Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Meningkatkan Problem Solving Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa dan Fresh Graduate

2022-09-22

Daftar isi

    Problem solving merupakan salah satu skill atau kemampuan yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari pendidikan sampai di dunia profesional. Seorang mahasiswa harus memiliki skill ini agar saat menemukan masalah dalam mengerjakan berbagai tugas atau skripsi serta kegiatan lain seperti organisasi bisa diselesaikan dengan mudah.

    Bagi fresh graduate, problem solving skill ini juga diperlukan, bahkan dianjurkan untuk dicantumkan di CV karena banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan skill ini. Lalu bagaimana caranya meningkatkan problem solving skill-mu? Simak penjelasan berikut ini.

    Apa itu problem solving?

    Sebelum mencari tahu bagaimana cara meningkatkan problem solving, akan lebih baik bila kamu mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Problem solving merupakan kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi suatu masalah lalu berusaha mencari jawaban atau solusi yang tepat dan efektif untuk memecahkannya. Problem solving merupakan salah satu skill yang harus dimiliki mahasiswa dan fresh graduate karena permasalahan akan selalu muncul dalam tugas kuliah maupun pekerjaan di kantor.

    Maka dari itu penting untuk memiliki problem solving skill agar jika kamu menemukan masalah, kamu tidak akan berujung untuk menghindari atau bahkan mengesampingkan masalah tersebut dan harus dihadapi secara berani. Pada dasarnya, untuk bisa memiliki problem solving skill yang kuat, diperlukan waktu dan proses yang tidak sebentar, karena sifatnya yang membutuhkan habit atau kebiasaan. Dengan begitu, terbentuk pola pikir yang sistematis tetapi juga logis secara bersamaan.

    Baca juga: 8 Soft Skill yang Wajib Ada di CV Saat Melamar Pekerjaan Pertama Kamu

    Cara meningkatkan problem solving skill

    Setelah mengetahui apa itu problem solving, Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk bisa meningkatkan problem solving skill-mu.

    1. Coba identifikasi masalah terlebih dahulu

    Cara meningkatkan problem solving skill yang pertama yaitu dengan mengidentifikasi suatu masalah terlebih dahulu. Terkadang, suatu atau beberapa masalah muncul sekaligus yang membuatnya terasa rumit dan menyulitkan. Saat kondisi seperti ini muncul, hal yang bisa kamu coba lakukan adalah untuk mengidentifikasi masalah itu terlebih dahulu. Bisa saja dari beberapa masalah ternyata akar atau sumbernya hanya satu, dengan begitu, masalah akan terlihat lebih sederhana daripada sebelumnya.

    Untuk bisa mengidentifikasi suatu masalah, cobalah untuk membuat banyak pertanyaan yang tepat dan juga berkaitan dengan masalah tersebut. Dengan melakukan ini, kamu bisa menghindari untuk membuat asumsi atau tebakan yang hanya berdasar pada pikiran sesaat saja dan kemudian bisa berdampak pada saat pengambilan keputusan.

    2. Ubah pola pikir dari sudut pandang berbeda

    Selanjutnya, kamu bisa meningkatkan problem solving skill-mu dengan mengubah pola pikir dari sudut pandang yang berbeda. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, saat menemukan masalah, kamu harus bisa menanamkan dalam pikiran bahwa masalah tersebut bukanlah suatu hal yang harus dihindari, tapi lihatlah itu sebagai tantangan yang harus dihadapi. Setelah mengubah pola pikir seperti ini, maka kamu akan bisa melihatnya dari sudut pandang yang berbeda yang berujung pada semakin banyaknya kemungkinan untuk dapat mengatasinya.

    Cek artikel berikut ini: 4 Manfaat Self Development dan Caranya Untuk Memperbaiki Kualitas Diri Kamu

    3. Manfaatkan metode mind map

    Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan problem solving adalah dengan melakukan mind map dalam menyelesaikan masalah. Metode ini juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti merangsang kemampuan berpikir otak, lebih fokus dalam berpikir dan bisa meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan berbagai kemungkinan yang berpotensi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    4. Inisiatif untuk ikut berpartisipasi dalam suatu project

    Source: Unsplash.com/Akson

    Saat berkuliah, biasanya akan banyak project atau event yang diselenggarakan tiap tahunnya. Kamu dapat berinisiatif untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai cara untuk meningkatkan problem solving. Sama halnya di dunia kerja, kamu bisa coba bergabung untuk ikut project baru yang dibuat oleh kantormu. Dari project ini, pasti kamu akan dihadapi dengan berbagai masalah dari yang kecil sampai besar. Anggaplah dengan aktif berpartisipasi dalam suatu project menjadi caramu untuk terus berlatih dalam meningkatkan problem solving.

    4. Perhatikan cara orang lain dalam menyelesaikan masalah

    Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba untuk perhatikan cara orang lain dalam menyelesaikan masalah untuk meningkatkan problem solving. Pelajari bagaimana temanmu atau rekan kerjamu menghadapi masalah yang muncul, dengan begitu kamu bisa lebih paham tindakan apa yang tepat untuk dilakukan. Bila perlu, coba juga untuk bertanya pada mereka yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya di bidang tersebut, siapa tahu kamu mendapat inspirasi untuk mengatasi masalah dan kemampuan problem solving-mu juga akan bertambah.

    6. Bermain game yang mengasah kemampuan otak

    Cara untuk meningkatkan problem solving selanjutnya yang terdengar lebih menyenangkan adalah dengan bermain game asah otak. Pada dasarnya, setiap game yang kamu mainkan bisa mengasah stimulus dalam otak. Tetapi untuk game tertentu seperti sudoku atau catur yang memang dimaksudkan untuk mengasah otak bisa kamu lakukan untuk meningkatkan problem solving.

    7. Selalu perbanyak pengetahuan

    Cara meningkatkan problem solving lain yang tidak boleh dilewatkan adalah untuk selalu memperbanyak pengetahuan. Memiliki banyak pengetahuan memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, maka kemampuanmu untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan juga makin meningkat. Baik itu mahasiswa atau fresh graduate perlu untuk terus memperbanyak pengetahuan yang bisa dilakukan secara otodidak dengan belajar dari berbagai sumber atau mengikuti kursus tambahan yang sesuai dengan bidang yang dijalani.

    Contoh Kursus untuk Meningkatkan Problem Solving skill

    Ternyata, dengan mengikuti kursus kamu bisa mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa meningkatkan problem solving skill yang kamu punya. Bila kamu tertarik untuk mengikuti berbagai kursus atau bootcamp dan masih bingung untuk menentukannya, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    1. Full Stack Developer

    Digital Skola adalah lembaga pelatihan dan peningkatan skill digital lewat kursus untuk menghasilkan talent digital yang bisa berkontribusi pada perkembangan industri juga bersaing di dunia nasional maupun internasional. Info selengkapnya bisa kamu baca di sini ya.

    2. Graphic Design

    Sertifikasiku merupakan platform pelatihan pendidikan online yang bertujuan membantu banyak pelajar untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna. Kamu bisa mendapat sertifikasi graphic design dan bisa bersaing di dunia global. Kamu bisa baca info lengkapnya di sini.

    3. Coding

    Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pengembangan talent digital untuk mempersiapkan banyak anak yang berkompeten bisa berkarir di dunia teknologi. Kamu bisa belajar Javascript, data science dan yang lainnya dengan lengkap. Untuk info lengkapnya bisa kamu cek di sini ya.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan layanan cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita tingkatkan problem solving skill sambil kursus supaya bisa menjadi lebih baik dan siap di dunia kerja!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!