Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Trik Kelola Keuangan yang Baik Untuk Mahasiswa yang Berkuliah Sambil Kerja

2022-04-12

Daftar isi

    Dalam mengatur keuangan pribadi, memang tidak semudah yang dipikirkan, terutama bagi mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja. Memang di satu sisi dengan berkuliah sambil kerja bisa membuatmu mendapat pemasukan sendiri, tapi juga membutuhkan biaya pengeluaran yang lebih banyak, seperti biaya transportasi, untuk makan, belum lagi kamu juga harus membantu orang tuamu dalam membiayai kebutuhan kuliah.

    Dalam mengelola keuangan dengan baik, diperlukan strategi yang baik agar kamu tidak berakhir dengan gaya hidup yang boros. Untuk itu, kamu bisa simak trik mengelola keuangan bila kamu merupakan mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja.

    Mencatat Perencanaan Keuangan

    Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, kamu perlu mencatat perencanaan keuangan dengan disesuaikan pada prioritas kebutuhan yang ada. Catatlah berbagai macam pengeluaran yang muncul meskipun itu hanya sebagian kecil saja supaya anggaran keuanganmu jelas dan terperinci. Pastikan juga untuk mencatat pengeluaran yang berkaitan dengan biaya perkuliahan. Dengan catatan keuangan ini, kamu bisa terbantu dalam melihat kebutuhan apa saja yang kamu butuhkan dan berapa jumlahnya, sehingga untuk bulan berikutnya bisa lebih dikontrol.

    Membagi Pendapatan dengan Tepat

    Bila kamu berkuliah sambil bekerja, sudah pasti kamu akan mendapatkan gaji di setiap bulannya. Maka dari itu kamu harus pintar dalam membagi pendapatan tersebut sesuai dengan rencana keuangan yang sudah kamu catat sebelumnya. Setelah mendapat gaji, kamu bisa langsung mengaturnya sesuai dengan kebutuhan dan selalu pastikan semua kebutuhan penting bisa terpenuhi dari gajimu tersebut. Cerdaslah dalam menentukan prioritas kebutuhan, sehingga gaji yang didapat bisa terus mencukupi semua itu.

    Baca juga: 6 Pelajaran Keuangan yang Bisa Diambil dari Hometown Cha-Cha-Cha

    Hidup Hemat dan Hindari Bersikap Konsumtif

    Meskipun kamu sudah memiliki pendapatan sendiri dari pekerjaanmu, kamu juga masih harus tetap bisa hidup hemat dan menurunkan gaya hidup. Kamu harus melakukan hal ini agar kamu bisa memenuhi kebutuhan dan juga membantu orang tuamu dalam memenuhi biaya pendidikan di waktu yang bersamaan. Cobalah untuk mengurangi atau menghapus biaya-biaya yang tingkat prioritasnya rendah, supaya uangnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

    Boleh saja kamu belanja untuk memberi dirimu reward, tapi tetap harus dijadwal dan tidak boleh terlalu konsumtif. Kamu mungkin bisa belanja seperti ini bila terdapat promo atau diskon supaya bisa memperkecil pengeluarannya, tapi tetap harus ingat untuk tidak bersikap impulsif karena ada banyak diskon yang ditawarkan.

    Sisihkan Uang Untuk Menabung atau Investasi

    Source: Unsplash.com/Sasun Bughdaryan

    Setelah mendapat gaji di tiap bulannya, pastikan untuk selalu menyisihkan sebagian untuk ditabung atau untuk investasi. Kamu bisa membuka akun penyimpanan terpisah khusus untuk menabung agar tidak tercampur dengan uang yang lain. Hal ini harus dibiasakan sejak awal kamu bekerja sambil berkuliah dan bisa dianggap tabungan ini menjadi uang darurat jika suatu saat ada kebutuhan kuliah mendadak.

    Bijak dalam Mengajukan Cicilan

    Saat ini, sudah tidak sedikit mahasiswa yang mulai mengajukan cicilan dalam memenuhi berbagai kebutuhan, seperti kebutuhan pendidikan. Sebelum mengajukan cicilan, pikirkan dengan baik terlebih dahulu tujuan cicilan tersebut, dan apakah kamu benar-benar membutuhkan dana tambahan atau tidak. Bila memang kamu membutuhkan dana tambahan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, tidak ada salahnya mengajukan cicilan kepada lembaga yang sudah terjamin aman dan terpercaya. Pastikan juga lembaga tersebut tidak memberi tuntutan yang malah membuatmu merasa terbebani pada saat masa pelunasannya.

    Salah satu lembaga penyedia pembiayaan pendidikan yang bisa membantumu memenuhi kebutuhan biaya kuliah yang sudah pasti aman dan terjamin adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam

    Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri