Default Avatar

Written By

Aurora Andini

6 Pelajaran Keuangan yang Bisa Diambil dari Hometown Cha-Cha-Cha

2021-11-10

Tidak hanya romantis, ternyata Hometown Cha-Cha-Cha juga memiliki pelajaran keuangan yang bisa kita ambil, tidak hanya untuk mahasiswa dan pelajar, namun juga kamu yang sudah bekerja ataupun baru lulus kuliah.

Ingat, Self-Love bukan berarti Wasteful

Seperti Hye Jin yang seringkali shopping luxury goods dari pendapatannya. Bisa diartikan merupakan tindakan self-love dan self-reward.

Seperti yang disampaikan, financial planner, Prita Hapsari Ghozie, pastikan, jatah rekening Playing, maksimal 20% dari pendapatan.

Tetap keep in mind jangan sampai kamu seperti pepatah, Besar Pasak Daripada Tiang. Self-reward boleh banget! Tapi jangan sampai kamu wasteful ya.

Boleh Cashless, Jangan Sampai Cash-less

Saat Hye Jin pergi ke Gongjin dan sistem perbankan mati total, dia sulit banget melakukan transaksi pesanannya karena tidak terbiasa membawa uang tunai. Pelajaran untuk kita, sistem cashless bukan berarti cash-less atau tidak membawa uang tunai. Saat bepergian ataupun di kehidupan sehari-hari, pastikan bawa uang tunai yang cukup untuk cadangan transaksi darurat.

Miliki Sumber Pendapatan Pasif untuk Mempersiapkan Masa Pensiun dan Keadaan Darurat

Yeo Hwa memiliki restoran seafood sebagai pendapatan aktif dan sekaligus menyewakan properti untuk pendapatan pasif. Ini menjadi pengingat bagi kita untuk membangun aset aktif di masa produktif untuk menyiapkan masa pensiun.

Mau tahu caranya dapat penghasilan tambahan? Baca 3 Cara Mudah Cari Uang Tambahan untuk Mahasiswa dan Sahabat Danacita

Practice Self-Control

Ketika kita punya uang terkadang kita sering lepas kendali. Padahal budgeting perlu diperhatikan. Pisahkan dana darurat, usahakan menabung dan investasikan, dan sisanya untuk biaya hidup sehari-hari. Kemampuan mengendalikan diri untuk spending sesuai kemampuan finansial adalah kunci dari pengelolaan keuangan yang baik.

Jangan Gegabah Membuat Keputusan Finansial

Pelajaran finansial paling utama dari Drakor Hometown Cha-Cha-Cha yaitu pentingnya menghindari pengambilan keputusan yang gegabah, terutama masalah uang. Perhitungkan budget sehari-hari, miliki dana darurat minimal 3x pengeluaran rutin bulanan. Jangan sepelekan juga perlindungan kesehatan seperti asuransi dan BPJS.

Belajar Budgeting Sejak Dini

Eun-chul memiliki tabungan yang terstruktur. Ia menabung 70% dari pendapatannya. Ia juga memiliki asuransi kesehatan, dan memisahkan tabungan untuk rumah.  Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sedini mungkin. Tabungan sangatlah penting untuk menjaga kestabilan keuangan. 

6 tips di atas cukup simple untuk kamu terapkan dari sekarang. Keuangan yang teratata membuat kehidupan lebih teratur dan kamu lebih siap menghadapi kondisi darurat.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Default Avatar

Written By

Aurora Andini