Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kamu Mahasiswa yang Berolahraga atau Suka Dengan Teknologi? Gabung di UKM Universitas Janabadra

2022-03-23

janabadra-ukm.jpg

Pekan Kreatif Mahasiswa Universitas Janabadra

Daftar isi

    Organisasi kemahasiswaan merupakan suatu komunitas yang berada di kampus. Komunitas itu sendiri memiliki bidang yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan fakultas. Misalnya fakultas sastra. Maka, organisasi mahasiswa yang terdapat di fakultas tersebut berupa kesusastraan seperti teater, bedah buku, hingga pers mahasiswa.

    Namun, banyak juga organisasi mahasiswa umum yang terdapat di setiap fakultas seperti organisasi kesenian hingga organisasi internal kampus yang dikenal dengan nama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiswa (HIMA).

    Organisasi mahasiswa memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa sesuai dengan bidang yang mereka minati (hard skill). Selain itu, organisasi mahasiswa juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan soft skill dengan mempelajari rambu-rambu organisasi. Rambu-rambu tersebut nantinya menjadi petunjuk bagaimana cara berorganisasi yang baik.

    Secara tidak langsung, kehadiran organisasi mengajarkan mahasiswa bagaimana cara bermusyawarah, mengemukakan pendapat, menerima pendapat, serta menghargai perbedaan pendapat. Pada akhirnya, apa yang kita pelajari di dalam organisasi akan terpakai di mana pun kita berada.


    Baca juga: Yuk Masuk ke Universitas Janabadra, Berikut Biaya Pendidikannya!


    Mengenal Universitas Janabadra

    Universitas Janabadra merupakan perguruan tinggi yang dibentuk oleh para pejabat Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan cendekiawan pejuang kemerdekaan pada 7 Oktober 1958. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini menjadikan pancasila dan UUD 1945 sebagai asas dalam mengarahkan peserta didiknya.

    Pada mulanya, Universitas Janabadra bernama Perguruan Tinggi Janabadra. Kemudian setelah berlakunya UU Nomor 22 Tahun 1961 tentang “Perguruan Tinggi” namanya diubah menjadi Universitas Janabadra.

    Kini Universitas Janabadra memiliki tiga lokasi kampus berbeda yang tersebar di Yogyakarta yaitu:

    • Kampus 1: Pingit, yang berlokasi di Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 55-57, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
    • Kampus 2: Timoho, yang berlokasi di Jl. Timoho 2 No. 40, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
    • Kampus 3: Kulon Progo, yang berlokasi di Gunung Gempal, Jl. Raya Wates-Jogjakarta, Gn. Gempal, Giri Peni, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Mengenal UKM yang ada di Universitas Janabadra

    Hampir sama dengan organisasi mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi kemahasiswaan pada tingkat kampus. Bedanya UKM dengan organisasi mahasiswa adalah cakupannya. Biasanya organisasi mahasiswa hanya sampai di tingkat fakultas saja. Sedangkan UKM berada di tingkat kampus.

    UKM tidak jauh berbeda dengan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Banyak ragam pilihan UKM yang bisa kamu sesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Selain mengasah hard skill, kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan juga tidak terlepas dari kegiatan organisasi pada umumnya. Sehingga soft skill kamu juga akan terlatih di sini.

    Berikut ini adalah beberapa pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa yang terdapat di Universitas Janabadra.


    Baca juga: Keunggulan kuliah di Universitas Janabadra


    UKM Bela Diri

    gerakan pada masing-masing aliran bela diri tentu berbeda dengan ciri khasnya. Misalnya, silat dengan ciri khas kegesitannya, karate dengan kekuatannya, dan taekwondo dengan tendangan khasnya.

    Universitas Janabadra menyediakan beberapa UKM bela diri yang bisa kamu ikuti seperti silat, Karate, Taekwondo, dan Tarung Drajat.

    UKM Kesenian

    Universitas Janabadra menyediakan wadah bagi kamu para pencinta seni. UKM Seni Budaya cocok bagi kamu yang menyukai ragam seni dan budaya yang berasal dari seluruh Indonesia. UKM Seni Budaya mencakup seni rupa, seni tari, dan lain sebagainya.

    Bagi kamu yang senang dengan kesenian tarik suara, Universitas Janabadra juga memiliki UKM Paduan Suara. Di sini, kamu akan mengenal beragam jenis suara, bagaimana cara melatih vokal, serta kemampuan performance.

    Kemudian bagi kamu yang memiliki bakat di bidang permainan alat musik dan band, Janamusikal adalah tempat yang cocok bagi kamu yang ingin mengasah dan menyalurkan bakat tersebut.

    UKM Olahraga

    UKM selanjutnya adalah UKM yang biasanya paling banyak digeluti oleh kaum laki-laki, yaitu olahraga. Memiliki bakat di bidang olahraga tentunya jangan disia-siakan. Kamu bisa terus mengasah bakat kamu dengan mengikuti ragam pilihan UKM olahraga yang terdapat di Universitas Janabadra.

    UKM Olahraga Universitas Janabadra meliputi:

    • UKM Sepak Bola
    • UKM Bola Basket
    • UKM Bola Voli

    UKM Mapala Janagiri

    UKM Mapala Janagiri adalah sekelompok mahasiswa pencinta alam. Beberapa orang menyukai suasana alam yang penuh akan pepohonan dan dedaunan. Lingkungan alam yang bersih memiliki kepuasan tersendiri di mata mereka.

    Bagi kamu yang suka menjelajahi alam, baik ke hutan, gunung, laut, dan pantai, UKM Mapala Janagiri adalah pilihan yang tepat.

    UKM Robotik

    Dunia teknologi kian berkembang pesat, tidak sedikit pula orang yang berminat terhadap bidang yang satu ini. UKM Robotik Universitas Janabadra cocok buat kamu yang senang dengan teknologi dan mengutak-atik robot.

    UKM Sinematografi

    Kamu suka nonton film? Mau coba bikin? Universitas Janabadra menyediakan UKM Sinematografi untuk mengasah minat dan bakatmu di dunia perfilman. Selain mempelajari cara pengambilan gambar dan penggunaan alat rekam yang baik, kamu juga akan mempelajari kemampuan akting.

    UKM Menwa

    Menwa merupakan organisasi kemahasiswaan yang bersifat semi-militer. Biasanya yang mengikuti menwa adalah mahasiswa yang dulunya seorang anggota paskibra dan pramuka. Namun, tidak dapat dipungkiri kalau UKM ini diisi oleh orang-orang yang memang memiliki cita-cita untuk menjadi Tentara.

    UKM Keagamaan

    UKM terakhir adalah UKM keagamaan. Organisasi identik dengan orang-orang yang berkumpul. Memilih lingkungan sebagai tempat kamu berkembang adalah hal yang sangat penting. Sehingga, bagi kamu yang ingin lebih memperdalam ilmu keagamaan dan mendekatkan diri kepada Tuhan, Universitas Janabadra memiliki UKM Jamaah Ashafuddin untuk umat muslim dan Hosana Alabare untuk umat nasrani dan katolik.

    Setiap organisasi kemahasiswaan memiliki ajang kompetisi yang berguna bagi kamu yang ingin mengukur sejauh mana kemampuanmu di bidang yang kamu sukai. UKM Universitas Janabadra telah berhasil membawa pulang puluhan prestasi dari berbagai bidang. Informasi detail bisa kamu cek di sini!

    [SEO]

    📞 Klik banner diatas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UKM Universitas Janabadra Universitas Janabadra
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria