Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

15 Jurusan Baru di UI untuk Mahasiswa Baru SNBP dan SNBT

2023-05-23

Daftar isi

    Setiap tahun, Universitas Indonesia (UI) membuka seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UI, termasuk tahun 2023 ini.

    Salah satunya yang paling banyak peminatnya adalah melalui jalur nasional SNBT dan SNBP.

    Lewat jalur nasional SNBT dan SNBP, terdapat beberapa jurusan baru di UI pada tahun ajaran 2023/2024 ini.

    Setidaknya terdapat 15 jurusan baru di UI yang terdiri dari program studi Sarjana Terapan (D4) serta D3.

    Dikutip dari laman resmi SNPMB dan UI, berikut ke 15 prodi baru UI beserta daya tampungnya pada seleksi jalur SNBT dan SNBP 2023:

    Jurusan Baru di UI untuk jalur SNBT dan SNBP 2023

    1. D4 Manajemen Bisnis Pariwisata

    Untuk kamu yang tertarik untuk memajukan pariwisata Indonesia, prodi ini bisa menjadi pilihan. Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola usaha (entrepreneur) pariwisata secara profesional dan beretika.

    Menariknya, lulusan prodi ini juga bisa melengkapi diri dengan sertifikasi Kepemanduan Wisata, Liaison Officer (LO), dan Kewirausahaan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UI serta sertifikasi bahasa Inggris TOEFL dan TOEIC dari Lembaga Bahasa Internasional (LBI) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI.

    Berikut daya tampung jurusan baru di UI yang satu ini.

    • SNBP: 25
    • SNBT: 38

    2. D4 Terapi Okupasi

    Jurusan baru di UI selanjutnya yaitu D4 Terapi Okupasi UI yang merupakan program studi yang meluluskan mahasiswa/i menjadi Sarjana Terapan Terapi Okupasi yang mampu memberikan pelayanan kesehatan pada klien/pasien dengan kelainan/ kecacatan fisik dan/ atau mental yang mempunyai gangguan pada kinerja okupasional.

    Jurusan ini menggunakan aktivitas bermakna (okupasi) untuk mengoptimalkan kemandirian individu pada area aktivitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 25
    • SNBT: 38

    3. D4 Fisioterapi

    Prodi D4 Fisioterapi UI merupakan jurusan baru di UI selanjutnya yang menghasilkan sarjana terapan profesional yang mampu memberikan pelayanan dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan.

    Jurusan ini menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, serta komunikasi, dan edukasi.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 25
    • SNBT: 38

    4. D4 Manajemen Rekod dan Arsip (MRA)

    Jurusan baru di UI selanjutnya yaitu D4 Manajemen Rekod dan Arsip (MRA). Program studi ini berfokus pada pengetahuan dan keterampilan di bidang rekod dan arsip.

    Jurusan ini memiliki profil lulusan sebagai Sarjana Terapan Bidang Manajemen Rekod dan Arsip yang mampu merancang pengelolaan sumber daya rekod dan arsip sesuai dengan standar yang berlaku.

    Lulusannya juga akan dibekali untuk bisa mampu menerapkannya dengan memanfaatkan teknologi informasi secara inovatif dan bertanggung jawab berdasarkan etika profesi.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 25
    • SNBT: 38

    5. D4 Bisnis Kreatif

    Prodi D4 Bisnis Kreatif merupakan jurusan baru di UI yang lainnya. Jurusan ini memfokuskan lulusannya pada tenaga kerja terampil, kreatif dan bisa beradaptasi dengan pergeseran fokus industri.

    Lulusan Bisnis diharapkan menjadi lulusan yang tidak hanya mampu bekerja secara profesional akan tetapi memadukan inovasi, menciptakan teknologi dalam mempermudah pekerjaan dan menciptakan lapangan pekerjaan (Jobs Creation).

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 25
    • SNBT: 38

    6. D4 Produksi Media

    Prodi D4 Produksi Media adalah prodi yang bertujuan untuk mencetak sarjana terapan profesional yang diharapkan mampu menjadi pelaku industri kreatif di bidang produksi media sesuai dengan etika profesi yang berlaku dan memanfaatkan TIK secara inovatif dan bertanggung jawab.

    Jurusan baru di UI ini, kamu akan diberikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk menghasilkan karya kreatif bidang Produksi Media, baik untuk konten digital, game, animasi, e-sports, NFT, konten iklan, desain visual, konten audio, komik, film eksperimental, konten musik, konten foto, konten streaming dan saluran komunikasi massa lainnya.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 25
    • SNBT: 38

    7. D3 Administrasi Perpajakan

    Prodi D3 Administrasi Perpajakan merupakan prodi yang ditujukan untuk menghasilkan Ahli Madya Perpajakan.

    Lulusan ini diharapkan mampu melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri dan Wajib Pajak Badan Dalam Negeri secara profesional berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku.

    Berikut daya tampung jurusan baru di UI yang satu ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    8. D3 Administrasi Perkantoran

    Prodi D3 Administrasi Perkantoran merupakan prodi yang menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang mampu mengelola perkantoran dan menjunjung tinggi Etika Profesi.

    Lulusan dari jurusan baru di UI yang satu ini diharapkan memiliki kemampuan teknis tinggi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretariatan.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    9. D3 Administrasi Rumah Sakit

    Jurusan baru di UI selanjutnya yaitu D3 Administrasi Rumah yang merupakan program studi yang mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga terampil, profesional, beretika profesi, dan siap bekerja dalam bidang administrasi di rumah sakit.

    Kurikulum di prodi ini disusun untuk menghasilkan kompetensi lulusan yang mampu mengelola unit-unit administrasi di sebuah rumah sakit. Berikut kompetensi lulusan yang diberikan kepada mahasiswa prodi Administrasi Rumah Sakit.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30
    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    10. D3 Penyiaran Multimedia

    Prodi D3 Penyiaran Multimedia merupakan prodi yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Penyiaran Multimedia yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum dan etika profesi.

    Kompetensi lulusan yang dihasilkan dari prodi ini akan memiliki skill dan knowledge tentang sistem operasional studio siaran radio dan TV, sistem pemancar radio dan juga televisi, perangkat pengembangan konten multimedia seputar animasi, penyuntingan foto/video, penggunaan peralatan kamera, pencahayaan.

    Berikut daya tampung jurusan baru di UI yang satu ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    11. D3 Administrasi Asuransi dan Aktuaria

    Jurusan baru di UI berikutnya yaitu D3 Administrasi Asuransi dan Aktuaria UI yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria, yang memiliki etika dan integritas profesi, serta siap bekerja dan berkarir di bidang asuransi dan aktuaria.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    12. D3 Hubungan Masyarakat

    Prodi D3 Hubungan Masyarakat UI merupakan prodi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan Ahli Madya Humas profesional yang bersertifikasi.

    Oleh karena itu, proses pembelajaran di jurusan baru di UI yang satu ini membentuk lulusan yang memahami proses kerja humas madya dari mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program kehumasan.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    13. D3 Periklanan Kreatif

    Prodi D3 Periklanan Kreatif bertujuan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Komunikasi di bidang Periklanan Kreatif yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum, dan etika profesi periklanan.

    Berikut daya tampung jurusan baru di UI yang satu ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    14. D3 Akuntansi

    Prodi D3 Akuntansi adalah prodi yang mempersiapkan tenaga ahli madya akuntansi yang mampu menyusun laporan keuangan, menyajikan laporan perpajakan dan melakukan pengauditan di bawah supervisi akuntan.

    Tujuan dari jurusan baru di UI ini yaitu menghasilkan tenaga ahli madya akuntansi yang mampu menyusun laporan keuangan, melakukan pelaporan perpajakan dan prosedur audit dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai etika bisnis dan profesi dibawah supervisi akuntan.

    Berikut daya tampung prodi ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    15. D3 Administrasi Keuangan dan Perbankan

    Prodi D3 Administrasi Keuangan dan Perbankan merupakan prodi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki integritas, etika dan moralitas yang luhur, serta adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi.

    Selain itu, prod ini juga bertujuan menghasilkan tenaga kerja profesional yang mempunyai kemampuan teoritis dan keterampilan praktis.

    Berikut daya tampung jurusan baru di UI yang satu ini:

    • SNBP: 20
    • SNBT: 30

    Berkuliah Di Jurusan Baru UI dan Bayar Pakai Danacita

    Itu dia penjelasan jurusan baru di UI serta daya tampungnya. Sekarang kamu bisa mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di salah satu jurusan tersebut dengan biaya yang terjangkau lewat bantuan dana cicilan pendidikan dari Danacita.

    Danacita sendiri adalah sebuah perusahaan fintech yang berfokus pada pendidikan. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2018 dan sudah mendampingi ribuan pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi dan kursus pengembangan diri lewat program cicilan kuliah maupun kursus.

    Dengan mengajukan cicilan ke Danacita, biaya kuliahmu di UI bisa dibayar lebih terjangkau mulai dari 6 hingga 12 bulan. Pengajuannya juga mudah dan secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Danacita sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kebocoran data pribadi. Selain itu persyaratan untuk mengajukan pendanaan pendidikan juga sangat mudah.

    Untuk informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan ui ui jurusan baru ui jurusan baru di ui
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri