Default Avatar

Written By

Rudi Patria

PrivyID: Solusi Tanda Tangan Digital di Danacita

2021-09-29

PrivyID.jpg

PrivyID

Daftar isi

    Di era yang serba digital seperti saat ini, keamanan informasi dan data diri menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan baik untuk urusan pribadi maupun urusan pekerjaan untuk melakukan penandatangan dokumen secara digital.

    Platform seperti PrivyID adalah salah satu dari beberapa platform yang menyediakan layanan keamanan informasi diri untuk melakukan penandatangan dokumen secara digital digital.

    Nah, kali ini Danacita ingin mengajak kamu untuk lebih lanjut mengenal PrivyID sebagai mitra yang memberikan kemudahan untuk melakukan penandatangan dokumen perjanjian secara digital setelah pengajuan kamu disetujui di Danacita.

    Mengenal Apa itu PrivyID

    PT Privy Identitas Digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan PrivyID adalah perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik Tersertifikasi yang menyediakan layanan tanda tangan digital serta identitas digital yang mengikat secara hukum yang bertujuan untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan secara langsung.

    Sebagai identitas digital, kamu hanya akan memiliki satu akun PrivyID yang terhubung dengan nomor identitas kependudukan (NIK) kamu di e-KTP.

    Hingga saat ini, PrivyID sudah memiliki 15 juta orang pengguna dan tentunya masih akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan kita kita yang serba digital untuk yang telah mendaftar ke PrivyID untuk memudahkan proses penandatangan secara digital yang dijamin keamanannya.

    Tentu sebagai perusahaan yang menyediakan layanan tanda tangan digital serta identitas digital, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah izin dari badan hukum yang berwenang di Indonesia untuk menjamin keamanan informasi dan data diri.

    Sahabat Danacita nggak perlu khawatir karena perusahaan yang berdiri sejak tahun 2016 di Jakarta ini telah diakui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai penyedia sistem tanda tangan elektronik terdaftar, Bank Sentral Indonesia sebagai Penyedia Dukungan Fintech Terdaftar dan Lulus, Otoritas Jasa Keuangan Indonesia sebagai Inovasi Digital Jasa Keuangan, e-KYC Cluster serta sudah bersertifikat ISO IEC 27001 2013 Information Management Security.

    PrivyID telah kerjasama dengan berbagai sektor industri seperti perbankan, financial technology, telekomunikasi, asuransi dan masih banyak lagi. Danacita menjadi salah satu perusahaan finansial yang berbasis teknologi yang mempercayakan keamanan proses penandatangan secara digital dokumen perjanjian dari pengajuan kamu yang telah disetujui.

    Dengan bekerjasama dengan privyID, Danacita ingin lebih memberikan kemudahan dan kenyaman bagi para pengguna Danacita untuk melakukan penandatangan dokumen secara digital untuk mencegah pemalsuan tanda tangan digital serta PrivyID memberikan kebebasan untuk mengurangi verifikasi ID.

    PrivyID.jpg

    PrivyID

    Bagaimana cara mendaftar PrivyID di Danacita

    Danacita berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses dengan memperhatikan keamanan informasi dan data diri yang kamu submit ke Danacita.

    Proses pendaftaran kamu di PrivyID akan dibantu oleh tim Danacita saat kamu telah menyelesaikan pengajuan di Dancita. Proses verifikasi pendaftaran privyID akan berlangsung kurang lebih selama 15 menit.

    Jika akun PrivyID kamu dan wali* (jika pengajuan bersama wali) sudah berhasil terverifikasi oleh tim PrivyID maka kamu dan wali akan menerima email dari PrivyID yang berisi nomor identitas dan password yang dapat kamu gunakan untuk login ke akun privyID. Informasi PrivyID ini nantinya akan dikirimkan ke masing-masing email pelajar dan wali yang telah didaftarkan di Danacita.

    Jika kamu tidak menerima email dari PrivyID, kamu bisa mengecek folder inbox/Spam/Junk/Trash di email kamu atau wali atau mencari dengan keyword privyID pada kolom pencarian di email.

    Jika sebelumnya kamu sudah pernah memiliki privyID melalui pendaftaran di platform selain Danacita, maka proses pendaftaran privyID kamu di Danacita akan mengacu ke akun PrivyID kamu sebelumnya sehingga kamu hanya perlu memasukan PrivyID yang telah kamu miliki saat proses pengajuan di Danacita.

    Jika kamu tidak menerima email dari PrivyID, segera hubungi Customer Support Danacita agar tim kami bisa segera membantu kendala yang kamu alami.

    Bagaimana jika status PrivyID Verifikasi saya belum berhasil?

    Saat proses pendaftaran privyID, kamu akan menemukan beberapa status berikut

    1. Verified artinya akun PrivyID kamu sudah berhasil diverifikasi oleh tim PrivyID
    2. Revision artinya proses pendaftaran akun PrivyID kamu membutuhkan perbaikan informasi dan dokumen
    3. Waiting artinya pendaftaran privyID kamu sedang di proses. Silahkan menunggu kurang lebih 15 menit

    Jika proses pendaftaran PrivyID kamu memerlukan revisi, maka kamu akan menemukan informasi yang perlu direvisi melalui dashboard Danacita kamu lalu klik “Lihat detail verifikasi Profil” untuk melakukan revisi informasi ataupun dokumen yang dibutuhkan.

    Setelah itu, kamu bisa mengupload dokumen pendukung dengan mengklik “Kirim dokumen sekarang” dan pilih selanjutnya.

    Jika informasi dan dokumen pendukung telah diupload, tim PrivyID akan kembali melakukan proses verifikasi secara online.

    Saat verifikasi PrivyID kamu telah berhasil, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui Dashboard Danacita dan kamu bisa mengecek proses pengajuan kamu di Danacita dengan klik “Lihat dashboard pengajuan kamu”.

    Jika kamu masih mengalami kendala terkait PrivyID, segera hubungi Customer Support Danacita agar tim kami bisa segera membantu kendala yang kamu alami.

    ttd

    Cara Tanda Tangan Digital Untuk dokumen Perjanjian dengan Danacita

    Tanda Tangan Dokumen Perjanjian Secara Digital di Danacita melalui PrivyID

    Saat proses pengajuan pembiayaan pendidikan kamu di Danacita telah disetujui, kamu akan menerima pemberitahuan melalui SMS dan email yang telah kamu daftarkan dengan informasi-informasi berikut:

    1. Total Pengajuan yang disetujui
    2. Pembayaran per bulan yang harus kamu lakukan

    Untuk dapat mengakses dan melakukan penandatangan secara digital melalui PrivyID, kamu bisa klik “Tinjau & Konfirmasi Angsuran” di dashboard Danacita kamu lalu klik "Tanda tangan perjanjian pelajar melalui PrivyID". Setelah itu kamu akan diarahkan secara langsung ke website PrivyID.

    Setelah kamu diarahkan ke website PrivyID, kamu dapat meninjau lebih lanjut terkait dokumen perjanjian di Danacita. Jika kamu telah menyetujui dokumen perjanjian tersebut, kamu dapat langsung klik "Lanjutkan".

    Untuk memverifikasi kembali jika benar kamu adalah yang melakukan penandatangan secara digital dokumen perjanjian Danacita di PrivyID, kamu akan dikirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor handphone yang sebelumnya sudah kamu daftarkan di Danacita.

    Jika kamu tidak menerima kode OTP melalui SMS, kamu dapat melakukan "Kirim Ulang Kode" ke email atau ke nomor WhatsApp yang telah didaftarkan di Danacita.

    Manfaat Tanda Tangan Digital

    Selain memberikan kenyamanan dan keamanan identitas digital pemilik, ternyata masih banyak lho manfaat dari tanda tangan digital. Yuk intip beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan tanda tangan digital berikut

    1. Tanda tangan digital mengurangi biaya dan waktu

    Dengan tanda tangan digital, kamu tidak perlu lagi untuk, mencetak, memindai, mengirimkan dan menunggu konfirmasi secara manual yang membutuhkan banyak biaya dan waktu.

    Apalagi jika penandatangan dokumen dilakukan secara tatap muka, maka pengeluaran biaya tambahan tidak bisa diprediksi dan dihindari.

    Melalui tanda tangan digital, kamu gak perlu khawatir karena penandatangan dokumen bisa dilakukan secara digital tanpa harus tatap muka.

    2. Tanda tangan digital sah dimata hukum

    Validitas dan legalitas dari sebuah tanda tangan digital di Indonesia tentunya sudah memiliki payung hukum yang diatur oleh Pemerintah Indonesia melalui UU dan Peraturan Pemerintah.

    UU dan Peraturan Pemerintah menjelaskan jika tanda tangan digital dapat berfungsi menjadi bukti verifikasi dan autentifikasi identitas seseorang secara digital serta mengatur tentang penyelenggara yang dapat menerbitkan sertifikat digital untuk sebuah tanda tangan digital kamu.

    Mengutip melalui Media Indonesia, sertifikat digital merupakan identifikasi seseorang atau entitas melalui sebuah file pada sebuah jaringan di internet dan dijadikan dasar untuk melakukan tanda tangan digital

    Dengan sudah diaturnya tanda tangan digital oleh pemerintah Indonesia, maka tanda tangan digital dapat digunakan untuk menunjukan adanya suatu kesepakatan atau persetujuan dari pemilik tanda tangan digital tersebut atas dokumen digital yang telah ditandatangani.

    Hal ini menjadikan tanda tangan digital memiliki kekuatan hukum dan akibat yang sah seperti tanda tangan konvensional seperti yang sudah diatur oleh Pemerintah Indonesia.

    3. Tanda tangan digital meningkatkan keamanan

    Tanda tangan digital menawarkan tingkat keamanan yang tinggi karena terhubung langsung dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), memiliki enkripsi

    Hal ini juga telah diutarakan oleh Direktur Keamanan Informasi Kemenkominfo Aidil Chendramata bahwa penerapan sertifikat dan tanda tangan digital salah satunya mengamankan pemalsuan dokumen. Bahkan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. (Sumber: Tanda Tangan Digital untuk Keamanan Dokumen)


    Nah, dengan Privy kamu bisa melakukan tanda tangan dokumen perjanjian di Danacita dimanapun dan kapanpun.

    Gak hanya tanda tangan lho dokumen perjanjian yang bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun, pengajuan pembiayaan kuliah dan kursus di Danacita juga bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun.

    Kamu bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengklik Daftar atau masuk kembali login untuk kamu yang sudah pernah mendaftar di Danacita sebelumnya untuk melanjutkan proses pengajuan pembiayaan pendidikan kamu di Danacita.

    SEO-KontakDanacita-CS.jpg

    📞Klik banner diatas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    PrivyID Tanda Tangan Digital PrivyID
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria