Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

SEO Specialist: Pengertian, Tugas, Gaji, Prospek Kerja

2022-10-24

Daftar isi

    Di era digital seperti sekarang mulai banyak bermunculan pekerjaan baru yang berbasis IT. Salah satunya yaitu SEO Specialist atau Search Engine Optimization Specialist. Meski terdengar baru, pekerjaan ini sebetulnya sudah cukup familiar di dunia internet khususnya di bidang search engine.

    Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang startup atau digital agency biasanya membutuhkan jasa SEO Specialist untuk menangani website sebuah perusahaan atau klien. Pasalnya, website dapat menjadi ‘rumah’ untuk mempromosikan brand atau perusahaan untuk orang-orang yang ingin mencari informasi yang lengkap. Lebih tepatnya profesi ini bekerja dalam ruang lingkup dunia digital marketing, karena tujuannya membantu meningkatkan penjualan.

    Biar lebih paham tentang profesi ini, simak penjelasan SEO Specialist, cara menjadi SEO Specialist, hingga rekomendasi bootcamp SEO.

    Apa Itu SEO Specialist?

    Sesuai namanya, SEO specialist merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia optimasi search engine atau mesin pencarian. Sederhananya, spesialis SEO bisa dikatakan sebagai seorang pakar SEO dan memiliki pengalaman dan skill khusus dalam hal internet marketing. Biasanya ahli SEO semacam ini sangat dicari oleh para pemilik bisnis startup yang ingin meningkatkan penjualan dari website dan mesin pencarian.

    Jadi, seorang SEO Specialist tidak hanya paham cara menulis dengan kata-kata yang baik menggunakan keywords, tetapi juga memperhatikan tampilan image, bagaimana memaksimalkan website secara utuh agar menarik audiens lebih banyak, hingga rutin memonitor performa website secara rutin. Inilah mengapa profesi ini harus bekerja sama dengan seorang web developer dan desain grafis.

    Job Deskripsi SEO Specialist

    Sekarang, kamu sudah punya gambaran mengenai apa itu SEO specialist, bukan? Agar makin paham, kamu juga perlu tahu apa saja tugas dan tanggung jawab seorang SEO Specialist. Berikut adalah beberapa di antaranya.

    • Merancang arsitektur teknis untuk pengembangan SEO perusahaan.
    • Menganalisa website baik dari sudut pandang mesin pencari dan user untuk memaksimalkan optimasi website.
    • Memastikan seluruh konten sudah teroptimasi dengan maksimal pada semua platform internet seperti blog, website, video, smartphone, dan lainnya.
    • Mempromosikan sebuah website baik secara off site ataupun onsite.
    • Membuat laporan secara terperinci mengenai kinerja website yang sudah dioptimasi.
    • Meningkatkan serta mempertahankan aspek seperti profil, traffic dan interaksi dengan pengguna yang menentukan ranking web di mesin pencarian.
    • Mengestimasi perubahan apapun yang ada di algoritma Google.
    • Mempunyai pengetahuan dan skill SEO copywriting, teknik iklan dan desain layout.
    • Menangani segala hal yang berkaitan dengan search engine marketing.
    • Memahami pola mesin pencari untuk menemukan formula yang tepat agar traffic website mencapai target yang diinginkan.

    Jenjang Karir SEO Specialist

    1. Junior SEO Specialist

    Tahun pertama sebagai Junior SEO Specialist ini, kamu akan menguji, menganalisis, dan mengubah website agar lebih ramah mesin pencari. Dalam kebanyakan kasus, kamu akan berkolaborasi erat dengan tim pengembangan web (web developer) untuk memastikan bahwa praktik terbaik SEO digunakan untuk semua komponen halaman website.

    Tanggung jawab pekerjaan kamu akan mencakup keyword research, onpage & offpage optimization, pengoptimalan konten artikel (bekerja sama dengan copywriter), link building, dan SEO reporting. Fokus utama pada trafik organik didalam website.

    2. SEO Executive

    Berlanjut di tahun selanjutnya, saat sudah memperoleh pengalaman substansial dalam praktik dan analitik terbaik SEO, kamu dapat menjadi SEO Executive dan fokus melakukan analisis on-site dan off-site dari website kompetitor bisnis perusahaan yang kamu pegang.

    Menggunakan tools seperti Google Analytics, AHREFS, SEMRush, atau SEO Tools lain untuk membuat Website Performance Report. Membantu tim konten dalam pembuatan konten artikel yang SEO friendly, informatif dan berkualitas tinggi. Fokus utamanya selain trafik organik didalam website, juga fokus menganalisa website kompetitor sebagai acuan improvement.

    3. SEO Manager

    Setelah dua atau tiga tahun bekerja sebagai SEO Executive, jenjang karir selanjutnya adalah SEO Manager, SEO Manager bertanggung jawab untuk merencanakan, menerapkan, dan mengelola strategi SEO perusahaan secara keseluruhan. Biasanya mencakup berbagai tugas seperti web marketing, web analysis, content strategy planning, link building, and keyword strategy.

    Ditahap ini biasanya kamu sudah memiliki anggota tim seperti Content Writer, Junior SEO Specialist, dan juga Graphic Designer untuk melengkapi divisi.

    4. Head of Digital

    Bertahun-tahun berjalan dibidang ini, kamu sampai di jenjang karir Head of Digital. Tanggung jawab lebih besar dan lebih kompleks dibanding jenjang karir sebelumnya. Sebagai Head of Digital, kamu bertanggung jawab memastikan praktik dan proses terbaik di seluruh tim digital sehingga hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

    Mengelola, memonitor, dan melakukan approval segala aktivitas tim digital. Mencari solusi dan membuat rekomendasi untuk perbaikan sistem dan infrastruktur digital perusahaan. Di sini kamu menerima report organik maupun paid dari SEO Specialist ataupun Digital Marketing Specialist, dan bisa menentukan dan menyarankan langkah lanjutan yang harus dilakukan.

    Gaji SEO Specialist

    Gaji SEO specialist sangat kompetitif dan bervariasi tergantung dari tanggung jawab yang diberikan. Beberapa perusahaan mempekerjakan SEO specialist untuk melakukan praktik SEO yang relatif mudah untuk mengoptimalkan website bisnis kecil dengan tingkat persaingan yang rendah. Sedangkan sebagian perusahaan yang lain merekrut SEO specialist yang bertanggung jawab untuk mengawasi strategi komprehensif SEO sekaligus mengelola tim SEO yang besar.

    Sebagai gambaran, berikut ini gaji SEO specialist dari beberapa perusahaan di Jakarta, yaitu :

    1. Gaji SEO associate di IDN Media sekitar Rp5.000.000.
    2. Gaji SEO specialist di Hashmicro sekitar Rp6.000.000-Rp7.000.000.
    3. Gaji SEO specialist Tokopedia sekitar Rp8.000.000-Rp9.000.000.
    4. Gaji SEO executive Traveloka sekitar Rp10.000.000.
    5. Gaji SEO content specialist sekitar Rp7.000.000-Rp8.000.000.
    6. SEO strategist di Digitel mendapatkan gaji sebesar Rp7.000.000.
    7. SEO specialist di iProspect mendapatkan gaji sebesar Rp6.000.000.
    8. SEO content writer di Sinteki Digital Solusi mendapatkan gaji sebesar Rp5.000.000-Rp6.000.000.
    9. SEO specialist di Astra Internasional mendapatkan gaji sebesar Rp9.000.000-Rp10.000.000.
    10. SEO content writer di Bukalapak mendapatkan gaji sebesar Rp8.000.000-Rp9.000.000.

    Cara Menjadi Seorang SEO Specialist

    Jika kamu tertarik dengan profesi ini, sebagai pemula ada berbagai cara menjadi SEO Specialist. Secara umum, tidak ada spesifikasi jurusan kuliah tertentu untuk menjadi SEO Specialist. Kamu juga tidak perlu memiliki latar belakang di bidang IT untuk berkarir sebagai SEO Specialist.

    Mempelajari SEO juga dapat dilakukan dari dasar atau tanpa pengalaman. SEO Specialist adalah profesi yang dapat dipelajari secara otodidak, jika memenuhi persyaratan berikut:

    1. Paham dan Update Mengenai Algoritma Search Engine

    Cara menjadi SEO Specialist yang pertama adalah paham dan update mengenai algoritma search engine. Search engine seperti Google, Bing atau Yahoo memiliki tiga mesin utama yaitu Crawling (konten), Indexing (menyimpan dan melacak konten), retrieval (konten yang berkaitan dengan yang dicari pengguna). Tiga konsep tersebut harus dipahami untuk dapat memahami cara algoritma search engine.

    2. Update dengan Trend SEO Terbaru

    Cara menjadi SEO Specialist selanjutnya adalah update SEO. Sejak pembaruan 2002, Google telah membuat perubahan algoritma utamanya secara eksplisit. Seorang SEO Specialist harus mampu mengikuti perkembangan yang terus berubah.

    Perubahan yang terjadi pun harus dipelajari secara otodidak dengan terus membaca informasi terbaru, melatih keterampilan dan pengalaman.

    3. Paham Mengenai Pemeliharaan Website

    Meski tidak diharuskan paham bahasa pemrograman, cara menjadi SEO Specialist harus mengerti cara kerja penggunaan website. Seperti penempatan artikel, gambar, link ,attachment, dan lain-lain. Tak kalah penting seorang SEO Specialist akan memiliki nilai tambah apabila paham mengenai bahasa pemrograman, terutama 3 yang wajib yaitu css, html dan javascript. Paham 3 bahasa pemrograman itu sudah cukup membantu pekerjaan seorang SEO Specialist.

    4. Menguasai Bahasa Digital Marketing

    Pemasaran produk melalui platform digital kini menjadi prioritas utama perusahaan-perusahaan berkembang di seluruh dunia. Pemasaran melalui metode ini dinilai lebih cepat dan tepat sasaran, menjangkau lebih luas, lebih efektif dan biayanya terjangkau serta lebih mudah dievaluasi.

    Cara menjadi SEO Specialist harus mampu menjadikan konten yang disajikan mampu bersaing dengan kompetitor baik dari segi penyajian informasi maupun dari kemudahan dalam mengakses produk yang ingin dibeli.

    5. Memahami Beberapa Tools SEO

    Cara menjadi SEO Specialist selanjutnya adalah harus menguasai beberapa software yang menunjang kinerjanya. Diantaranya Google Webmaster tools, Google Analytics, Semrush, Google Adwords, dan Ahrefs. Software tersebut membantu memantau, menganalisa, dan memperbaiki hasil kerja SEO Specialist.

    Rekomendasi Bootcamp SEO

    Kamu mungkin sudah belajar SEO secara otodidak, tapi memutuskan untuk serius belajar sampai mau mengeluarkan investasi untuk meningkatkan ilmu? Jika kamu masih belum tahu rekomendasi bootcamp SEO sebagai opsi untuk belajar ilmu SEO, berikut rekomendasinya:

    1. Dibimbing

    Rekomendasi bootcamp SEO yang pertama adalah Dibimbing. Selama 16 minggu, kamu akan dibimbing untuk menguasai Digital Marketing secara lengkap dengan kurikulum yang komprehensif selama 16 minggu. Materinya mencakup Introduction dan Fundamental digital marketing, social media, SEO/SEM, CRM dan marketplace ads.

    Untuk menunjang pembelajaran, kamu juga akan dibekali dengan 20+ video pembelajaran yang bisa kamu tonton setiap saat, dan konsultasi pribadi bersama mentor yang berpengalaman.

    Informasi selengkapnya di sini

    2. Binar Academy

    Rekomendasi bootcamp SEO selanjutnya adalah Binar Academy. Bootcamp digital marketing di Binar Academy diadakan secara online selama 3x seminggu pukul 19.00-22.00 WIB selama 4 bulan dengan kurikulum terbaru. Binar Academy memberikan fasilitas seperti diskusi dengan fasilitator, video belajar yang sudah direkam, audio/podcast, materi bacaan, quiz, Project Based Learning, Practical Case Study, dan pembuatan portofolio.

    Informasi selengkapnya di sini

    3. Rakamin Academy

    Rekomendasi bootcamp SEO selanjutnya adalah Rakamin Academy. Dilansir dari website resmi Rakamin Academy, ada beberapa alasan kenapa Rakamin Academy dapat membantumu untuk menjadi seorang digital marketing:

    • Layanan Career Profiler dan Konseling
    • Belajar langsung bersama expert dari perusahaan Top-Tech
    • Merasakan Pengalaman Kerja Virtual di perusahaan Top-Tech
    • Garansi 100% uang kembali jika dalam 6 bulan tidak mendapatkan pekerjaan

    Informasi selengkapnya di sini

    Menjadi SEO Specialist Bersama Danacita

    Itulah informasi lengkap seputar SEO specialist, mulai dari penjelasan hingga rekomendasi bootcamp SEO. Jika kamu tertarik untuk kursus di salah satu rekomendasi bootcamp SEO yang sudah dipaparkan sebelumnya tapi terkendala akan masalah biaya, tak perlu khawatir karena Danacita sudah bekerjasama dengan ketiga lembaga kursus tersebut dalam memberikan pembiayaan pendidikan.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dengan ketiga lembaga di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya pendidikanmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Jika kamu tertarik untuk mengajukan, bisa langsung klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    seo seo specialist cara menjadi seo specialist rekomendasi bootcamp seo
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri