Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Coding Adalah: Informasi, Tipe, Manfaat dan Info Lengkap

2023-01-31

coding-adalah

Daftar isi

    Di era digital, menjadi momentum yang tepat kenapa setiap orang harus meningkatkan kualitas kompetensi diri, terutama di bidang teknologi. Sebab, di era yang serba digital ini, mobilitas masyarakat hampir semuanya bisa dikerjakan dirumah. Coding adalah salah satu skill menjanjikan yang dapat meningkatkan kompetensi diri.

    Lantas, apa sih sebenarnya coding itu? Lalu bagaimana cara belajar coding untuk seorang pemula? Simak penjelasannya dalam artikel ini yuk!

    Apa Itu Coding?

    Coding adalah salah satu dari langkah-langkah pemrograman yang menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk sebuah program.

    Program disini bisa disebut juga aplikasi atau software. Jadi aplikasi yang sering kita gunakan setiap hari baik itu berbasis web, desktop, dan mobile adalah hasil dari proses coding.

    Saat melakukan proses coding harus mengikuti syntax (aturan bahasa pemrograman). Sama seperti bahasa manusia, bahasa pemrograman juga memiliki tata bahasanya sendiri, sehingga komputer tidak akan memprosesnya jika perintah yang kita masukan tidak benar. Jika syntax yang dituliskan tidak sesuai, program tidak akan berjalan.

    Keuntungan Belajar Coding

    Setelah tahu apa itu coding pastinya kamu ingin tahu juga apa manfaat dari belajar coding. Beberapa belajar coding adalah:

    1. Memulai Karier di Bidang IT

    Manfaat coding adalah dapat memulai karier di bidang IT. Banyak orang tertarik belajar coding untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dan bisa bekerja di perusahaan teknologi ternama seperti e-commerce atau startup unicorn. Tidak menutup kemungkinan jumlah pekerjaan dengan kemampuan coding akan semakin meningkat.

    2. Membuat Website atau Aplikasi

    Manfaat lain belajar coding adalah bisa mewujudkan cita-cita untuk membuat aplikasi atau situs web. Belajar coding juga dapat membantumu mengotomatiskan spreadsheet atau membangun aplikasi sesuai keinginan.

    3. Mengembangkan Cara Berpikir dan Skill Problem Solving

    Salah satu manfaat belajar coding adalah membuatmu terbiasa dengan pemecahan masalah dan mencari langkah-langkah logis untuk membuat sebuah program bisa bekerja. Selain itu, manfaat lain belajar coding adalah juga akan membuatmu melihat masalah sebagai tantangan untuk berkembang, bukan sebagai halangan.

    Bahasa Pemrograman dalam Coding

    Sebelum mempraktekkan belajar coding ada baiknya kamu memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk dipelajari. Pada saat pemilihan bahasa pemrograman hendaknya disesuaikan dengan tujuanmu.

    Beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari yaitu:

    1. Python

    Python adalah bahasa pemrograman yang ramah pemula. Bahasa satu ini terkenal mudah dipelajari karena sintaksnya yang jelas dan intuitif. Bahkan, sintaks Python banyak miripnya dengan Bahasa Inggris.

    Selain itu, komunitas Python juga cukup aktif. Baik di websitenya sendiri maupun di Stackoverflow. Tentu ini membuatmu lebih gampang ketika harus mengulik sesuatu ketika belajar.

    2. Java

    Bahasa pemrograman coding adalah Java, yang bisa dibilang merupakan bahasa pemrograman yang cukup lawas. Namun, justru karena umurnya inilah, Java diminati oleh banyak developer sampai sekarang. Sebab, dibandingkan lainnya, Java sudah mengalami banyak testing dan updating.

    Ini yang menjadikan Java bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman. Tak heran, kalau banyak sekali program yang dijalankan dengan Java. Mulai dari laptop, datacenter, games, ponsel, dan sebagainya.

    3. C#

    C# (baca: C-sharp) merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk bermacam keperluan. Mulai dari pengembangan website, aplikasi Windows, sampai dengan games.

    Di sisi lain, C# tidak butuh waktu lama untuk pemula memahami bahasa satu ini. Apalagi kalau sudah memiliki kemampuan dasar bahasa C.

    4. PHP

    PHP sebenarnya merupakan bahasa pemrograman yang multifungsi. Hanya saja, ia lebih banyak dipakai untuk mengembangkan website. Salah satu fungsi PHP dalam pengembangan website coding adalah membuat tampilan yang dinamis dan interaktif.

    5. Ruby

    Ruby merupakan bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan oleh startup. Tak heran, karena bahasa ini sangat-sangat fleksibel dan mudah digunakan.

    Soal fleksibilitas, Ruby juga tidak ada tandingannya. Bahasa ini memperbolehkan kamu meringkas beberapa baris kode ke dalam satu baris saja. Bukan cuma itu, dengan Ruby kamu bisa melakukan suatu hal dengan banyak cara.

    Cara Belajar Coding

    Bagi kamu yang sama sekali tidak paham dengan coding lalu memiliki keinginan untuk belajar coding, bisa banget. Namun yang perlu diingat, butuh kesabaran dan terus berlatih agar kamu bisa menjadi seorang programer yang handal.

    1. Memahami Dasar Coding

    Tahapan pertama belajar tentang coding adalah memahami dasar coding terlebih dahulu. Sebab, mempelajari dasar coding akan menjadi kunci utama untuk bisa memahami lebih jauh dunia coding serta developer.

    2. Ketahui Perbedaan Jenis Developer

    Selanjutnya belajar tentang coding adalah mengetahui perbedaan jenis developer. Sebab, sudah banyak jenis developer yang tersebar di seluruh dunia.

    3. Sering Latihan

    Belajar coding adalah hal yang tak bisa dilakukan secara instan, sebab memahami bahasa pemrograman membutuhkan waktu yang cukup lama sampai kamu benar benar handal. Apalagi jika kamu sudah menyatakan serius untuk belajar coding sejak awal, harus terus memperbanyak latihan.

    Rekomendasi Tempat Kursus Coding

    Agar belajar coding semakin handal dan mudah mengerti, kamu bisa mengikuti bootcamp coding. Berikut rekomendasi tempat belajar coding adalah:

    1. Koding Akademi

    Koding Akademi merupakan pusat belajar koding dan robotik pertama yang sudah berdiri sejak tahun 2012 yang ada di Denpasar dan Surabaya.

    Di sini, kamu bisa mempelajari berbagai topik kursus, mulai dari pengenalan dan belajar pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut. Metode pembelajaran coding adalah interaktif sehingga kamu bisa langsung mengaplikasikan yang dipelajari.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Juara Coding

    Juara Coding adalah program pelatihan intensif (bootcamp) yang diadakan oleh PT DIKA dan dikhususkan untuk mempersiapkan dan melatih kamu menjadi seorang Web & Mobile Developer. Pelatihan tersebut bukan hanya meliputi secara hard skill saja, tetapi juga soft skill dalam menghadapi tantangan dalam dunia kerja.

    Selama masuk ke dalam bootcamp coding di Juara Coding, kamu akan dipersiapkan untuk mempelajari berbagai macam program unggulan yang terbagi menjadi dua silabus yaitu Siap Kerja - Java Fullstack Bootcamp dan Software Quality & Automation Bootcamp.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Belajar Coding Bersama Danacita

    Mimpi kamu untuk belajar coding sudah semakin dekat bersama Danacita. Sebagai perusahaan fintech yang berfokus pada dunia pendidikan, Danacita siap mewujudkan impianmu dengan membantu biaya pendidikan.

    Terlebih lagi, Danacita telah bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan, termasuk Koding Akademi dan Juara Coding untuk mewujudkan mimpimu mengikuti bootcamp coding. Dengan menggunakan Danacita, biaya kursusmu bisa dicicil mulai 6 hingga 24 bulan.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir.

    Jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Bootcamp Coding coding adalah
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri