Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau jadi Business Intelligence Analysis? Ikut Binar Business Intelligence Analysis Bootcamp Dulu!

2022-10-11

bootcamp-business-intelligence-analysis

Business Intelligence. Source: Pexels

Apa itu Business Intelligence Analysis?

Business intelligence Analysis adalah sebuah proses berbasis teknologi untuk menganalisis data dan memberikan informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu para eksekutif, manajer, dan pekerja membuat keputusan bisnis yang terinformasi. Business intelligence menggabungkan analitik bisnis, penambangan data, visualisasi data, alat dan infrastruktur data, dan praktik terbaik untuk membantu organisasi membuat lebih banyak keputusan berdasarkan data. Orang yang yang mendalami ilmu ini disebut sebagai Business Intelligence Analyst.

Tujuan dari Business Intelligence Analysis adalah untuk mendorong dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik yang memungkinkan setiap organisasi bisnis meningkatkan pendapatan, meningkatkan efisiensi operasional dan mendapatkan keunggulan kompetitif atas persaingan bisnis.

Kenapa Kamu Harus Jadi Business Intelligence Analyst?

1. Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

Salah satu manfaat mempelajari Business Intelligence dan menjadi seorang Business Intelligence Analyst adalah, kamu bisa mengembangakn diri dan masuk ke industri manapun yang kamu mau. Sebab saat ini Business Intelligence mulai diterapkan di semua industri, mulai dari keuangan, IT, perawatan, ritel, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk menjadi Business Intelligence Analyst, kamu tidak perlu memiliki latar belakang IT. bebrapa kemampuan yang harus kamu miliki antara lain, kemampuan analisis dan menggunakan tools, keterampilan komunikasi untuk memahami persyaratan dan menyajikan temuan kepada para pemimpin bisnis, problem solving, dan yang lainnya yang bisa kamu pelajari

2. Sangat Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Peran seorang Business Intelligence Analyst di sebuah perusahaan sangatlah dibutuhkan. Dengan pengetahuan yang dimiliki dari data, Business Intelligence Analyst memberikan banyak insight seputar kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat membantu membentuk masa depan sebuah bisnis. Dari insight yang diperoleh seorang Business Intelligence Analyst kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan di semua tingkatan dalam perusahaan dan sangat dihargai oleh top management.

3. Memiliki Prospek Karir yang Luas

Semua bisnis pasti ingin selalu melakukan pengembangan agar dapat bertahan. Di era digital dan teknologi saat ini, semua bisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan berbagai data insight yang dapat membantu bisnis lebih baik lagi. Di sinilah peran Business Intelligence Analyst bertugas. Seorang Business Intelligence Analyst dapat berkarir di industri dan bidang apapun. Mulai dari perbankan, pendidikan, teknologi, hingga pemerintahan, dan lain sebagainya.

4. Memiliki Keamanan Kerja

Selain menawarkan prospek kerja yang luas, Business Intelligence Analyst juga menawarkan keamanan kerja. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja A.S., permintaan akan analis manajemen, termasuk Business Intelligence Analyst, diperkirakan akan tumbuh sebesar 14% hingga tahun 2024. Posisi Business Intelligence Analyst relevan untuk setiap industri karena mereka adalah penghubung antara IT dan pemikiran strategis. Hal ini berkaitan dengan volume data yang tersedia untuk organisasi terus berkembang, demikian pula kebutuhan akan profesional yang dapat memahami dan menafsirkannya.

5. Menawarkan Gaji yang Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum jika profesi di bidang digital dan teknologi saat ini merupakan profesi yang menawarkan gaji yang tinggi, termasuk Business Intelligence Analyst. Bahkan gaji rata-rata seorang Business Intelligence Analyst , 50% lebih tinggi dari profesional IT lainnya. Hal ini karena posisi Business Intelligence Analyst masuk dalam kategori posisi analisis management.

Belajar Business Intelligence Analysis dengan Binar Academy

Untuk kamu yang ingin belajar tentang Business Intelligence tapi masih bingung untuk memulai, Binar Academy bisa menjadi jawaban yang pas untuk kamu. Binar Academy merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan program kursus untuk menghasilkan bakat-bakat digital yang berkompetensi di bidangnya sejak 2016.

Sebagai pembelajaran berbasis teknologi yang dibangun oleh anak bangsa, Binar Academy telah berhasil menjadi lembaga pendidikan yang berpengaruh dalam mempersiapkan talent digital. Sejak berdiri, Binar Academy berfokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar melalui tahapan dan metode pembelajaran yang beragam, seperti kelas online dan berbagai macam konten.

Hingaa saat ini, Binar Academy berhasil mengedukasi ribuan siswa melalui program Binar Bootcamp, kursus intensif bagi pemula, dan Binar Insight, serta berbagai seri webinar interaktif lainnya.

Kelebihan Bootcamp Business Intelligence Analysis di Binar Academy

1. Materi yang Dipelajari Sangat Detail

Di bootcamp Business Intelligence Analysis Binar Academy, kamu akan dibimbing hingga menguasai ilmu Business Intelligence Analysis dari dasar sampai penerapannya dalam pekerjaan. Berikut beberapa materi yang akan kamu dapatkan:

  • Dasar-dasar Ilmu Business Intelligence.

Dalam materi ini kamu akan mempelajari Pengenalan Business Intelligence, Pengenalan Data, Pengenalan Business Intelligence di Industri, Digital literasi, Digital ethics, Fungsi BI Dalam Perusahaan, BI roles and jobs, Aktivitas keseharian Business Intelligence, BI vs Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, Business Analyst, Product Analyst

  • Memahami Profesi BI Analyst

Dalam materi ini kamu akan mempelajari, Asal usul BI Analyst, Posisi BI Analyst di Perusahaan, Peran BI Analyst di Dunia Kerja, Gambaran Personal & Jenjang karir BI Analyst, Proses dan Tahapan Kerja BI Analyst, Tools Kerja yang Digunakan BI Analyst

  • Menjadi BI Analyst

Dalam materi ini kamu akan mempelajari, Business Requirement, Data Warehouse, Data Analysis, Data Profiling and Data Cleansing, Data Transformation, dan Data Query.

  • Building Performance Dashboard

Dalam materi ini kamu akan mempelajari Google Data Studio, Menggunakan Data Studio untuk membuat dashboard, Karakteristik umum BI Analyst tools, Merancang prototype dashboard, Presenting and gathering users' feedback.

  • Data Visualisation Best Practices

Dalam materi ini kamu akan mempelajari Merancang dashboard yang efektif serta Data storytelling.

2. Jadwal dan Tahan Belajar yang Intens

Selama 2 bulan mengikuti bootcamp ini kamu akan dibantu untuk menggali potensi yang selama ini kamu yakini dengan tahapan yang sangat intens. Mulai dari onboarding, 3 kali seminggu belajar dengan fasilitator, mendapatkan challenge di setiap chapter, hingga graduation day. Selain itu jadwal belajarnya juga fleksibel dan dilakukan secara online.

3. Diajar oleh Tutor Berpengalaman

Agar belajar kamu lebih cepat tanggap, Binar Academy memilih dan menyediakan tutor yang sudah berpengalaman di bidangnya dan telah bekerja di industri selama beberapa tahun.

4. Mendapatkan Fasilitas Job Connector

Salah satu alasan banyak orang mengikuti bootcamp adalah, agar bisa mendapatkan karir yang diimpikan. Di Binar Academy, kamu akan mendapatkan fasilitas job connector di mana setiap lulusan Binar Academy akan terhubung dengan perusahaan-perusahaan hiring partner Binar Academy yang membutuhkan talenta digital melalui private interview ataupun hiring event.

Bayar Biaya Bootcamp Business Intelligence Analysis Binar Dengan Danacita

Kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambill bootcamp Business Intelligence Analysis Binar Academy dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau di Binar Academy. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau.

Bersama Danacita, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di Binar Academy Tanpa khawatir dengan kendala biaya dan prosesnya yang mudah.

Info selengkapnya di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

binar academy business intelligence
Default Avatar

Written By

Esa Tauran