Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Jadi Product Management? Gabung Dulu Ke Binar Product Management Bootcamp!

2022-10-11

bootcamp-product-management-binar-academy

Source: Pexels

Saat kamu menonton film favoritmu di layanan streaming seperti Netflix dan Disney, atau mendengarkan lagu favoritmu di Spotify, pernahkah kamu bertanya-tanya siapa yang membantu membangun pengalaman digital ini? Jawabannya adalah Product Manager. Semua produk digital yang digunakan saat ini adalah hasil dari pengembangan produk yang dilakukan melalui serangkaian product management.

Apa sebenarnya product management itu? Apa peran product manager dan bagaimana profesi ini menjadi sangat menjanjikan? Temukan jawabannya pada artikel berikut

Apa itu Product Management?

Product Management adalah sebuah peran dan fungsi dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas kesuksesan produk secara keseluruhan. Seorang Product Manager bekerja dengan berbagai stakeholder baik di dalam, maupun luar perusahaan untuk membangun dan melaksanakan rencana dan untuk memastikan produk memenuhi tujuan keuangan dan strategisnya. Product Management menggabungkan fokus pengguna, pemahaman bisnis, dan keahlian teknologi untuk menciptakan hasil produk yang kuat dan dibutuhkan oleh pengguna.

Umumnya, seorang Product Management bertanggung jawab untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen produk. Hal ini termasuk mempromosikan dan memposisikan ide-ide baru untuk pengembangan produk dan fitur, bekerja dengan tim teknik dan desain untuk menghidupkan produk, serta memastikan bahwa setiap produk memenuhi kebutuhan pengguna atau pelanggan target.

Kenapa Kamu Harus Belajar Product Management?

1. Mendapatkan Banyak Tambahan Pengetahuan

Belajar bidang product manager tidak hanya memberikan kamu pengetahuan teori terkait product management itu sendiri. Ada banyak kompetensi dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang product manager. Kamu akan belajar bagaimana melakukan wawancara pelanggan dan pengujian pengguna produk, menjalankan sprint desain, melakukan analisa pasar, belajar mengalokasikan sumber daya, bahkan kamu akan belajar dan bertugas untuk menjadi jembatan komunikasi antar departemen, dan lain sebagainya.

2. Mengajarkan Kamu untuk Bisa Mengobservasi Secara Mendalam

Pada intinya, tugas utama seorang product manager adalah bagaimana mengembangkan sebuah produk agar dapat digunakan dengan baik oleh banyak orang. Untuk mencapai itu, dibutuhkan banyak observasi mendalam. Kamu akan lebih banyak bertanya-tanya mengapa segala sesuatunya bekerja dengan cara tertentu dan apakah mungkin ada cara lain. Keingintahuan yang konstan dan tanpa henti adalah alat paling penting yang dimiliki oleh seorang product manager.

3. Melatih Kemampuan Problem-Solving

Dari observasi mendalam yang dilakukan oleh seorang product manager, akan muncul sebuah ide untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi. Product manager inilah yang akan pertama kali menemukan dan memberikan ide perbaikan ataupun rencana terkait suatu produk sebuah bisnis. Prinsip seorang product manager adalah “jika ada kemauan, maka ada jalan”. Dengan kata lain, product manager adalah seni tentang menghadapi rintangan dan memecahkan masalah.

4. Belajar Adaptif Di Setiap Situasi

Perkembangan dunia digital yang begitu cepat membuat kebutuhan konsumen juga ikut cepat berubah. Hal ini membuat seorang product management juga harus bisa cepat beradaptasi terhadap perubahan ini. Belajar product management akan melatih kemampuan adaptasi kamu di situasi apapun. Kemampuan ini tentu dibarengi dengan kemampuan untuk segera menemukan ide dan memecahkan masalah yang dihadapi.

5. Membawa Kamu Ke Jenjang Karir yang Luas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap bisnis di era digital dan teknologi saat ini sangat membutuhkan product management untuk mengembangkan produk agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini membuat permintaan akan kebutuhan talent product management semakin tahun semakin meningkat. Karena peran product management sebagian besar muncul dalam beberapa dekade terakhir, apa yang dibutuhkan akan bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Namun secara umum, product manager dapat masuk ke berbagai industri, mulai dari kesehatan, teknologi, perbankan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Saatnya Belajar Product Management di Binar Academy

Binar Academy adalah sebuah startup digital yang berfokus pada pengembangan talenta-talenta digital. Binar Academy berdiri pada tahun 2016 dan didirikan oleh Alamanda Shantika, mantan VP of Technology Gojek. Seiring perjalanannya, Binar Academy memiliki nilai-nilai dan tujuan yang dituangkan ke dalam visi & misi perusahaannya. Kristalisasi nilai dan tujuan tersebut diharapkan dapat menjadi landasan bagi Binar Academy serta seluruh orang yang terlibat di dalamnya. Mulai dari pendiri hingga akademisi.

Binar Academy menyediakan berbagai program pendidikan terkait teknologi informasi, salah satunya adalah product management. Bootcamp product management Binar Academy akan memberikan kamu pengetahuan secara teori hingga menguasai ilmu Product Management dari dasar sampai penerapannya dalam pekerjaan. Kamu akan dibimbing selama 4 bulan untuk menggali potensi kamu di bidang ini.

Adapun materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp ini, antara lain:

  • Pengantar Dunia Pemrograman
  • Dasar Product Management
  • Skill Utama Product Management
  • Memahami Proses Bisnis
  • Memahami User Persona
  • Memahami Customer Journey
  • Perencanaan Produk
  • Quantitative Research & Quantifying Problem
  • Roadmapping
  • Understanding Stakeholder
  • Menciptakan Sustainable Product Management Cycle

Kelebihan mengikuti bootcamp product management Binar Academy, yaitu:

  • Jadwal yang fleksibel. Selama masa pandemi, Bootcamp Binar Academy dilakukan secara online.
  • Mendapatkan fasilitas Job Connect untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan
  • Mengerjakan project yang nantinya bisa menjadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan
  • Bebas mengakses materi belajar yang tersedia di aplikasi Binar Academy.
  • Binar Academy akan mengajarkan kamu mulai dari tingkat dasar sampai tingkat profesional.
  • Pembayaran bisa dicicil dengan Danacita

Bayar Bootcamp Product Management Binar Academy dengan Danacita

Binar Academy dan Danacita saat ini telah bekerjasama untuk meringankan biaya kursus kamu. Danacita adalah perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk membangun masa depan generasi muda di Indonesia dengan menghadirkan pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi para pelajar dan tenaga profesional.

Untuk melakukan pengajuan pembiayaan pendidikan ataupun pelatihan, kamu hanya perlu tercatat sebagai warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP dan NIK. Prosesnya pun sangat cepat dan tidak perlu ada biaya down payment. Selain itu, kamu juga bisa memilih jangka waktu cicilan mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Mudah bukan?

Yuk ajukan segera cicilan mu di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Default Avatar

Written By

Esa Tauran