan setiap bulan, setiap triwulan, ataupun setiap tahun yang dilakukan dengan cara 1 on 1 antara HR dan karyawan. Melalui evaluasi ini, HR akan memberikan input atau kritik bagi karyawan akan kinerja yang sudah mereka lakukan.

    4. Menjalankan Payroll

    Payroll atau penggajian merupakan salah satu tugas HR yang cukup krusial, karena langsung berkaitan dengan benefit yang diberikan kepada karyawan. Dalam melakukan tugas satu ini, HR harus menghitung jumlah absen masing-masing karyawan dan komponen-komponen gaji lainnya meliputi pajak penghasilan karyawan dan iuran lain seperti BPJS.

    HR harus memastikan setiap karyawan mendapatkan gaji sesuai dengan proporsi mereka masing-masing.

    5. Menghimpun Administrasi Data

    Tugas lain dari seorang HR adalah menghimpun setiap administrasi data. Data yang dimaksud adalah data karyawan, payroll, pembayaran karyawan lainnya, hingga sistem kontrak kerja. Termasuk juga database profil setiap karyawan. HR harus selalu mengupdate setiap data ini untuk kebutuhan reporting yang bisa menjadi acuan untuk keputusan-keputusan perusahaan di masa depan.

    Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Human Resources

    Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab dari seorang HR, berikut skill yang harus kamu miliki jika ingin berkarir sebagai HR:

    1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

    Skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang HR adalah kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini karena HR lebih banyak bertugas untuk mengurus manusia. HR akan lebih banyak berhubungan dengan karyawan internal hingga petinggi perusahaan.

    Tak jarang, HR juga akan berhubungan dengan pihak eksternal, terutama pihak asuransi, bank, vendor, dan yang lainnya. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dimiliki oleh seorang HR.

    2. Manajemen Konflik dan Pemecahan Masalah

    Ketika menjadi seorang HR, kamu akan banyak bertemu dengan berbagai masalah yang dihadapi atau dilakukan karyawan, baik itu pelanggaran ringan maupun berat. Ketika menghadapi hal ini, kamu harus menjadi orang pertama yang mampu menghadapi konflik internal tersebut. Kemampuan manajemen konflik ini dibutuhkan agar kamu dapat menyelesaikan konflik tersebut dengan diikuti solusi yang terbaik bagi mereka.

    3. Multitasking dan Manajemen Waktu yang baik

    HR memiliki jumlah pekerjaan yang cukup banyak dan mengharuskan kamu untuk terhubung dengan banyak area dan departemen di perusahaan. Mulai dari perekrutan, persiapan pelatihan karyawan, penggajian dan yang lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk seorang HR memiliki kemampuan multitasking dan manajemen waktu yang baik.

    4. Peka dan Mampu Berempati

    Membangun hubungan baik dengan seluruh karyawan adalah salah satu dari fungsi HR. Tak jarang, HR akan menerima banyak keluhan atau curhatan dari para karyawan. Untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik, maka diperlukan rasa empati dan peka agar kamu bisa memposisikan diri di posisi orang lain dan memberikan solusi terbaik.

    5. Mampu Beradaptasi dengan Teknologi

    Meski pekerjaan HR lebih banyak berurusan dengan manusia, akan tetapi dalam melakukannya HR juga akan menemui berbagai tools teknologi pendukung. Terlebih di era digital saat ini, banyak perusahaan yang telah menerapkan sistem WFH.

    Ada berbagai tools HR yang membantu pekerjaan sehari-hari. Mulai dari tools absensi, pengelolaan data, tracking, dan yang lainnya. Semua ini harus dikuasai agar memudahkan kamu dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang HR.

    Baca juga: Alasan Bootcamp di Harisenin.com Terlengkap

    Bootcamp Human Resources Harisenin.com

    Seorang HR di perusahaan biasanya diisi oleh lulusan Psikologi ataupun Hukum. Namun, untuk kamu yang tidak berasal dari lulusan ini bukan berarti tidak bisa berkarir sebagai HR. Kamu bisa memulai karir kamu sebagai HR dengan mengikuti bootcamp Human Resources dari Harisenin.com.

    Bootcamp Human Resources Harisenin.com adalah kelas intensif selama 24 minggu yang akan mengajarkan kamu berbagai pengetahuan dan kemampuan untuk menjadi seorang HR. Di sini kamu akan bertemu dengan tutor profesional yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang HR.

    Selain itu, Harisenin.com memiliki berbagai koneksi ke perusahaan ternama dan job guarantee. Sehingga setelah lulus kamu bisa langsung memulai karir menjadi seorang HR.

    Berikut materi yang akan kamu dapatkan di Bootcamp Human Resources Harisenin.com:

    • Introduction to Human Resources
    • Personality and Values
    • Corporate Culture
    • Teamwork Management
    • Introduction to Talent Management
    • Recruitment Process - Part 1
    • Recruitment Process - Part 2
    • People Development
    • Training and Learning Development
    • Performance Evaluation and Performance Appraisal

    Untuk mengikuti bootcamp Human Resources Harisenin.com, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 10.000.000, tergantung jenis program yang kamu pilih.

    Informasi lengkap seputar bootcamp Human Resources Harisenin.com, klik di sini.

    Bayar Biaya Bootcamp Human Resources Harisenin.com dengan Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai Human Resource hingga Bootcamp Human Resources Harisenin.com. Kini waktunya mewujudkan mimpi kamu untuk memulai karir sebagai HR dengan ikut bootcamp di Harisenin.com dan bayar biayanya lewat Danacita.

    Danacita merupakan perusahaan finansial teknologi berbasis pendidikan yang memiliki misi untuk memberikan akses pendidikan mudah kepada siapapun yang ingin atau sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun di lembaga pendidikan, termasuk di Harisenin.com.

    Dengan Danacita, kamu bisa mengikuti bootcamp Human Resources di Harisenin.com dengan pembayaran yang terjangkau. Dengan menggunakan Danacita di Harisenin.com kamu bisa bayar cicilan hingga 12 bulan.

    Selain itu, prosesnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan melakukan pendaftaran di website Danacita. Danacita dijamin aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001. Di sisi lain, Danacita pun sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di Indonesia jadi sudah pasti terpercaya.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Bootcamp Human Resources Harisenin.com harisenin.com
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri