Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

10 Alasan Mengapa Harus Belajar Bahasa Thailand

2022-11-16

Daftar isi

    Di era globalisasi modern seperti sekarang ini, dunia global menjadikan bahasa asing merupakan salah satu hal yang penting dalam berkomunikasi. Ditambah lagi, persaingan di bursa tenaga kerja yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, juga sangat mempengaruhi tingkat kebutuhan di dunia industri dan dunia usaha. Selain bahasa Inggris, salah satu bahasa asing yang harus kamu kuasai adalah bahasa Thailand.

    Belajar bahasa Thailand direkomendasikan bagi kamu yang memiliki cita-cita untuk bekerja atau sekedar liburan ke negara tersebut. Thailand menggunakan bahasa siam dan memiliki beberapa dialek, seperti Lao, Shan, Isan. Namun bahasa Thailand yang standar biasanya menggunakan bahasa Thai.

    Jika kamu masih ragu, simak beberapa alasan belajar bahasa Thailand di bawah ini agar menjadi pemicu semangat kamu untuk mulai belajar.

    Alasan Harus Belajar Bahasa Thailand

    1. Meningkatkan Pengetahuan dalam Ruang Lingkup Global

    Alasan belajar bahasa Thailand yang pertama adalah meningkatkan pengetahuan. Kamu pasti tahu bahwa banyak sekali buku-buku terkait dengan ilmu pengetahuan yang berkembang menggunakan bahasa Thailand. Bahkan, jurnal-jurnal ilmiah terbit dengan bahasa Thailand, sehingga jika kamu menguasai bahasa ini tentu akan membantumu membuka cakrawala keilmuan yang lebih luas.

    2. Memudahkan Diterima di Dunia Internasional

    Nah, untuk kamu yang suka traveling keluar negeri terutama ke Thailand tentu kamu akan menghadapi kendala komunikasi. Jika kamu menguasai bahasa Thailand, kamu akan mudah berkomunikasi dan nyaman bepergian. Bahkan untuk kamu yang menyukai bisnis, dapat menjual produk kamu ke negara ini, menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri, sampai mengembangkan bisnis kamu di Thailand, lho! Ini juga menjadi salah satu alasan belajar bahasa Thailand.

    Baca juga: Biaya Kursus di Lister Terbaru untuk Bahasa Asing!

    3. Memudahkan Bergaul di Kancah Internasional

    Kalau alasan belajar bahasa Thailand yang ini, rasanya tidak perlu banyak penjelasan. Pasti kamu sudah menyadari penguasaan bahasa asing, seperti bahasa Thailand akan menguntungkanmu untuk bergaul lintas dunia. Apalagi, di dunia maya yaitu internet kamu akan lebih mudah bermanuver jika kamu menguasai bahasa asing seperti bahasa Thailand, baik untuk bersosialisasi, bisnis, dan lain sebagainya.

    4. Memudahkan Melanjutkan ke Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

    Alasan belajar bahasa Thailand yang satu ini penting jika kamu menginginkan belajar di negara ini. Sebab, banyak beasiswa ke Thailand dari pemerintah Indonesia. Meskipun kamu harus tetap bersaing dengan kandidat yang lain, setidaknya peluangmu akan lebih besar, bukan?

    5. Memudahkan Mendapatkan Pekerjaan

    Kebanyakan perusahaan memasukan kemampuan bahasa asing, seperti bahasa Thailand di dalam kualifikasi yang harus dimiliki calon karyawannya. Karena rata-rata yang diprioritaskan dapat menguasai bahasa Thailand, maka kamu yang paham bahasa tersebut, hal inilah yang akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat kuat saat melamar pekerjaan.

    Kemampuan berbahasa dianggap sebagai salah satu soft skill atau keterampilan khusus yang menunjang dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, dan juga disebut sebagai basic skill keterampilan dasar yang akan mudah diterima di berbagai sektor pekerjaan dan jenjang pendidikan selanjutnya.


    Baca juga: Cari Jurusan di UIN SUKA? Cek Info Lengkapnya!


    6. Memaksimalkan Perkembangan Otak Anak

    Alasan belajar bahasa Thailand selanjutnya adalah baik bagi perkembangan otak, terutama untuk mengasah kemampuannya di bidang akademis. Dengan memiliki kemampuan berbicara bahasa yang berbeda dapat mengasah kemampuan anak di berbagai bidang bahasa seperti memahami struktur tata bahasa, kosa kata, pola, dialek, bahkan cara pengucapan yang mungkin ditemukan saat kamu sedang mempelajari bidang ilmu lainnya.

    Baca juga: 10 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Prancis

    7. Memberi Cara Baru dalam Melihat Dunia

    Bahasa memberi kita wawasan yang mendalam atas budaya dimana bahasa tersebut digunakan. Hal ini adalah salah satu alasan belajar bahasa Thailand memberikan tantangan tersendiri bagi kamu untuk tidak saja memahami sistem linguistik yang baru, tapi juga norma-norma budaya yang baru, adat kebiasaan, keyakinan, dan makna baru, yang terkandung dalam berbagai aspek kehidupan yang berbeda dari budaya kita. Ke semua hal itu secara alamiah akan meningkatkan kapasitas divergent thinking kamu.

    8. Mendapatkan Selera Humor yang Baru

    Alasan belajar bahasa Thailand selanjutnya adalah akan menyadari bahwa kamu harus belajar tentang selera humor yang berbeda, sesuai dengan budaya dimana bahasa Thailand digunakan. Terkadang lelucon dalam bahasa Thailand, misalnya, tidak terdengar lucu ketika disampaikan dalam bahasa Indonesia (dan sebaliknya), sekalipun humor tersebut telah diterjemahkan dengan baik. Tapi bisa jadi humor “receh” yang tidak terlalu lucu dalam bahasa Indonesia, bisa membuat orang Thailand tertawa terpingkal-pingkal ketika humor tersebut disampaikan dalam bahasa Thailand. Hal-hal tersebut bisa jadi tidak ada hubungannya dengan bahasa itu sendiri, tapi lebih kepada cara pandang terhadap berbagai hal, yang bisa berbeda antara satu bangsa dan bangsa lainnya.

    9. Lebih Percaya Diri

    Kamu yang belajar bahasa asing, seperti bahasa Thailand dan mulai menguasainya juga dapat memberikan manfaat yaitu meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi khususnya orang Thailand. Lebih mudah berkomunikasi dan tentu saja menjadi salah satu skill yang bisa kamu tunjukkan untuk keperluan akademik maupun karir.

    10. Bekerja sebagai Translator

    Manfaat belajar bahasa Thailand di Era Globalisasi selanjutnya adalah mencakup masalah pekerjaan. Pada dasarnya, pekerjaan translator di Indonesia itu cukup dibutuhkan. Dengan menguasai bahasa Thailand, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan dari hal tersebut. Lumayan bukan?

    Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Korea

    Belajar Bahasa Thailand dengan Kursus di Lister

    Bahasa Thailand memang memiliki pola kalimat dan tipe pengajaran yang perlu diperhatikan agar mudah dimengerti dalam menjalani kursusnya. Buat kamu yang sedang mencari kursus Bahasa Thailand, tak perlu khawatir karena kamu bisa belajar di Lister. Sebagai One-stop Language Learning Solution, Lister menghubungkan siswa dengan tutor lokal atau warga asing dan tentunya lancar berbahasa Thailand. Mereka tersebut bersertifikasi dan profesional, demi memberikan pengalaman belajar interaksi personal antara murid dan tutor.

    Pelajaran basic yang diajarkan di sini terdiri dari listening, reading, speaking, dan writing.

    Nah, kurikulum di Lister dirancang khusus untuk membantu siswa belajar bahasa Thailand dari level dasar hingga mahir. Program ini membantu siswa memahami tata bahasa, percakapan, kosa kata, tulisan dalam bahasa Thailand yang bisa dipraktekkan pada kehidupan sehari-hari. Semuanya ada 13 tahap pembelajaran dan mulai dari 6 hingga 80 pertemuan. Kelas terdiri dari kelas privat, semi privat terdiri dari 2 orang atau 3-5 orang, dan grup 3-16 orang.

    Adapun materi kursus bahasa Thailand yang diajarkan, yaitu:

    • Pelajaran 1: Pendahuluan
    • Pelajaran 2: Melakukan Kontak
    • Pelajaran 3: Mencari Tahu
    • Pelajaran 4: Pergi ke Berbagai Tempat
    • Pelajaran 5: Belanja
    • Pelajaran 6: Bersosialisasi
    • Pelajaran 7: Detail pribadi
    • Pelajaran 8: Lihat itu!
    • Pelajaran 9: Out and About
    • Pelajaran 10: Mengenal Seseorang
    • Pelajaran 11: Membuat Rencana
    • Pelajaran 12: Menyortir sesuatu
    • Pelajaran 13: Petualangan masa lalu dan harapan untuk masa depan
    • Pelajaran 14: Apa artinya
    • Pelajaran 15: Di telepon
    • Pelajaran 16: Kabar baik, dan kabar buruk

    Handal Bahasa Thailand bersama Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai alasan belajar bahasa Thailand. Jika ingin kursus di Lister dan biayanya dirasa memberatkan, kamu bisa menggunakan Danacita sebagai alternatif pembiayaan pendidikanmu. Adapun beberapa alasan mengapa kamu harus bayar kuliah menggunakan Danacita adalah sebagai berikut:

    • Keamanan transaksi: Danacita telah mengantongi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga telah tersertifikasi ISO 27001 sehingga keamanan data sangat terjamin.
    • Partner resmi Lister dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke pihak kampus.
    • Proses pengajuan dilakukan 100% secara online, maksimal 2 hari kerja.
    • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa ada biaya tambahan.
    • Kamu bisa bayar kuliah secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan tanpa dibebani DP, biaya administrasi atau biaya tambahan lainnya.

    Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa langsung klik di sini

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    bahasa thailand lister alasan belajar bahasa thailand
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri