Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Apa itu Library Pandas? Pengertian, Manfaat, dan Keunggulan

2022-11-03

Blog-Library-Panda-Danacita

Daftar isi

    Saat ini, mengumpulkan data untuk membantu sebuah bisnis memahami customer dan bisnis secara keseluruhan sangatlah penting. Setiap bisnis yang memiliki website, media sosial, pembayaran elektronik dan yang lainnya mengumpulkan banyak data-data customer yang. Data-data ini dapat berupa demografi, perilaku dan kebiasaan mereka di internet, gadget yang digunakan berselancar di internet, jumlah uang yang dibelanjakan pada marketplace, dan lain sebagainya. Semua data-data itu penuh dengan potensi jika dimanfaatkan dengan baik.

    Sebagai seorang data scientist atau data analyst, kamu perlu sebuah tools untuk bisa mengumpulkan dan menganalisa data-data dalam jumlah besar. Salah satu yang paling umum adalah Library Pandas yang merupakan bagian dari bahasa pemrograman Python,

    Apa itu Library Pandas? Kenapa harus menggunakan Library Pands? Temukan jawaban selengkapnya di artikel berikut.

    Apa itu Library Pandas?

    Sebelum mengenal apa itu Library Pandas, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud Library dalam pemrograman dan ilmu data. Library dalam bidang data berarti kumpulan sumber daya non-volatile yang digunakan oleh program komputer yang biasanya digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Ini mungkin termasuk data konfigurasi, dokumentasi, data bantuan, templat pesan, kode dan subrutin yang telah ditulis sebelumnya, kelas, nilai atau spesifikasi tipe.

    Sederhananya, library ini merujuk pada kumpulan implementasi perilaku, yang ditulis dalam bahasa, yang memiliki interface yang terdefinisi dengan baik dimana perilaku dipanggil. Misalnya, orang yang ingin menulis program tingkat yang lebih tinggi dapat menggunakan library untuk melakukan panggilan sistem alih-alih mengimplementasikan panggilan sistem tersebut berulang kali.

    Nah dalam hal ini Library Pandas berarti sebuah library open source yang ada pada bahasa pemrograman Python yang sering digunakan untuk memproses data, mulai pembersihan data, manipulasi data, hingga melakukan analisis data. Library Pandas ini dibangun di atas dua pustaka inti Python, yaitu matplotlib untuk visualisasi data dan NumPy untuk operasi matematika.

    Kenapa Kamu Harus Menggunakan Library Pandas?

    Ada banyak kenapa kamu harus menggunakan Library Pandas dalam mengolah data. Berikut ini adalah manfaat dan keunggulan yang paling umum kamu dapatkan ketika kamu menggunakan Library Pandas.

    1. Dibuat Khusus untuk Python

    Pemrograman Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling dicar dan digunakan di dunia. Hal ini karena jumlah fitur yang luas dan jumlah produktivitas yang disediakannya. Oleh karena itu, kemampuan untuk membuat kode Pandas dengan Python, memungkinkan kamu memanfaatkan kekuatan berbagai fitur dan library lain yang akan digunakan dengan Python. Beberapa perpustakaan ini adalah NumPy, SciPy, MatPlotLib, dll.

    2. Memiliki Serangkaian Fitur yang Luas

    Seperti yang dijelaskan di poin pertama, Library Pandas memberikan serangkaian fitur yang luas dan penting untuk menganalisa data dengan mudah. Kamu dapat menggunakan Library Pandas untuk melakukan berbagai tugas seperti memfilter data menurut kondisi tertentu, atau mengelompokkan dan memisahkan data menurut preferensi, dan lain sebagainya.

    3. Mempersingkat Proses Pengambilan Data

    Salah satu manfaat utama Library Pandas adalah kamu akan lebih sedikit menulis, tetapi dapat menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus. Misalnya apa yang akan dikerjakan di Python tanpa library apapun akan membutuhkan waktu karena banyak baris yang harus dianalisa. Sementara ketika menggunakan library Pandas, kamu hanya perlu melalui sedikit baris saja. Ini membantu kamu untuk mempersingkat prosedur penanganan data. Dengan waktu yang dihemat ini kamu bisa lebih fokus pada algoritma analisis data.

    4. Dapat Mengolah Data Dalam Jumlah Besar

    Selain dapat mempercepat pengambilan data, Library Pandas juga dibuat untuk menangani kumpulan data besar secara efisien. Library Pandas membantu kamu menghemat banyak waktu dengan mengimpor data dalam jumlah besar dengan sangat cepat.

    5. Menyediakan Representasi Data

    Library Pandas menyediakan bentuk representasi data yang sangat ramping. Ini akan membantu kamu menganalisis dan memahami data dengan lebih baik. Selain itu representasi data yang lebih sederhana memfasilitasi hasil yang lebih baik untuk proyek yang berhubungan data.

    6. Membuat Data Lebih Fleksibel dan Dapat Disesuaikan

    Library Pandas menyediakan serangkaian fitur besar untuk diterapkan pada data yang kamu miliki sehingga kamu dapat menyesuaikan, mengedit, dan memutarnya sesuai keinginan dan kebutuhan kamu sendiri. Ini tentunya akan membantu memaksimalkan data yang kamu miliki.

    7. Dapat Dijalankan Menggunakan Berbagai Text Editor

    Program library Pandas sendiri sebenarnya dapat dijalankan menggunakan berbagai text editor karena sifatnya yang fleksibel dan memiliki beragam fitur. Namun sangat disarankan untuk menggunakan Jupyter Notebook. Hal ini karena kemampuan Jupyter untuk meng-execute kode dari satu cell tertentu tanpa perlu menjalankan file secara keseluruhan. Selain itu, Jupyter juga menyediakan cara yang mudah untuk memvisualisasikan data frames dan plot yang dibuat oleh Pandas.

    Ingin Belajar Menggunakan Library Pandas dan Python? Saatnya Ikut Bootcamp Data Science

    Tak lengkap rasanya jika kamu hanya mengetahui Library Pandas hanya melalui artikel ini. Untuk benar-benar bisa menggunakan dan menguasainya, kamu perlu belajar dari ahlinya dan mempraktekannya langsung, salah satunya dengan ikut kelas bootcamp Data Science. Berikut rekomendasinya:

    Ingin Belajar Menggunakan Library Pandas dan Python? Saatnya Ikut Bootcamp Data Science

    Tak lengkap rasanya jika kamu hanya mengetahui Library Pandas hanya melalui artikel ini. Untuk benar-benar bisa menggunakan dan menguasainya, kamu perlu belajar dari ahlinya dan mempraktekannya langsung, salah satunya dengan ikut kelas bootcamp Data Science. Berikut rekomendasinya:

    1. Narasio Data

    Narasio Data merupakan kelas bootcamp yang khusus mempersiapkan talenta data untuk bersaing di masa depan. Di bootcamp ini kamu bisa meningkatkan keterampilan di bidang data, melalui program pelatihan yang dibuat khusus menyesuaikan kebutuhan industri dan bersertifikasi internasional. Kamu akan dibantu untuk mempersiapkan diri agar bisa bersaing dalam dunia data di masa depan. Sesuaikan kebutuhan dengan program yang kami sediakan.

    Berikut program bootcamp data dari Narasio Data

    • Junior Data Scientist
    • Senior Data Scientist
    • Data Science for Accounting
    • Data Analyst
    • Data Analyst for Accounting
    • Data Engineer

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    2. Pacmann.AI

    Bootcamp Analysis & Data Science Pacmann Academy merupakan sebuah program untuk memperdalam konsep dalam data science dari data analysis hingga machine learning, serta penerapannya dalam aplikasi bisnis dengan durasi 6-12 bulan.

    Kurikulum Pacmann dibuat secara mendalam oleh industry experts maupun akademisi dan telah melewati berbagai interaksi yang melibatkan masukkan dari siswa Pacmann Academy. Sehingga materi yang akan kamu dapatkan akan bersifat end-to-end dan kompleks, tetapi tetap ramah untuk dipelajari, bahkan untuk pemula sekalipun.

    Berikut program bootcamp data dari Pacmann Acadeny

    • Fundamental Analytics and Data Science berdurasi 6 bulan
    • Fundamental + Advanced Analytics and Data Science berdurasi 12 bulan
    • Career Upgrader Analytics and Data Science berdurasi 12 bulan

    Informasi selengkapnya, klik di sini

    3. Algoritma

    Algoritma merupakan kelas bootcamp yang memberikan keterampilan ilmu data dan membekali setiap profesional dengan serangkaian keterampilan inti di berbagai domain visualisasi data, regresi, pemodelan data, pembelajaran mesin, dan literasi pemrograman statistik. Algoritma dapat diikuti oleh siapapun baik itu seorang eksekutif pemasaran, analis bisnis, pengusaha, atau profesional pasar keuangan, dan yang lainnya Algoritma juga dapat mengajarkan ilmu data kepada individu maupun melatih perusahaan dan karyawannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari data.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Jago Library Pandas Hingga Jadi Data Science Bersama Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin mempelajari Library Pandas dan menjad Data Science, sekarang kamu bisa belajar dengan mudah di bootcamp bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan atau bootcamp data di Narasioadata, Pacmann Academy, dan Algoritma.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Algoritma Narasio Data Data Science Data Wrangling Library Pandas Pacmann.AI
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo