Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Mau jadi Data Scientist Handal? Join Algoritma!

2022-09-09

Daftar isi

    Data Scientist adalah profesi data yang sedang naik daun saat ini. Tak bisa dipungkiri, di era modern seperti ini, kebutuhan akan pemrosesan data sangat dibutuhkan, tak terkecuali pada dunia kerja. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang data analyst serta data scientist. Jika tertarik menjadi data scientist, kamu bisa mengikuti pelatihan yang disediakan oleh beberapa penyedia jasa pelatihan seperti Algoritma.

    Data scientist adalah pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

    Seorang data scientist memiliki beberapa tugas utama yaitu memastikan infrastruktur data yang baik agar data tersimpan rapi dan mudah diakses saat dibutuhkan, melakukan analisis big data, eksperimen model untuk analisis data, serta membangun machine learning.

    Hampir di setiap industri mulai melakukan pengolahan data untuk membentuk model dan informasi yang bernilai tinggi. Hal itu yang membuat data scientist jadi profesi yang paling dicari saat ini. Tidak hanya menarik orang-orang berlatar belakang IT, namun juga dari non IT. Ini menunjukkan bahwa siapa saja bisa menjadi data scientist asalkan mau terus berlatih.

    Jika kamu salah satunya orang yang mencari tips jadi data scientist handal ala algoritma, yuk simak terus artikel ini!

    Kenapa Harus Mengambil Kelas Data Science

    Langkah awal yang harus kamu miliki jika ingin berkarir di dunia data science adalah mendapatkan sertifikasi sebagai data scientist dengan mengikuti kursus data science yang terpercaya. Dengan mengikuti kursus data science, kamu akan mempelajari semua skill yang dibutuhkan sebelum benar-benar berkecimpung di dunia data science.

    Di Indonesia sendiri, kursus data science mulai booming di beberapa tahun terakhir, namun perkembangannya sangat cepat. Saat ini sudah banyak pilihan kursus data science, mulai kursus data science online hingga offline dengan penawaran paket yang berbeda-beda. Bahkan ada pula kursus data science online yang menawarkan paket belajar gratis.

    Berikut adalah alasan mengapa kamu harus mengambil kelas data science:

    1. Penunjang Pertumbuhan Karir

    Salah satu cara untuk memulai karir adalah mendapatkan sertifikasi data science. Adanya sertifikasi profesi ini sangat berguna untuk memastikan keahlian seseorang yang telah didapatkannya selama menjalani berbagai pembelajaran, pelatihan maupun pengalaman kerja di tempat pelatihan. Walaupun seseorang sudah berpengalaman di bidang data science, sertifikasi profesional dari kursus data science masih dapat membantu mengembangkan karir, lebih menonjol dari yang lain, dan dapat meningkatkan penghasilan.

    2. Belajar Tools Data Science Paling Populer

    Data science merupakan ilmu yang terus berkembang sehingga data scientist memerlukan alat baru dan inovatif untuk menunjang pekerjaan. Tanpa mengikuti kursus data science, kamu mungkin akan sedikit kesulitan untuk mempelajari semua tools data science yang saat ini banyak digunakan.

    Kemampuan penggunaan tools data science merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki seorang data scientist karena setiap perusahaan memiliki tools data science yang berbeda-beda. Dengan mengikuti kursus data science, kamu akan belajar banyak tools karena biasanya kursus data science memiliki beberapa paket yang berisi beberapa tools data science.

    Salah satu manfaat menguasai banyak tools data science adalah dapat lebih percaya diri saat interview dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan job desc dan tools yang ditanyakan oleh interviewer. Beberapa tools populer yang diajarkan di kursus data science adalah R, Python, Apache HBase, HDFS, Hadoop, Scala, SQL, dan lain sebagainya.

    3. Menambah Koneksi

    Dengan mengikuti kursus data science, artinya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki minat sama. Sehingga relasimu sudah pasti akan bertambah. Bahkan bisa saja, ini menjadi peluang baru di masa yang akan datang. Bisa saja terkait informasi lowongan pekerjaan atau bahkan peluang untuk membuka usaha bersama relasi barumu.

    4. Belajar Langsung dari Ahlinya

    Salah satu manfaat kelas data science adalah diajari langsung oleh pakar di bidangnya sehingga kamu akan terasa antusiasnya. Sebab, kamu bisa langsung berdiskusi dan menggali keterampilanmu secara lebih mendalam. Momen seperti itu akan menjadi pengalaman yang berharga untukmu.

    Selain itu, kamu pun akan menemukan beragam metode atau teknik yang belum pernah dipelajari selama ini. Alhasil, wawasan dan keterampilanmu pun bisa berkembang pesat dibandingkan sebelumnya.

    5. Melatih untuk Lebih Percaya Diri

    Beradaptasi pada lingkungan baru bukanlah perkara yang mudah untuk dilalui. Itulah yang menjadi alasan mengikuti kursus data science adalah hal yang penting. Sebab, hal ini menuntutmu supaya lebih percaya diri lantaran mengharuskanmu untuk bisa menampilkan atau mempresentasikan dari hasil tugas yang telah kamu selesaikan. Alhasil, kemampuan public speaking yang kamu miliki akan semakin meningkat.

    Algoritma Sebagai Lembaga Pendidikan yang berfokus ke Data Science

    Algoritma adalah lembaga pendidikan yang bermisi menyediakan akses terhadap pengembangan karir data science di Indonesia. Pelatihan atau kursus data science di Algoritma telah didukung dengan kurikulum yang sudah relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang seperti machine learning, artificial intelligence data visualisasi.

    Algoritma sendiri mendorong pengenalan tool baru sebagai kiat menghadapi data dalam jumlah banyak ini melalui pengembangan produk seperti workshop dan bootcamp.

    Lewat program edukasi yang mereka tawarkan, peserta diajari melakukan input data secara individual dengan bantuan tenaga terlatih dan tools komputasi mutakhir yang telah menjadi standar kebutuhan data science saat ini. Seluruh proses pengajaran ini dilakukan lewat paket kursus dengan harga yang fleksibel, mulai dari bulanan hingga per semester dengan harga mulai Rp5-15 juta.

    Selain menyasar kalangan individual, Algoritma sendiri juga menargetkan korporasi maupun lembaga lainnya sebagai audiens pengajaran data science melalui program pelatihan secara berkala. Sejauh ini pihak Algoritma mengklaim telah mendidik lebih dari 300 orang dari program workshop yang mereka adakan sebanyak lima kali dalam seminggu.

    Melalui program yang mereka hadirkan, Algoritma mengharapkan para peserta mereka bisa menemukan karir yang tepat dalam ilmu pengolahan data, dengan mendidik mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan dan dicari saat ini. Dengan begitu kamu bisa jadi Jadi data scientist handal ala Algoritma.

    Kurikulum Kelas Bootcamp Data Science Algoritma

    Kurikulum yang dilakukan kelas data science Algoritma sangat lengkap. Kurikulum Algoritma yang komprehensif cukup mudah dimengerti bahkan untuk pemula sepertinya yang tidak berlatar belakang IT. Terlebih terdapat 15 instruksi berpengalaman dibidang data science sehingga dapat melatih peserta pemula sampai mahir.

    Dalam proses belajar data science, Algoritma menawarkan pengalaman beberapa keunggulan seperti:

    • Industry-focused content and tools
    • Bahasa pemrograman R dan Python
    • Menggunakan real-world data

    Keuntungan Kelas Bootcamp Data Science Algoritma

    Keuntungan yang bisa kamu dapat ketika bootcamp di Algoritma adalah:

    1. Lifetime learning: kamu akan bisa mengakses materi seumur hidup
    2. Flex learning: waktu yang sangat fleksibel, kamu bisa memilih kelas pagi atau kelas malam
    3. Certification program: untuk kamu yang ikut bootcamp, kamu akan mendapatkan sertifikasi data science
    4. Career support: jika kamu telah lulus dari bootcamp data science, maka kamu akan mendapatkan bantuan dalam mendapatkan karir di dunia Data Science

    Pengalaman Alumni Bootcamp Data Science Algoritma

    Salah satu peserta yang mengikuti data science di Algoritma, Adam Hafid Nurfalah, dengan latar belakang Teknik Elektro kini telah berprofesi sebagai Senior Data Analyst di salah satu industri media digital. Selepas lulus kuliah, Adam sangat yakin untuk menggeluti dunia data.

    Bagi Adam, ada tiga poin penting harus dimiliki tempat kursus data science yaitu, kurikulum yang lengkap, reputasi yang baik, dan hiring partner yang oke.

    Selama proses belajar Data Science di Algoritma tentunya tidak semulus yang Adam bayangkan, di awal Adam ragu dengan latar belakangnya yang bukan dari IT.

    Namun, para mentor di Algoritma sangat membantu Adam melewati masa-masa itu. Segala pertanyaan, bahkan pertanyaan sederhana sekalipun dijawab oleh mentor dengan sangat baik dan jelas.

    Apalagi ada mentoring session dan Q&A session sehingga para peserta bisa kapanpun menyampaikan kendala kepada mentor melalui email dan dijawab dengan cepat.

    Selain itu, tidak hanya sebatas teori tapi juga praktek dan semua yang Algoritma berikan kini bisa diimplementasikan dengan baik di perusahaan.

    Pembayaran Bootcamp Data Science Algoritma dengan Danacita

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 50 institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan.

    Simulasi Pembiayaan Algoritma: SNPL 9 (4+5)

    Lifetime Onsite Program Biaya Program* Cicilan selama Grace Period (4 bulan)** Cicilan setelah Grace Period (5 bulan)
    Data Visualization Specialization 10.800.000 Rp 0 2.516.400
    Data Analytics Specialization 12.600.000 Rp 0 2.935.800
    Machine Learning Specialization 22.500.000 Rp 0 5.242.500
    Academy Regular 25.200.000 Rp 0 5.871.600
    Academy Fullstack 28.800.000 Rp 0 6.710.400

    Simulasi Pembiayaan Algoritma: SNPL 12 (4+8)

    Lifetime Onsite Program Biaya Program* Cicilan selama Grace Period (4 bulan)** Cicilan setelah Grace Period (8 bulan)
    Data Visualization Specialization 10.800.000 Rp 0 1.633.500
    Data Analytics Specialization 12.600.000 Rp 0 1.905.750
    Machine Learning Specialization 22.500.000 Rp 0 3.403.125
    Academy Regular 25.200.000 Rp 0 3.811.500
    Academy Fullstack 28.800.000 Rp 0 4.356.000

    * Biaya yang tertera sudah termasuk PPN 11%
    **Harga sudah dikurangi DP 10%
    *** Pengajuan ke Danacita dilakukan setelah membayar DP 10% ke Algoritma. Pembayaran cicilan dimulai maksimal pada bulan ke-5 setelah pengajuan disetujui dan dana disalurkan dari Danacita ke Algoritma.

    Ada keuntungan yang bisa kamu dapat jika membayar kursus data science Algoritma dengan Danacita. Diantaranya adalah:

    1. Algoritma merupakan partner resmi dari Danacita, maka kualitas yang diberikan tidak perlu kamu khawatirkan lagi.
    2. Selain itu di setiap bootcamp diatas, kamu akan mendapat dukungan career shifting ke perusahaan yang membutuhkan Data Scientist lho. Jadi kamu akan lebih cepat mendapatkan karir sebagai seorang Data Scientist.
    3. Kamu bisa mencicil pendidikanmu di semua career bootcamp ini. Karena mereka merupakan partner resmi dari Danacita, maka kamu bisa mencicil mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.
    4. Proses pengajuan online, tanpa DP, atau jaminan apapun.
    5. Danacita sudah berizin dan diawasi oleh OJK, selain itu Danacita memiliki sertifikasi ISO 27001. Jadi kamu nggak perlu khawatir dengan keamanan data kamu.

    Danacita membutuhkan waktu 2 hari kerja untuk memproses aplikasi kamu setelah semua dokumen persyaratan lengkap. Untuk mempercepat proses verifikasi, mohon pastikan nomor telepon dan wa selalu aktif yah!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Data science data scientist Algoritma data science algoritma
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri