Default Avatar

Written By

Rudi Patria

4 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Pilih Program Studi Teknik Sipil

2022-01-26

civil

Daftar isi

    Apakah kamu pernah bertanya tentang siapa orang yang berperan di balik berdirinya bangunan atau prasarana seperti gedung bertingkat, jembatan, gedung rumah sakit, atau jalan yang menghubungkan berbagai daerah? Nah, bangunan-bangunan tersebut adalah buah karya dari seorang insinyur sipil yang merupakan lulusan dari program studi teknik sipil.

    Program studi teknik sipil merupakan suatu cabang ilmu teknik yang berhubungan dengan pembangunan serta pemeliharaan bangunan dan infrastruktur. Program studi teknik sipil mempelajari proses perencanaan, pembangunan, hingga renovasi dari suatu bangunan serta infrastruktur. Inilah sebabnya menagapa program studi teknik sipil menjadi salah satu program studi jurusan favorit serta memiliki peran yang sangat penting terhadap kehidupan sehari-hari.

    Bidang ilmu yang akan dipelajari di program studi teknil sipil pun akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia, kemajuan teknologi, bahkan kondisi lingkungan. Hal ini dikarenakan oleh pembangunan infrastruktur atau bangunan jelas harus memperhatikan berbagai aspek, mulai dari iklim, struktur tanah, cuaca, hingga potensi bencana alam.

    Maka dari itu, program studi teknik sipil merupakan salah satu program studi yang memerlukan keseriusan dan ketelitian dalam setiap aspeknya. Keren banget, kan?

    Nah, untuk kamu yang tertarik melanjutkan studi program studi teknik sipil, yuk ketahui semua informasi tentang bidang keilmuan ini beserta prospek kerjanya!

    Apa Itu Program Studi Teknik Sipil?

    Program studi teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan, manufaktur, manajemen atau pengelolaan, hingga pemeliharaan infrastruktur atau bangunan, untuk mendukung kehidupan manusia.

    Bangunan dan infrastruktur tersebut meliputi gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen, gedung rumah sakit, jalan raya, jembatan, bendungan, hingga fasilitas umum seperti bandara, stasiun, atau terminal.

    Sehingga saat belajar di program studi teknik sipil, kamu pun akan memahami hampir semua ilmu keteknikan. Mulai dari desain bangunan, perancangan fondasi bangunan, perhitungan kekuatan struktur bangunan, struktur tanah, karakteristik lingkungan, transportasi, perhitungan biaya, dan masih banyak lagi.

    Alasan Kenapa Harus Memilih Program Studi Teknik Sipil

    Program studi teknik sipil menjadi salah satu program studi yang memiliki peran penting dalam perkembangan suatu negara. Baik dalam pembangunan infrastruktur, maupun ekonomi secara keseluruhan.

    Selain itu, berikut ini adalah 4 alasan penting kenapa kamu harus memilih program studi teknik sipil sebagai program studi kuliah:

    1. Prospek Kerja yang Luas dan Menjanjikan

    Peluang kerja lulusan program studi teknik sipil sangat luas dan menjanjikan. Terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melakukan pengembangan infrastruktur maupun bangunan. Sehingga, lulusan program studi teknik sipil pun jelas akan sangat dibutuhkan di mana-mana.

    2. Lulusan Program Studi Teknik Sipil Banyak Dicari oleh Perusahaan

    Bukan hanya berperan di bidang pembangunan infrastruktur dan bangunan, perusahaan-perusahaan juga membutuhkan lulusan program studi teknik sipil untuk melakukan rekayasa bangunan hingga memperkuat divisi pengembangan bangunan.

    3. Mampu Menghasilkan Karya yang Bermanfaat untuk Kehidupan Masyarakat

    Salah satu nilai plus dari program studi teknik sipil adalah mampu menghasilkan karya yang berguna untuk kehidupan manusia. Bayangkan saja, seluruh infrastruktur dan bangunan-bangunan yang kamu lihat atau tempati setiap harinya merupakan hasil campur tangan lulusan program studi teknik sipil.

    4. Memiliki Kesempatan untuk Menciptakan Lapangan Kerja Sendiri

    Poin lain kenapa program studi teknik sipil menjadi program studi yang harus kamu pertimbangkan adalah adanya kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

    Kamu bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara membuka perusahaan jasa konstruksi, pengembang (developer), atau membuka kantor konsultan perencana bangunan.

    Mata Kuliah Program Studi Teknik Sipil

    Sebagaimana penjelasan sebelumnya, program studi teknik sipil merupakan program studi yang mempelajari hampir semua bidang keteknikan. Program studi teknik sipil mempelajari ilmu yang cukup luas dan beragam. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di program studi teknik sipil antara lain:

    • Kalkulus
    • Fisika Dasar
    • Kimia Dasar
    • Pengantar Rekayasa dan Desain
    • Menggambar Teknik
    • Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil
    • Matematika Rekayasa
    • Mekanika Fluida & Hidraulika
    • Mekanika Bahan
    • Rekayasa Hidrologi
    • Mekanika Tanah
    • Rekayasa Lalu Lintas
    • Analisis Struktur
    • Struktur Beton
    • Irigasi dan Drainase
    • Perancangan Geometrik Jalan
    • Manajemen Konstruksi
    • Struktur Baja
    • Utilitas Bangunan
    • Dasar- dasar Arsitektur
    • Teknik Pondasi
    • Konstruksi Jalan
    • Ekonomi Teknik
    • Rekayasa Lingkungan
    • Perancangan Perkerasan Jalan
    • Struktur Bangunan Tahan Gempa
    • Survei dan Pemetaan Lanjut
    • Manajemen Kualitas Konstruksi
    • Computer Aided Design (CAD)
    • Aspek Hukum Jasa Konstruksi

    Peminatan Program Studi Teknik Sipil

    Untuk peminatan, biasanya program studi teknik sipil terbagi menjadi 5 fokus ilmu. Mulai dari Geoteknik, Struktural, Rekayasa Pengairan, Manajemen Konstruksi, Hingga Transportasi.

    Berikut adalah penjelasannya masing-masing:

    1. Geoteknik

    Geoteknik program studi teknik sipil merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah serta batuan dalam menopang suatu bangunan. Peminatan ini biasanya mempelajari tentang mekanika tanah, dinding penahan tanah, pondasi, dan segala macam bentuk pekerjaan yang berhubungan dengan tanah.

    2. Struktural

    Struktural program studi teknik sipil merupakan ilmu yang mempelajari struktur bangunan, yaitu bagaimana respon material bangunan terhadap beban yang bangunan, sehingga bangunan tersebut dapat berdiri tegak dan kokoh. Serta dapat meminimalkan kerusakan apabila terjadi bencana alam.

    Peminatan ini biasanya mempelajari mekanika struktur, struktur baja, struktur beton, hingga struktur kayu.

    3. Manajemen Konstruksi

    Manajemen kontruski program studi teknik sipil adalah bidang peminatan yang mempelajari soal proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, pengembalian modal, penjadwalan pekerjaan, hingga perhitungan biaya proyek.

    Peminatan ini juga mencakup semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan, hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan.

    4. Rekayasa Pengairan (Hidro)

    Rekayasa pengairan (HIDRO) program studi teknik sipil adalah peminatan ini mempelajari cabang ilmu hidrologi, hidrolika, serta bangunan air.

    Hidrologi biasanya mempelajari curah hujan, debit air sebuah sungai, banjir, hingga cuaca. Lalu hidrolika mencakup sifat material air, gaya dorong air, hingga tekanan air. Sedangkan bangunan air meliputi irigasi, kanal, bendungan, hingga drainase.

    5. Transportasi

    Tranportasi program studi teknik sipil mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Ilmu yang dipelajari meliputi konstruksi dan geometrik jalan raya, rekayasa lalu lintas, pemodelan transportasi dan sistem transportasi.

    Prospek Kerja Lulusan Program Studi Teknik Sipil

    Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang rajin melakukan pembangunan infrastruktur. Pembangunan pun akan terus berlangsung dalam waktu yang lama. Oleh karenanya, para lulusan program studi teknik sipil akan sangat dibutuhkan guna mendukung program penyuksesan pembangunan.

    Dengan demikian, program studi ini menyediakan peluang karir yang sangat luas dan besar sehingga kamu tak perlu khawatir soal prospek kerja setelah lulus. Beberapa profesi yang bisa kamu pilih antara lain manajer konstruksi, kontraktor, surveyor, project manager, quality control, hingga konsultan perencana.

    Peluang kerja di perusahaan konstruksi, properti, hingga pengembang pun akan terbuka lebar untukmu. Bukan hanya itu saja. Instansi pemerintah seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi juga akan sangat membutuhkan keahlian sarjana program studi teknik sipil.

    Bagaimana? Sangat menjanjikan, bukan?

    Nah, kalau misalnya kamu masih bingung memilih program studi kuliah nanti, cobalah untuk mempertimbangkan program studi teknik sipil. Terutama bagi kamu yang memiliki passion di bidang perancangan dan pemeliharaan bangunan.

    Wujudkan Mimpi Berkuliah di Program Studi Teknik Sipil Bersama Danacita

    Bagi kamu yang ingin segera berkuliah di program studi Teknil Sipil, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang memiliki program studi teknik sipil, seperti President University, IT PLN, Universitas Tarumanagara (UNTAR), Universitas Islam Bandung (UNISBA) dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

    President University

    President University bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk Program Studi teknik sipil lho. Di sini kamu akan belajar dengan mahasiswa dari manca negara, seperti korea, vietnam, china, hingga amerika serikat. Selain kamu belajar bahasa mereka, disini kamu bisa mendapatkan berbagai insight dan gambaran tentang trend design dari negara mereka lho. Selain itu mereka juga memiliki tenaga pengajar yang OK, dan fasilitas yang sangat mendukung proses belajarmu.


    Baca juga: Informasi PMB President University 2022/2023


    IT PLN

    Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) adalah perguruan tinggi yang langsung berada di bawah naungan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pendirian IT PLN bertujuan untuk membentuk wadah bagi para pakar dan praktisi di bidang energi untuk mengadakan regenerasi dalam bidang tersebut, serta memfasilitasi meningkatnya kebutuhan dan permintaan akan energi listrik di seluruh Indonesia. Saat ini, IT PLN memiliki 150 orang dosen pengajar dan 3.623 orang mahasiswa aktif. Dosen-dosen serta mahasiswa tersebut tersebar di beberapa fakultas, program studi dan program pendidikan yang dimulai dari D3 hingga S2 yang diadakan oleh IT PLN.


    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran untuk Jadi #Ksatriapetir di Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IT PLN 2022!


    Universitas Tarumanagara (UNTAR)

    Siapa sih yang tidak kenal Universitas Tarumanagara? Ya, UNTAR adalah salah satu kampus rekomendasi kalau kamu ingin berkuliah di Program Studi teknik sipil terbaik. Disini kamu akan dilatih untuk memiliki kemampuan merancang media komunikasi visual terkini. Jadi, ketika kamu lulus nanti akan bisa masuk ke berbagai bidang yang tersedia. Bidang seperti Periklanan, aplikasi dan game, konsultasi, hingga perhotelan dan farmasi. Selain itu UNTAR juga melahirkan alumni yang keren-keren lho seperti Taufik Hidayat, Billy Davidson dan juga, Dhini Amiranti


    Baca juga: Informasi PMB UNTAR 2022/2023


    Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Ingin berkuliah di Program Studi teknik sipil di kota Bandung? Maka UNISBA adalah pilihan yang paling tepat. UNISBA memiliki beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan pendidikan. diantaranya adalah akreditasi, umur, serta reputasi. UNISBA saat ini sudah mendapatkan akreditasi A lho dari BAN PT. Selain itu umur UNISBA juga sudah cukup matang untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tidak lupa, reputasi yang tidak perlu diragukan lagi.


    Baca juga: Biaya kuliah UNISBA 2022/2023 Dengan Danacita


    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mungkin bukan kampus yang asing untuk kamu yang berdomisili di daerah Jakarta dan Tangerang. Untuk akreditasi, UPJ telah mengantongi akreditasi ‘A’ untuk Perpustakaan dan akreditasi sangat baik atau “B’’ baik untuk seluruh program studi juga untuk Akreditasi Perguruan Tinggi oleh BAN-PT. Sedangkan Kinerja Kemahasiswaan UPJ berada di Ranking 45 Nasional berdasarkan Pemeringkatan oleh Belmawa-Kemenristekdikti tahun 2019. Di bidang penelitian, UPJ berada di Klaster UTAMA untuk Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi yang dianugerahkan oleh Kemenristekdikti sejak tahun 2018. Salah satu program studi unggulan di UPJ yang dapat kamu pilih adalah program studi teknik sipil.


    Baca juga: Informasi Terlengkap Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Angkatan 2022


    Sekarang kuliah di program studi teknik sipil nggak perlu pusing dengan biaya, karena kamu bisa mengajukan di Danacita untuk semua biaya kuliahmu melalui program cicilan Danacita dan pastinya cicilan di Danacita tanpa DP dan jaminan apapun! Yuk segera wujudkan mimpimu bersama Danacita sekarang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria