Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

10 Rekomendasi Tools SEO Terbaru

2022-11-07

rekomendasi-tools-seo

Daftar isi

    Perkembangan dunia teknologi mesin pencarian pada era modern sangat pesat terutama pada dunia internet. Hampir di seluruh bidang seperti bidang pendidikan, industri, usaha, dan lain-lain menggunakan sarana internet untuk keperluan dalam bekerja. Salah satu sarana internet yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia adalah Search Engine atau mesin pencari informasi. Dengan teknologi pencari pengguna mendapatkan semua yang diinginkan, seperti berita, gambar, peta dan informasi lainnya.

    Search Engine Optimization (SEO) dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satunya bisnis. Teknik SEO yang dilakukan dengan tepat akan membuat website bisnis kamu berada di peringkat atas mesin pencari. Itu artinya, semakin besar peluang para pencari informasi di internet untuk mengklik dan membuka website kamu. Setiap kunjungan adalah peluang untuk terjadinya konversi menjadi profit sehingga makin tinggi traffic, makin tinggi pula kemungkinan terjadinya konversi dan bisnis kamu pun akan melejit.

    Kamu tertarik belajar SEO untuk bisnis? Yuk, simak penjelasan lengkap pengertian SEO hingga rekomendasi tools SEO di bawah ini!

    10 Rekomendasi Tools SEO beserta Keunggulannya

    Berikut akan dipaparkan 10 rekomendasi tools SEO yang bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis atau blogmu.

    1. Google Search Console

    Pertama, google search console. Rekomendasi tools SEO terpopuler ini ditawarkan secara gratis untuk semua orang yang memiliki situs web. Sebagai alat pemeriksa SEO, search console dapat membantumu memahami bagaimana google dan penggunanya melihat situs web kamu dan memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan kinerja yang lebih baik dalam hasil pencarian google.

    Untuk menggunakan google search console kamu hanya perlu memverifikasi situs web kamu dengan menambahkan kode ke situs web kamu atau melalui google analytics dan kamu dapat mengirimkan link situs kamu untuk diindeks.

    2. Google Analytics

    Salah satu rekomendasi tools SEO terlengkap lainnya yang bisa kamu gunakan yakni Google Analytics. Bisa dibilang, ini adalah tool wajib bagi pemilik website. Sebagai platform untuk mendukung perlengkapan SEO tools kamu, Google Analytics menyediakan data performa website yang lengkap, seperti bagaimana pengunjung berinteraksi, demografisnya, hingga pelacakan konversi.

    Selain fitur dasarnya sebagai traffic monitoring, ada berbagai fitur lainnya yang dapat membantu meningkatkan potensi bisnis dari website kamu. Berikut diantaranya:

    • Memantau data pengunjung secara real-time
    • Mengenal pengunjung website
    • Menelusuri bagaimana pengunjung menemukan websitemu
    • Memahami perilaku pengunjung
    • Melacak hasil marketing dengan conversion tracking

    3. Google Trends

    Ingin mencari tahu tren pencarian yang sedang diminati audiens? Google Trends bisa jadi salah satu rekomendasi tools SEO yang membantumu menemukan jawabannya. Tenang saja, platform ini bisa digunakan secara gratis kok! Dalam praktik SEO On Page, dibutuhkan upaya untuk menciptakan konten website yang menarik perhatian pengunjung, salah satunya adalah menentukan topik sebagai dasar pembuatan konten. Dengan rekomendasi tools SEO ini, kamu bisa mendapat data berupa:

    • Kata kunci yang sedang populer
    • Membandingkan beberapa keyword serupa
    • Menerapkan kategori penelusuran pada keyword
    • Mengetahui lokasi yang potensial untuk kata kunci
    • Menganalisa tren musiman

    4. Ahrefs

    Ahrefs adalah salah satu rekomendasi tools SEO yang paling direkomendasikan. Alat ini mampu memberi informasi bagian mana dari situs web kamu yang perlu ditingkatkan agar peringkatnya lebih baik di mesin pencari. Kamu juga dapat menggunakan rekomendasi tools SEO ini untuk menemukan konten yang paling banyak ditautkan ke dalam target pasar mu, memeriksa dan memperbaiki tautan yang rusak di situs web kamu, dan mendapatkan gambaran umum tentang halaman berkinerja terbaik kamu.

    Baca juga: Artikel SEO Friendly: Senjata Utama Para Blogger

    5. Google Keyword Planner

    Kalau kamu ingin mencari kata kunci secara gratis, manfaatkan rekomendasi tools SEO satu ini. Google Keyword Planner adalah tool untuk melakukan riset kata kunci yang tergabung dalam bagian layanan Google Ads. Meski begitu, tool ini bisa digunakan secara gratis meski sedang tidak menjalankan iklan di Google Ads.

    Google Keyword Planner membantumu menemukan kata kunci baru, melihat volume pencarian, dan melakukan riset keyword yang digunakan pada website. Melalui fitur Discover New Keyword dan Get Search Volume, kamu bisa melihat informasi terkait kata kunci yang relevan, rata-rata volume pencarian, dan tingkat kompetisi untuk masing-masing keyword.

    6. Semrush

    Rekomendasi tools SEO pemasaran seperti semrush cenderung menjadi favorit penggemar di komunitas SEO. Para ahli senang bahwa mereka memungkinkan kamu dengan mudah menilai peringkat kamu serta mengidentifikasi perubahan dan peluang peringkat baru. Salah satu fitur paling populer dari alat SEO ini adalah analisis domain vs domain, yang memungkinkan kamu membandingkan situs web kamu dengan pesaing dengan mudah.

    7. Ubersuggest

    Ubersuggest dikenal sebagai all-in-one SEO tool yang membantu dalam pencarian keyword yang relevan untuk kebutuhan pembuatan konten. Kamu bisa melihat statistik domain, mengetahui performa website, lalu lintas traffic, organic keywords yang dimiliki, hingga backlink yang mengarah ke situsmu.

    Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan rekomendasi tools SEO ini untuk mendapat informasi seperti:

    • Melacak peringkat website untuk keyword tertentu
    • Site audit untuk gambaran umum mengenai aspek SEO website
    • Mengetahui analisa keyword tertentu di hasil pencarian
    • Ide-ide kata kunci lainnya yang masih relevan dengan pencarian
    • Ide konten dari situs lain yang berkaitan dengan keyword

    8. MOZ pro

    Perangkat lunak SEOMOZ pro terus bermunculan sebagai salah satu rekomendasi tools SEO terbaik yang benar-benar digunakan para ahli. Beberapa pakar mengungkap tentang bagaimana MOZ selalu mutakhir meskipun algoritma reguler google berubah. Kamu bisa mendapatkan wawasan yang bagus tentang kinerja situs web kamu, tetapi juga cara meningkatkannya. MOZ juga memiliki tools gratis MozBar yang dapat kamu unduh untuk melihat metrik situs web kamu saat menjelajahi halaman mana pun.

    9. Keywordtool.io

    Mau mencari ide keyword yang cepat dan praktis? Keywordtool.io adalah salah satu rekomendasi tools SEO untuk menemukan ide kata kunci dan berbagai variasinya. Fitur di dalamnya bisa kamu manfaatkan untuk mencari ide topik yang dapat digunakan sebagai konten.

    Data yang digunakan berasal dari Google Search, jadi sudah dapat dipastikan variasi kata kunci yang disediakan akurat. Keywordtool.io juga menyediakan data keyword versi pertanyaan dari kata kunci yang kamu jelajahi. Namun sayangnya, pencarian terhadap volume pencarian, tren, dan tingkat kompetisi keyword terbatas. Untuk mendapat data yang lebih lengkap, kamu harus upgrade ke akun berbayar.

    10. ScreamingFrog

    Ini adalah salah satu rekomendasi tools SEO favorit para digital marketer. Bagaimana tidak, selain menawarkan interface dengan fungsi yang mudah digunakan, Screaming Frog cocok untuk melakukan audit website secara menyeluruh.

    Mulai dari perkembangan website, pengecekan efektivitas hingga peluang website untuk

    menaikkan peringkat menggunakan SEO, serta penganalisisan masalah dan kekurangan yang dimiliki konten pada website terkait penggunaan kata kunci, link, dan sebagainya.

    Rekomendasikan Bootcamp Digital Marketing yang juga Mempelajari SEO Menggunakan Tools

    Setelah mengetahui rekomendasi tools SEO dan ingin agar lebih handal lagi, kamu bisa mengikuti bootcamp. Di kelas ini, kamu akan mempraktekkan langsung sehingga lebih paham. Nah, berikut rekomendasi bootcamp digital marketing yang bekerjasama dengan Danacita.

    1. Hactiv8

    Hacktiv8 memang dikenal memiliki program utama developer, tetapi juga membuka kelas mengenai digital marketing. Kurikulum digital marketing di Hacktiv8 dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri terkini agar setiap siswa dapat merancang sebuah strategi dan praktik dalam menjalankan campaign digital marketing ketika bekerja nanti. Beberapa materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp ini antara lain:

    • Dasar-dasar Digital Marketing
    • Social Media Ads
    • Product Marketing research
    • Content Marketing
    • SEO/ SEM, dan Google Analytics
    • Final project

    Informasi lengkap di sini.

    2. Digital Skola

    Di program kursus digital marketing, para peserta akan diajarkan materi yang memiliki kaitan yang sangat erat dengan bidang digital marketing seperti creative copywriting & creative design. Selain itu, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar bersama para pengajar yang sudah sangat berpengalaman dan ahli di bidang digital marketing serta menggunakan kurikulum yang sudah up-to-date dengan kebutuhan industri.

    Setelah menyelesaikan kursus digital marketing, Digital Skola mempersiapkan para siswanya untuk menjadi lulusan digital marketing dengan memberikan kesempatan untuk melakukan internship atau magang sebagai Junior Digital Marketer di UMKM rekanan.

    Informasi lengkap di sini.

    3. Course-Net

    Di Course-Net kamu akan belajar digital marketing dari awal yang mana anda juga akan didampingi oleh coach yang profesional dalam bidang digital marketing ini. Dengan melakukan riset pasar tentunya kamu akan bisa menentukan produk yang tepat untuk kebutuhan pasar.

    Selain itu kamu juga dapat belajar bagaimana memanfaatkan media digital marketing secara maksimal untuk bisnis. Jadi dengan belajar digital marketing di Course-Net ini tentu akan membantu kamu untuk terus mengembangkan bisnis dengan baik yang mana dengan memanfaatkan teknologi digital.

    Informasi lengkap di sini.

    Jadi Ahli SEO bersama Danacita

    Itulah informasi lengkap seputar SEO, mulai dari penjelasan, rekomendasi tools SEO, dan bootcamp SEO. Jika kamu tertarik untuk kursus di salah satu rekomendasi bootcamp SEO yang sudah dipaparkan sebelumnya tapi terkendala akan masalah biaya, tak perlu khawatir karena Danacita sudah bekerjasama dengan ketiga lembaga kursus tersebut dalam memberikan pembiayaan pendidikan.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dengan ketiga lembaga di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya pendidikanmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Jika kamu tertarik untuk mengajukan, bisa langsung klik di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    seo rekomendasi tools seo seo tools
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri