Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Content Marketing vs Content Strategy: Apa Bedanya?

2022-11-06

content-marketing-vs-content-strategy

Daftar isi

    Content marketing vs content strategy menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu belakangan ini. Perdebatan tentang mana cara yang lebih baik untuk melakukan promosi bisnis marak terjadi. Kedua metode ini memang metode yang banyak digunakan para marketer saat ini.

    Konten (content) sendiri adalah isi, muatan, kandungan. Istilah ini digunakan dan baru populer di era internet untuk merujuk pada isi situs web (website) atau halaman web (web page) di internet. Nah, dalam sebuah bisnis terdapat 2 konten yang sering dilakukan, yaitu content marketing dan content strategy.

    Lantas, apa itu content marketing dan content strategy? Apa perbedaannya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

    Apa Itu Content Marketing?

    Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis.

    Dari pengertian di atas, content marketing haruslah memenuhi tiga syarat penting, yaitu penting, relevan, dan konsisten. Itu sebabnya kamu tidak boleh asal dalam membuat suatu konten untuk kepentingan bisnis. Misalnya, bila kamu mengelola bisnis kuliner, tentu konten yang perlu diproduksi dan disebarkan adalah konten yang relevan dengan industri tersebut.

    Selain relevan, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut memang penting untuk diketahui oleh target konsumen. Konsistensi juga menjadi elemen penting dalam konten marketing. Kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik pelanggan.

    Apa Itu Content Strategy?

    Content strategy adalah menyusun strategi konten sesuai dengan sasaran dan tujuan dari bisnis. Konten adalah inti dari strategi yang kamu susun ini, lengkap dengan konten seperti apa yang kamu inginkan, ke mana saja distribusinya, berapa biayanya, serta bagaimana kamu mengukur keberhasilan dari konten tersebut.

    Namun, content strategy sebenarnya tidak khusus untuk konten pemasaran saja, lho. Kamu harus merencanakan keseluruhan konten dengan detail, mulai dari konten pemasaran, CSR, dan lain-lain. Nantinya, dari content strategy ini kamu bisa membuat content plan berisi kategori-kategori dan detail konten yang akan dibuat dalam jangka bulanan atau mingguan.

    Fungsi Content Marketing

    Selain memiliki manfaat yang sangat banyak dari penerapan content marketing. Terdapat pula fungsi-fungsi yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan kamu tentang content marketing. Salah satu fungsinya adalah membangun dan mempertahankan identitas Brand yang terkait dengan pelanggan kamu dengan sukses. Berikut ini fungsi dari content marketing :

    • Lebih unggul secara kompetitif di antara para kompetitor bisnis kecil yang tidak menggunakan pemasaran konten.
    • Menjalin hubungan jangka panjang dan terpercaya dengan pelanggan dan mitra bisnis.
    • Konsisten menghasilkan lebih banyak traffic web dan media sosial yang digunakan oleh bisnis.
    • Menjadikan lebih banyak pengunjung situs web dan media sosial bisnis kecil menjadi suatu prospek dan berujung kepada peningkatan penjualan.

    Fungsi Content Strategy

    Menyusun content strategy adalah caramu untuk menentukan arah yang tepat agar tujuan tercapai menggunakan konten. Tanpa strategi yang disusun baik, akan sulit untuk memulai proses dari eksekusi hingga mendapatkan hasil. Selain itu, penyusunan strategi konten adalah cara untuk mengoptimasi alur kerjamu. Dengan menyusun content strategy, kamu akan teringat untuk mendapatkan masukan dari pelanggan prospek, rekan kerja, dan orang-orang lainnya sehingga strategimu bisa lebih efektif dan juga efisien.

    Bahkan, menurut HubSpot, penyusunan strategi untuk konten juga dapat meningkatkan traffic dan memberimu kesempatan untuk bereksperimen dengan taktik marketing lainnya. Hal ini bisa membantumu mendapat lebih banyak keuntungan, misalnya lewat konten bersponsor, iklan di media sosial, dan konten yang didistribusi. Tak hanya itu, kontenmu juga bisa lebih dipastikan mampu meningkatkan brand awareness pada calon konsumen yang cocok dengan target bisnismu.

    Perbedaan Utama Content Marketing dan Content Strategy

    Hingga kini, masih banyak yang belum bisa membedakan content marketing dan content strategy. Padahal pada dasarnya, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Pada content strategy berfokus pada bagaimana menyiapkan sebuah konten dan mengedarkannya kepada audiens. Content marketing lebih berfokus kepada konten apa yang diinginkan oleh audiens.

    Nah, sedangkan content marketing mengambil keduanya, bagaimana menyiapkan sebuah konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens dan mengedarkannya.

    Belajar Content Marketing dan Content Strategy bersama Bootcamp Pilihan

    Jika tertarik untuk mengikuti pembelajaran content marketing dan content strategy, kamu bisa langsung mendaftar ke tempat kursus digital marketing berikut ini :

    1. Hacktiv8

    Hacktiv8 sebagai lembaga pendidikan non formal yang berfokus pada bidang IT telah meluncurkan program Digital Marketing untuk seorang pemula atau pelaku usaha yang ingin belajar cara memasarkan bisnis secara digital. Program digital marketing Hacktiv8 dirancang untuk pemula agar mampu memahami pemasaran produk secara digital. Untuk itu, materi yang diajarkan juga disertai oleh praktik yang relevan dengan industri terkini. Berikut materi-materi yang terdapat dalam silabus:

    • Dasar-Dasar Digital Marketing
    • Content Marketing
    • Social Media Ads
    • SEO/SEM & Google Analytics
    • Product Marketing & Market Research
    • Final Project

    Informasi lengkapnya di sini.

    2. Rakamin

    Rakamin Academy merupakan curated platform untuk belajar dan mengembangkan skill di bidang digital dan teknologi yang menerapkan pembelajaran interaktif. Berikut modul yang akan kamu pelajari di Rakamin Academy:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Advertising (Google Ads)Content Marketing (Content, Idea & KOL)
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Customer Relationship Management
    • Research & analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Softskill Series
    • Career Shifting Preparation (CV, Portofolio, & Interview)

    Informasi lengkapnya di sini.

    3. Digital Skola

    Bootcamp digital marketing Digital Skola memiliki kurikulum berbasis industri. Semua tutor di Digital Skola adalah praktisi berpengalaman yang mengajarkan pembelajaran berfokus pada praktik. Selain itu, ada juga program “second chance” untuk mengulang kelas gratis dan online remote internship program.

    Berikut modul yang akan kamu pelajari di Digital Skola:

    • Basic Stage: Digital Marketing Research
    • Basic Stage: Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization
    • Basic Stage: Copywriting and Creative Design
    • Basic Stage: Paid Ads Foundation
    • Basic Stage: Video Marketing Basic
    • Strategic & Technical Stage: Digital Marketing Strategy
    • Strategic & Technical Stage: Practical SEO
    • Strategic & Technical Stage: Key Opinion Leaders
    • Strategic & Technical Stage: Google Analytics
    • Strategic & Technical Stage: Paid Ads - Google Ads, Facebook Ads, Search Engine Marketing and E-CommerceStrategic & Technical Stage:
    • Video Marketing Amplification
    • Strategic & Technical Stage: Customer Relationship Management
    • Final Stage & Career Preparation: Analysis & Reporting
    • Final Stage & Career Preparation: Integrated Media Planning
    • Final Stage & Career Preparation: Project and Presentation
    • Final Stage & Career Preparation: Soft Skill
    • Final Stage & Career Preparation: Career Coaching

    Informasi lengkapnya di sini.

    Ikut Bootcamp Jadi Mudah dengan Cicilan Danacita

    Itulah penjelasan seputar content marketing dan content strategy yang bisa kamu pahami. Jika kamu tertarik untuk memperdalam bidang ini dengan mengikuti kursus atau bootcamp di lembaga yang sudah disebutkan sebelumnya tapi terkendala biaya, kini kamu tidak perlu khawatir. Danacita bisa menjadi solusinya.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan beberapa kampus dan tempat kursus sebanyak lebih dari 130 institusi pendidikan seperti Hacktiv8, Rakamin, dan Digital Skola. Untuk mewujudkan mimpi kamu belajar content marketing dan content strategy kini terdapat kemudahan biaya lewat cicilan Danacita. Terdapat pilihan cicilan 6 bulan hingga 24 bulan yang bisa kamu pilih. Prosesnya mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan tanpa dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi selengkapnya cek di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!