Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Keunggulan dan Alasan Kuliah di STEKOM Semarang

2022-10-24

alasan-kuliah-di-universitas-stekom

Source: STEKOM Semarang

Daftar isi

    Tertarik dengan dunia teknologi dan ingin belajar seputar teknologi? Kamu bisa kuliah di STEKOM Semarang untuk memperdalam pengetahuan kamu seputar dunia teknologi.

    Kenapa harus STEKOM Semarang? Berikut ini adalah alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang.

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang sangat mengutamakan kualitas pendidikan serta memberikan ilmu/keahlian yang berorientasi pada dunia kerja.

    Dengan begitu, para lulusan STEKOM akan memiliki kompetensi dan pengetahuan sebagai bekal untuk dapat bersaing di dunia kerja.

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang selanjutnya yaitu sejak awal hanya berfokus di dua bidang pendidikan saja yaitu seputar Elektronika dan Komputer dengan jenjang Diploma hingga Sarjana.

    Baca juga: 4 Rekomendasi Kampus di Semarang, Wajib Disimak!

    Sejarah STEKOM Semarang

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang pertama yaitu pada awalnya Universitas STEKOM atau STEKOM Semarang merupakan lembaga kursus di bidang sains dan teknologi. Namun seiring berjalannya waktu terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

    Berdiri sejak tahun 1986, kursus komputer dan elektronika PAT memiliki komitmen untuk memberikan kursus yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

    Komitmen tersebut berbuah manis hingga memiliki beberapa cabang di Jawa Tengah dan mendapat penghargaan dari Depdikbud Provinsi Jawa Tengah sebagai juara I kursus teladan sejawa-tengah.

    Yayasan PAT pada tahun 1994, mendirikan akademi PAT dengan SK Mendiknas No. 04/D/0/1994. Pada awalnya, Akademi PAT hanya memberikan perkuliahan dalam taraf Diploma saja.

    Kemudian seiring berjalannya waktu membuat Akademi PAT melakukan inovasi dan penyesuaian taraf pendidikan, hingga pada tahun 2002, sesuai dengan SK Mendiknas No. 235/D/O/2002, Akademi PAT meningkat menjadi Sekolah Tinggi Komputer dan Elektronika (STEKOM) atau sering pula disebut dengan STEKOM – PAT yang berlokasi di Jalan Majapahit 605, Semarang, Jawa Tengah.

    Visi, Misi, dan Filosofi pendidikan STEKOM Semarang

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang selanjutnya yaitu untuk menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja dan selaras dengan apa yang dibutuhkan dunia kerja, STEKOM Semarang memiliki visi, misi, dan filosofi pendidikan untuk mewujudkan hal tersebut. Berikut visi, misi, dan filosofi pendidikannya.

    Visi

    Universitas STEKOM menjadi perguruan tinggi berbasis technopreneurship yang menghasilkan lulusan berstandar nasional dan berwawasan internasional serta memiliki kompetensi dibidangnya.

    Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam lingkup teknologi ebisnis dan komputer yang mengedepankan keunggulan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
    2. Melaksanakan kegiatan penelitian khususnya dalam bidang teknologi e-bisnis dan komputer sebagai bentuk tanggung jawab sosial kemasyarakatan.
    3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang teknologi e-bisnis dan komputer sebagai bentuk tanggung jawab sosial kemasyarakatan.
    4. Melaksanakan kerjasama dengan pihak eksternal dalam lingkup Tridharma Perguruan Tinggi.

    Filosofi Pendidikan

    1. Membangun karakter peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan mempunyai spirit kewirausahaan.
    2. Mengembangkan potensi peserta didik, melatih peserta didik berpikir rasional, mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menghadapi perubahan.
    3. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat berlandaskan pada filosofi Pancasila yang diarahkan pada pengembangan manusia Indonesia seutuhnya agar memiliki karakter dan tercermin dalam kepribadian sivitas akademika

    Tugas, Fungsi, dan Akreditasi STEKOM Semarang Sebagai Lembaga Pendidikan Terdepan

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang selanjutnya yaitu tugas, fungsi, serta akreditasi yang dimiliki.

    STEKOM Semarang memiliki tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di atas Sekolah Menengah Atas.

    Tugas-tugas tersebut memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia di bidang kependidikan dan non-kependidikan yang mandiri dan memiliki integritas sesuai dengan tuntutan pembangunan yang berkesinambungan dengan prinsip nondiskriminatif.

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang selanjutnya yaitu STEKOM Semarang berhasil meraih peringkat akreditasi Baik dari BAN-PT.

    Fakultas unggulan STEKOM Semarang

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang selanjutnya adalah tersedianya banyak pilihan program studi yang diwadahi beberapa fakultas. Berikut daftarnya:

    Fakultas Studi Akademik

    1. S1 Desain Grafis (S.Ds)
    2. S1 Sistem Komputer (S.Kom)
    3. S1 Sistem Informasi (S.Kom)
    4. S1 Teknik Informatika (S.Kom)
    5. S1 Bisnis (S.Bns)
    6. S1 Kewirausahaan (S.Bns)

    STIE STEKOM

    1. S1 Manajemen (Gelar S.M)
    2. S1 Akuntansi (Gelar S.Ak)

    Fakultas Studi Vokasi

    1. D4 Komputer Akuntansi (S.Tr.Kom)
    2. D4 Manajemen Informatika (S.Tr.Kom)
    3. D3 Komputer Akuntansi (A.Md.Kom)
    4. D3 Komputer Grafis (A.Md.Ds)
    5. D3 Teknik Komputer (A.Md.Kom)
    6. D3 Teknik Elektronika (A.Md.T)

    Politeknik Pratama

    1. D3 Teknik Informatika (A.Md.Kom)
    2. D3 Komputerisasi Akuntansi (A.Md.Kom)
    3. D3 Manajemen Perdagangan (A.Md.M)

    Fasilitas dan Layanan Lengkap Penunjang KBM Mahasiswa

    Alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang selanjutnya adalah tersedianya fasilitas yang lengkap serta layanan yang dapat menunjang kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kampus. Berikut daftarnya:

    Biro

    1. Biro Sumber Daya Manusia
    2. Biro Akademik Dan Kemahasiswaan
    3. Biro Umum Dan Kepegawaian
    4. Biro Hukum Dan Kesekretariatan
    5. Biro Kerjasama Dan Inkubator Bisnis
    6. Biro Hubungan Luar Negeri

    Lembaga dan Badan

    1. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
    2. Lembaga Penjaminan Mutu / LPM

    Unit Pelayanan Teknis

    1. Perpustakaan
    2. International Affairs
    3. Kemahasiswaan
    4. Pusat Bahasa
    5. Kewirausahaan
    6. Percetakan Dan Penerbitan
    7. Laboratorium
    8. Poliklinik
    9. UPT Keamanan Dan Ketertiban Kampus (K3)
    10. Asrama

    Kerja sama STEKOM Semarang dengan Danacita

    Itu dia alasan kuliah di STEKOM Semarang dan keunggulan STEKOM Semarang yang perlu kamu ketahui. Ada juga kabar gembira bagi kamu yang merasa kesulitan membayar biaya kuliah.

    Saat ini STEKOM Semarang telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform online yang membantu mahasiswa membayar biaya pendidikannya.

    Kamu bisa membayar biaya kuliah dengan tenor cicilan mulai dari 6 hingga 24 bulan. Danacita juga sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuatnya aman dan terpercaya.

    Tertarik untuk menggunakan Danacita? Yuk, isi data dirimu dengan klik banner di bawah ini dan Tim CS Danacita akan membantumu untuk proses pengajuan biaya cicilan di STEKOM!

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    alasan kuliah di stekom semarang stekom semarang
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran