Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Penjelasan Fakultas Ekonomi UNNES dan Biayanya

2022-09-30

Daftar isi

    Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang cocok bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia usaha. Fakultas yang satu ini merupakan salah satu fakultas dengan prospek kerja yang sangat luas. Hal ini menyangkut dengan banyaknya perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan. Apalagi bersamaan dengan hadirnya industri 4.0 yang sangat membantu perkembangan dunia industri dan tentunya ekonomi.

    Prospek kerja Fakultas Ekonomi menjadi semakin lebar seiring banyaknya perusahaan-perusahaan startup yang berdiri. Itulah mengapa kebutuhan mahasiswa fakultas ekonomi menjadi sangat dibutuhkan. Jika kamu tertarik di bidang ini, maka tak ada salahnya untuk masuk ke fakultas ekonomi.

    Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihanmu adalah Fakultas Ekonomi UNNES atau Universitas Negeri Semarang yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri berkualitas. Berikut ini adalah penjelasan Fakultas Ekonomi UNNES dan biayanya.

    Baca juga: Mengenal Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Prospek Karir 2022

    Apa itu UNNES

    Sebelum mengetahui Fakultas Ekonomi UNNES dan biayanya, akan lebih baik untuk mengenal UNNES terlebih dahulu. Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang berlokasi di ibukota provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang. Tepatnya berada di Jalan Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. UNNES telah mengalami beberapa kali perubahan nama akibat peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah di dalamnya.

    Sejak awal berdiri, UNNES merupakan bagian dari salah satu fakultas yang terdapat di Universitas Diponegoro yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 1964, UNNES memisahkan diri dari Universitas Diponegoro dan berdiri sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta cabang Semarang.

    Kemudian pada tahun 1965, IKIP Yogyakarta cabang Semarang pertama kalinya berdiri sendiri menjadi IKIP Semarang. Hal ini berkaitan dengan perkembangan pesat yang dialami IKIP Yogyakarta cabang Semarang dan mengharuskan adanya perubahan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berpusat di Semarang.

    Hingga pada akhirnya, tepatnya pada tahun 2000, IKIP Semarang resmi berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang lebih kita kenal hingga saat ini. Pada tahun 2010, UNNES mengubah identitasnya menjadi kampus konservasi bereputasi internasional.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Ekonomi UNNES dan Program Studinya

    Pembahasan selanjutnya, yaitu penjelasan mengenai Fakultas Ekonomi UNNES, dan biayanya akan dijelaskan di bagian setelahnya. Fakultas Ekonomi UNNES merupakan fakultas ketujuh yang secara resmi hadir sebagai penyelenggara pendidikan di bidang ekonomi. Fakultas ini pertama kali diresmikan pada tahun 2006. Meskipun demikian, Fakultas Ekonomi secara definitif mampu mandiri dan menghasilkan lulusan yang berkualitas serta dapat diterima oleh masyarakat pada umumnya.

    Fakultas Ekonomi UNNES telah menemani perjalanan panjang UNNES sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia. Mulai dari periode tahun 1965 dengan nama Jurusan Ekonomi Perusahaan dan Jurusan Ekonomi Umum, kemudian periode tahun 1982 ketika dua jurusan tersebut bergabung dengan Jurusan Dunia Usaha, selanjutnya tahun 1992 berubah menjadi Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, dan pada tahun 1999 berubah kembali menjadi Jurusan Pendidikan Ekonomi, hingga pada tahun 2006 telah resmi berubah menjadi Fakultas Ekonomi UNNES.

    Beberapa program studi yang diwadahi Fakultas Ekonomi UNNES terbagi menjadi dua jenjang yaitu diploma dan sarjana, berikut daftarnya:

    1. Akuntansi (D3)
    2. Manajemen Perkantoran (D3)
    3. Akuntansi (S1)
    4. Manajemen (S1)
    5. Ekonomi Pembangunan (S1)
    6. Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran (S1)
    7. Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1)
    8. Pendidikan Ekonomi Akuntansi (S1)

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Ekonomi UNNES

    Mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi UNNES akan dibekali berbagai kemampuan untuk menunjang kebutuhan perusahaan. Kemampuan tersebut diantaranya yaitu, kemampuan analisis, kemampuan sistematik, kemampuan manajemen, serta berbagai kemampuan soft skill lainnya. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

    Adapun prospek kerja yang dapat digeluti lulusan Fakultas Ekonomi pada umumnya adalah menjadi seorang akuntan di perusahaan, bekerja di bagian manajemen perusahaan dengan menjadi seorang Human Resource (HR), pakar ekonomi, peneliti ekonomi, hingga menjadi dosen ekonomi.

    Selain itu, sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang ekonomi, bukan tidak mungkin bagi kamu untuk membangun perusahaan sendiri. Pengetahuan yang kamu miliki juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis atau menjadi seorang konsultan ekonomi bisnis orang lain.

    Biaya Kuliah Fakultas Fakultas Ekonomi UNNES

    Setelah mengetahui informasi di atas, berikut penjelasan Fakultas Ekonomi UNNES dan biayanya. Sebagai perguruan tinggi negeri, UNNES menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai pembayaran kuliah satu-satunya di jenjang Sarjana dengan jalur reguler seperti SNMPTN dan SBMPTN. UKT memungkinkan mahasiswa untuk melakukan hanya satu kali pembayaran tiap semesternya.

    Biaya UKT mahasiswa memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung kemampuan ekonomi mahasiswa terkait. Mahasiswa dengan kemampuan ekonomi rendah akan dikenakan biaya yang juga rendah. Sedangkan mahasiswa dengan kemampuan ekonomi tinggi akan dikenakan dengan biaya yang juga tinggi.

    Besaran tersebut terbagi menjadi beberapa golongan. Berikut daftar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan biayanya.

    • Golongan UKT I : Rp 500.000
    • Golongan UKT II : Rp 1.000.000
    • Golongan UKT III : Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000
    • Golongan UKT IV : Rp 3.200.000 hingga Rp 4.400.000
    • Golongan UKT V : Rp 4.500.000 hingga Rp 5.500.000
    • Golongan UKT VI : Rp 5.100.000 hingga Rp 7.150.000
    • Golongan UKT VII : Rp 5.700.000 hingga Rp 8.250.000

    Sedangkan untuk mahasiswa jalur Mandiri memiliki besaran biaya kuliah dan golongan yang berbeda. Berikut daftarnya.

    • Golongan I : Rp 5.000.000
    • Golongan II : Rp 10.000.000
    • Golongan III : Rp 15.000.000
    • Golongan IV : Rp 20.000.000
    • Golongan V : Rp 25.000.000

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ekonomi UNNES dengan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar Fakultas Ekonomi UNNES dan biayanya. Jika kamu kesulitan dalam hal biaya saat masa pembayaran berlangsung, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah Danacita. Dengan begitu, pembayaran biaya kuliahmu di Fakultas Ekonomi UNNES bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia yang menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK.

    Mudahkan masa kuliahmu selama di Fakultas Ekonomi UNNES dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!