Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

7 Rekomendasi Kampus di Jakarta dan Sekitarnya

2022-09-06

Daftar isi

    Bagi calon mahasiswa baru yang berminat melanjutkan pendidikan di Jakarta, tentu perlu melakukan berbagai persiapan, salah satunya yaitu dengan mencari tahu rekomendasi kampus di Jakarta. Dengan begitu, kamu pun akan tahu lebih dalam tentang kampus beserta program pendidikan yang disediakannya.

    Memilih kampus dan jurusan kuliah itu sangat penting. Alih-alih tidak dipersiapkan dengan matang, jika kamu salah pilih maka bisa berujung pada penyesalan. Calon mahasiswa baru perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih kampus di Jakarta dan jurusan kuliahnya.

    Jangan memilih hanya karena mengikuti teman atau lantaran jatuh hati dengan kotanya saja. Saat ini, sudah banyak kampus di Jakarta yang bagus dan berkualitas karena akreditasi dan reputasinya yang baik. Lebih lanjut, bahkan kampus-kampus ini memiliki prospek kerja yang bagus setelah lulus dari kampus tersebut.Tidak sedikit pula alumni kampus Jakarta yang berhasil dalam persaingan di berbagai hal, termasuk bidang profesional, karena mereka dianggap lebih unggul.

    Nah, berikut beberapa daftar kampus di Jakarta yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan tinggimu. Yuk, simak rekomendasi kampus di Jakarta berikut ini!

    Baca juga: 4 Rekomendasi Kampus di Semarang, Wajib Disimak!

    Kenapa Kamu Perlu Kuliah

    Belajar di jenjang perguruan tinggi atau kuliah merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, semakin banyak juga keuntungan yang akan kamu dapat.

    Tidak sedikit orang yang memandang mahasiswa sebagai kaum intelektual. Pandangan ini memang lah benar, karena selama berkuliah, wawasan dan ilmu pengetahuan yang kamu miliki akan bertambah dan semakin luas. Hal ini bisa terjadi karena akan ada banyak materi yang kamu dapat dari dosen. Selain itu, di dunia perkuliahan, kamu tidak hanya akan mendapat pengetahuan di dalam kelas saja, di luar kelas pun kalian bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi.

    Dapat disimpulkan bahwa kuliah bisa disebut sebagai investasi diri untuk masa depan karena ilmu yang didapat akan sangat bermanfaat untuk perkembanganmu. Ilmu yang sudah dipelajari tersebut bisa bermanfaat untuk mempersiapkan diri menuju dunia pekerjaan sehingga kamu bisa masuk dan bekerja di perusahaan-perusahaan sesuai bidang disiplin ilmu.

    Kenapa Ambil Kuliah di Jakarta

    Jakarta merupakan ibu kota besar yang bisa dibilang memiliki segalanya. Selain itu, Jakarta juga menjadi pusat berbagai bidang, mulai dari pemerintahan, bisnis, perbelanjaan, hingga pendidikan. Tak heran jika sejak dulu Jakarta selalu menjadi kota idaman dan kota tujuan banyak orang untuk mengadu nasib dan meraih mimpi.

    Bagi banyak anak muda di kota-kota di luar Jakarta, berkuliah di Jakarta bisa menjadi langkah awal untuk mencapai kesuksesan. Hal ini karena di Jakarta banyak sekali kesempatan yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari kesempatan untuk ikut acara internal kampus yang biasa dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, maupun acara di luar kampus yang tak kalah menarik dan bermanfaat.

    Berkuliah di Jakarta juga bisa menjadi gerbang untuk merintis kesuksesan di kancah internasional. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada di Jakarta juga jelas lebih maju dibandingkan daerah lainnya.

    Keuntungan Kuliah di Jakarta

    Sebenarnya apa keuntungan kuliah di Jakarta sebagai kota tujuan calon mahasiswa baru? Yuk, simak keuntungan kuliah di Jakarta berikut ini!

    1. Ada Banyak Pilihan Perguruan Tinggi Berkualitas

    Jakarta memiliki deretan PTN ternama yang bisa menjadi tujuan kamu menimba ilmu lebih tinggi, seperti UI, UNJ, dan lain-lain. Kamu hanya perlu menemukan jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu dan mengikuti syarat masuk PTN yang berlaku. Tak hanya PTN saja, Jakarta juga memiliki banyak PTS yang tak kalah berkualitas.

    Jumlah perguruan tinggi di Jakarta saat ini sudah mencapai lebih dari 400 kampus dengan peringkat akreditasi yang bervariasi, mulai dari baik, baik sekali, bahkan unggul. Banyaknya pilihan kampus ini menjadi daya tarik utama para calon mahasiswa untuk berkuliah di Jakarta. Di sisi lain, semakin banyak pilihan perguruan tinggi berarti semakin banyak pilihan jurusan, program studi, dan tentu saja biayanya.

    2. Kesempatan Magang di Perusahaan Bergengsi

    Jakarta adalah kota metropolitan yang juga menjadi pusat bisnis nasional. Banyak perusahaan nasional maupun multinasional yang membuka kantor di Jakarta. Dengan berkuliah di Jakarta, kamu dapat mencoba peruntungan untuk magang di perusahaan-perusahaan bergengsi tersebut.

    Apalagi, sebagian kampus di Jakarta sudah menjalin relasi baik dengan banyak perusahaan sehingga kesempatan untuk magang sudah lebih terbuka. Peluang seperti ini tentu sulit didapatkan bila Anda kuliah di kota yang bukan menjadi pusat bisnis.

    3. Peluang Mendapatkan Beasiswa yang Tinggi

    Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan berbagai beasiswa seperti Bidikmisi maupun beasiswa jalur prestasi. Nah, dengan banyaknya kampus di Jakarta, peluang untuk mendapat beasiswa semakin tinggi nih.

    Tak hanya beasiswa dari pemerintah pusat saja yang bisa kamu coba saat kuliah di Jakarta, banyak perusahaan maupun lembaga yang bekerjasama dengan kampus-kampus unggulan ini untuk bisa menyalurkan dana pendidikan.

    Kamu ingin kuliah di Jakarta tapi ingin berpeluang belajar ke luar negeri juga? Bisa dong! Hal yang perlu dilakukan adalah mencari informasi beasiswa pendidikan lanjutan maupun kesempatan short course hingga pertukaran pelajar antar negara lewat pusat kebudayaan dari berbagai kedutaan besar yang ada di Jakarta.

    4. Fasilitas Umum yang Memadai

    Jakarta tergolong salah satu kota besar di Indonesia sehingga fasilitas umum memadai bukan hal yang asing. Kamu bisa pergi ke mana saja dengan mudah menggunakan bus TransJakarta, angkutan kota, kereta rel listrik (KRL), MRT, LRT, hingga taksi.

    Kamu yang tak memiliki kendaraan pribadi tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara bepergian di dalam kota karena ada banyak pilihan alat transportasi umum yang tarifnya pun cukup terjangkau.

    5. Sarana Pendidikan yang Menunjang

    Menentukan tempat untuk berkuliah tentunya perlu mempertimbangkan sarana pendidikan yang memadai di luar kampus. Tujuannya sebagai pelengkap apabila sarana dan prasarana kampus memiliki kekurangan. Misalnya seperti perpustakaan kampus yang kadangkala koleksi bukunya kurang lengkap sehingga kamu harus mencari referensi buku di perpustakaan lain.

    Bayangkan jika kota dimana kampus kamu berada juga tidak memiliki ekosistem perpustakaan yang memadai, mungkin kamu harus menyisihkan uang lebih banyak untuk membeli buku yang penggunaannya hanya untuk sementara waktu. Ini tidak akan terjadi di

    Jakarta yang memiliki banyak perpustakaan.

    Adanya fasilitas perpustakaan yang memadai di Jakarta, membuat kamu bisa meminjam buku yang dibutuhkan. Dengan demikian, kamu tidak akan kekurangan koleksi buku untuk referensi kuliah. Belum lagi sarana pendidikan lain, seperti co-working space, yang bisa menjadi tempat nyaman untukmu belajar secara berkelompok dan juga taman-taman dengan tema tertentu yang edukatif sebagai pengetahuan umum. Kota Jakarta akan membuatmu nyaman untuk belajar dengan sarana pendidikan yang menunjang.

    Rekomendasi Kampus di Jakarta

    Tertarik untuk melanjutkan studi di Jakarta? Berikut rekomendasi kampus di Jakarta yang mungkin cocok untuk kamu:

    1. Universitas Tarumanagara

    Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah rekomendasi kampus di Jakarta yang beralamat di Jalan Letjen S Parman No 1 Jakarta Barat. UNTAR sudah mendapat akreditasi A dari BAN- PT dengan No SK 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. SK ini menunjukkan bahwa UNTAR sudah terakreditasi sejak 2017 lalu.

    Sejak berdiri pada tahun 1959 hingga sekarang, Untar telah meraih banyak penghargaan. Diantaranya yang terbaru ialah, pengajar sekaligus rektor UNTAR, Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, menerima sertifikat dan medali ASEAN Engineer dari The ASEAN Federation of Engineering Organisations.

    Penghargaan tersebut diberikan di acara 36th Conference of the ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO 36) yang digelar di Singapura pada 12-14 November 2018. Alasan diberikan penghargaan tersebut karena pengajar pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNTAR ini dianggap memenuhi kualifikasi sebagai ASEAN Engineer (ASEAN Eng).

    UNTAR menawarkan beberapa fakultas di program S1-nya, yaitu:

    • Fakultas Ekonomi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Fakultas Kedokteran
    • Fakultas Hukum
    • Fakultas Seni Rupa dan Desain
    • Fakultas Teknik

    2. Universitas Paramadina

    Rekomendasi kampus di Jakarta yang satu ini merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar, kecakapan berkarya, kelapangan wawasan dan kemandirian jiwa.

    Paramadina memiliki 3 pilar utama yang dijunjung tinggi, yakni keislaman keindonesiaan, dan kemodernan. Kemodernan ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi yang canggih, seperti keberadaan media belajar online, yang disebut Paramadina e-learning sehingga mahasiswa bisa tetap kuliah, meskipun di masa pandemi Covid-19.

    Melalui e-learning, mahasiswa tetap bisa belajar dengan mengakses materi kuliah, mengerjakan tugas, dan menyelesaikan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Diskusi dengan dosen juga dapat dilakukan melalui chat-room Paramadina e-learning.

    Universitas Paramadina juga punya pilihan program studi menarik antara lain:

    • Teknik Informatika
    • Desain Produk Lifestyle
    • Islam Madani
    • Hubungan Internasional
    • Ilmu Komunikasi
    • Desain Komunikasi Visual

    3. President University

    President University merupakan salah satu rekomendasi kampus di Jakarta yang dikelilingi oleh 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara. Kampus ini memang memiliki tujuan untuk menjadi institusi pendidikan global yang terkemuka, sehingga sistem pendidikannya pun dirancang sesuai dengan perkembangan di dunia, lho!

    Selain itu, President University juga menjalin kerja sama dengan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kegiatan pendukung lainnya dengan 59 perguruan tinggi dari 27 negara. Tidak hanya itu, ada lebih dari 50 perusahaan baik nasional maupun multinasional yang menjalin kerja sama dengan kampus ini. Dengan begitu, peluang karir kamu setelah lulus kuliah nanti akan semakin luas.

    President University memiliki 13 program studi atau jurusan yang terdiri dari 4 fakultas, yaitu:

    • Fakultas Komputer
    • Fakultas Bisnis
    • Fakultas Teknik
    • Fakultas Humaniora

    4. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

    Universitas Bina Sarana Informatika telah menjadi kampus swasta yang unggul di bidang ekonomi kreatif. Di samping itu kampus Universitas BSI ini juga telah terakreditasi B yang proses pengajarannya didukung oleh dosen-dosen profesional dan terlatih. Kampus ini juga masuk dalam 50 Universitas Terbaik versi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III.

    Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) menyelenggarakan pendidikan akademik untuk jenjang diploma dan sarjana, memiliki 3 fakultas dan 11 program studi untuk program sarjana sebagai berikut:

    • Fakultas Ekonomi & Bisnis
    • Fakultas Komunikasi & Bahasa
    • Fakultas Teknik & Informatika

    5. Institut Teknologi PLN (IT PLN)

    Di tengah banyaknya kebutuhan lulusan pendidikan tinggi selevel Sarjana keteknikan serta pelatihan yang intensif di bidang energi dan ketenagalistrikan, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar di Indonesia, yaitu PT PLN (Persero) menyediakan lembaga pendidikan tingkat tinggi bernama Sekolah Tinggi Teknik PLN yang kini telah bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN (IT-PLN).

    Lembaga pendidikan tinggi spesialis bidang energi dan ketenagalistrikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero) ini memiliki fokus dalam mencetak tenaga ahli bidang energi dan listrik yang unggul, terampil, profesional, dan berdaya saing tinggi.

    Institut Teknologi PLN memiliki beberapa fakultas yang bisa kamu pilih, antara lain:

    • Fakultas Kelistrikan & Energi Terbarukan
    • Fakultas Teknologi & Bisnis Energi
    • Fakultas Teknologi Infrastruktur & Kewilayahan
    • Fakultas Telematika Energi
    • Fakultas Program Pascasarjana

    6. Institut Teknologi Indonesia (ITI)

    Rekomendasi kampus di Jakarta selanjutnya adalah Institut Teknologi Indonesia (ITI). Kampus ini merupakan lembaga di bawah Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI). Saat ini YPTI dipimpin oleh Prof. B. J. Habibie, Presiden Ketiga Indonesia. ITI didirikan untuk mengatasi masalah kelangkaan insinyur di Indonesia sesuai dengan amanah kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

    ITI mengembangkan keswadayaan Iptek tepat-guna masyarakat untuk menjawab tantangan pembangunan daerah dan nasional. Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Institut Teknologi Indonesia memiliki beberapa fakultas, seperti:

    • Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan
    • Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi
    • Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
    • Fakultas Telematika Energi
    • Fakultas Program Pascasarjana

    7. Universitas Binawan

    Universitas Binawan adalah salah satu pusat pendidikan tinggi di Indonesia yang berada di bawah Badan Penyelenggara Pendidikan Yayasan Binawan. Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, Universitas Binawan mempunyai berbagai keunggulan yang membuat kampus swasta Jakarta ini banyak diminati oleh para pelajar.

    Terdapat 5 program studi yang bisa kamu pilih jika ingin kuliah di Universitas Binawan, antara lain:

    • Keperawatan
    • Ilmu Gizi
    • Fisioterapi
    • Kesehatan dan Keselamatan Kerja
    • Teknologi Laboratorium Medik

    Bagaimana, sungguh menarik bukan rekomendasi kampus di Jakarta di atas? Semoga membantu kamu dalam mencari kuliah di Jakarta ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!