Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

4 Rekomendasi Kampus di Semarang, Wajib Disimak!

2022-09-06

Daftar isi

    Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak kampus negeri maupun swasta yang berkualitas. Kampus-kampus ini cocok untuk menjadi tempat bagi calon mahasiswa dalam mengembangkan maupun menambah ilmu. Karena itu, rekomendasi kampus di Semarang menjadi salah satu hal yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa baru. Selain karena banyak pilihan kampus, suasana di Semarang pun membuat kamu nyaman untuk kuliah.

    Mengetahui rekomendasi kampus di Semarang tentu menjadi hal penting saat kamu memutuskan untuk kuliah di Semarang. Tenang, kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari tempat kuliah di Semarang. Pasalnya, kamu akan menjumpai banyak sekali kampus berkualitas di kota ini.

    Ingin tahu beberapa diantaranya? Langsung saja simak daftar rekomendasi kampus di semarang di bawah ini!

    Kenapa Kamu Perlu Kuliah

    Sebelum mengetahui rekomendasi kampus di Semarang, penting untuk tahu alasan mengapa kamu harus berkuliah. Sebab, pertanyaan apakah kuliah menjamin sukses seringkali diutarakan oleh calon mahasiswa yang hendak mendaftarkan diri masuk perguruan tinggi. Biaya kuliah yang tidak murah dan tantangan untuk bisa lulus dengan nilai bagus seringkali menjadi alasan utama yang membuat para pendaftar berpikir ulang, “Apakah mendaftar kuliah atau langsung kerja saja ya?”

    Tak sedikit juga karena lingkungan sekitar yang menunjukkan bahwa orang yang berkuliah tidak lebih sukses daripada orang yang tidak masuk ke perguruan tinggi. Terlebih lagi, tokoh-tokoh besar yang berhasil sukses tanpa kuliah karena mereka tidak memiliki kesempatan atau karena alasan drop out (DO) membuat calon mahasiswa semakin ragu.

    Namun perlu diingat, kesuksesan tersebut tidak terjadi pada semua orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang pantang menyerah dan menjadikan dunia nyata sebagai sarana belajar agar bisa meraih kesuksesan.

    Calon mahasiswa harus tahu, bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang, maka kesempatan berkarir juga akan semakin luas. Hal ini karena banyaknya kualifikasi perusahaan yang mengisyaratkan lulusan diploma hingga S1 dalam suatu bidang pekerjaan.

    Selain itu, selama menempuh perguruan tinggi, calon mahasiswa juga belajar untuk mengembangkan soft skill. Soft skill sendiri dapat mencakup kepercayaan diri, komunikasi, pemikiran kritis, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan lain sebagainya.

    Dengan begitu, kamu akan memiliki kemampuan untuk melihat masalah lalu melakukan analisis dan mencari metode yang tepat untuk memecahkan hal tersebut. Diperlukan pemikiran kritis untuk menyelesaikan hal ini sehingga kamu lebih siap untuk masuk di dunia kerja.

    Kuliah juga dapat menjadi jembatan untuk kamu menemukan relasi baru dan membuka jaringan pertemanan yang luas. Kamu pun akan belajar dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama. Karena kesamaan latar belakang ini, kamu dapat bertukar informasi dan berbagi pengalaman untuk mendapatkan banyak kesempatan dan belajar hal-hal baru. Siapa tahu teman kuliah dapat menjadi partner kerja kamu, bukan?

    Baca juga: 5 Program Studi Ini Cocok untuk Lulusan SMK

    Kenapa Harus Ambil Kuliah di Semarang

    Bagi kamu yang ingin merantau untuk mencari pengalaman dan ilmu, Kota Semarang memang bisa menjadi pilihan terbaik. Di kota yang juga terkenal dengan sebutan kota lumpia ini, biaya hidup dan kuliah masih terbilang murah. Kamu bisa hidup hemat namun tetap nyaman. Bukan hanya itu, Semarang juga mempunyai banyak fasilitas umum seperti stasiun kereta api, terminal, bandara, toko buku, rumah sakit, dan lainnya.

    Semarang memang bukan kota besar, tapi nyaman untuk menjadi tempat tinggal. Sampai saat ini, keasrian dan keramahan penduduknya masih menjadi daya tarik tersendiri. Jika kamu ingin berwisata di dalam kota ini dengan tiket murah juga tak perlu khawatir, karena banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

    Kota satu ini memang komplet dan dapat menjadi pilihan bagi kamu yang berencana untuk menimba ilmu di luar kota. Terlebih lagi, kota Semarang tidak semacet dan sepadat kota besar seperti Jakarta. Bahkan pada nyatanya, kota ini menjadi kota yang paling nyaman untuk ditinggali. Maka tidak heran jika setiap tahunnya kota ini selalu ramai oleh mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

    Keuntungan Kuliah di Semarang

    Berikut beberapa keuntungan jika kamu kuliah di Semarang:

    1. Terdapat Banyak Universitas dengan Kualitas Baik di Semarang

    Pertimbangan utama mahasiswa dalam memilih lokasi kuliah adalah ketersediaan universitas yang menjadi incaran untuk berkuliah. Nah jangan khawatir, karena di Semarang sendiri juga terdapat universitas ternama yang setiap tahunnya juga diperebutkan oleh berbagai calon mahasiswa dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

    Sebut saja ada Universitas Negeri Semarang atau UNNES, yang masuk jajaran 10 besar PTN terfavorit, Universitas Wahid Hasyim, Universitas Stekom Kuliah Komputer Desain Grafis Akuntansi P2K Semarang, dan Universitas Ngudi Waluyo.

    2. Biaya Hidup yang Murah

    Kota Semarang menjadi salah satu kota yang memiliki biaya hidup terendah di Indonesia. Jika kamu akan menjadi mahasiswa terutama mahasiswa rantau, kota ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat karena di sini semuanya serba murah.

    Apalagi di kawasan sekitar kampus yang dikelilingi warung dan kedai makan murah. Jadi kamu tak perlu takut akan menambah berat beban orang tua. Lebih keren lagi kalau kamu mendapat beasiswa, biaya hidup dijamin lebih ringan. Untuk harga kos-kosan sendiri masih ada yang menyediakan kamar dengan harga Rp 300 ribuan per bulan.

    3. Lingkungan yang Nyaman

    Lingkungan diyakini sangat mempengaruhi kenyamanan dalam belajar lho. Makanya Semarang bisa menjadi pilihan yang tepat karena kota ini sangat nyaman, bahkan udaranya masih sejuk karena tingkat polusinya rendah.

    Sudut-sudut kota juga dihiasi oleh lampion sehingga kesan yang tercipta dari kota ini adalah teduh dan tentram. Hayo, jadi pengen ke Semarang kan?

    4. Tempat Wisata yang Beragam

    Mahasiswa tidak mungkin hanya menghabiskan waktu untuk berkuliah. Tentu sesekali membutuhkan liburan atau sekadar jalan-jalan. Jika Kamu kuliah di Semarang, jangan khawatir karena kota ini menyediakan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

    Misalnya Candi Gedong Songo, Agrowisata Kopeng Gunungsari, Museum Kereta Api Ambarawa, hingga Taman Bunga Celosia Bandungan.

    5. Akses Transportasi Memadai

    Alasan lain untuk kamu memilih kuliah di Semarang yaitu karena kota sejarah ini memiliki akses transportasi yang memadai. Bus Rapid Transit atau Trans Semarang merupakan moda transportasi favorit yang memiliki banyak rute. Kamu sebagai pelajar hanya perlu membayar uang seribu rupiah asal menunjukkan kartu identitas. Keren, bukan?

    Rekomendasi Kampus di Semarang

    Jika kamu mulai tertarik berkuliah di Semarang, tetapi bingung mencari tempat perguruan tinggi yang berkualitas, mari simak rekomendasi kampus di Semarang berikut ini:

    1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. Dahulu, rekomendasi kampus di Semarang yang satu ini merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang.

    Saat ini, UNNES telah menjadi sebuah universitas dengan lebih banyak pilihan jurusan, seperti:

    • Jurusan Sastra Jawa
    • Ilmu Sejarah
    • Teknik Mesin
    • Ilmu Gizi
    • Manajemen
    • Ilmu Hukum
    • Matematika

    Dilansir Unnes.ac.id, Secara kelembagaan UNNES telah mendapatkan akreditasi Unggul (A) berdasarkan surat keputusan nomor 3174/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN PT.

    2. Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS)

    Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 8 Agustus tahun 2000. Pada tahun akademik 200/2001, Universitas Wahid Hasyim mulai beroperasi sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

    Salah satu rekomendasi kampus di Semarang ini menerapkan pendidikan tinggi yang didasarkan pada kaidah Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah. Universitas Wahid Hasyim merintis dan membina kerja sama yang aktif dengan pelbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

    Dalam rentang waktu tahun 2013-2016, Universitas Wahid Hasyim resmi mengelola Program Studi Teknik Informatika dan Fakultas Kedokteran. Hingga saat ini, Universitas Wahid Hasyim telah memiliki 16 program studi jenjang S1 dengan 2 Program Studi Pascasarjana dan Program Profesi Apoteker.

    3. Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM)

    Sebagai salah satu sekolah tinggi swasta di kota Semarang, STEKOM atau lebih dikenal Universitas Sains & Teknologi Komputer ini diawali oleh sebuah kursus komputer dan elektronika PAT yang didirikan pada tahun 1986. Rekomendasi kampus di Semarang ini sudah memperoleh penghargaan dengan akreditasi B Terbaik.

    Universitas STEKOM sangat mengutamakan kualitas pendidikan dan memberikan ilmu atau keahlian yang berorientasi pada dunia kerja, sehingga para lulusan STEKOM akan memiliki ilmu dan pengetahuan sebagai bekal untuk mendapatkan kesuksesan di dunia kerja.

    Universitas STEKOM membuka beberapa fakultas perguruan tinggi yang bisa kamu pilih, seperti:

    • Fakultas Komputer dan Bisnis
    • Fakultas Vokasi Terapan
    • Fakultas Ilmu Kesehatan

    4. Universitas Ngudi Waluyo (UNW)

    Universitas Ngudi Waluyo (UNW) merupakan kampus swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran. Rekomendasi kampus di Semarang ini merupakan gabungan dari Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo, Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo.

    Penggabungan ketiga institusi menjadi UNW didasari oleh keinginan luhur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa melalui pendidikan tinggi pada lingkup dan bidang keilmuan yang lebih luas.

    Universitas Ngudi Waluyo menyediakan beberapa pilihan fakultas, yaitu:

    • Ilmu Kesehatan
    • Keperawatan
    • Hukum dan Humaniora
    • Ilmu Pendidikan
    • Teknologi Informasi.

    Seluruh program jurusan kesehatan UNW sudah terakreditasi B dari BAN-PT dan LAM-PTKes. Selain itu, fasilitas pendukung kampus adalah perpustakaan, laboratorium, juga pusat laboratorium kampus.Fasilitas lainnya adalah fasilitas penunjang dalam kegiatan UKM dan perkuliahan.

    Nah, itu dia rekomendasi kampus di Semarang yang bisa dijadikan referensi. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang ingin melanjutkan kuliah.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    STEKOM UNNES rekomendasi kampus di semarang Universitas Ngudi Waluyo Unwahas
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri