Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kisah UNTAR: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

2022-03-16

untar-ukm.jpg

Mahasiswa UNTAR

Daftar isi

    Siapa bilang kesuksesan seseorang hanya ditentukan berdasarkan pendidikan akademik di dalam kelas? Tidak sedikit mahasiswa yang meraih kesuksesan di masa depan berdasarkan kompetensi yang dimiliki di luar kemampuan akademiknya yang didapatkan dari kegiatan-kegiatan di luar kelas. Hal itulah yang menjadi alasan adanya organisasi mahasiswa di setiap kampus.

    Organisasi kemahasiswaan adalah organisasi yang mewadahi mahasiswa untuk mengasah kemampuan serta kompetensi yang dimiliki sesuai dengan bidang yang dipilihnya. Organisasi ini pada umumnya terdapat di masing-masing fakultas pada setiap kampus.

    Selain menjadi wadah untuk pengembangan diri, organisasi kampus juga memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman yang tidak bisa mahasiswa dapatkan di dalam ruang kelas bagi para anggotanya. Pengalaman tersebut mencakup kemampuan komunikasi, kemampuan bersosialisasi, pemecahan masalah, musyawarah, hingga melatih kepemimpinan.

    Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus adalah bertambahnya relasi dengan orang baru yang memiliki kemampuan serta pribadi yang berbeda-beda, pengalaman organisasi yang berguna untuk melamar pekerjaan setelah menyelesaikan studi, serta mengasah kemampuan atau potensi yang kamu miliki.

    Adapun organisasi kemahasiswaan tingkat kampus yang disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Biasanya anggota dari UKM itu sendiri berasal dari mahasiswa di berbagai program studi dan fakultas. Dengan berkumpulnya banyak mahasiswa dengan bidang studi yang berbeda, maka kesempatan kamu untuk belajar lebih banyak terbuka sangat lebar.


    Baca juga: Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Tarumanagara (UNTAR) 2022/2023


    Tentang UNTAR

    Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara merupakan cikal bakal lahirnya Universitas Tarumanagara (UNTAR). Perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 1959 ini pada awalnya hanya memiliki satu program studi yaitu jurusan ekonomi perusahaan. Namun, kini UNTAR memiliki delapan fakultas serta puluhan program studi.

    Dengan banyaknya program studi tersebut, UNTAR sadar bahwa pengembangan kemampuan serta potensi yang dimiliki mahasiswa tidak hanya dari pendidikan akademiknya saja. Sehingga perlu adanya pengembangan kemampuan serta potensi di luar lingkungan akademik.

    Apa saja UKM yang ada di UNTAR?

    UNTAR memiliki beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terbilang cukup unik dan berbeda dengan kampus-kampus lainnya. UKM tersebut dikelompokkan berdasarkan jenisnya, antara lain:

    UKM Minat Bakat

    • Citra Pesona

    Citra pesona merupakan Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) UNTAR bagi para mahasiswa yang memiliki minat atau bakat di dunia model, tari tradisional, tari modern, dan penata pertunjukan.

    • BAR (Band UNTAR)

    BAR adalah UKM yang berkecimpung di dunia per-band-an. BAR adalah tempat berkumpulnya mahasiswa pencinta seni musik, baik pemain instumen maupun penyanyi.

    • SENTRA

    Seni teater Universitas Tarumanagara (SENTRA) adalah tempat yang cocok bagi kamu yang menyukai dunia akting dan teater pertunjukan. Di sini kamu akan diajarkan seputar seni teater seperti olah tubuh, olah vokal, dan memainkan peran.

    • PFT

    Perhimpunan Fotografi Tarumanagara (PFT) merupakan UKM yang memiliki peminatan di bidang fotografi. Di UKM ini kamu akan mempelajari bagaimana pengambilan gambar yang memiliki nilai estetika, bukan hanya sekadar motret.

    • FESTAUNTAR

    Federasi Sulap Universitas Tarumanagara (FESAUNTAR) adalah organisasi tempat berkumpulnya pencinta tipu mata atau sulap. Organisasi mahasiswa yang satu ini terbilang sangat unik karena jarang ditemukan di setiap kampus.


    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus masuk UNTAR 2022/2023


    • SOUSHIN

    Soushin merupakan organisasi kebudayaan Jepang yang ada di Universitas Tarumanagara. Sama dengan Festa, Soushin terbilang sangat jarang ditemukan di setiap kampus. Selain mempelajari seputar budaya Jepang, Soushin juga mempelajari aspek bahasanya.

    UKM Bela Diri

    • Jujitsu

    Jujitsu merupakan bela diri asal Jepang yang mengutamakan fleksibilitas tubuh. Ciri-ciri dari Jujitsu itu sendiri memiliki kemampuan bergerak dengan cepat untuk melumpuhkan lawan. Selain untuk keperluan bela diri, Jujitsu juga berguna untuk melancarkan sistem metabolisme pada tubuh.

    • Taekwondo

    Taekwondo merupakan bela diri asal Korea Selatan. Seni bela diri ini menggunakan kaki dan tangan untuk melumpuhkan lawan. Di dalam taekwondo, kamu akan dibekali teknik memecakan benda keras, rangkaian jurus, serta teknik bertarung.

    • Wushu

    Wushu merupakan seni bela diri dari Negeri Tirai Bambu. Secara harfiah, wushu berarti “Seni bertempur atau bela diri”. Wushu merupakan seni bela diri dengan beberapa metode pertarungan seperti tendangan, lemparan, jepitan, serta pukulan. Karena memaksimalkan banyak anggota tubuh, seorang petarung wushu dituntut untuk memiliki tubuh yang lentur.

    UKM Pencinta Alam

    • MEGA
    • MARSIPALA
    • MAHUPA

    Di dalam UKM Pencinta Alam, kamu akan diajak untuk berkenalan lebih dekat dengan alam. Selain mencintai alam, kamu akan diajarkan bagaimana cara bertahan hidup di alam bebas, tumbuhan apa yang bisa dan tidak bisa dimakan, serta bagaimana cara mahasiswa pencinta alam merawat serta menjaga alam agar tetap lestari.


    Baca juga: Pengalaman Kuliah Teknik Sipil UNTAR


    UKM Kerohanian

    Bagi kamu yang ingin memiliki ketenangan batin, mental yang stabil, serta lingkungan yang ramah dengan keagamaan, UKM Kerohanian pantas untuk kamu ikuti. Terdapat 5 agama yang menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa religius seperti Islam, Nasrani, Katolik, Konghucu, dan Hindu.

    UKM Keolahragaan

    Untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki bakat dan peminatan di bidang olahraga, UKM keolahragaan memiliki 5 bidang keolahragaan yang bisa kamu ikuti, antara lain:

    • Liga Futsal
    • Liga Bola Voli
    • Liga Tenis Meja
    • Liga Bola Basket
    • Liga Bulu Tangkis

    Berfokus dengan pendidikan akademik merupakan sesuatu yang wajib dilakukan setiap mahasiswa. Namun, tidak ada salahnya mengikuti salah satu dari sekian banyaknya organisasi kemahasiswaan yang tersedia di kampus untuk mengasalah kemampuan serta potensi yang kamu miliki. Sebab, prestasi yang kamu torehkan di luar kemampuan akademik, kelak bisa membuka jalan baru untuk meraih kesuksesan.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria