Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Mengenal Fakultas Computer Science dan Prospek Kerjanya 2022

2022-04-14

computer

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka nggak heran kalau kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki kemampuan di bidang IT akan terus meningkat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan munculnya banyak perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi dan digital. Hal ini membuat lulusan fakultas computer science sangat dibutuhkan

    Jika kamu tertarik menjadi seorang software developer, web developer atau bahkan Project Manager di bidang IT, maka studi computer science sangat cocok untuk kamu.

    Di artikel ini kita akan membahas apa saja cakupan fakultas computer science hingga prospek kerjanya.

    Baca juga: Mau jadi bekerja di bidang Teknologi? Berikut Rekomendasi Universitas Dengan Program Studi Ilmu Komputer 2022

    Apa itu Fakultas Computer Science

    Fakultas computer science merupakan fakultas yang menyediakan program pendidikan IT dengan tujuan untuk mempersiapkan spesialisasi IT kelas dunia. Fakultas computer science juga bisa disebut sebagai studi teoritis dan aplikasi praktis komputasi.

    Kehadiran fakultas computer science saat ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal yang memiliki permintaan terkait generasi baru spesialis dan profesional di bidang komputer dan IT.

    Program Studi di Fakultas Computer Science

    Sebagai fakultas yang menawarkan skill teknologi baru, computer science umumnya akan mencakup topik-topik seperti desain dan software maintenance, sistem terdistribusi, interaksi manusia-komputer, pemodelan komputasi, kecerdasan buatan, komputasi bergerak, bahasa pemrograman, pemrosesan gambar, dan grafik komputer.

    Selain itu studi computer science juga melibatkan sistematis mempelajari proses metodis (seperti algoritma) untuk membantu akuisisi, representasi, pengolahan, penyimpanan, komunikasi, dan akses ke informasi.

    Meski begitu Fakultas Computer Science di tiap universitasnya akan berbeda. Beberapa program studi yang sering ditemukan di Fakultas Computer Science antara lain:

    • Teknik Sistem Komputer dan Informatika
    • Sistem dan Teknologi Informasi
    • Rekayasa Perangkat Lunak
    • Analisis dan Kontrol Sistem
    • Kontrol dalam Sistem Teknis
    • Pengembangan software dan hardware
    • Programing
    • Web development
    • Dll

    Peluang Kerja Lulusan Fakultas Computer Science

    Di dunia yang serba membutuhkan teknologi ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkan akan menjadi apa ketika lulus nanti dari computer science. Sebab lulusan ini menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan dengan peluang kerjanya yang sangat luas karena bisa memasuki semua industri serta gaji yang ditawarkan juga sangat kompetitif.

    Beberapa profesi yang bisa kamu pilih ketika lulus nanti antara lain

    Software Developer

    Ketika menjadi software developer, kamu akan bertugas untuk membuat program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna melakukan tugas tertentu di berbagai perangkat, seperti komputer atau perangkat seluler. Kamu bertanggung jawab atas seluruh pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak.

    Pengembang perangkat lunak harus memiliki kreativitas teknis yang diperlukan untuk memecahkan masalah secara unik. Sehingga kamu harus fasih dalam bahasa komputer yang digunakan untuk menulis kode program.

    Computer Hardware Engineer

    Computer Hardware Engineer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan menguji komponen komputer, seperti papan sirkuit, router, dan perangkat memori.

    Untuk menjadi seorang computer hardware engineer, kamu membutuhkan kombinasi kreativitas dan keahlian teknis. Kamu harus menjadi pembelajar yang rajin yang tetap mengikuti tren yang muncul di lapangan untuk menciptakan perangkat keras yang dapat mengakomodasi program dan aplikasi terbaru.

    Selain itu, kamu juga harus memiliki ketekunan untuk melakukan pengujian sistem yang komprehensif, lagi dan lagi, untuk memastikan perangkat keras berfungsi sebagaimana mestinya.

    Web Developer

    Seorang web developer bertugas untuk menilai kebutuhan pengguna untuk sumber daya berbasis informasi. Kamu akan bekerja untuk membuat struktur teknis untuk situs web dan memastikan bahwa halaman web dapat diakses dan diunduh dengan mudah melalui berbagai browser dan interface.

    Selain itu ketika kamu menjadi web developer, kamu juga bertugas menyusun situs untuk memaksimalkan jumlah tampilan halaman dan pengunjung melalui optimasi mesin pencari. Untuk itu, kamu harus memiliki keterampilan komunikasi dan kreativitas yang diperlukan untuk memastikan situs web memenuhi kebutuhan penggunanya.

    IT Project Manager

    Seorang project manager di bidang IT bertanggungjawab untuk mengoordinasikan upaya tim programmer/pengembang dan analis untuk menyelesaikan proyek. Secara umum ketika kamu menjadi IT Project Manager, kamu akan lebih banyak menganalisis masalah teknis untuk perusahaan atau klien, mengusulkan solusi dan tip untuk meningkatkan produktivitas.

    Keterampilan pemecahan masalah dan pengetahuan luas tentang teknologi dan sistem komputer membantu jurusan ilmu komputer unggul dalam peran ini. Kamu membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat untuk menguraikan kebutuhan pengguna dan menyampaikan spesifikasi teknis kepada developer.

    Rekomendasi Fakultas Computer Science di Universitas yang Bekerjasama Dengan Danacita

    Sampoerna University

    Sampoerna University menawarkan studi computer science untuk program sarjana S1. Program ini mencakup berbagai macam, mulai dari landasan teori dan algoritmik hingga pengembangan di bidang baru seperti robotika, visi komputer, sistem cerdas, bioinformatika, dan lainnya. Adapun kompetensi yang ingin dicapai antara lain:

    • Algoritma
    • Arsitektur dan Organisasi Komputer
    • Ilmu Komputasi
    • Struktur Diskrit
    • HCI – Human Computer Interaction
    • Informasi keamanan
    • Manajemen informasi
    • Sistem Cerdas
    • Jaringan dan Komunikasi
    • Sistem operasi
    • Pemrograman
    • Pengembangan perangkat lunak
    • Rekayasa Perangkat Lunak

    Ketika kamu lulus dari computer science Sampoerna University diharapkan kamu akan mampu beradaptasi dengan teknologi baru dan ide-ide baru dalam bidang komputasi. Selain itu kamu juga akan mampu merancang dan mengembangkan semua jenis perangkat lunak mulai dari infrastruktur sistem (sistem operasi, program komunikasi, dll.) hingga teknologi aplikasi (browser web, database, mesin pencari, dll.)

    Informasi selengkapnya dibaca di sini.

    Baca juga: Informasi Terbaru PMB Sampoerna University 2022/2023

    President University

    Fakultas Computer Science di President University memiliki visi untuk Menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan komputer terkemuka di Indonesia pada tahun 2022, mampu bersaing secara global dan berpartisipasi aktif dalam mendukung industri.

    Fakultas computer science memberikan banyak kesempatan menarik bagi kamu yang ingin mendalami dunia IT dan komputer. Berdiri sejak 2002, Fakultas Computer Science President University memiliki 3 program studi, yaitu:

    • Teknologi Informasi

    Program studi ini menawarkan lima konsentrasi untuk mempersiapkan kamu memasuki berbagai profesi, seperti Desain Basis Data, Jaringan, Pemrograman, Desain web, dan Komputasi Seluler.

    • Sistem Informasi

    Program studi ini menawarkan delapan konsentrasi, yaitu: e-Bisnis dan e-Commerce, Sistem manajemen informasi, Business Intelligence, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Multimedia, Audit dan Pengendalian Sistem Informasi, Keamanan Sistem Informasi, dan Animasi dan Game Komputer.

    • Desain Komunikasi Visual

    Program studi ini menawarkan dua konsentrasi yang bisa kamu pilih, yaitu Desain Grafis dan Multimedia Komunikasi Visual.

    Informasi selengkapnya bisa kamu baca di sini.

    Baca juga: Informasi Terbaru PMB President University (PU) 2022/2023

    UNIKOM

    Computer Science yang tergabung dalam Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer di UNIKOM ini memiliki visi antarai untuk menjadi fakultas terkemuka di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan bidang teknik lainnya, serta menjadi pusat unggulan dalam bidang TIK dan bidang teknik lainnya.

    Tak hanya ahli di bidang studinya masing-masing, UNIKOM juga membekali setiap lulusannya dengan pengetahuan dan jiwa enterpreneur.

    Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini.

    Menjadi seorang lulusan dari computer science akan membuka lapangan kerja yang sangat luas untuk kamu dengan gaji yang sangat fantastis. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar di program studi computer science favoritmu.

    Baca juga: Wajib tahu! Ini 4 Keunggulan Kuliah di UNIKOM

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    Fakultas Computer Science Fakultas Ilmu Komputer
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria