Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

10 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Prancis

2022-11-17

Daftar isi

    Belajar bahasa asing memang menjadi salah satu mata pelajaran tambahan di bangku SMA. Banyak SMA, baik sekolah negeri maupun swasta mengajarkan beberapa bahasa asing kepada siswanya. Tidak hanya Bahasa Inggris saja, Bahasa Prancis juga menjadi salah satu pelajaran bahasa yang sering ditemui di bangku SMA.

    Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus belajar Bahasa Prancis

    Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Prancis?

    1. Salah Satu Bahasa Dunia

    Alasan belajar bahasa Prancis yang pertama yaitu karena bahasa ini menjadi salah satu bahasa dunia. Hingga saat ini terdapat lebih dari 300 juta orang berbicara bahasa Prancis di lima benua di. Bahasa Prancis adalah bahasa utama komunikasi internasional. Bahasa ini menjadi bahasa kedua yang paling banyak diajarkan setelah bahasa Inggris dan menjadi bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia.

    Bahkan terdapat sebuah organisasi internasional bernama Organisation Internationale de la Francophonie (OIF) yang terdiri dari 88 negara anggota dan pemerintah menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa utama. Selain itu, Prancis juga mengoperasikan jaringan institut budaya internasional terbesar, yang menyelenggarakan kursus bahasa Prancis untuk hampir satu juta pelajar.

    2. Berkesempatan Mendapatkan Pendidikan Tinggi

    Berbicara bahasa Prancis membuka peluang untuk kamu bisa belajar di universitas dan sekolah bisnis Prancis yang terkenal, termasuk di antara institusi pendidikan tinggi terbaik di Eropa dan dunia. Seperti Sorbonne, Universités Pierre Marie Curie, atau elite grandes écoles (HEC, Polytechnique, ESSEC). Kampus-kampus ini menawarkan beasiswa bagi siapapun. Siswa dengan kemampuan bahasa Prancis yang baik akan berkesempatan besar untuk memenuhi syarat mengajukan permohonan hibah pemerintah Prancis untuk mendaftar di program pascasarjana pilihan mereka di Prancis, yang mengarah ke gelar pascasarjana yang diakui secara internasional. Ini juga bisa menjadi alasan belajar bahasa Prancis untukmu selanjutnya.

    3. Bahasa Untuk Pasar Kerja

    Prancis merupakan salah satu negara yang memiliki dengan ekonomi terbesar di dunia dan tujuan utama untuk investasi asing. Prancis adalah mitra ekonomi utama. Dengan kemampuan berbahasa Prancis yang kamu miliki tentu menjadi keuntungan di pasar kerja internasional. Hal ini tentu menjadi alasan belajar bahasa Prancis berikutnya. Kemampuan ini akan membuka peluang bagi kamu untuk bisa bekerja di perusahaan Prancis, baik yang berada di negara Prancis, maupun dibagian dunia lainnya yang berbahasa Prancis. Apalagi saat ini, sudah banyak perusahaan yang menerapkan work from anywhere

    4. Membantu Saat Travelling

    Prancis adalah tujuan wisata utama dunia dan menarik lebih dari 87 juta pengunjung per tahun. Kemampuan untuk berbicara sedikit bahasa Prancis membuat perjalanan kamu selama di Prancis jauh lebih menyenangkan saat kamu mengunjungi Paris dan semua wilayah Prancis (dari iklim ringan Cote d'Azur hingga puncak Alpen yang tertutup salju melalui garis pantai Brittany yang berbatu) dan menawarkan wawasan tentang budaya, mentalitas, dan cara hidup Prancis.

    Selain saat liburan di Prancis, bahasa Prancis juga berguna saat kamu bepergian ke negara Afrika, Swiss, Kanada, Monako, Seychelles, dan tempat lainnya yang menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa komunikasi sehari-sehari. Ini pun menjadi alasan belajar bahasa Prancis yang juga tidak boleh kamu lupakan.

    5. Bahasa Budaya

    Prancis sering dianggap sebagai bahasa budaya. Pelajaran bahasa Prancis akan membawa kamu menuju perjalanan budaya ke dunia mode, keahlian memasak, seni, arsitektur, dan sains. Belajar bahasa Prancis juga menawarkan kamu akses ke karya-karya penulis besar Prancis seperti Victor Hugo atau Marcel Proust dan pentair terkenal seperti Charles Baudelaire atau Jacques Prévert, dalam teks aslinya. Itu berarti kamu bisa mendengar suara aktor Alain Delon atau Juliette Binoche, dan senang bisa memahami kata-kata lagu Prancis yang dinyanyikan oleh Edith Piaf atau Charles Aznavour dan bahkan menyanyikannya sendiri. Menarik bukan?

    6. Bahasa yang Membuka Dunia

    Alasan belajar bahasa Prancis berikutnya yaitu karena bahasa Prancis menjadi salah satu bahasa yang juga paling banyak digunakan di dunia maya. Kemampuan untuk memahami bahasa Prancis akan memberikan kamu berbagai akses ke pandangan alternatif tentang dunia yang sangat luas. Kamu dapat mengikuti para pemikir dan pemimpin Prancis dari seluruh dunia dan berita dari media internasional berbahasa Prancis terkemuka (mis., TV5Monde, France 24, dan Radio France Internationale).

    Baca juga: 10 Alasan Mengapa Harus Belajar Bahasa Thailand

    7. Bahasa Lain dalam Hubungan Internasional

    Bahasa Prancis juga menjadi bahasa kerja dan bahasa resmi berbagai organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, UNESCO, NATO, Komite Olimpiade Internasional, Palang Merah Internasional, dan pengadilan internasional. Bahasa Prancis adalah bahasa dari tiga kota tempat lembaga-lembaga Uni Eropa bermarkas: Strasbourg, Brussel, dan Luksemburg. Ini menandakan bahwa Bahasa Prancis menjadi salah satu bahasa yang sangat penting untuk dipelajari.

    8. Menyenangkan untuk Dipelajari

    Mungkin kamu sering mendengar jika bahasa Prancis adalah salah satu bahasa yang sulit dipelajari. Padahal ini adalah bahasa yang membutuhkan ketelitian tertentu tetapi juga mampu mengekspresikan kehalusan yang luar biasa. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai tingkat di mana kamu dapat berkomunikasi dalam bahasa Prancis. Ada banyak metode di pasaran yang membuat belajar bahasa Prancis menyenangkan, dimulai dengan tahun-tahun pertama sekolah. Bahasa Prancis juga menarik bagi siswa karena merupakan bahasa yang lembut, merdu, dan romantis.

    9. Bahasa untuk Mempelajari Bahasa Lainnya

    Percaya atau tidak, Bahasa Prancis adalah dasar yang baik untuk mempelajari bahasa lainnya, terutama bahasa Roman (Spanyol, Italia, Portugis, dan Rumania) serta bahasa Inggris. Hal ini karena persentase yang signifikan dari kosakata bahasa Inggris berasal dari bahasa Prancis.

    10. Sebagai Bahasa Cinta yang Romantis

    Sudah menjadi rahasia umum jika Bahasa Prancis adalah bahasa yang sangat romantis. Belajar bahasa Prancis adalah kesenangan belajar bahasa yang indah, kaya, merdu yang sering disebut bahasa cinta. Bahasa Prancis juga merupakan bahasa analitis yang menyusun pemikiran dan mengembangkan pemikiran kritis, yang merupakan keterampilan berharga untuk diskusi dan negosiasi.

    Ingin Belajar Bahasa Prancis? Saatnya Kursus di Lister

    Lister adalah perusahaan startup teknologi pendidikan yang berfokus pada penyediaan pengalaman belajar bahasa yang berkualitas tinggi dan disesuaikan untuk membantu siswa mencapai impian profesional mereka. Dengan visi memberdayakan semua orang untuk menghadapi persaingan global, Lister berusaha membantu semua orang untuk bersaing dalam daya saing global, baik untuk mengejar pendidikan tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan melalui pengajaran yang interaktif dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan kamu. Salah satu program terbaik dari Lister adalah kursus Bahasa Prancis.

    Lister kursus Bahasa Prancis merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk membantu kamu belajar Bahasa Prancis dari level dasar hingga mahir. Program ini akan membantu kamu untuk memahami tata bahasa, percakapan, kosa kata, tulisan dalam bahasa Prancis yang mampu untuk diaplikasikan pada kehidupan sehari hari.

    Program ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin menguasai bahasa Prancis secara cepat dengan metode terbaik, sehingga materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk dimengerti oleh siapapun yang baru memulai untuk mempelajari bahasa Prancis. Jadi, jika kamu belum pernah belajar bahasa Prancis sebelumnya, kamu dapat segera menguasainnya dan mampu menerapkannya dalam segala situasi.

    Untuk topiknya sendiri terdiri dari 13 topik. Setiap topik di dalam pertemuan akan terdiri dari kosakata, tata bahasa, Penulisan abjad Prancis, pengucapan, percakapan, membaca, dan menulis dalam bahasa Prancis, latihan dan wawasan budaya.

    Informasi program selengkapnya klik di sini.

    Jago Bahasa Prancis dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Prancis di Lister. Saat ini, Danacita dan Lister telah bekerja sama untuk mempermudah kamu kursus bahasa Prancis di Lister. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Dengan mengajukan pembiayaan ke Danacita di Lister, kamu bisa membayar biaya kursus mulai 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan. Selain dengan Lister, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebihd dari 130 institusi pendidikan lain di seluruh Indonesia. Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Ajukan biaya kursus mu sekarang di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    bahasa prancis lister alasan belajar bahasa prancis
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri