Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Belum Lulus Tes PTN? Berikut Rekomendasi Universitas Swasta yang Bisa Kamu Pilih

2022-09-09

Blog-Rekomendasi-Universitas-Swasta-Banner.jpg

Untuk kamu yang belum lolos masuk ke universitas negeri, tidak perlu berkecil hati. Sebab banyak universitas swasta yang juga menawarkan penyelenggaraan pendidikan yang tidak kalah baik nya dengan universitas negeri. Kami telah menyusun beragam rekomendasi universitas swasta yang bisa kamu pilih. Rekomendasi universitas swasta ini telah terbukti menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing dengan meraih banyak prestasi akademik, serta melahirkan alumni-alumni yang berkualitas.

Tapi sebelum melihat daftar rekomendasi universitas swasta, kita simak dulu bagaimana cara memilih universitas swasta yang baik.

Cara Memilih Universitas Swasta

1. Perhatikan Akreditas Kampus

Akreditasi adalah penentuan standar mutu atau penilaian terhadap suatu kriteria tertentu yang dilakukan berbasis fakta dan dilakukan oleh BAN-PT. Tujuannya memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya. Dalam memilih universitas swasta, paling tidak memiliki akreditas B, lebih baik lagi jika universitas tersebut terakreditasi A.

2. Terdapat Jurusan yang Kamu Inginkan

Baik berkuliah di universitas negeri maupun swasta, selama jurusan yang kamu ambil sesuai dengan apa yang kamu ingin, tidak menjadi persoalan. Namun dalam memilih jurusan juga kamu tidak bisa sembarangan. Kamu harus memperhatikan mulai dari minat kamu, kapasitas kamu terhadap perkuliahannya nanti, hingga prospek kerjanya yang menjanjikan

3. Didukung dengan Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih untuk berkuliah di universitas swasta. Kampus yang baik adalah kampus yang memiliki beragam fasilitas pendukung untuk para mahasiswanya. Mulai dari fasilitas akademik, seperti perpustakaan, ruangan kelas yang lengkap, laboratorium, hingga fasilitas non akademik seperti pusat olahraga, kantik, ruang ibadah dan lain sebagainya.

Rekomendasi Universitas Swasta

1. Universitas Tarumanagara

Rekomendasi universitas Swasta pertama adalah Universitas Tarumanegara. Universitas Tarumanagara (UNTAR) merupakan salah satu universitas tertua, terbesar, dan terbaik di Indonesia yang berdiri pada tanggal 1 Oktober 1959 dengan ditandai berdirinya "Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara" di bawah. naungan "Yayasan Tarumanagara". Untar terakreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki 30 Program Studi terakreditasi nasional dan internasional. Saat ini, UNTAR memiliki 3 lokasi kampus yaitu Kampus 1 beralamat di Jalan Letjen. S.Parman No.1, Kampus 2 beralamat di Jalan Tanjung Duren Utara No.1, dan Kampus 3 beralamat di Jalan Cilandak KKO No. 1 Ragunan.

Sebagai kampus Entrepreneurial yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE), Untar berhasil menjadi berhasil menempati posisi ke-31 PTS terbaik di Indonesia dan posisi ke-3 sebagai PTS terbaik di Jakarta.

Berikut fakultas dan program studi yang ada di UNTAR:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan prodi Akuntansi dan Manajemen
  • Fakultas Teknik dengan prodi Arsitektur, Teknik Sipil, Perencanaan Kota dan Real Estate, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Industri
  • Fakultas Ilmu Komunikasi dengan prodi Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan prodi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual
  • Fakultas Kedokteran dengan prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter
  • Fakultas Hukum dengan prodi Ilmu Hukum
  • Fakultas Psikologi dengan prodi Psikologi
  • Fakultas Teknologi Informasi dengan prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Baca juga: Informasi terlengkap penerimaan mahasiswa baru Untar 2022


2. Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung (UNISBA) juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan prestisius di Indonesia yang saat ini memiliki akreditasi kampus A. Perguruan tinggi swasta ini terletak di Jalan Tamansari, Bandung Wetan, Bandung. UNISBA merupakan sebuah perguruan tinggi yang bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim lahir atas gagasan tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat, khususnya Jawa Barat. Mewujudkan mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami menjadi tujuan pendidikan UNISBA.

Terdapat 33 program studi,, yang terdiri dari 10 fakultas. Fakultas-fakultas tersebut yaitu:

  • Fakultas Syariah
  • Fakultas Dakwah
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Mater-matika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakulyas Kedokteran

Baca juga: Biaya Kuliah UNISBA 2022/2023 dengan Danacita


3. Universitas Komputer Indonesia

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) adalah sebuah kampus swasta terkemuka di Indonesia yang memiliki spesialisasi di bidang teknologi dan informasi. UNIKOM terletak di kota Bandung, tepatnya di Jl.Dipatiukur No 112-114, kota Bandung, Jawa Barat dan resmi berdiri pada, tanggal 8 Agustus 2000.

Meskipun masih berusia 20 tahun, tetapi UNIKOM telah berhasil menorehkan berbagai prestasi dengan menjuarai kejuaraan tingkat nasional dan internasional dalam bidang teknologi dan informasi. Seperti juara pertama International Robot Contest di Amerika (2014), juara nasional Indonesia Digital Creative (2014), dan medali emas dalam Kontes Robot Internasional di Amerika (2010). Sangat berprestasi bukan?

  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Desain
  • Fakultas Ilmu Budaya

4. President University

President University adalah Perguruan Tinggi Swasta yang berstandar internasional yang lahir pada tahun 2001 dan bertempat di Kawasan Industri Jababeka, sebuah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

Kampus ini memiliki tujuan untuk menjadi institusi pendidikan global yang terkemuka. Tak heran jika sistem pendidikannya pun dirancang sesuai dengan perkembangan di dunia. Hal ini terbukti dengan President University menjalin kerjasama dengan 50 perusahaan multinasional di 30 negara. Selain itu, President University juga menjalin kerjasama pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kegiatan pendukung lainnya dengan 59 perguruan tinggi dari 27 negara. Dengan kata lain, peluang kamu untuk bekerja di perusahaan multi nasional terbuka lebar ketika kamu masuk kuliah ke President University. President University ini menjadi salah satu rekomendasi universitas swasta yang paling diminati.

Berikut 4 fakultas yang ada di President University:

  • Fakultas Bisnis
  • Fakultas Humaniora
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Komputer

Baca juga: Biaya Kuliah President University 2021/2022 dengan Danacita


5. Universitas Pembangunan Jaya

Rekomendasi universitas swasta selanjutnya adalah Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). UPJ merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 2011 dengan Ijin Operasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011 tanggal 25 Februari 2011 dan didukung penuh kelompok usaha Pembangunan Jaya. UPJ didirikan melalui pengalaman panjang grup Jaya yang telah melahirkan berbagai mahakarya properti dan pembangunan infrastruktur monumental di DKI Jaya dan sekitarnya.

Berbekal motto “Mendidik Manusia Jaya yang berintegritas, professional dan memiliki spirit entrepreneur” sistem pendidikan di UPJ diibaratkan seperti dua sisi koin, mempersiapkan manusia yang utuh dengan softskills dan hardskills untuk menjadi sarjana yang mampu mengatasi segala bentuk tantangan dalam masyarakat dan giat berperan serta menyumbangkan pemikiran dan keterampilannya ke lingkungan dimana mereka berada.

Saat ini, terdapat 10 program studi (prodi) yang terbagi ke dalam 2 fakultas yaitu:

  • Fakultas Humaniora dan Bisnis dengan prodi Psikologi, Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Teknologi dan Desain dengan prodi Arsitektur, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Produk

Baca juga: Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UPJ 2022


6. Institut Teknologi Indonesia

Institut Teknologi Indonesia (ITI) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 1 Oktober 1984 dan berlokasi di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Awal berdirinya perguruan tinggi ini dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) yang diprakarsai langsung oleh Mantan PResiden Ketiga Indonesia, Prof. B.J Habibie untuk memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia.

Sejak didirikan, ITI memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi Keteknikan/ Teknologi yang efisien, berkualitas dan terjangkau oleh sebanyak mungkin anak bangsa. Sehingga melalui penyelenggaraan pendidikan teknik, ITI telah menghasilkan SDM unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan SDM technopreneur yang menciptakan peluang untuk masa depan yang lebih baik.

Berikut program studi yang ada di ITI:

  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Industri
  • Teknik Kimia
  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Teknik Arsitektur
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknologi Industri Pertanian
  • Manajemen

Baca juga: Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru ITI 2022


7. Universitas Binawan

Universitas Binawan adalah salah satu pusat pendidikan tinggi di Indonesia yang didirikan pada 28 Februari 2000 dan berada di bawah Badan Penyelenggara Pendidikan Yayasan Binawan. Awalnya, kampus ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan, yang kemudian berubah bentuk menjadi Universitas Binawan pada 24 Juli 2018.

Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, Universitas Binawan mempunyai berbagai keunggulan yang membuat kampus ini banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Mulai dari pengajar yang berasal dari berbagai negara sebagai dosen tamu, fasilitas, serta banyaknya kerjasama yang dijalin, sehingga membuka peluang kerja, magang dan pertukaran mahasiswa ke luar negeri

Berikut fakultas dan program studi (prodi) yang ada di Universitas Binawan:

  • Fakultas Ekonomi Bisnis dengan prodi Manajemen
  • Fakultas Sosial dan Humaniora dengan prodi Kesejahteraan Sosial dan Psikologi
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan prodi Gizi dan Teknik Lingkungan
  • Fakultas Sains dan Teknologi dengan prodi Farmasi, Aktuaria, dan Teknologi Laboratorium Medis
  • Fakultas Keperawatan dan Kebidanan dengan prodi Ilmu Keperawatan dan Kebidanan
  • Fakultas Fisioterapi dengan prodi Fisioterapi

Itu dia rekomendasi universitas swasta yang bisa kamu pilih dan bagaimana cara memilihnya. Baik universitas swasta maupun negeri sama-sama memiliki kelebihannya. Di swasta juga kamu akan menerima mata kuliah dan penyelenggaraan pendidikan yang tidak kalah dengan universitas negeri. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati jika masuk ke universitas swasta. Selama kamu bisa mengikuti perkuliahan dengan baik dan memiliki karakter yang kuat, kamu juga dapat bersaing dengan lulusan universitas negeri manapun di dunia kerja nantinya.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!