Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Copywriting, Content Writing, UX Writing: Apa Bedanya

2022-11-04

copywriting-content-writing-dan-ux-writing

Daftar isi

    Menulis adalah kemampuan yang membuat kamu dapat berkomunikasi dengan jelas melalui teks atau tulisan. Saat ini skill menulis menjadi hal penting di dunia profesional, khususnya di tengah kondisi perusahaan memutuskan untuk bekerja secara remote.

    Bukan tanpa alasan, keterampilan menulis dapat menyampaikan pesan secara tertulis dengan efisien dan mengurangi miskomunikasi antar pekerja. Bahkan, saat ini banyak lowongan kerja yang menjadikan keterampilan ini sebagai syarat utama pada posisi tertentu.

    Kalau kamu memiliki keterampilan menulis yang baik, ada banyak posisi pekerjaan yang cocok untuk kamu seperti copywriting, content writing, dan ux writing.

    Apa itu Copywriting?

    Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya guna melakukan berbagai tindakan yang memang kamu inginkan, seperti membeli suatu produk ataupun layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales penjelasan, dan lain-lain.

    Pada awalnya, copywriting hanya digunakan dalam membuat advertorial, sales letter, billboard, dan juga media pemasaran tertulis lainnya. Oleh karena itu, teknik ini disebut dengan copywriting.

    Selain itu, kemampuan copywriting juga bisa diterapkan dalam berbagai media pemasaran, seperti teks pada landing page, artikel blog, Post media sosial, headline dan meta description, Iklan berbayar di Google atau, media sosial, Judul dan deskripsi video YouTube.

    Tanpa adanya teknik copywriting, maka kemungkinan besar kamu hanya akan mengalami penjualan yang rendah, trafik pengunjung yang stagnan, tidak ada respon di media sosial, jarang dibacanya artikel blog atau jarang di bagikan, sedikitnya pengunduh ebook, daftar email list sepi.

    Apa itu Content Writing?

    Content writing adalah penulisan sebuah konten yang bisa berbentuk artikel, microblog, post di social media atau apapun itu yang ditulis dalam platform online. Seorang yang melakukan Content Writing biasa disebut sebagai Content writer. Umumnya seorang Content Writer menuliskan sebuah konten yang sudah ditentukan di perusahaan tempat mereka bekerja. Penulisan konten ini bertujuan untuk menarik audiens online sebanyak-banyaknya agar mereka dapat mengenali produk atau jasa yang ada pada perusahaan tersebut, atau bisa juga artikel tentang edukasi bagi orang awam.

    Profesi ini tentunya dapat dipelajari dengan mudah di Internet atau online course yang menyediakan pembelajaran kelas Content Writing. Kalau kalian memiliki kemampuan dan minat di bidang menulis, maka kalian bisa mengikuti kelasnya dan jadi salah satu seorang content writer.

    Apa itu UX Writing?

    User experience writer atau UX writer adalah seseorang yang melakukan tugas copywriting di sebuah web atau aplikasi. Jika kamu biasa menggunakan aplikasi seperti Instagram, Twitter, Go-Jek, Shopee, dan lainnya, semua tulisan di dalam aplikasi yang melakukannya adalah UX writing.

    Tulisan tersebut tidak serta merta ditulis tanpa pertimbangan. Dalam pengembangan produk aplikasi web atau mobile telah dilakukan riset pengguna. Hasil riset tersebut juga menentukan bagaimana penulisan penjelasan dalam produk sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna.

    Perbedaan Copywriting, Content Writing, dan UX Writing

    Perbedaan utama dari copywriting, content writing, dan ux writing adalah tujuan penulisan. Seorang content writing menulis dengan tujuan memberikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca, mirip dengan copywriting. Namun copywriting biasanya menulis dengan tujuan mempengaruhi pembaca agar mereka tertarik kepada produk maupun jasa yang dibahas. Sedangkan UX writer bertujuan untuk memberitahukan kepada pengunjung tentang hal yang sedang ngetrend, contohnya rekomendasi-rekomendasi suatu produk.

    Program Bootcamp Pilihan: Solusi Kamu Menjadi Seorang Ahli Copywriting, Content Writing, dan UX Writing

    1. Purwadhika

    Purwadhika merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada dunia pendidikan teknologi digital. Kamu akan mempelajari 8 topik besar, mulai dari perbedaan antara copywriting dan UX writing, dimana di sini kamu akan mengetahui keunikan dari profesi UX writing dibandingkan copywriting, kemudian membahas mengenai UX writing itu sendiri, yaitu komponen yang ada di dalamnya.

    Informasi lengkapnya di sini.

    2. Dibimbing

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir teknologi digital yang tepat untuk kamu. Di bootcamp UI/UX design ini, kamu akan dibimbing untuk menguasai UI/UX design secara lengkap dengan kurikulum yang komprehensif selama 16 minggu.

    Materi pembelajaran yang akan kamu dapatkan antara lain, teori dasar, kaidah dan pentingnya UI/UX, prinsip-prinsip dasar UX research dan bagaimana melakukan melakukannya, membuat UI/UX design menggunakan figma hingga mengenal UX writing dan bagaimana melakukannya.

    Informasi lengkapnya di sini.

    3. Binar Academy

    Binar Academy merupakan program pendidikan terkait teknologi informasi, dari yang gratis hingga bernilai belasan juta rupiah per paketnya. Ada beberapa materi atau kurikulum dari bootcamp Binar UX writing yang akan diajarkan, yaitu:

    • Pengantar Dunia Pemrograman
    • Dasar-dasar User Experience Design (UXD)
    • Metode Riset dan Proses dalam Mendesain
    • Aspek dalam Pengembangan Sebuah Produk
    • Dasar-Dasar Proses User Research
    • Merancang Antarmuka dan Proses Iterasi Produk
    • Menggunakan Metode Kolaboratif
    • Menyusun Portofolio

    Informasi lengkapnya di sini.

    Ikut Bootcamp Copywriting, Content Writing, dan UX Writing Jadi Lebih Terjangkau bersama Danacita

    Itu dia informasi seputar copywriting, content writing, dan ux writing yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk mengikuti program menulis di Purwadhika, Dibimbing. Binar? Mau ikut tapi terkendala soal biaya?

    Ada kabar gembira bagi kamu karena Purwadhika, Dibimbing. Binar telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform pembayaran yang memudahkan kamu untuk bisa mengikuti program content writer dan ux writing dengan cara dicicil.

    Danacita memberikan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita telah memiliki izin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuatnya aman dan terpercaya.

    Prosesnya cepat dan mudah secara online maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Tunggu apa lagi? Segera jadi seorang copywriting, content writing, dan ux writing bersama Danacita. Butuh informasi lebih lanjut? Kunjungi Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    content writing copywriting ux writing
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri