Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Tips Ampuh Buat Mahasiswa yang Masih Suka Gugup Saat Presentasi

2022-03-11

Daftar isi

    Dalam perkuliahan, banyak kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa, mulai dari belajar, mengerjakan tugas, melakukan presentasi, dan masih banyak lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut dibuat dengan tujuan untuk membentuk dan membangun kualitas mahasiswa. Untuk masalah belajar dan mengerjakan tugas, mahasiswa masih bisa melakukannya bersama, lain halnya dengan presentasi. Meskipun bisa presentasi dengan berkelompok, untuk bicara di depan kelas tetap individu.

    Sayangnya, untuk berbicara saat presentasi di depan banyak orang memang tidak semudah yang dibayangkan. Masih banyak mahasiswa yang suka gugup saat gilirannya untuk melakukan presentasi. Bagi kamu yang masih suka gugup saat presentasi, bisa simak penjelasan berikut.

    Memahami Materi yang Ingin Disampaikan

    Presentasi kelompok atau presentasi individu, keduanya rata-rata memiliki bahan materi yang cukup banyak. Kamu harus benar-benar menyiapkan presentasimu agar materi yang didapat bisa terangkum di dalamnya dan tidak ada yang terlupa. Setelah sudah bisa menyiapkan presentasi dengan baik, hal lain yang harus dilakukan selanjutnya yaitu memahami materi yang akan kamu bawakan dan kalau bisa sejak jauh hari.

    Saat kamu mendapatkan materi yang sudah familiar, memang keinginan untuk mendalami lagi materi tersebut. Padahal, seharusnya kamu tetap harus memahami dan mendalami keseluruhan materi untuk mempersiapkan diri saat di sesi tanya jawab. Biasanya, selain teman-teman kuliah, dosen juga sesekali mengajukan pertanyaan terkait materi yang kamu presentasikan. Dengan memahami betul materi yang dibawakan, bisa meningkatkan percaya dirimu dan membuat rasa gugup bisa berkurang. Kemungkinan mengalami kesulitan saat sesi tanya jawab pun juga akan berkurang dan presentasimu akan berjalan lancar.

    Untuk referensi mencari materi presentasi, kamu bisa baca: 10 Perpustakaan Online Gratis Buat Cari Referensi Makalah dan Skripsi Mahasiswa

    Mencoba Latihan Presentasi

    Source: Freepik.com/Tirachardz

    Untuk bisa berbicara di depan banyak orang memang tidak mudah dan salah satu cara memperbaikinya yaitu dengan melakukan latihan presentasi. Kamu bisa melakukan latihan ini di hadapan teman satu kos, keluarga, atau jika tidak ada bisa berdiri di hadapan cermin. Kamu bisa mencoba untuk coba menjelaskan materi presentasimu, jika masih kesulitan kamu bisa coba mengulanginya lagi hingga lancar.

    Jika kamu kebetulan coba latihan di hadapan teman atau keluarga, setelah selesai menyampaikan materi, kamu bisa coba menanyakan feedback atau pendapat mereka. Kira-kira hal apa saja yang masih kurang dan bisa kamu improve. Dengan melakukan latihan, kamu bisa melatih kemampuan bicaramu jadi lebih baik lagi dan rasa grogi juga bisa lebih berkurang.

    Kamu juga bisa baca: 5 Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik

    Simulasi Sesi Tanya Jawab

    Saat menyiapkan presentasi, terkadang kamu akan menemukan bagian-bagian mana yang bisa memunculkan suatu pertanyaan. Kamu bisa menyiapkannya saat sebelum hari presentasimu. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya saat melakukan latihan presentasi, jika kamu lakukan di depan teman atau keluarga kamu bisa sekaligus melakukan simulasi tanya jawab dengan mereka untuk melatih menjawab dengan cepat juga tenang.

    Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengajak teman untuk membantu presentasimu. Kamu bisa bekerja sama dengan mereka, caranya kamu menyiapkan pertanyaan dan jawabannya sendiri, lalu kamu minta tolong temanmu untuk bertanya pertanyaan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Dengan hal ini bisa membuat win-win situation, di mana temanmu mendapat nilai tambahan karena aktif bertanya, kamu pun juga bisa tenang menjawab pertanyaan dan tidak perlu pusing karena sudah kamu siapkan sebelumnya.

    Berpenampilan Rapi

    Source: Freepik.com/Rawpixel.com

    Apa kamu pernah dengar tentang pendapat bahwa penampilan atau outfit yang kamu kenakan bisa meningkatkan rasa percaya diri? Memang kedengarannya masih agak lucu, tapi ternyata outfit yang kamu pilih bisa menentukan mood kamu juga. Tidak ada salahnya saat kamu ingin melakukan presentasi pilihlah outfit yang kamu suka dan harus rapi untuk menjaga mood kamu dan meningkatkan rasa pede. Selain itu, berpenampilan rapi juga bisa membentuk impression yang baik di depan teman-teman dan terutama di depan dosenmu.

    Mencoba Santai Tapi To the Point

    Memang perasaan saat kamu ingin presentasi salah satunya yaitu gugup dan tegang. Untuk bisa terlihat santai dan tidak kaku saat melakukan presentasi kamu bisa coba untuk tidak selalu terfokus pada layar LCD atau laptop kamu. Kamu bisa sesekali melihat ke arah audiens supaya seolah-olah kamu berdiskusi dengan mereka. Selain itu, pastikan juga agar presentasi yang kamu sampaikan tidak bertele-tele agar jelas. Karena dalam presentasi biasanya hanya berbentuk poin-poin, tidak ada salahnya untuk membawa notebook untuk berjaga-jaga kamu lupa materinya.

    Untuk bisa melakukan presentasi dengan lancar, memang membutuhkan proses dan semakin sering dilakukan maka kamu juga bisa semakin tahu hal apa yang perlu dilakukan. Semoga tips-tips yang sudah dibahas sebelumnya bisa membantu kamu mahasiswa yang masih suka gugup saat ingin melakukan presentasi. Jangan lupa juga untuk apresiasi dirimu setelah selesai melakukan presentasi ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri