Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Artikel SEO Friendly: Senjata Utama Para Blogger

2022-11-06

cara-menulis-artikel-seo-friendly

Daftar isi

    Banyak orang yang mengira bahwa SEO itu hanyalah sekedar cara agar membuat website yang kamu buat berada di posisi pertama pada hasil di mesin pencarian. Sebenarnya SEO itu tidak hanya berbicara tentang bagaimana cara agar menjadi yang pertama di mesin pencarian.

    Pertumbuhan website kian hari semakin meningkat oleh sebab itu maka harus

    menggunakan strategi untuk bisa bersaing dalam mendapatkan traffic atau arus kunjungan ke website-mu, menggunakan SEO adalah langkah yang tepat. Dengan mempelajari Search Engine Optimization atau di singkat SEO kamu bisa mempromosikan website kamu di Mesin Pencarian. Tapi sayangnya, pertanyaan “artikel SEO friendly adalah” masih sering dipertanyakan banyak orang.

    Tertarik untuk mendalami tentang Search Engine Optimization? Yuk. mari simak artikel tentang artikel SEO friendly hingga cara menulis artikel SEO friendly dibawah ini.

    Apa itu SEO?

    Sebelum membahas artikel SEO friendly atau cara menulis artikel SEO friendly, pahami dulu apa itu SEO. Search Engine Optimization atau disingkat SEO merupakan serangkaian upaya untuk meningkatkan visibilitas satu website di halaman mesin pencarian. Caranya, dengan mengoptimasi website agar muncul di halaman terdepan hasil pencarian. Trik ini dilakukan secara organik, yang artinya traffic tersebut berasal dari hasil pencarian alami menggunakan keyword tertentu, tanpa bantuan iklan.

    Baca juga: 10 Rekomendasi Tools SEO Terbaru

    Jenis-jenis SEO?

    Sebelum mengetahui cara menulis artikel SEO friendly, kamu harus harus tau juga apa saja jenis-jenis SEO. Untuk kamu yang menggunakan website sebagai media promosi online maka perlu mengenal teknik SEO. Terdapat 3 Jenis SEO yang bisa kamu optimalkan untuk mendatangkan lebih banyak traffic ke website kamu, diantaranya:

    1. On Page SEO

    On Page SEO adalah SEO yang berfokus pada optimalisasi konten yang ada dalam website bisnis. Jenis SEO ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam cara menulis artikel SEO friendly.

    Aspek-aspek yang dimaksimalkan yaitu

    • Permalink;
    • Judul Konten;
    • Struktur Konten;
    • Gambar Konten;
    • Sebaran Keyword;
    • Kualitas Konten;
    • Internal Link;
    • Elemen SEO (meta description, tag, dll);

    Semua faktor On Page SEO dapat membantu mesin pencari agar bisa melakukan pengumpulan informasi dari konten dalam website anda. Kemudian, membuat situs web anda menjadi sumber Informasi yang berharga sehingga banyak dikunjungi audiens.

    2. Off Page SEO

    Off Page SEO dapat membantu hubungan situs web Anda dengan situs yang lain, dengan saling memberikan referensi dan pengaruhnya di mesin pencari.

    Berikut aspek-aspek Off Page SEO yang bisa kamu tingkatkan:

    • Link Building (aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain alias backlink);
    • Meningkatkan DA (Domain Authority: score untuk memprediksi peluang posisi teratas website di Google);
    • Peningkatan PA (Page Authority: skor yang menunjukkan peluan sebuah halaman website berada di posisi teratas Google);
    • Promosi konten lewat sosial media dan channel marketing lainnya;
    • Guest Blog (kegiatan untuk memasang artikel berkualitas kamu di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke situs anda)

    Penerapan teknik Off Page SEO yang tepat dapat menjadi Faktor Dalam menentukan peringkat posisi pada mesin pencarian. Disaat yang sama, juga dapat membantu mesin pencari untuk melihat bahwa website yang kamu Kelola memiliki hasil pencarian yang ideal.

    3. Technical SEO

    Technical SEO berkaitan dengan elemen non-konten yang ada dalam situs web. Termasuk keterbacaan website anda bisa dikategorikan bagus. Secara garis besar, ini aspek yang masuk wilayah Technical SEO:

    • Kecepatan Website;
    • Struktur Website;
    • XML Sitemap;
    • Keamanan Situs (SSL);
    • Tema SEO friendly;
    • Layout Website;
    • Navigasi.

    Strategi teknis ini berfokus pada bagaimana algoritma dari mesin pencari itu sendiri dapat melakukan crawling dan indexing di website-website mu tanpa hambatan.

    Apa itu Artikel SEO Friendly?

    Hal yang juga tak kalah penting untuk diketahui sebelum membahas cara menulis artikel SEO friendly adalah penjelasan artikel SEO friendly itu sendiri. Artikel SEO friendly adalah artikel di website yang ditulis untuk menjawab pertanyaan pengunjung website saat mencari keyword tertentu. Artikel SEO-Friendly disebut juga artikel yang mengikuti aturan algoritma Google terbaru dan menarik bagi pembaca. Mesin pencari seperti Google akan merekomendasikan artikel yang SEO friendly kepada pengguna internet sesuai dengan kata kunci yang relevan.

    Kriteria Artikel SEO Friendly

    Artikel SEO Friendly dibuat dengan menggunakan teknik penulisan khusus. Artikel SEO Friendly memiliki ketentuan penulisan khusus. Ini juga harus diperhatikan dalam cara menulis artikel SEO friendly.

    1. Memiliki Struktur Headings yang Jelas

    Sebuah artikel terbagi berdasarkan segmen masing-masing dan penggunaan heading akan membantu mesin pencarian dalam menentukan kalimat utama.

    Struktur heading akan membantu sistem pencarian dalam menentukan apakah segmen tersebut dapat masuk kedalam cuplikan atau tidak. Penggunaan headings juga dapat memudahkan pengguna dalam membaca artikel yang kamu buat.

    2. Dilengkapi Internal Link

    Menggunakan Internal Link dapat membuat artikel tetap terhubung, mesin pencari akan menelusuri link yang ada pada suatu halaman. Peran Internal Link akan menjadi penghubung antar artikel satu dengan lainnya.

    Adanya Internal Link dapat memudahkan pengunjung dalam membaca suatu artikel dan mendapatkan bagian lanjutan dari bacaan tersebut. Selain itu, Internal Link juga dapat menimbulkan rasa penasaran kepada pembaca artikel yang kamu buat.

    3. Memiliki Keyword yang Sesuai

    Keyword atau kata kunci merupakan penghubung antara pembaca dan konten tersebut. Oleh sebab itu penulis harus menemukan keyword yang tepat. Temukan keyword yang tepat yang sering dicari pembaca tetapi mengandung kalimat yang dapat menghubungkan dengan isi dari konten tersebut.

    4. Mudah Dibaca

    Dalam menulis artikel tentunya harus mudah dibaca dan dipahami. Sehingga sistem mesin pencarian mudah membacanya. Jangan terlalu banyak menggunakan berbagai macam keyword, selain dapat membuat artikel menjadi tidak nyaman dibaca, itu juga dapat membuat sistem mesin pencari tidak bekerja secara optimal.

    Cara Menulis Artikel SEO Friendly

    Di bagian ini baru akan dijelaskan mengenai cara menulis artikel SEO friendly. Untuk membuat Artikel SEO Friendly tidaklah sulit. Penulisan artikel SEO tidak jauh berbeda dengan penulisan artikel biasa, Jika kamu sudah sering dalam menulis artikel biasa kamu mungkin hanya perlu sedikit pemahaman tentang artikel SEO saja.

    Artikel SEO memiliki beberapa tahapan, diantaranya sebagai berikut:

    1. Lakukan Riset Kata Kunci

    Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan keyword atau kata kunci. Lakukanlah riset terlebih dahulu, kata kunci apa yang sedang dicari para pembaca dikarenakan peran kata kunci dalam penulisan SEO sangat penting.

    2. Tulis Kata Kunci Pada Judul Artikel

    Dalam Artikel SEO, keyword harus ditulis pada judul artikel dan ini menjadi hukum wajib dalam penulisan artikel SEO

    3. Menuliskan Kata Kunci di Paragraf Awal, Tengah dan Akhir

    Penulisan Artikel SEO biasanya harus diulang minimal 3 kali dalam artikel yaitu di awal paragraf, tengah artikel, serta akhir artikel.

    4. Artikel Dilengkapi LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword

    LSI atau Latent Semantic Indexing adalah istilah yang biasa kita sebut sebagai kata kunci turunan.

    LSI harus yang benar-benar relevan dengan kata kunci target.

    5. Sebar Kata Kunci Sewajarnya

    Penyebaran kata kunci harus sangat diperhatikan. Salah satu kesalahan pemula dalam membuat artikel adalah menggunakan kata kunci secara berlebihan, sehingga artikel terlihat terlalu bertele-tele. Dengan memperhatikan penyebacaran kata kunci secara wajar juga dapat membuat artikel yang kita buat muncul di halaman pencarian google.

    Menjadi Digital Marketer SEO Bersama Bootcamp Danacita

    1. Hacktiv8

    Hacktiv8 berfokus pada pengembangan talent digital, mulai dari pemula hingga menjadi tenaga ahli lewat program bootcamp yang diadakan. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak anak-anak muda yang berkompeten untuk berkarir di dunia teknologi. Kurikulum Hacktiv8 dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri terkini agar peserta dapat merancang strategi dan praktik dalam menjalankan campaign pemasaran digital.

    Berikut materi digital marketing yang akan diajarkan:

    • Dasar-Dasar Digital Marketing
    • Content Marketing
    • Social Media Ads
    • SEO/SEM & Google Analytics
    • Product Marketing & Market Research
    • Final Project

    Informasi lengkapnya di sini.

    2. Rakamin Academy

    Rakamin Academy adalah bootcamp pelatihan vokasional yang menghubungkan para ahli dari perusahaan teknologi terkemuka, dengan peserta yang ingin belajar, dan perusahaan yang membutuhkan talenta digital. Pada bootcamp digital marketing di Rakamin, nantinya kamu akan belajar materi yang memang dibutuhkan di dunia kerja, seperti:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Internet Advertising (Google Ads)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Content Marketing (Content, Idea, & KOL)
    • Research & Analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Customer Relationship Management
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Softskill Series
    • Career Shifting Preparation (CV, Portfolio, & Interview)

    Informasi lengkapnya di sini.

    3. Digital Skola

    Salah satu kelas yang Digital Skola sediakan adalah Digital Marketing. Memang ada banyak bootcamp lain yang menyediakan kursus Digital Marketing juga, namun Digital Skola tetap menjadi rekomendasi bootcamp terbaik untuk para calon Digital Marketer. Digital Skola memberikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri, dan tentunya materi yang disediakan sangat lengkap (komprehensif) dan kamu akan belajar mulai dari basic stage, strategic and technical stage, final stage and career preparation.

    Informasi lengkapnya di sini.

    Jadi Ahli Digital Marketing Bersama Danacita

    Itu dia penjelasan seputar artikel SEO mulai dari pengertian artikel SEO frienly hingga cara menulis artikel seo friendly yang harus kamu ketahui untuk menjadi seorang digital marketing. Tertarik untuk menjadi seorang digital marketing namun memiliki kendala terkait biaya? Danacita solusinya.

    Ada kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambil kelas data science. Sebab, Danacita telah bekerja sama dengan Hacktiv8, Rakamin, dan Digital Skola. Kamu bisa bayar biaya kursus dengan cara dicicil. Danacita memberikan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita telah memperoleh izin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya.

    Selain dengan ketiga lembaga kursus yang sudah disebutkan sebelumnya, Danacita juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia lainnya. Prosesnya juga cepat dan mudah yang dilakukan secara online dan tidak perlu dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Tunggu apa lagi? Jadilah seorang digital marketing bersama Danacita. Kunjungi Danacita untuk informasi lengkapnya.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!