Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-pendidikan-ekonomi-administrasi-perkantoran

Daftar isi

    Apakah kamu ingin kuliah tapi masih bingung ingin masuk jurusan apa? Jika kamu punya minat terhadap bidang ekonomi dan administrasi, jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran mungkin bisa menjadi pilihan. Jurusan ini menggabungkan antara keduanya, sehingga kamu akan belajar banyak hal pada jurusan ini yang akan menjadi bekal kamu.

    Mulai tertarik dengan jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran? Seperti apa jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran? Simak penjelasan selengkapnya mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran

    Jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran adalah salah satu disiplin ilmu di perguruan tinggi yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan operasional perusahaan, baik secara administrasi dan kebutuhan kantor serta mengelola dan pengawasan tempat kerja.

    Di jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran, kamu akan diajarkan bagaimana cara menerapkan fungsi-fungsi pada sebuah kantor. Mulai dari persoalan manajemen, perencanaan, pengawasan, dan juga pengorganisasian. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pelayanan yang diberikan di setiap kantor dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan serta membuat klien dan pegawai yang ada di sana terbantu.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran?

    Jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan antara ilmu pendidikan, konsep dasar ilmu akuntansi, ekonomi, dan administrasi perkantoran. Di jurusan ini kamu diajarkan untuk mampu merencanakan, menganalisis, dan mengaplikasikan bidan-bidang tersebut, hingga melakukan penelitian dalam bidang pendidikan ekonomi.

    Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran antara lain:

    • Pengantar akuntansi
    • Pengantar ekonomi
    • Pengantar Manajemen
    • Pengantar bisnis
    • Pengantar ilmu administrasi
    • Hukum bisnis
    • Manajemen pelayanan
    • Perpajakan
    • Korespondensi bahasa Indonesia
    • Psikologi pendidikan
    • Manajemen kearsipan
    • dan lain-lain

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran?

    1. Belajar Banyak Ilmu

    Jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran mempelajari beragam pengetahuan dan keterampilan yang kemudian dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di suatu organisasi. Kamu akan mendapatkan ilmu pendidikan, ilmu ekonomi, hingga ilmu administrasi perkantoran untuk menunjang kamu bekerja.

    2. Melatih Ketelitian dan Kerapian

    Selain berbagai disiplin ilmu, jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran juga membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi yang dapat membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan.

    Jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran memberikan kamu kemampuan bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Secara tidak langsung ini meningkatkan kemampuan ketelitian dan kerapian kamu.

    3. Membuat Kamu Lebih Multitasking

    Umumnya, jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran melatih kamu untuk dapat mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Sebab ketika lulus nanti kamu akan dituntut untuk lebih multitasking.

    Beberapa pekerjaan lulusan jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran mencakup berkomunikasi via telepon, baik melakukan atau menerima panggilan telepon, menyiapkan agenda, seperti jadwal pertemuan, sesuai hasil komunikasi yang telah dilakukan, entri atau rekapitulasi data, berupa data konsumen, transaksi dengan klien, dan lain-lain.

    4. Peluang Kerja yang Luas

    Di jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran kamu akan dibekali berbagai pengetahuan dan kemampuan di bidang ekonomi hingga administrasi perkantoran yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

    Kamu bisa bekerja di banyak perusahaan di berbagai bidang, karena keahliannya sangat dibutuhkan. Selain itu kamu juga bisa mengisi banyak posisi sesuai dengan minat kamu.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran

    1. Guru dan Tenaga Pendidik

    Prospek kerja pertama dari jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran adalah menjadi seorang guru atau tenaga pendidik. Sesuai dengan mata kuliah yang lebih fokus pada dunia pendidikan, kamu bisa menjadi guru di tingkat SMP dan SMA/ SMK, khususnya untuk mata pelajaran ekonomi, dan administrasi perkantoran.

    2. Analis Manajemen Bisnis

    Sebagai seorang analis manajemen bisnis, kamu akan bertugas untuk menganalisa suatu perusahaan/ organisasi dalam hal prosedur dan desain sistem operasional serta sistem lainnya.

    Umumnya, profesi ini bertanggung jawab secara spesifik kepada bagian/divisi/program tertentu. Tujuan dari seorang analis bisnis adalah mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi agar manajemen dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya.

    3. Konsultan Keuangan

    Tidak hanya lulusan Ekonomi saja yang bisa menjadi konsultan keuangan, lulusan jurusan Pendidikan ekonomi administrasi perkantoran juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai konsultan ekonomi.

    Untuk bisa menjadi konsultan ekonom, kamu wajib memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, berpikir kritis dan logis, serta analitis agar bisa menyelesaikan permasalahan klien sebaik mungkin.

    4. Sekretaris

    Seorang sekretaris tidak hanya bertugas untuk menjawab telepon dan menerima pesan. Sekretaris juga dapat mengandalkan beragam keterampilan untuk membantu mereka berhasil dalam pekerjaan mereka. Sekretaris biasanya adalah individu yang memelihara dan mengatur tugas kantor, menerapkan prosedur dan melaksanakan tugas administrasi tambahan, tergantung pada sifat pekerjaan mereka.

    5. Wirausaha

    Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam membangun usaha sendiri, juga bisa menerapkan ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah. Mata kuliah kewirausahaan, manajemen, akuntansi, administrasi perkantoran, dan lain-lain bisa menjadi bekal Kamu dalam mengoperasikan usaha kelak.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Terbaik

    1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Jurusan pendidikan ekonomi administrasi pembangunan merupakan salah satu prodi yang masuk di jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi UNNES dan telah terakreditasi A.

    Visi dari jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran adalah menjadi program studi bereputasi internasional, sebagai pusat keunggulan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan ekonomi dengan menjunjung tinggi etika, kejujuran, dan tanggung jawab sosial.

    Prodi Pendidikan Ekonomi UNNES bertujuan menyiapkan pendidik profesional dengan konsentrasi, Pendidikan Administrasi Perkantoran. Di prodi ini kamu akan dibekali kompetensi utama untuk dapat memahami konsep dasar Ilmu Administrasi Perkantoran dan ekonomi, serta mampu merencanakan, menganalisis, dan mengaplikasikan bidang tersebut dengan unjuk kerja yang diinginkan dengan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika. Selain itu kamu juga akan diberikan kompetensi pendukung seperti komunikasi, bahasa Inggris, teknologi dan berpikir logis & analitis.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: ELena dan Sitedi UNNES: Panduan Penggunaannya

    2. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

    Program studi administrasi perkantoran UBSI merupakan prodi yang memiliki visi menjadi program studi yang menghasilkan lulusan berkualitas di bidang administrasi bisnis melalui penguasaan teknologi informasi untuk mewujudkan kreativitas berwirausaha.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan berjiwa entrepreneur di bidang ekonomi dan bisnis.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Mau Kuliah di UBSI? Yuk pelajari Jurusan di UBSI

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran dengan Danacita

    Itulah penjelasan seputar jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran yang bisa kamu pelajari. Jika kamu tertarik untuk masuk jurusan ini tapi terkendala karena biaya, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan Danacita sebagai alternatif.

    Danacita merupakan penyedia pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para pelajar yang mengejar perguruan tinggi dan pelatihan vokasi di Indonesia yang dijamin aman karena sudah berizin OJK.

    Saat ini, Danacita telah menjalin kerjasama dengan UNNES dan UBSI serta lebih dari 130 institusi pendidikan lainnya untuk menyediakan akses pendidikan yang terjangkau dan meningkatkan kapasitas diri mahasiswa melalui bantuan biaya kuliah. Lewat bantuan ini kamu bisa memilih tenor cicilan yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Proses pengajuan pembiayaan pendidikan di Danacita sangat mudah, dan tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit. Bahkan, kamu tidak perlu melakukan pembayaran (DP) atau uang muka untuk mendapatkan pinjaman di platform ini.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!