Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Mau Kuliah Program Studi Teknik Elektro? Simak Informasi Terbarunya Disini

2022-04-14

electrical

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Salah satu harapan terbesar dari melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi adalah mendapatkan pekerjaan yang memberikan prospek kerja yang menjanjikan. Salah satu contoh program studi yang memiliki prospek kerja yang luas, beragam, dan banyak dibutuhkan adalah program studi teknik elektro. Pekerjaan lulusan program studi teknik elektro cukup banyak dan variatif di berbagai industri. Ini merupakan salah satu kesempatan emas bagi siapa saja yang menginginkan masa depan yang cerah

    Sekilas Tentang Program Studi Teknik Elektro

    Program studi teknik elektro (Electrical Engineering) adalah salah satu program studi yang identik dengan listrik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Bidang ilmu ini mencakup pengetahuan mengenai konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik. Listrik sejatinya adalah proses perpindahan elektron, sehingga pada umumnya program studi teknik elektro mempelajari rangkaian listrik (circuit theory). Sejalan dengan itu, program studi teknik elektro mempelajari juga mengenai kelistrikan secara luas dan dinamis dengan mengikuti perkembangan teknologi.

    Mata Kuliah di Program Studi Teknik Elektro

    Keahlian utama yang dibentuk oleh program studi teknik elektro adalah kemampuan mendesain suatu sistem instalasi energi kelistrikan, bereksperimen, melakukan analisis, memecahkan masalah dalam rekayasa teknik, dan memahami lebih luas pengaplikasiannya. Kemampuan dasar dalam program studi teknik elektro adalah kemampuan dalam bidang matematika, fisika, kimia, elektronika, kelistrikan, dan elektromagnet. Beberapa mata kuliah lain yang akan ditemui dalam program studi teknik elektro,yaitu mikroprosesor, sistem kontrol, sistem telekomunikasi, teknik digital, konversi energi, rangkaian analog, sistem tenaga, dan lain sebagainya. Cakupan program studi teknik elektro sangat luas, sehingga pada umumnya program studi ini dibagi menjadi beberapa konsentrasi, yaitu teknik elektronika, tenaga listrik, dan telekomunikasi.

    Prospek Kerja Lulusan Program Studi Teknik Elektro

    Lulusan program studi teknik elektro memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai industri. Mulai dari pembangkit listrik, manufaktur, pertambangan, perminyakan, transportasi, otomotif, telekomunikasi, konstruksi, kesehatan, komputasi, aerospace, sampai robotika. Beberapa contoh pekerjaan lulusan program studi teknik elektro,yaitu:

    1. Peneliti, pengawas, dan pengembang di berbagai industri
    2. Pegawai Negeri Sipil (PNS) contohnya di Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
    3. Karyawan BUMN di PLN, Pertamina, Telkom, dan lain sebagainya
    4. Konsultan/Supervisor/Manajer pada berbagai proyek industri yang menggunakan telekomunikasi dan internet
    5. Dosen
    6. Research and Development (RND), Quality Assurance (QA), Quality Control (QC), dan System Analyst
    7. Biomedical engineer yang menerapkan ilmu teknik/rekayasa pada bidang kesehatan/biologi

    Rekomendasi Program Studi Teknik Elektro di Universitas yang Telah Bekerjasama Dengan Danacita

    Beberapa universitas yang menyediakan program studi teknik elektro,yaitu:

    Institut Teknologi Indonesia (ITI)

    Program Studi teknik elektro di ITI ini masuk kedalam program sarjana dengan nilai akreditasi B. Program studi ini memiliki sembilan laboratorium yang termasuk paling lengkap di daerah Jabodetabek. Selain laboratorium, fasilitas pendukung lainnya yaitu perpustakaan, pusat bahasa, dan e-jurnal untuk mendukung pembelajaran mahasiswa. Kurikulum yang diajarkan telah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia (SNPT) dengan dua bidang peminatan, yaitu Elektronika Industri dan Teknik Tenaga Listrik. Program Studi teknik elektro ITI memiliki 10 tenaga dosen tetap lulusan dalam dan luar negeri. Selain itu, terdapat sejumlah dosen tidak tetap yang berasal dari BATAN, Puspiptek, LIPI dan para profesional/praktisi. Beberapa program unggulan untuk memperdalam keilmuan mahasiswa, yaitu ITI IEEE Student Branch dan pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi yang bekerjasama dengan Wadhwani Foundation dari Amerika.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program studi teknik elektro di ITI bisa mengunjungi website https://el.iti.ac.id/

    Baca juga: Institut Teknologi Indonesia (ITI) Menerima Mahasiswa Baru, Yuk Daftar!

    Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY)

    Program Studi teknik elektro di ITN Yogyakarta ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu Program Sarjana teknik elektro dari Fakultas Teknologi Industri dan Diploma teknik elektronika dari Fakultas Vokasi. Nilai akreditasi untuk ITN Yogyakarta dengan kedua program studi teknik elektronya adalah B. Kedua program studi teknik elektro ini memiliki kurikulum yang mengacu pada KKNI dan SNPT. program studi teknik elektro S1 memiliki tiga bidang peminatan, yaitu sistem ketenagalistrikan, instrumentasi dan kendali, serta teknologi informasi. Sedangkan program studi teknik elektronika D3 memiliki dua bidang konsentrasi, yaitu Mekatronika dan Listrik Industri. Fasilitas yang ada di dua program studi ini adalah perpustakaan dan lima laboratorium yang meliputi laboratorium pengaturan, listrik dasar, mesin-mesin listrik, instalasi dan proteksi, serta elektronika.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program studi teknik elektro di ITN Yogyakarta bisa mengunjungi website https://itny.ac.id/program-studi-fakultas/

    Baca juga: Minat Kuliah Teknologi di Yogyakarta? Masuk ITNY Aja!

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

    Program studi teknik elektro di Universitas BSI ini telah terakreditasi BAN-PT dengan Akreditasi Baik. program studi ini termasuk kedalam Fakultas Teknik dan Informatika. Uniknya dari mengambil program studi teknik elektro di universitas ini adalah mahasiswa bisa memilih untuk menempuh pendidikan di beberapa kampus berikut ini:

    • Universitas BSI Kramat 98 (Rektorat), Jl. Kramat No. 98, Jakarta Pusat
    • Universitas BSI Salemba, Jl. Salemba Tengah No. 22, Jakarta Pusat
    • Universitas BSI Margonda, Jl. Margonda Raya No. 8, Depok

    Universitas BSI memberikan kesempatan besar bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang lebih tinggi dengan meringankan biaya kuliah. Caranya adalah membayar kuliah melalui cicilan dengan Pintek agar dapat membantu ekonomi mahasiswa dalam membayar kuliah.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program studi teknik elektro di BSI bisa mengunjungi website https://bsi.today/program-studi-teknik-elektro-s1/

    Baca juga: Informasi Pendaftaran PMB Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) 2022/2023

    Nah, itu tadi merupakan rangkuman mengenai program studi teknik elektro dan beberapa rekomendasi universitas program studi teknik elektro. Kalau informasi ini bermanfaat, bisa langsung klik suka pada artikel ini. Artikel ini juga bisa dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan informasi yang sama.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    Program Studi Teknik Elektro
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria