Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-20

Daftar isi

    Apakah kamu pernah mendengar jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi? Jurusan ini memang terbilang sepi peminat, tetapi sangat asyik untuk dipelajari. Apalagi bagi kamu yang kepoan pada hal-hal baru.

    Nah, jadi penasaran nggak dengan jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi? Langsung saja simak apa itu jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi, mata kuliah, prospek kerja, dan kampus-kampusnya, yuk!

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi

    Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi merupakan bidang studi yang mempelajari bidang Sosiologi dan Antropologi murni. Namun, juga ditambah dengan mata kuliah kependidikan seperti filsafat pendidikan dan psikologi pendidikan.

    Umumnya, pada Perguruan Tinggi lain antara jurusan Sosiologi dan jurusan Antropologi itu dibedakan, Sosiologi sendiri dan Antropologi sendiri. Namun, ada beberapa universitas yang menggabungkan antara Sosiologi dan Antropologi, serta juga akan dipersiapkan menjadi guru atau pengajar karena masuk ke jurusan pendidikan.

    Sebenarnya jurusan pendidikan Sosiologi & Antropologi sangat dibutuhkan oleh negara multikultural seperti Indonesia yang memiliki beragam suku, kebudayaan dan kepercayaan. Karena jika ilmu-ilmu yang ada dalam jurusan pendidikan Sosiologi & Antropologi meresap dan tumbuh di dalam pola pikir masyarakat Indonesia, maka tidak akan terjadi kesenjangan sosial dan peperangan antar suku yang selama ini menjadi pokok permasalahan yang ada di Indonesia.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi

    Salah satu mata kuliah jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi yang akan kamu pelajari adalah mata kuliah Pengantar Sosiologi dan mata kuliah Pengantar Antropologi. Kedua mata kuliah ini sangat penting dan mendasar di jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi. Dua mata kuliah ini dapat membantu mahasiswa yang sebelumnya belum mengenal dan belum mempelajari Sosiologi dan Antropologi.

    Biasanya, jika masih semester satu tugas yang diberikan ini berupa pembuatan catatan-catatan mengenai Sosiologi dan Antropologi. Kemudian untuk di semester selanjutnya barulah kamu diajarkan untuk mulai mengamati fenomena masyarakat yang terjadi. Kemudian dikaitkan dengan materi yang dipelajari. Selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk artikel atau makalah dan juga terkadang dalam bentuk ppt.

    Tidak hanya mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi, biasanya kamu juga diberi mata kuliah umum yang diwajibkan ditempuh bagi semua mahasiswa. Untuk beberapa mata kuliah umum yang bersifat wajib ini contohnya, seperti: Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Pendidikan Psikologi, Pendidikan Konservasi, dan lain-lain.

    Pada proses perkuliahan kamu dituntut menjadi mahasiswa yang kritis dan lebih banyak membaca. Selain itu nantinya kamu akan banyak turun ke lapangan dan melihat fenomena terkini pada sebuah kelompok masyarakat. Sehingga ketika sudah lulus nanti, kamu sudah terbiasa dengan lingkungan yang beraneka ragam. Menjadi mahasiswa jurusan ini juga harus berani dan mau tinggal dengan kondisi apapun. Karena kita tidak pernah tau masyarakat seperti apa yang akan kita temui di lapangan.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi

    Kalau kamu tertarik dengan kehidupan manusia dan aneka kebudayaan yang dihasilkannya, maka jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi cocok untukmu. Ada banyak kebudayaan tersebar di seluruh dunia yang layak untuk dieksplorasi dan dipelajari. Prodi ini sangat cocok untuk kamu yang suka jalan-jalan dan petualangan, karena nantinya kamu akan berkesempatan untuk mengeksplor masyarakat dan kebudayaan di berbagai daerah dan melakukan penelitian.

    Mata Kuliah yang dipelajari dalam jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi mengandung segala aspek dalam kehidupan manusia. Jadi ilmu yang kita dapatkan akan jauh lebih luas, dari sana kita bisa melihat sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang. Walaupun belajar di jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi tapi kamu juga bisa belajar tentang ekonomi, pendidikan, maritim, perkotaan, perdesaan dan lain sebagainya.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi

    Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi termasuk jurusan pendidikan sehingga banyak lulusan jurusan ini yang menjadi guru, dosen, pengajar bimbel karena memang sudah dibekali ilmu tentang bagaimana cara menjadi pengajar dan pendidik yang baik.

    Tapi tidak hanya menjadi pengajar saja, lulusan jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi juga berpeluang menjadi seorang Peneliti Sosial Budaya, Penulis Buku/Artikel, Jurnalis, Kewirausahaan Sosial, Konsultan, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN), Pegawai BUMN, Pegawai Swasta, dan lain-lain. Jadi kalian tak usah takut saat lulus dari jurusan ini karena banyak sekali prospek kerja yang bisa dicoba. Hanya saja, yang terpenting adalah mengembahkan potensi diri.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi Terbaik

    Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah satu kampus dengan jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi terbaik. Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi adalah salah satu dari delapan Prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial.

    Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi UNNES menyelenggarakan pendidikan dengan spesifikasi pendidikan sosiologi dan antropologi dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran sosiologi dan antropologi untuk sekolah menengah atas dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional terampil dan peka terhadap lingkungan sosial budaya. Lulusan jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi UNNES juga dibekali keterampilan penulisan ilmiah, kewirausahaan, kecakapan dalam penelitian pendidikan dan sosial budaya.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Terbaru! Informasi PMB Universitas Negeri Semarang

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi dengan Danacita

    Mulai tertarik masuk jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi di Universitas Negeri Semarang (UNNES), tetapi biayanya dirasa memberatkan? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan Danacita sebagai alternatif pembiayaan pendidikanmu. Adapun beberapa alasan mengapa kamu harus bayar kuliah menggunakan Danacita adalah sebagai berikut:

    • Keamanan transaksi: Danacita telah mengantongi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga telah tersertifikasi ISO 27001 sehingga keamanan data sangat terjamin.
    • Partner resmi Institut Teknologi Indonesia dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke pihak kampus.
    • Proses pengajuan dilakukan 100% secara online, maksimal 2 hari kerja.
    • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa ada biaya tambahan.
    • Kamu bisa bayar kuliah secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan tanpa dibebani DP, biaya administrasi atau biaya tambahan lainnya.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!