Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bootcamp Purwadhika UI/UX: Jalan Karir Handal

2022-10-11

Daftar isi

    Keahlian desain user interface dan user experience atau sering disebut dengan UI/UX design saat ini adalah salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan. Keahlian ini dibutuhkan dalam banyak hal salah satunya adalah dalam pembuatan dan pengembangan suatu aplikasi. Banyaknya lowongan posisi UI dan UX Designer yang tersedia di berbagai portal pencarian kerja membuat banyak orang semakin tertarik untuk belajar dan menekuni bidang ini.

    Melihat peluang yang besar karena dibutuhkan dalam pembuatan dan perancangan suatu aplikasi, maka salah satu caranya yang bisa kalian lakukan adalah belajar seputar materi UI/UX. Apalagi bagi pemula yang sama sekali belum paham soal UI/UX maka belajar UI/UX merupakan langkah yang sangat tepat.

    Kamu bisa belajar UI/UX di mana saja, salah satunya mengikuti pendidikan yang berfokus pada teknologi digital, salah satunya di Purwadhika. Buat kamu yang ingin meniti karir sebagai UI/UX designer dan penasaran bootcamp Purwadhika UI/UX, mari simak artikel di bawah ini.

    Sejarah Purwadhika

    Sebelum membahas bootcamp Purwadhika UI/UX, berikut akan dijelaskan singkat sejarah Purwadhika sebagai lembaga kursus. Purwadhika Digital Technology School merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada dunia pendidikan teknologi digital. Sekolah ini didirikan oleh Purwa Hartono yang merupakan seorang pengusaha dan insinyur di bidang perangkat lunak. Ia merupakan lulusan kampus ternama di Amerika.

    Pada tahun 1987, Purwa Hartono mendirikan pendidikan untuk memajukan dunia teknologi di Indonesia. Pendidikan yang ia dirikan tidak hanya berpegang pada teori saja, tetapi mengacu pada praktik langsung dan mampu menghasilkan protek nyata. Setelah perjalanan panjang 35 tahun di dunia pendidikan digital dengan standar internasional Purwadhika akhirnya menghadirkan Purwadhika College.

    Apa Itu UI/UX

    Hal yang tak kalah penting untuk diketahui sebelum membahas bootcamp Purwadhika UI/UX adalah penjelasan UI/UX itu sendiri. Banyak orang beranggapan UI dan UX adalah satu hal yang sama. Meski keduanya berada dalam satu ranah desain di industri teknologi, namun fokus dan tujuannya berbeda. User Experience atau UX adalah suatu proses mendesain produk dengan berdasarkan pendekatan pengguna. Dengan adanya pendekatan ini, nantinya kamu bisa membuat produk yang sesuai dengan keperluan dan juga kebutuhan para pengguna.

    Produk yang memiliki desain UX terbaik mampu menciptakan pengalaman yang sangat menyenangkan untuk para pengguna ketika menggunakan produk buatan sehingga, para pengguna akan mudah dan nyaman ketika menggunakan produk.

    Sedangkan UI adalah bagian dari UX yang berisi tampilan visual dengan desain tampilan visual di suatu sistem. Tampilan ini juga akan memungkinkan setiap pengguna untuk saling terhubung dan juga berinteraksi dengan sebuah produk. Selain fungsinya sebagai penghubung, fungsi UI juga berfungsi untuk mempercantik tampilan agar mampu meningkatkan rasa puas para penggunanya. Selain cantik, UI juga harus mudah untuk digunakan.

    Alasan Kenapa Harus Gabung ke Bootcamp Purwadhika UI/UX

    Di bagian ini akan dibahas apa saja alasan yang bisa menjadi pertimbanganmu masuk ke bootcamp Purwadhika UI/UX. Saat pertama kali hadir, Purwadhika memang langsung berfokus pada pendidikan yang bergerak di bidang IT, khususnya perkembangan software dan hardware saat itu. Namun, kini Purwadhika semakin menawarkan program yang variatif dan sesuai dengan kebutuhan industri, salah satunya UI/UX.

    Ketika kamu memutuskan mengambil kelas bootcamp di Purwadhika, secara tidak langsung kamu telah selangkah lebih dekat dengan impianmu menjadi UI/UX.

    Purwadhika College sebagai hasil dari kerja sama antara Purwadhika Digital Technology School dengan Amity Singapore dan juga International University of Applied Science (IU) Germany. Purwadhika College memungkinkan para pesertanya untuk mendapatkan gelar Internasional dari beberapa universitas terkemuka di UK dan Germany seperti University for the Creative Arts, University of Northampton, Teesside University, dan International University of Applied Sciences (IU) untuk program bachelor selama 3 tahun serta program master dan MBA dalam waktu 1 hingga 2 tahun.

    Ditambah dengan menggabungkan kurikulum universitas dan kurikulum skill digital yang dibutuhkan oleh industri, sehingga akan memudahkan pelajar Indonesia dalam meraih gelar sekaligus pekerjaan melalui koneksi kerja ke 500+ perusahaan hiring partner Purwadhika yang tersebar hingga ke Asia.

    Tidak hanya setelah lulus tapi juga bisa dijalankan bersamaan dengan perkuliahan. Purwadhika College sendiri menyediakan metode belajar secara online maupun offline, agar calon mahasiswa bisa menyesuaikan kebutuhan serta memungkinkan untuk dapat berkuliah sambil bekerja. Melalui berbagai pilihan programnya seperti Job Connector, dan Job Connector International, Purwadhika Digital Technology School telah membuktikan berbagai prestasi dan eksistensinya. Purwadhika berhasil mencetak lebih dari 20 ribu talenta digital berkualitas bagi Indonesia bahkan hingga bekerja ke mancanegara seperti Amerika, Singapura, Hong Kong, dan perusahaan terkemuka lainnya.

    Menariknya, Purwadhika juga menyediakan program beasiswa yaitu Founders Scholarship Challenge Program hingga 100% langsung dari founder Purwadhika Digital Technology School. lho!

    Keuntungan Mengikuti Bootcamp Purwadhika UI/UX

    Ada beberapa keuntungan jika kamu mengikuti bootcamp Purwadhika UI/UX, diantaranya:

    • Kurikulum Pendidikan UI/UX Design Terdepan dan Terlengkap

    Keuntungan mengikuti bootcamp Purwadhika UI/UX yang pertama yaitu kurikulumnya yang terdepan dan terlengkap. Program training intensif untuk siapa saja yang ingin shifting ke dunia UI/UX Design tanpa background design sekalipun hanya dalam 12 minggu.

    • Dimentor Langsung Oleh Praktisi UI/UX Terkemuka

    Selanjutnya, keuntungan bootcamp Purwadhika UI/UX adalah dimentori langsung praktisi terkemuka. Dapatkan pengalaman belajar langsung dari para instruktur dan mentor UI/UX yang telah berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional terkemuka.

    • Dukungan Karir Eksklusif Seumur Hidup Sebagai UI/UX Designer

    Hal yang tak kalah menarik sebagai keuntungan bootcamp Purwadhika UI/UX adalah mendapat dukungan karir eksklusif seumur hidup. Purwadhika akan memberikan dukungan karir dan fasilitas koneksi kerja seumur hidup kepada setiap alumni Program Job Connector.

    • Koneksi Kerja ke 500+ Hiring Partner di Seluruh Asia

    Program ini memberikan koneksi pekerjaan untuk meraih karir digital di perusahaan terpercaya baik di Indonesia hingga luar negeri. Ini juga menjadi keuntungan bootcamp Purwadhika UI/UX yang tak boleh terlewatkan.

    Apa Saja yang Dipelajari di Bootcamp Purwadhika UI/UX

    Di sini akan dijabarkan mengenai apa saja yang akan dipelajari di bootcamp Purwadhika UI/UX. Untuk kelas UI/UX Design ini, kamu akan belajar mulai dari dasar-dasar UI/UX design hingga kamu dapat merancang sebuah website atau aplikasi yang berorientasi dan berfokus pada kebutuhan user. Setidaknya ada 3 modul utama yang akan kamu pelajari di kelas ini, yaitu:

    • UI/UX Fundamental

    Pada modul ini kamu akan belajar mengenai konsep dasar dari UI/UX, tahapan pengembangan desain produk digital yang digunakan oleh banyak industri, hingga bagaimana masa depan karir di bidang ini. Selain itu, kamu juga akan diperkenalkan berbagai tools yang akan kamu gunakan jika ingin berkarir sebagai UI/UX Designer, seperti Sketch, Figma Adobe XD dan yang lainnya.

    • UX Research

    Sebelum masuk ke tahap design, terlebih dahulu kamu akan belajar mengenai konsep dan implementasi UX research yang umum digunakan oleh industri. Kamu akan belajar bagaimana mengumpulkan informasi sesuai strategi dan kebutuhan riset terapan pada produk digital yang akan kamu buat nantinya., menganalisa secara kuantitatif dan kualitatif, hingga menentukan user persona dan user journey map.

    • UI/UX Design

    Setelah melakukan riset, kamu akhirnya masuk ke tahap designing, ideation dan information architecture, dimana kamu akan banyak belajar mengenai prinsip visual dan user interface, serta bagaimana menciptakan sebuah design language system. Setelah itu, barulah kamu akan belajar membuat wireframe dan merancang sebuah prototype dari level dasar hingga advanced.

    Selain kelas reguler di atas, Purwadhika juga menawarkan kelas internasional, executive program dan corporate program.

    Tools yang Digunakan Selama Belajar di Bootcamp Purwadhika UI/UX

    Adapun beberapa tools yang digunakan bootcamp Purwadhika UI/UX designer dalam pembelajarannya di antaranya:

    1. Sketch

    Sketch adalah aplikasi desain digital yang dirilis khusus untuk sistem operasi macOS. Aplikasi vector-based ini paling sering digunakan untuk membuat desain UI dan UX, tetapi beragam fiturnya pun bisa digunakan untuk banyak hal lainnya yang masih berhubungan dengan desain UI dan UX, seperti:

    • desain ikon
    • prototyping
    • membuat user flow
    • ilustrasi vektor
    • dan lain-lain

    Fitur-fiturnya terus ditambah dan diperbarui, sehingga semakin cocok bagi para desainer yang menggunakannya. Tidak hanya untuk desainer UI dan UX saja, desainer grafis juga sangat bisa menggunakan Sketch untuk kebutuhan sehari-harinya.

    2. Figma

    Figma adalah tool desain berupa website yang terhubung dengan cloud sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun melalui internet. Tool ini berbasis vector, sehingga akan lebih cocok untuk mendesain UI website atau mobile dan aset ilustrasi. Tetapi, Figma juga bisa digunakan untuk mengedit foto namun hanya dengan pengaturan dasar saja.

    Perusahaan pengembang Figma mengutamakan kemudahan design jamming atau mendesain bersama-sama dalam satu platform tanpa harus menggabungkan secara manual. Hal inilah yang menjadi poin menarik bagi designer untuk memilih tool tersebut. Agar bisa menggunakan berbagai fitur yang ada, kamu perlu melakukan registrasi dengan alamat email atau pilihan akun lain yang tersedia di menu login.

    3. Adobe XD

    Adobe Xd adalah tools yang mempunyai performa yang baik untuk mendesain UI/UX secara matang. Berbeda dengan Aplikasi Adobe lainnya. Aplikasi ini dirancang dan khusus untuk UI (User Interface) Design atau antarmuka aplikasi maupun website. Adobe Xd sangat direkomendasikan oleh kalangan UI/UX designer karena tools ini populer, mudah digunakan baik profesional dan pemula, fitur yang digunakan banyak yang menarik. Seperti fitur voice trigger animate, responsif dan fitur lainnya.

    Career Development Setelah Lulus Bootcamp Purwadhika UI/UX

    Setelah dinyatakan lulus bootcamp Purwadhika UI/UX, tim Purwadhika Career Network (PCN) akan mempersiapkan kamu untuk menjadi talenta digital yang auto dilirik oleh lebih dari 500 perusahaan hiring partner Purwadhika yang tersebar di Asia. Ada beberapa pekerjaan yang dapat kamu lakukan dengan skill yang didapat dari program ini termasuk (tapi tidak terbatas pada):

    • Information Architect
    • Interaction Designer
    • Product Designer
    • Usability Analyst
    • User Researcher
    • UX Designer

    Cicil Bootcamp Purwadhika UI/UX dengan Danacita

    Itulah pembahasan lengkap mengenai bootcamp Purwadhika UI/UX. Melalui kerjasama resmi Purwadhika dan Danacita, kini kamu tak perlu bingung lagi dengan urusan biaya pelatihan mu di Purwadhika. Sebab, Danacita memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau melalui program cicilan mulai dari 6 hingga 24 bulan. Danacita adalah perusahaan finansial teknologi yang memberikan pembiayaan pendidikan dan memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan dan pelatihan di Indonesia.

    Selain sebagai partner resmi pembiayaan di Purwadhika, Danacita juga telah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan dan pelatihan lainnya di Indonesia.

    Berikut adalah alasan-alasan kenapa kamu harus mengajukan biaya bootcamp di Purwadhika dengan Danacita:

    1. Keamanan transaksi: Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan datamu terjamin
    2. Partner Resmi Purwadhika dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke Purwadhika.
    3. Pengajuan tanpa DP atau Jaminan
    4. Proses pengajuan mudah 100% online, maksimal 2 hari kerja
    5. Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa biaya apapun

    Jika kamu tertarik, klik di sini untuk info lebih lanjut.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!