Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Tips Jago Public Speaking Untuk Mahasiswa dan Pemula

2022-03-30

Daftar isi

    Public speaking merupakan salah satu kemampuan komunikasi yang penting dimiliki oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan saat berkuliah, pasti mahasiswa diberikan tugas untuk melakukan presentasi di kelas atau bisa juga presentasi dalam organisasi yang diikuti.

    Bila skill public speaking-mu sudah diasah dari kuliah, maka hal ini bisa mempermudah kamu sampai nanti saat memasuki dunia kerja. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang masih merasa gugup atau demam panggung sebelum melakukan public speaking. Bila kamu termasuk salah satunya, baca informasi berikut sebagai tips meningkatkannya.

    Kuasai Topik yang Ingin Dibahas

    Hal mendasar yang harus dilakukan untuk meningkatkan skill public speaking adalah dengan menguasai topik yang ingin dibahas terlebih dahulu. Dengan begitu, otomatis kamu akan tahu apa saja yang ingin disampaikan dan bisa mengurangi rasa gugup. Lain halnya jika kamu kurang menguasai topik, maka kamu akan merasa kurang percaya diri sehingga bisa mengurangi performa mu saat public speaking.

    Bisa dibaca: 5 Tips Ampuh Buat Mahasiswa yang Masih Suka Gugup Saat Presentasi

    Posisikan Nada yang Sesuai dengan Target Audiens atau Lawan Bicara

    Sebelum melakukan public speaking, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu audiens atau lawan bicara yang kamu ajak berbicara. Misalnya, bila kamu ingin melakukan presentasi dalam mata kuliah, maka kamu harus sesuaikan gaya bahasa maupun intonasinya yang lebih formal, karena selain berbicara di hadapan teman-teman, kamu juga berbicara di hadapan dosen. Dengan memposisikan diri yang sesuai bisa membantumu agar bisa lebih lancar saat penyampaian materi atau topik yang dibahas.

    Perhatikan dan Dengarkan Orang Lain

    Source: Freepik.com/Freepik

    Untuk bisa jago dalam public speaking, kamu juga bisa memperhatikan dan mendengarkan orang lain dengan seksama saat mereka sedang public speaking. Cobalah untuk menonton atau mendengarkan konten yang berisi orang-orang dengan public speaker hebat. Kamu bisa coba amati lalu contoh bagaimana cara mereka menyampaikan materi yang dibahas lalu sesuaikan dengan gaya penyampaian sendiri.

    Lakukan Interaksi dengan Audiens

    Saat sedang berbicara di hadapan teman-temanmu atau di depan kelas melakukan presentasi, hal yang harus kamu ingat adalah untuk berinteraksi dengan audiens yang ada. Kamu bisa mencobanya seperti dengan membuat kontak mata dengan audiens lalu lemparkan pertanyaan-pertanyaan simpel di tengah penjelasan materi supaya mereka merasa bahwa kamu tidak sedang berbicara sendiri, tapi juga mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi. Selain itu kamu juga dapat memberi sesi tanggapan atau tanya jawab di akhir penyampaian materi.

    Kamu bisa cek juga artikel ini: Mengapa Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Itu Penting

    Hindari Membaca Catatan Terus Menerus

    Saat ingin melakukan public speaking, tidak ada salahnya untuk menyiapkan catatan kecil sebagai pegangan bila kamu khawatir akan ada materi yang terlupa atau terlewat. Daripada menjelaskan keseluruhan materi di dalam catatan, buatlah poin-poin penting yang fungsinya hanya sekedar menjadi pengingat. Kamu bisa membaca poin-poin ini, tapi saat menjelaskan, cobalah untuk elaborasi dengan bahasamu sendiri agar tidak terlalu kelihatan textbook.

    Terus Berlatih

    Sama seperti skill-skill lainnya, bila kamu ingin bisa handal dalam public speaking, maka kamu harus terus berlatih karena practice makes perfect. Cobalah berlatih sendiri di hadapan kaca dan perhatikan bagaimana caramu berbicara. Terus latih gaya bicaramu, intonasi, sampai ekspresi wajah sampai gestur tubuh yang disesuaikan dengan tujuan dari public speaking tersebut. Bisa saja dengan terus berlatih kamu akan menemukan gaya atau cara yang cocok untuk public speaking-mu.

    Itulah cara yang bisa kamu coba lakukan untuk melatih kemampuan public speaking bagi kamu yang masih pemula ataupun pemalu. Memang pada dasarnya public speaking bukanlah kegiatan yang mudah, tapi teruslah semangat untuk improve kemampuanmu sedikit demi sedikit sampai kamu merasa sudah cukup bagus.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri