Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Lancar Berkuliah Di UNNES? Pelajari Dulu Cara Penggunaan eLena dan Sitedi UNNES Di Sini

2022-08-31

sitedi-unnes.jpg

SITEDI UNNES. Source: cahunnes.com

Sistem pembelajaran yang memanfaatkan internet untuk menyampaikan materi menjadi tren di masa kini sehingga memunculkan istilah baru yang disebut e-learning. E-learning merupakan sistem pembelajaran elektronik yang mendukung kegiatan pendidikan melalui elektronik internet. Presentasi e-learning berbasis web menyediakan akses interaktif real-time ke informasi tentang kuliah.

Apa Itu elena UNNES

Elena (Electronic Learning Aid) merupakan situs e-learning yang dikembangkan Universitas Negeri Semarang (Unnes) berbasis MOODLE versi 2.0 untuk menunjang kegiatan akademik. MOODLE merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment adalah paket perangkat lunak open source di bawah lisensi GNU/GPL (Public License) yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus, pelatihan dan pendidikan berbasis internet yang dikembangkan oleh Martin Dougiamas sejak tahun 90-an. Pada awal kemunculannya tahun 2009, situs e-learning ini bernama ILMO yang kemudian berganti nama menjadi eLena. Situs e-learning eLena ini dapat diakses melalui alamat http://elena.unnes.ac.id

Ragam fitur eLena yang akan dijelaskan di antaranya:

  1. Mengubah profil
  2. Mengakses online course
  3. Melakukan pengiriman tugas (Assignment)
  4. Mengakses forum diskusi
  5. Mengisi angket
  6. Cara Pakai eLena UNNES

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan eLena UNNES.

  • Memulai aktivitas

Langkah masuk pertama pengguna memasuki halaman utama e-lena, kemudian login dengan memasukan username dan password pada form log in yang terletak di pojok atas kanan. Setelah berhasil log in Nama dan NIP akan muncul dibagian kanan atas dan menu untuk mengelola eLena seperti kursus yang saya ikuti digunakan untuk menempuh mata kuliah yang diampu, my profile digunakan menuju halaman profil pengguna, my private file halaman file yang bersifat pribadi dan tidak bisa diakses oleh pengguna lain, kalender digunakan untuk mencatat agenda atau jadwal perkuliahan.

  • Mengubah Profil

Pastikan profil pribadi sudah benar sebelum memulai aktvitas perkuliahan, terutama untuk data email. Untuk merubah profil dapat melalui menu Setting>My profil setting>Ubah profil. Pastikan nama depan, NIM/NIP dan alamat email terisi dengan benar. Untuk menyimpan perubahan profile, klik tombol Perbaharui profil.

  • Mengakses Online Course

Untuk mempermudah dalam pengelolaan eLena, mata kuliah dikelompokkan berdasarkan program studi. Untuk mengakses mata kuliah klik menu Link Mata Kuliah yang terdapat pada menu bagian atas dan masuk ke program studi masing-masing. Setelah itu klik matakuliah yang dituju. Tiap topik berisi materi pokok bahasan dan tugas-tugas yang disediakan. Lakukan enrolment atau pendaftaran untuk mengikuti matakuliah yang dituju. Klik Setting -> Course administration -> Enrol me in this course lalu klik tombol Enrol me.

  • Melakukan Download Materi

Men-download file materi dengan meng-klik link yang terdapat icon pdf dan doc/docx.

  • Melakukan Pengiriman Tugas

Mengakses tugas pada suatu pertemuan dapat dilakukan dengan mengklik link Praktik Array dan Struct pada pertemuan 2. Penugasan ini mempunyai batasan waktu untuk mengerjakan dan mengumpulkan hasil. Untuk meng-upload hasil pekerjaan dapat dilakukan dengan klik Upload File. Klik “Choose a file” untuk memilih file yang akan diupload. Pada saat meng-klik tombol Choose file akan muncul jendela File Picker. Jika berhasil maka akan tampil nama file yang akan diupload dan klik tombol Save changes untuk meng-upload. Jika ingin melakukan update pada file yang di-upload, klik tombol Update This File dan lakukan upload file seperti yang sudah diuraikan sebelumnya.

  • Mengakses Forum Diskusi

Forum ini digunakan untuk sarana diskusi mahasiswa-dosen maupun mahasiswa-mahasiswa dan juga dapat digunakan untuk menyampaikan pengumuman. Untuk mengakses forum diskusi pada suatu pertemuan, klik pada link Forum Diskusi. Setelah meng-klik forum diskusi, akan tampil pembahasan tema dan topik diskusi. Untuk menambahkan topik diskusi, klik tombol Add a new disscussion topic. Isi form yang disediakan untuk penambahan topik dan klik tombol Post Forum untuk mem-publish topik yang dibuat. Untuk membalas/menanggapi topik diskusi, klik Replay.

  • Mengakses Survei/Angket

Situs e-learning ini menyediakan fasilitas survei/angket yang dapat diisi oleh mahasiswa digunakan sebagai bahan evaluasi bagi para dosen dan pengembang untuk perbaikan proses perkuliahan menggunakan sistem e-learning ini. Untuk mengakses sebuah survei biasanya pertemuan akhir, kemudian klik survei yang disediakan. Setelah diklik, maka akan tampil pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut. Jika sudah selesai mengisi angket klik Tombol klik disini untuk lanjut.

Apa Itu Sitedi UNNES

Sitedi Unnes merupakan sistem informasi tesis dan disertasi yang mempermudah mahasiswa dalam proses administrasi penyelenggaraan tesis mulai proses pengajuan topik sampai dengan ujian akhir. Sitedi Unnes dapat dibuka melalui web browser yang telah terhubung dengan jaringan internet yang dapat diakses melalui apps.unnes.ac.id.

Setelah login melalui Apps Unnes, anda dapat memilih menu sitedi yang mana ada beberapa fitur yang bisa diakses menggunakan akun pribadi mahasiswa Unnes dan bersifat khusus (personal). Adapun fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pengajuan Topik Tesis
  2. Pengajuan Evaluasi Proposal
  3. Validasi Proposal
  4. Uji Proposal
  5. Pengajuan Draft dan Uji Draft
  6. Pendaftaran Ujian
  7. Validasi Ujian Akhir

Untuk mengakses fitur tersebut pengguna log in terlebih dahulu menggunakan username dan password yang sama dengan password yang sama dengan username dan password di Sikadu. Pengguna yang berhasil login ke dalam SITEDI sebagai mahasiswa akan memperoleh beberapa fasilitas diantaranya menu identitas, bimbingan dan Tesis.

  • Pengajuan Topik Tesis

Proses administrasi SITEDI dimulai dari pengajuan topik oleh mahasiswa. Untuk mengajukan topik tesis pilihlah menu Tesis kemudian pilih sub menu Usul Topik. Lalu isi judul proposal tesis dengan judul yang akan digunakan, isi form usul tanggal evaluasi proposal tesis dengan tanggal yang ditetapkan sebagai tanggal evaluasi proposal oleh dosen dan kaprodi dan untuk menyimpam data, kemudian klik Simpan.

  • Bimbingan Tesis

Setelah mahasiswa mengajukan topik dan telah memperoleh pembimbing maka mahasiswa tersebut sudah dapat melakukan proses bimbingan. Proses bimbingan dapat dilakukan melalui menu Peralatan kemudian klik sub menu Bimbingan. Apabila mahasiswa ingin melakukan proses bimbingan mahasiswa harus mengisi rencana bimbingan terlebih dahulu dengan cara mengklik ikon Tambah Bimbingan. Setelah itu mengisi kolom bahasan bimbingan dengan topik yang akan dibahas. Kemudian klik Simpan.

  • Pengajuan Draft

Pengajuan draft tesis hanya dapat dilakukan mahasiswa apabila sudah dinyatakan lolos, kemudian untuk masuk ke form pengajuan draft klik menu Tesis kemudian pilih submenu Penilaian Draft. Isi form judul dan usulan tanggal evaluasi draft tesis dengan tanggal yang ditetakan kemudian klik Simpan.

Cara Pakai Sitedi UNNES

Adapun prosedur penulisan tesis di dalam SITEDI terdiri dari pengajuan proposal, bimbingan, pengajan draft dan pendaftaran ujian. Tahapan ini harus dilakukan secara berurutan kecuali tahapan bimbingan

  1. Mahasiswa melakukan pengajuan topik/proposal tesis
  2. Mahasiswa memilih 3 calon dosen pembimbing
  3. Kaprodi menyetujui proposal yang diajukan oleh mahasiswa
  4. Kaprodi menentukan 2 dosen pembimbing dan reviewer proposal. Setelah ditentukan, kaprodi dapat mencetak SK Pembimbing.
  5. Dosen pembimbing dan reviewer memasukkan nilai proposal.
  6. Bimbingan tesis
  7. Mahasiswa mengajukan draft tesis.
  8. Kaprodi menyetujui pengajuan draft oleh mahasiswa serta menentukan evaluator draft.
  9. Kaprodi memutuskan status draft.
  10. Mahasiswa melakukan pendaftaran ujian.
  11. Kaprodi menyetujui rencana ujian dan menentukan dosen penguji.
  12. Mahasiswa melakukan uji tesis dan nilai-nilainya dimasukkan oleh kaprodi, dosen pembimbing, penguji, dan direktur/asisten direktur PPs.
  13. Kaprodi melakukan validasi akhir data penulisan tesis.

Fakultas Unnes

Unnes memiliki berbagai macam program studi yang tersebar ke dalam beberapa fakultas. Selain itu, Unnes juga memiliki beberapa jenjang studi pilihan mulai dari Diploma hingga Doktor. Berikut daftar fakultas UNNES.

  • Fakultas Bahasa dan Seni
  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Fakultas Matematika dan IPA
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Pascasarjana

Itu dia informasi seputar eLena UNNES, Sitedi UNNES, jurusan & fakultas UNNES. Gunakan Danacita sebagai solusi pembayaran kuliah. Danacita menawarkan solusi untuk meringankan beban biaya pendidikan dan telah berpartner dengan banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut klik di sini!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

universitas negeri semarang sitedi unnes unnes
Default Avatar

Written By

Esa Tauran