Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan Biayanya

2022-09-29

Daftar isi

    Olahraga merupakan salah satu aktivitas menyehatkan yang berguna untuk merawat serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Apalagi di masa pandemi yang membuat orang rentan terkena penyakit. Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi juga bisa dijadikan wadah untuk meraih prestasi.

    Oleh karena itu, jangan sampai minat dan bakat olahraga kamu menjadi sia-sia. Salah satu langkah yang bisa kamu pilih adalah dengan masuk perguruan tinggi di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES. Selain mempelajari tentang olahraga yang kamu sukai, Fakultas Ilmu Keolahragaan memberikan banyak benefit serta kompetensi juga.

    Penasaran tentang fakultas ini? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan biayanya.

    Apa itu UNNES

    Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang ada di Indonesia. Kampus yang berlokasi di Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah ini memiliki sepak terjang yang begitu panjang. Pada tahun 1960, UNNES diintegrasikan sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro.

    Kemudian pada tahun 1963, Jurusan Pendidikan Jasmani yang semula berada di FKIP Universitas Diponegoro dipisah menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) yang berdiri sendiri di bawah Departemen Olahraga.

    Selanjutnya pada tahun 1965, FKIP Universitas Diponegoro menjadi badan pendidikan tinggi yang berdiri sendiri dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang (IKIP Semarang). Hal ini diperkuat dengan Keputusan Presiden No. 271 tahun 1965 tanggal 14 September 1965. Setelahnya, pada tanggal 22 Februari 1977, Program Studi Pendidikan Guru Olahraga kembali ke induknya menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan.

    Pada tahun 2000, IKIP Semarang berubah nama kembali menjadi Universitas Negeri Semarang atau UNNES yang kita kenal hingga saat ini. Perubahan nama Universitas tersebut juga mempengaruhi nama-nama fakultas di dalamnya. Perubahan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja UNNES dan No. 255/O/2000 tentang statuta UNNES.

    Penjelasan mengenai Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan Program Studinya

    Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES memiliki sejarah panjang sebelum menjadi fakultas yang mewadahi berbagai macam program studi. Saat UNNES masih menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro, Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah bagian dari FKIP Universitas Diponegoro dengan nama Jurusan Pendidikan Jasmani.

    Kemudian pada tahun 1977, Jurusan Pendidikan Jasmani IKIP Semarang berdiri sendiri menjadi fakultas dan berganti nama menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Keolahragaan (FKIK). Sampai pada akhirnya ketika IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tahun 2000. Fakultas Keguruan dan Ilmu Keolahragaan kembali berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

    Adapun program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES antara lain:

    1. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (A)
    2. Ilmu Kesehatan Masyarakat (B)
    3. Pendidikan Kepelatihan Olahraga (B)
    4. Ilmu Keolahragaan (A)
    5. Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (B)
    6. Ilmu Gizi (B)

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES

    Seorang lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan mengkaji olahraga dari berbagai perspektif mulai dari olahraga sebagai kesehatan, terapan, hingga sosial. Selama menjalani masa perkuliahan, kamu tidak hanya mempelajari kompetensi seputar olahraganya saja. Adapun kompetensi lain seperti anatomi tubuh, fisioterapi olahraga, mata kuliah seputar kesehatan, fisiologi, dan masih banyak lainnya.

    Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES tidak hanya memiliki program studi olahraga murni. Adapun program studi lainnya yang bergerak di bidang pendidikan. Biasanya, guru-guru mata pelajaran olahraga diisi oleh seorang lulusan yang memiliki latar belakang pendidikan seperti pendidikan olahraga maupun pendidikan kesehatan jasmani.

    Sebagai seorang lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, masih banyak bidang pekerjaan yang bisa kamu geluti, diantaranya yaitu:

    • Pelatih Olahraga/Instruktur Olahraga

    Seorang lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan dianggap kompeten dan memiliki kemampuan di bidangnya. Baik secara teori maupun praktik sehingga kamu memiliki peluang besar menjadi seorang pelatih olahraga di masing-masing bidang. Misalnya seperti olahraga sepak bola, voli, renang, gym, hingga olahraga bela diri.

    • Atlet

    Untuk menjadi seorang atlet, kamu tidak harus mengikuti sekolah atlet yang menelan biaya begitu besar. Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi khususnya di fakultas olahraga juga memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin menjadi seorang atlet. Tidak jarang juara kompetisi tingkat nasional hingga internasional yang merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi.

    • Dosen

    Saat kamu kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES, kamu akan dididik dan dilatih oleh pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Tentunya untuk menjadi seorang dosen diperlukan gelar Magister Ilmu Keolahragaan yang diraih dengan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Maka bukan tidak mungkin kamu juga bisa menjadi seorang dosen bagi yang berminat di dunia pendidikan dan pengajaran.

    Biaya Kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES

    Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi negeri, UNNES menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai pembayaran kuliah satu-satunya di jenjang Sarjana. UKT memungkin mahasiswa untuk melakukan hanya satu kali pembayaran tiap semesternya.

    Biaya UKT mahasiswa memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung kemampuan ekonomi mahasiswa terkait. Mahasiswa dengan kemampuan ekonomi rendah akan dikenakan biaya yang juga rendah. Sedangkan mahasiswa dengan kemampuan ekonomi tinggi akan dikenakan dengan biaya yang juga tinggi.

    Besaran tersebut terbagi menjadi beberapa golongan. Berikut daftar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan biayanya.

    • Golongan UKT I : Rp500.000
    • Golongan UKT II : Rp1.000.000
    • Golongan UKT III : Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000
    • Golongan UKT IV : Rp3.200.000 hingga Rp4.400.000
    • Golongan UKT V : Rp4.500.000 hingga Rp5.500.000
    • Golongan UKT VI : Rp5.100.000 hingga Rp7.150.000
    • Golongan UKT VII : Rp5.700.000 hingga Rp8.250.000

    Sedangkan untuk mahasiswa jalur Mandiri memiliki besaran biaya kuliah dan golongan yang berbeda. Berikut daftarnya.

    • Golongan I : Rp5.000.000
    • Golongan II : Rp10.000.000
    • Golongan III : Rp15.000.000
    • Golongan IV : Rp20.000.000
    • Golongan V : Rp25.000.000

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dengan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan biayanya. Jika kamu kesulitan dalam hal biaya saat masa pembayaran berlangsung, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah Danacita. Dengan begitu, pembayaran biaya kuliahmu di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK.

    Mudahkan masa kuliahmu dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!