Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Ingin Kuliah di Jurusan Product Design? Ketahui Prospek Kerjanya Disini!

2022-10-21

jurusan-product-design

Source: pexels

Apakah kamu familiar dengan istilah Product Design? Jurusan ini mungkin tidak atau belum sepopuler jurusan design lainnya. Namun kehadiran Product Design belakangan menjadi perhatian, terutama bagi mereka yang ingin bekerja di dunia start up dan digital. Prosek kerja lulusan Product Design semakin dicari seiring bekembanganya dunia digital dan teknologi. Ini menjadi alternatif jurusan yang cocok untuk kamu yang ingin memiliki kemampuan design dan ingin bekerja di dunia digital.

Lalu apa sebenarnya Product Design itu? Kenapa kamu harus mengambil jurusan ini dan bagaimana prospek kerja kedepannya? Temukan jawabannya pada penjelasan artikel berikut.

Apa itu Product Design

Jurusan Product Design adalah salah satu disiplin ilmu yang mendalami pengetahuan tentang bagaimana pembuatan casing atau bagian luar suatu benda/objek agar terlihat menarik. Jurusan ini juga biasa disebut sebagai Industrial Design. Product Design mengeksplorasi praktik terbaik dalam menghidupkan produk baru, mulai dari fase konseptual hingga proses pembuatannya yang sebenarnya.

Di jurusan ini kamu akan banyak mempelajari bagaimana cara mendesain barang dengan menggabungkan aspek kenyamanan dan keamanan pada saat yang sama. Dalam proses mendesain barang, tentu saja aspek estetika tak terlewatkan. Faktor lain yang diipertimbangkan antara lain target konsumen dan tujuan dari penciptaan barang tersebut. Dengan kata lain Product Design menggabungkan antara seni dan kreativitas.

Orang yang mendalami disiplin ilmu ini disebut sebagai Product Designer yang umumnya memiliki tugas dan tanggungjawab bekerja untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dalam solusi produk yang mereka buat untuk pengguna mereka. Selain itu juga membantu sebuah brand dengan membuat produk berkelanjutan untuk kebutuhan bisnis jangka panjang.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Product Design

Mata kuliah dan materi yang diajarkan di tiap kampus bisa saja sedikit berbeda antara satu dan yang lainnya. Hal ini karena kurikulum dan konsentrasi tiap universitas juga berbeda. Namun jurusan Product Design mempelajari hal-hal berikut:

1. Bentuk Gambar

Pada materi ini kamu akan banyak mempelajari tentang dasar-dasar berperilaku ilmiah. Misalnya melakukan riset dan observasi pada sebuah objek yang akan diteliti, mengobatinya, merekam, dan menggambarkan kembali objek yang sesuai dengan aslinya.

2. Desain Produk

Pada mata kuliah ini, kamu akan mempelajari dan mengeksplorasi citra dari ragam jenis bentuk tiga dimensional. Mulai dari tahap perencanaan sketsa, perwujudan bentuk, hinga pencitraan dari bentuk itu sendiri.

3. Green Design

Mata kuliah ini akan banyak memberikan kamu pengetahuan tentang daur hidup produk atau Life Cycle Product serta aplikasinya dengan tujuan untuk mendukung produk berkelanjutan.

4. Digital Modelling

Di materi ini kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai prinsip-prinsip dasar penggunaan software digital. Hal ini berguna untuk menerjemahkan hasil pemikiran desain kamu dari konsep sketsa menjadi model digital. Menarik bukan?

5. Ergonomi Desain

Pada materi kuliah ini kamu akan diberikan pemahaman mengena i sejarah dan desain, serta serta filosofi dalam ergonomi, juga kebutuhan dan spesifikasi ISO, OSHA dan unsur keselamatan ketika manusia bekerja dengan lingkungan sekitarnya atau ketika dia menggunakan sebuah benda atau produk.


Baca juga: Terbaru! PMB Universitas Ngudi Waluyo 2022/2023


Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Product Design?

1. Pengembangan Skill di Berbagai Bidang

Jurusan Product Design tidak hanya terbatas pada satu faktor atau seperangkat keterampilan saja. Jurusan ini mengkombinasikan berbagai keterampilan dan disiplin ilmu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil akhir yang baik. Jurusan ini menggabungkan disiplin dan kemampuan dalam bidang seni, bisnis, dan teknik. Selain itu, pada jurusan ini kamu juga dapat mengembangkan konsep baru, hingga menemukan cara untuk memasarkan konsep tersebut dalam sebuah bentuk desain. Menarik bukan?

2. Tidak Selalu Tentang Menemukan Hal yang Baru

Tak sedikit orang yang mungkin berpikir jika menjadi seorang Product Designer berarti kamu dituntut untuk selalu menghasilkan sesuatu yang baru. Padahal ada banyak produk di seluruh dunia yang mungkin perlu lebih banyak kamu perhatikan. Artinya, kamu bisa melihat dan memperhatikan produk yang sudah ada kemudian mencari tahu tentang apa saja yang perlu diperbaiki. Dari sini kamu bisa merancang penambahan fitur pada produk yang sudah ada agar sesuai dengan kebutuhan user.

3. Pilihan Karir Beragam

Jurusan Product Design menawarkan berbagai pilihan karir yang bisa kamu pilih, dan tidak hanya terjebak pada satu bidang desain saja. Kamu bisa memilih beberapa bidang yang cocok untuk kamu, seperti peneliti, penerbitan, art direction, dan lain sebagainya. Pilihan pekerjaan ini memberikan kamu ruang untuk bertumbuh dan berkembang ke sejumlah area, dan berbagai industri perusahaan.

4. Tawaran Gaji yang Besar

Peranan Product Design yang sangat penting dalam sebuah perkembangan bisnis membuat profesi satu ini menjadi salah satu profesi yang menawarkan gaji yang besar. Di Indonesia sendiri gaji rata-rata seorang Product Designer berkisar antara 80 juta hingga lebih dari 100 juta per tahunnya.

Rekomendasi Kuliah Jurusan Product Design

Setelah mengetahui secara detail apa itu Product Design hingga alasan kenapa kamu harus mengambil jurusan ini, apakah kamu sudah tertarik untuk menjadikan jurusan ini sebagai pilihan kamu? Jika iya, berikut kami rekomendasikan beberapa kampus yang memiliki jurusan Product Design terbaik di Indonesia.

1. Universitas Paramadina

Universitas Paramadina merupakan universitas yang berdiri pada 10 Januari 1998 dan memiliki kampus di Jakarta dan Cikarang. Jurusan Product Design Universitas Paramadina memfokuskan pembelajaran pada perancangan produk benda pakai yang memiliki nilai keunikan ide dan bentuk.

Di jurusan ini kamu akan dibekali kemampuan dasar untuk menggali kreativitas, mencurahkan ide melalui presentasi dan gambar, serta penguasaan teknis dan mekanis yang berkaitan dengan produksi. Selain itu kamu juga akan mendapatkan kemampuan dasar dan teknis yang didasari dengan wawasan tentang pemahaman manusia baik sebagai pengguna produk, maupun sebagai konsumen. Sehingga kamu mampu merancang produk yang selain nyaman juga memiliki nilai jual.

Informasi selengkapnya klik di sini.

2. Universitas Pembangunan Jaya

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Bintaro yang berdiri pada tahun 2011. Jurusan Product Design UPJ memiliki visi untuk mengembangkan Program Studi Desain Produk yang unggul dalam kajian pengembangan produk urban lifestyle yang berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat perkotaan melalui optimalisasi pengembangan konsep produk.

Jurusan ini merupakan tempat yang tepat untuk kamu yang ingin belajar untuk Designing Your Future Digital Lifestyle. Jurusan ini menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif, menjadi seorang Creative Problem Solver, terutama di ranah Desain dan Gaya Hidup di Era Digital saat ini. Sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia.

Informasi selengkapnya klik di sini.

Raih Mimpi Masuk Jurusan Product Design Bersama Danacita

Danacita merupakan platform dengan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi, baik di lembaga pendidikan formal maupun informal seperti kursus dan bootcamp. Untuk membantu kamu belajar Product Design, Danacita telah bekerjasama dengan Universitas PAramadina dan Universitas Pembangunan Jaya agar memudahkan biaya kuliah kamu.

Kerjasama ini memungkinkan kamu untuk berkuliah tanpa terkendala biaya. Kamu bisa mengajukan cicilan hingga 18 bulan, dengan proses pengajuannya yang sangat mudah. Selain itu, Danacita juga telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

product designer rekomendasi kampus untuk product design
Default Avatar

Written By

Esa Tauran