Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Mengenal Program Studi Marketing dan Prospek Kerjanya

2022-04-16

program

Credit: Pexels.com

Daftar isi

    Apakah kamu senang dengan semua hal yang berhubungan penjualan produk dan perencanaan pemasaran? Maka program studi marketing sangat cocok untuk kamu.

    Ketika kamu berkuliah di program studi marketing, kamu tidak hanya belajar tentang penjualan dan perencanaan saja, tapi secara garis besar kamu akan mempelajari cara bisnis mempertahankan hubungan dengan audiens mereka melalui aktivitas bertarget yang menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan penawaran kepada mereka.

    Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang program studi marketing.

    Apa itu Program Studi Marketing

    program studi pemasaran merupakan program studi kuliah yang mempelajari bagaimana merencanakan dan melakukan branding dan promosi produk dan layanan kepada publik atau audiens yang ditargetkan melalui demografi tertentu. Dengan memahami lingkungan pasar dan tren konsumen, sebuah bisnis dapat mencapai tujuan pemasaran utama mereka, yaitu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk atau layanan, sambil mempromosikan misi mereka.

    program studi marketing bisa dibilang menjadi bagian dari komunikasi institusi atau sekolah bisnis, dan kurikulumnya mencakup lebih dari sekedar praktik bisnis saja.

    Materi Kuliah Program Studi Marketing

    Kamu mungkin bertanya-tanya apa saja yang dipelajari program studi marketing? Apakah hanya belajar tentang semua hal yang berkaitan dengan penjualan saja?

    Sama seperti bidang ilmu lainnya, program studi marketing juga memiliki spesialisasi khusus atau yang menjadi fokus keahlian yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan karir kamu. Spesialisasi pada program studi marketing ini bisa sangat beragam dan berbeda di tiap-tiap universitas di seluruh dunia. Namun secara umum, berikut spesialisasi khusus program studi marketing yang bisa kamu pilih:

    • Statistik Bisnis dan Ekonomi
    • Hukum dan Etika Bisnis
    • Strategi bisnis
    • Perilaku konsumen
    • Keuangan perusahaan
    • Digital marketing
    • Akuntansi Keuangan
    • Akuntansi manajemen
    • Manajemen Pemasaran
    • Penelitian pemasaran
    • Prinsip-prinsip Makroekonomi
    • Prinsip Pemasaran
    • Prinsip Ekonomi Mikro

    Spesialisasi ini akan membantu kamu belajar lebih banyak tentang pemasaran secara keseluruhan dan berbagai aspek di dalamnya. Mulai dari perilaku konsumen hingga riset pemasaran, setiap spesialisasi berfokus pada area pemasaran berbeda yang dapat menjadi fokus kamu untuk berkarir.

    Pada program studi marketing kamu tidak hanya belajar tentang bagaimana mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi kamu juga akan diarahkan untuk melihat di mana minat kamu. Misalnya untuk kamu yang senang dengan dunia digital dan konten, kamu bisa saja memilih menjadi seorang digital marketing yang akan bertugas untuk menjalankan segala aktivitas pemasaran di berbagai channel digital.

    Prospek Kerja Lulusan Program Studi Marketing

    Lulusan seorang marketing bisa dibilang menjadi salah satu lulusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas. Sebuah bisnis yang ingin berkembang tentu membutuhkan seorang marketing.

    Di dunia dengan produk, layanan, dan teknologi inovatif yang tak terhitung jumlahnya seperti saat ini, peran marketing sangat dibutuhkan. Tanpa marketing, sebuah, bisnis tidak akan dapat memamerkan penawaran mereka untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

    Perananannya yang sangat penting membuat kamu dapat menciptakan, menantang, dan membentuk perspektif baru melalui pesan yang informatif, emosional, dan memberdayakan semua channel pemasaran yang ada.

    Bidang pekerjaan utama yang bisa kamu masuki antara lain manajemen, marketing research, advertising, public relation, sales dan customer relations. Area ini membutuhkan profesional seperti product manager, social media marketer, media planners, advertising specialists, marketing managers, copywriters, event managers, web content managers hingga graphic designers.

    Saat ini sebagian besar pemasaran dilakukan secara online, maka seorang digital marketer, atau social media marketer menjadi sangat dibutuhkan. Ketika kamu terjun sebagai digital marketing, kamu akan memiliki tugas untuk mengelola beberapa channel digital untuk pemasaran seperti merencanakan campaign di semua channel, membuat anggaran, mempostingnya bahkan kamu juga harus berinteraksi dengan konsumen di channel digital. Sangat menarik bukan?

    Rekomendasi Program Studi Marketing di Universitas yang Telah Bekerjasama Dengan Danacita

    Sampoerna University

    Program studi digital marketing di Sampoerna University memberikan kamu pengetahuan pemasaran mendasar dan keterampilan penting dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi yang efektif dengan organisasi-organisasi kekuatan.

    Kurikulum yang digunakan di sini sudah bertaraf internasional. Menariknya lagi, Sampoerna University memiliki program kemitraan dengan Arizona University di Amerika, sehingga ini memberikan kesempatan kepada kamu untuk belajar langsung di Amerika.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Informasi Terbaru PMB Sampoerna University 2022/2023

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) memiliki program studi advertising dengan akreditasi B. Pada program studi ini kamu akan mempelajari tentang penerapan strategi kreatif periklanan. Strategi tersebut dilakukan melalui ilustrasi, animasi, sketsa, topografi periklanan dan desain komunikasi visual. Selain itu, di sini kamu juga akan mempelajari tentang teknik kamera elektronik, recording dan editing.

    Tak berhenti di situ, keahlian lain yang akan juga kamu pelajari yaitu produksi iklan cetak dan elektronik, fotografi periklanan, copywriting, visualisasi dan storyboard. Dengan ilmu pengetahuan yang kamu pelajari di sini, ini akan menjadi bekal untuk membuat alat promosi berupa iklan di berbagai media (cetak, elektronik dan digital).

    Info selengkapnya bisa dicek di sini.

    Baca juga: Informasi PMB Universitas Bina Sarana Informatika 2022/2023

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Sampoerna University Program studi Marketing UBSI
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria