Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

4 Manfaat Self Development dan Caranya Untuk Memperbaiki Kualitas Diri Kamu

2022-02-25

Daftar isi

    Pada dasarnya, tiap manusia memiliki keinginan agar dalam hidupnya, mereka tidak stuck di posisi yang sama. Salah satu caranya adalah dengan melakukan self development yaitu upaya yang dilakukan agar seseorang bisa mengembangkan diri, mulai dari potensi, persepsi, kemampuan, dan masih banyak lainnya. Jika kamu penasaran, berikut apa saja manfaat dan bagaimana cara untuk meningkatkan self development.

    Manfaat Self Development

    Saat kamu mencoba untuk fokus melakukan self development, akan ada manfaat yang kamu dapat, diantaranya:

    Know Yourself Better

    Pada kenyataannya, masih banyak orang yang masih belum memahami dirinya sendiri, misalnya saat ia ditanya simple question seperti “tell me 3 things about you”. Mungkin masih ada beberapa orang yang harus berpikir keras untuk menjawabnya. Ini dikarenakan mereka masih belum mengenal dirinya dengan baik.

    Dengan berfokus pada self development, kamu bisa mulai meningkatkan awareness tentang diri sendiri dan bisa mengenal dirimu dengan baik. Setelah hal ini tercapai, kamu bisa melihat kira-kira sifat atau karakter apa yang ada di diri kamu yang perlu diperbaiki.

    Bisa level up confidence

    Setelah kamu merasa berhasil melakukan self development, akan mulai terlihat versi diri kamu yang lebih baik atau bahkan terbaik. Dengan begitu, point of view kamu terhadap dirimu sendiri akan otomatis berubah dan bisa mulai menyadari value kamu as a person. Hal inilah yang nantinya akan membuat kamu bisa menjadi lebih percaya diri.

    Membuat mental health menjadi lebih stabil

    Self development bisa membantu kamu dalam memperluas perspektif dan pola pikir yang bisa berdampak pada bagaimana respon kita terhadap sesuatu. Sehingga bisa membuat kamu bisa lebih mengontrol emosi dan pikiran. Jika kamu bisa memegang kendali atas segala respon dari dirimu, kemungkinan untuk merasa stress atau cemas yang berlebihan akan berkurang, sehingga kondisi mental health kamu akan bisa lebih baik.

    Improve your relationship

    Saat kamu berfokus pada self development, kualitas diri sendiri akan menjadi lebih baik dan otomatis bisa membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik lagi. Mulai dari hubungan dengan keluarga, teman, pasangan, sampai dengan kolega juga bisa meningkat keharmonisannya. Bisa dibilang self development menjadi kunci dalam membuat hubungan kamu dengan orang lain mempunyai vibe yang positif.

    Cara Meningkatkan Self Development

    Source image: Pexels/cottonbro

    Bagi kamu yang masih baru ingin mulai untuk meningkatkan self development, mungkin bingung harus mulai darimana. Kamu mungkin bisa memulai dengan menjadwalkan me time, yaitu waktu khusus untuk kamu bisa mengenal dirimu sendiri lebih dalam. Saat melakukan me time, lebih baik jika kamu tidak sibuk dengan hp-mu dan bisa dengan menulis di jurnal tentang diri kamu, bisa berisikan goals, private concerns, sampai hal-hal kecil untuk memperlihatkan gratitude.

    Me time ini juga bisa dilakukan dengan membaca buku-buku yang bertemakan tentang self supaya kamu bisa belajar dan lebih paham. Salah satu buku rekomendasi yang bisa kamu baca adalah How To Do The Work karya Dr. Nicole Lepera. Membaca buku sejenis ini bisa membuat kamu belajar tentang hal-hal yang tidak kamu dapatkan di bangku pendidikan.

    Selain itu, jika kamu ingin self development-mu lancar, kamu harus terbuka atas kritikan yang diberikan orang lain dan mau untuk mendengarkannya. Mengapa begitu? Karena dengan kita menjadi lebih open, kita bisa sadar akan hal-hal tentang diri kita yang ternyata tidak bisa kita ketahui dan hanya bisa didapat setelah mendengarkan kritik atau saran pendapat orang lain.

    Kamu juga bisa untuk selalu open dan belajar tentang hal-hal baru agar bisa meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Bisa dengan melakukan hobi yang kamu miliki agar bisa lebih produktif, sampai bisa mengikuti berbagai kursus tentang hal yang kamu inginkan tetapi tidak diajarkan di sekolah atau jurusan kamu. Dengan begitu, otomatis skill kamu akan ter-upgrade dan proses self development kamu akan lebih maju selangkah.

    Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus-kursus di berbagai macam bidang, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Digital Marketing

    Purwadhika adalah salah satu Sekolah Tinggi Teknologi Digital yang menjadi leader pendidikan teknologi digital di Indonesia. Kamu bisa belajar digital marketing dengan instruktur yang ahli di perusahaan top teknologi dan mendapat job connection juga loh. Kamu bisa cek infonya di sini ya.

    Teknologi Informasi

    Course-net Indonesia adalah salah satu lembaga yang bisa membimbing kamu di bidang IT langsung oleh coach ahli yang berpengalaman di bidangnya loh. Kamu bisa belajar tentang networking, cyber security, website dan masih banyak pilihan lainnya. Kamu bisa cek infonya di sini ya.

    Bahasa Jepang

    NLEC merupakan salah satu lembaga pendidikan kursus yang menyediakan program belajar bahasa Jepang yang berkualitas. Kamu tidak hanya akan diajarkan mulai dari Offline Language School, Japanese Online Learning, sampai Corporate Language yang khusus untuk karyawan. Infonya bisa kamu cek di sini ya.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan layanan cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, kita tambah skill supaya proses self development lancar!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri