Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Email Marketing: Penjelasan Lengkap untuk Pemula

2022-12-02

email-marketing-adalah

Source: pexels

Daftar isi

    Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini digital marketing menjadi salah satu hal yang sedang populer, utamanya pada bisnis. Banyak bisnis yang secara perlahan menggunakan digital marketing sebagai salah satu strategi untuk menjalankan marketing dan meningkatkan bisnis.

    Tapi tahukah kamu jika digital marketing memiliki berbagai channel yang bisa digunakan untuk menjalankan campaign sesuai dengan kebutuhan bisnis dan target market. Salah satu channel digital marketing yang banyak digunakan ialah Email Marketing.

    Jauh sebelum social media hadir sebagai salah satu channel digital marketing, email marketing merupakan channel yang paling banyak digunakan untuk melakukan aktivitas marketing. Mulai dari brand awareness, mendatangkan traffic, hingga meningkatkan conversion.

    Lalu apa sih sebenarnya Email Marketing itu? Kenapa Email Marketing masih penting untuk digunakan dan bagaimana strategi menjalankannya? Yuk kita simak jawabannya pada artikel berikut.

    Apa itu Email Marketing?

    Email Marketing adalah salah satu channel digital marketing yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan. Tidak hanya untuk promosi saja, Email Marketing juga digunakan untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan atau klien.

    Umumnya aktivitas email marketing ialah dengan mengirimkan buletin tentang produk terbaru, promo yang sedang berlangsung, hingga pembaruan tentang perusahaan. Selain itu Email Marketing juga biasanya digunakan untuk mengirimkan ucapan hari spesial, seperti ulang tahun, tahun baru, atau hari perayaan lainnya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membangun kedekatan antara brand dengan pelanggan atau klien.

    Kenapa Email Marketing Penting untuk Digunakan?

    1. Menjangkau Audiens Secara Real Time

    Email memiliki kemampuan untuk memberi informasi kepada pelanggan Anda secara real time. Sebab Email dapat dibuka bahkan lewat imobile device. Konsumen dapat memeriksa email mereka kapanpun.

    2. Orang-orang Banyak Menggunakan dan Engage dengan Email

    Sadar atau tidak, lebih dari separuh planet ini menggunakan email saat ini. Email telah menjadi bentuk komunikasi, terutama dalam hal pekerjaan. Email telah menyediakan fitur untuk membalas email dengan cara tertentu. Apakah itu untuk membalas, meneruskan, mengklik ke hal lain yang disematkan di dalam email, menghapus, atau membeli sesuatu, atau mendaftar. Banyaknya pengguna email dengan tingkat keterlibatan yang besar menjadikannya channel yang sempurna untuk strategi marketing Anda.

    3.Tetap Terhubung dengan Audiens Anda Secara Personal

    Lewat email marketing, Anda dapat mengelompokkan daftar email berdasarkan karakteristik pelanggan apa pun yang menurut Anda relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda adalah merek olahraga, Anda dapat mensegmentasikan pelanggan menurut olahraga yang mereka sukai. Ini membuat campaign Anda di email marketing menjadi lebih personal.

    4. Membangun Hubungan dan Loyalti Pelanggan

    Seperti yang disebutkan sebelumnya bawah email marketing dapat dipersonalisasi, dalam hal ini, Anda memahami audiens berdasarkan background dan kebutuhannya masing-masing. Email memberi Anda kesempatan untuk secara proaktif menjangkau prospek dan klien untuk menunjukkan antusiasme dan minat Anda. Dari sini, Anda secara tidak langsung membangun hubungan loyalti pelanggan melalui email marketing.

    5. Mudah Dilacak dan Diukur

    Email marketing merupakan salah satu channel amrketing yang mudah untuk dilacak dan diukur tingkat performanya. Sebagian besar alat pemasaran email menawarkan kemampuan untuk melacak apa yang terjadi setelah Anda mengirimkan kampanye email Anda. Anda dapat melacak tarif pengiriman, rasio pentalan, tarif berhenti berlangganan, rasio klik-tayang, dan tarif terbuka. Ini memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja kampanye email Anda, mana yang harus diubah atau mana yang harus dihilangkan sama sekali

    Bagaimana Strategi Dalam Menjalankan Email Marketing?

    Email marketing yang efektif membutuhkan usaha. Berikut adalah beberapa strategi untuk memaksimalkan kampanye pemasaran email Anda.

    1. Buat Daftar Pelanggan atau Calon Pelanggan Anda

    Hal pertama yang harus Anda sadari jika ingin menjalankan email marketing adalah membuat daftar pelanggan atau calon pelanggan yang akan Anda kirimkan email marketing. Bagaimana Anda bisa mendapatkan datanya? Yaitu melalui situs web Anda, di toko Anda, atau di sebuah acara..

    2. Mainkan Konten dan Copywritingnya

    Jangan hanya mengirimkan iklan promosi setiap harinya kepada satu pelanggan. Namun gunakan email Anda untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan dengan memberikan keahlian Anda atau orang lain. Gunakan berbagai konten dan copywriting yang menarik perhatian pelanggan.

    3. Buat Jadwal Pengiriman

    Selain membuat konten dengan tipe yang berbeda, Anda juga harus mengirimkan kepada pelanggan secara konsisten dan terjadwal. Misalnya Anda mengirimkan buletin setiap hari Senin. Kemudian di hari Rabu Anda mengirimkan penawaran produk, dan seterusnya. Mengirim email pada hari (atau hari) yang sama setiap minggu akan membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang diharapkan dari Anda dan kapan.

    4. Hargai Pelanggan Anda

    Anda harus menyadari jika orang yang Anda ajak berkomunikasi telah mempercayai Anda dengan informasi mereka, sehingga Anda perlu menghargai mereka. Jika Anda menginginkan kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi penggemar dan bahkan orang yang secara sukarela merekomendasikan merek Anda, buatlah mereka merasa istimewa.

    Contoh Email Marketing

    Salah satu perusahaan yang menggunakan channel marketing ialah RevoU. Lewat email marketing, RevoU mengirimkan dan mengingatkan promo kelas yang akan segera berakhir. Email tersebut memiliki subject yang langsung mengarah ke promo. Tak lupa sapaan menggunakan nama audiens yang ditargetkan sehingga terkesan personal.

    contoh-email-marketing-revou

    Source: Email Marketing RevoU

    contoh-email-marketing-revou-2

    Source: Email Marketing RevoU (2)

    Untuk lebih meyakinkan audiens, RevoU membuat konten testimoni dari salah satu audiensnya agar lebih kredibel dan terpercaya. Tidak lupa di email tersebut juga terdapat CTA yang mengarah ke link form pendaftaran yang memudahkan audiens untuk melakukan pendaftaran.

    Ingin Belajar Email Marketing? Saatnya Ikut Bootcamp Digital Marketing

    Email marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Untuk mempelajarinya sangat mudah. Salah satunya lewat bootcamp digital marketing. Berikut rekomendasinya:

    1. RevoU

    Bootcamp digital marketing RevoU merupakan bootcamp yang dilaksanakan selama 6 bulan untuk mempersiapkan kamu menjadi seorang digital marketing yang handal. Di bootcamp ini kamu akan mempelajari keterampilan terbaru dan paling diminati yang diajarkan oleh instruktur elit dari perusahaan unicorn terkemuka, salah satunya email marketing.

    Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap yang tidak hanya menunjang saat bootcamp saja. Tetapi juga terdapat careers support yang akan membantu kamu mempersiapkan kamu menjadi seorang digital marketer handal.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Measuring Performance and Budget Allocation
    • Product Marketing and Landing Page
    • Marketing Analytics
    • Social Media Ads
    • Google Ads
    • SEO
    • Content Marketing
    • Social Media Organic
    • CRM

    2. Digital Skola

    Selama 3 bulan mengikuti bootcamp digital marketing, kamu akan dibimbing secara intensif dengan membangun portfolio, memberikan program magang hingga menyediakan persiapan karir terbaik. Di sini kamu akan belajar langsung dari ahlinya yang merupakan praktisi dengan pengalaman lebih dari 3 tahun di bidangnya.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Digital Marketing Research
    • Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization (SEO)
    • Copywriting and Creative Design
    • Video Marketing Basic
    • Digital Marketing Strategy
    • Practical SEO
    • Key Opinion Leaders (KOL)
    • Google Analytics
    • Paid Ads - Google Ads, Facebook Ads, Search Engine and E-commerce
    • Video Marketing Amplification
    • Customer Relationship Management (CRM)
    • Analysis & Reporting

    3. Purwadhika

    Purwadhika merupakan salah satu pelopor bootcamp digital di Indonesia. Kelas digital marketing Purwadhika sendiri menawarkan kamu untuk menjadi seorang digital marketing bersertifikat dalam 12 minggu dan dengan fasilitas job connector yang akan membantu kamu meraih karir digitalmu di perusahaan hiring partner Purwadhika yang tersebar di Asia.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Digital Marketing Foundation
    • Search Engine Optimization
    • Social Media Marketing
    • Content Marketing
    • Paid Media & Digital Ads
    • Data Collection, Analytics, and Reporting

    Menjadi Ahli Email Marketing Bersama Danacita

    Kamu ingin mempelajari secara mendalam email marketing dan menjadi digital marketing? Danacita siap mewujudkan impian kamu melalui bantuan biaya pendidikan.

    Danacita sendiri adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan digital marketing di RevoU, Digital Skola dan Purwadhika.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan, sehingga kamu dapat mengambil kelas bootcamp favorit kamu.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    purwadhika revou email marketing digital skola
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran