Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa

2022-10-20

rekomendasi-jurusan-kuliah-anak-bahasa

Source: pexels

Pasti kamu tahu kan kalau baru-baru ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menolak usulan Bahasa Melayu sebagai bahasa resmi ASEAN. Nadiem justru menekankan akan mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi organisasi negara Asia Tenggara itu.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab menurutnya Bahasa Indonesia lebih layak untuk dikedepankan dengan mempertimbangkan keunggulan historis, hukum, dan linguistik. Bahasa Indonesia juga telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan penyebabnya telah mencakup 47 negara di seluruh Indonesia

Ini secara tidak langsung membuktikan jika Jurusan Bahasa sebenarnya memiliki peranan penting untuk melestarikan warisan bahasa dan kebudayaan. Jadi beruntunglah untuk kamu anak bahasa.

Mengenal Jurusan Bahasa

Jurusan Bahasa di SMA sebenarnya tidak hanya mempelajari bahasa Indonesia saja. Kamu juga pasti banyak belajar mengenai bahasa asing lainnya. Seperti bahasa Jerman, Jepang, Inggris, Mandarin, dan Arab. Hal ini membuat jurusan Bahasa semakin seru. Selain itu kamu pasti juga mempelajari antropologi, komunikasi, dan lain sebagainya.

Meski kelihatannya mudah untuk dipelajari, akan tetapi jurusan bahasa memiliki konsentrasi dan pendalaman ilmu yang luas. Pembelajaran bahasa ini seringkali membutuhkan kajian teks sastra, film dan media, serta pembelajaran tentang konteks sejarah dan politik suatu wilayah atau negara. Inilah yang membedakan jurusan bahasa dengan tempat kursus bahasa yang memang khusus berfokus pada profesional kebahasaan.

Hanya saja, tidak sedikit siswa yang sudah lulus pada jurusan bahasa bingung untuk melanjutkan kuliah. Padahal, lulusan ini bisa masuk ke banyak jurusan kampus lagi. Apa saja itu?

Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak Bahasa

1. Jurusan Bahasa Asing

Secara umum, Jurusan Bahasa merujuk pada sebuah studi yang mempelajari bahasa asing sebagai alat komunikasi. Banyak universitas yang menawarkan Jurusan Bahasa yang berfokus pada bahasa tertentu dan wilayah/ budaya utama bahasa itu digunakan. Dengan kata lain, kamu tidak hanya mempelajari jurusan bahasa saja, melainkan bahasa, kebudayaan hingga tempat yang paling umum digunakan. Misalnya, ketika kamu mengambil jurusan bahasa Prancis, kemungkinan besar kamu akan mempelajari sejarah hingga kebudayaan Prancis.

Beberapa jurusan bahasa asing yang populer adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Prancis, hingga Bahasa Korea.

2. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional adalah salah satu ilmu sosial dimana berfokus mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu kamu harus mengerti budaya, etika, dan kebiasaan dari berbagai belahan dunia. Semua hal ini kamu sudah pelajari ketika masuk di jurusan SMA. Sehingga masuk di jurusan Hubungan Internasional akan membuat kamu lebih mudah beradaptasi dengan materi perkuliahannya.

3. Jurusan Pariwisata dan Perhotelan

Bekal yang kamu dapatkan di jurusan bahasa ketika SMA dulu membuka peluang untuk kamu mengambil jurusan pariwisata dan perhotelan. Jika kamu tidak menyukai bekerja di kantor, berhadapan dengan orang-orang yang sama setiap hari, bidang ini membawa klien berbeda-beda yang memerlukan jasa hiburan dan pariwisata. Bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan tentu sangat menarik dan membuka wawasan.

4. Jurusan Jurnalisme

Jurusan jurnalisme mempelajari cara melaporkan, menulis, dan mendistribusikan berita ke audiens tertentu. Jurusan jurnalisme belajar bagaimana meneliti dan mewawancarai dan kemudian mengkomunikasikan informasi yang mereka temukan dengan jelas dan akurat.

Sebagai lulusan yang pernah belajar bahasa di SMA, kamu akan lebih mudah beradaptasi dan memahami materi jurusan jurnalisme, sebab kamu telah mendapatkan sebagai materinya di SMA, terutama pada bagian kepenulisan.

5. Jurusan Komunikasi

Sama seperti dengan jurusan Jurnalisme, pengetahuan bahasa yang kamu dapatkan di SMA juga akan membantu kamu memahami dengan mudah materi yang ada di jurusan Komunikasi. Sebab jurusan Komunikasi mempelajari cara menyampaikan pesan secara efektif dan efisien. Selain itu di jurusan ini kamu juga akan mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya.

Rekomendasi Kampus Terbaik untuk Kamu Lulusan Anak Bahasa

1. President University

President University merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia yang dikelilingi oleh 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara. Kampus ini memang memiliki tujuan untuk menjadi institusi pendidikan global yang terkemuka. Jadi tak heran jika sistem pendidikannya pun dirancang sesuai dengan perkembangan di dunia.

Sebagai international university, President University menyelenggarakan perkuliahannya dalam bahasa Inggris. Selain itu, sebagian dosen kampus ini juga merupakan dosen asing dan sekitar 10% mahasiswanya juga merupakan mahasiswa asing yang datang dari berbagai negara. Ini sekaligus menjadikan PresUniv sebagai perguruan tinggi swasta dengan mahasiswa asing terbanyak di Indonesia. Dengan sistem yang diterapkan ini tentu sangat cocok untuk kamu yang berasal dari jurusan bahasa.

Di kampus ini terdapat beberapa jurusan yang cocok untuk kamu seperti Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, hingga Pendidikan Guru.

Dan juga terdapat cicilan biaya kuliah bersama Danacita yang bisa kamu cek di sini.

2. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah universitas berwawasan konservasi dengan visinya menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Berwawasan konservasi yang dimaksud ialah bermakna cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip konservasi (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan) sumber daya alam dan nilai-nilai sosial budaya. Prinsip tersebut menjadi landasan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Sebagai lembaga pendidikan, UNNES selalu bertekad untuk mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradaban unggul. Secara akademik, kegiatan pengembangan keilmuan dilaksanakan di program studi, laboratorium, dan kegiatan lainnya. Adapun secara nonakademik, ilmu menjadi dasar dalam pengelolaan dan pengambilan kebijakan universitas.

Beberapa jurusan yang cocok untuk kamu berkuliah di sini ialah Bahasa Asing, Kesenian, Keguruan, Sosiologi hingga Antropologi.

Dan juga terdapat cicilan biaya kuliah bersama Danacita yang bisa kamu cek di sini.

3. Universitas Paramadina

Universitas Paramadina bukan hanya tempat untuk belajar dan mengajar. Universitas ini juga bertekad untuk berkontribusi demi mewujudkan masyarakat madani serta berkewajiban memberi solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa.

Dengan manajemen yang solid dan profesional, civitas akademika yang capable dan berdedikasi tinggi yang didominasi para tokoh muda, Universitas Paramadina berharap mampu mewujudkan impiannya untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia, "a World Class University".

Di kampus ini terdapat beberapa jurusan yang cocok untuk kamu seperti Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, hingga Psikologi.

Dan juga terdapat cicilan biaya kuliah bersama Danacita yang bisa kamu cek di sini.

4. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanagara ((Untar) merupakan salah satu universitas tertua, terbesar, dan terbaik di Indonesia. Sebagai kampus Entrepreneurial yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE), Untar berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang terakreditasi Unggul oleh BAN-PT, berhasil menempati posisi ke-31 PTS Terbaik di Indonesia, dan posisi ke-3 sebagai PTS Terbaik di Jakarta.

Saat ini Untar memiliki 3 lokasi kampus yakni Kampus 1 beralamat di Jalan Letjen. S.Parman No.1, Kampus 2 beralamat di Jalan Tanjung Duren Utara No.1, dan Kampus 3 beralamat di Jalan Cilandak KKO No. 1 Ragunan.

Beberapa jurusan yang cocok untuk kamu berkuliah di sini ialah Ilmu Komunikasi, Seni, hingga Psikologi.

Dan juga terdapat cicilan biaya kuliah bersama Danacita yang bisa kamu cek di sini.

5. Universitas Pembangunan Jaya

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Bintaro yang berdiri pada tahun 2011 dan didukung oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya.

UPJ mengadopsi nilai-nilai Jaya yang merupakan nilai-nilai yang disarikan dari pengalaman lebih dari 50 tahun jatuh bangun kelompok usaha Pembangunan Jaya, yaitu Integritas, Komit, Adil, Intrapreneurship, dan Dorongan Berprestasi. Nilai-nilai ini telah teruji oleh waktu dan menjadi pegangan dan panduan bagi segenap sivitas akademika UPJ.

Di kampus ini terdapat beberapa jurusan yang cocok untuk kamu seperti DKV, Ilmu Komunikasi, hingga Psikologi

Dan juga terdapat cicilan biaya kuliah bersama Danacita yang bisa kamu cek di sini.

Itu dia rekomendasi kampus terbaik untuk kamu anak bahasa. Jadi kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan apa?

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

jurusan kuliah untuk anak bahasa rekomendasi jurusan
Default Avatar

Written By

Esa Tauran